Tuesday, November 9, 2010

Pengantar Pendidikan A.1.6

(History) Ki Hajar Dewantara adalah cermin nasionalisme dalam pengalaman perjalanannya mencapai Indonesia Merdeka, namun seiring perkembangan Ilmu pengetahuan , tugas utama Pendidikan adalah Pengembangan. Sebagai calon pendidik bagaimana anda memulai tugas ini ?

36 komentar:

Sebagai calon dari seorang Pendidik saya akan memberikan pembelajaran yang subyek.Proses pembelajaran subyek didik/pembelajaran yang di rencanakan/di desain,di laksanakan dan di evaluasi secara sistematis agar subyek didik pembelajar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.Sebelumnya saya akan mengenalkan terlebih dahulu tujuan dari pembelajaran,materi pembelajaran,strategi metode pembelajaran,media pembelajaran atau alat peraga,perorganisasian kelas,evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran.Ki Hajar Dewantara adalah cerminan masa kini.Hingga kini namanya masih terkenang.Sebagai calon pendidik saya akan belajar dari beliau.

Nama:Yulianti
NPM:10 22 239

Nama : Sefti lusiana
Npm : 10 22 274
Sebagai calon pendidik yang saya lakukan untuk memulai tugas ini adalah memahami tentang arti pendidik, profesi pendidik dan mengetahui bagaimana kreteria mendidik yang baik itu sendiri dan selalu mempersiapkan, menambah dan membekali diri dengan wawasan yang cukup tentang strategi pembelajaran sesuai dengan konteks pembelajaran yang ada.

menurut saya,saya sebagai calon pendidik,akan terus belajar dan bertukar pendapat dengan cara berdiskusi kepada sesama calon pendidik,dalam mencari ilmu pengetahuan tantang kependidikan,serta mengembangkan sikap dan perilaku,yang mencerminkan nasionalisme,supaya bisa mencapai pendidikan yang efektif dan berkualitas,dan bisa menjadi calon pendidik yang peropesional,dalam mengembangkan ilmu pendidikan.TERIMAKASI
NAMA; EFITAMALA
NPM;10 22 273

Tugas yang pertama kali yang akan saya lakukan sebagai calon pendidik adalah meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)bangsa ini,dengan cara menerapkan teori belajar behavioristik sebagai dasar pembelajaran. Pemberian materi yang akurat dan disesuaikan dengan usia anak,tak hanya membimbing dalam materi belajar namun juga membimbing tingkah laku mereka.Tahap lanjutan nya saya akan menerapkan teori belajar kognitif, peran saya hanya sebagai pengawas. Membiarkan siswa yang aktif, berinovasi dan berimajinasi dalam menyelesaikan masalah dalam memahami materi pembelajaran sehingga nanti diharapkan mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari atau dalam masyarakat.

Nama : Aris Wulandari
NPM : 10 22 240

menurut saya,sebagai calon pendidik, saya akan mencoba menerapkan metode-metode pembelajaran baru yang lebih efektif, sehingga peserta didik mampu memahami tentang materi yang saya berikan dan peserta didik mudah menerima materi atau pembelajaran yang saya sampaikan kepada mereka dan dapat diterima dengan baik dan sempurna.
terima kasih

npm;1022246

Nama : pepen penolita
Npm : 10 22 256
Sebagai calon pendidik yang saya lakukan untuk memulai tugas ini adalah harus mengetahui kemampuan murid dan keterbatasan akal pikirannya, agar dapat mempertimbangkan setiap murid berdasarkan kemampuan intelektualitas dan pemahamannya, sehingga mereka mampu menerima ilmu yang diajarkan Seorang pendidik/guru harus mengetahui kemampuan murid dan keterbatasan akal pikirannya, agar dapat mempertimbangkan setiap murid berdasarkan kemampuan intelektualitas dan pemahamannya, sehingga mereka mampu menerima ilmu yang diajarkan dan harus selalu memberikan nasehat akan segala hal kepada muridnya.

Nama : Sepriana
Npm : 10 22 242
sebagai calon pendidik yang saya lakukan adalah didalam mengajarkan ilmu saya gunakan cara yang sederhana,tegas,mudah,dan tidak menyampaikan sesuatu secara panjang lebar. karena anak didik sudah merasa mengerti dengan jelas,untuk itu akan menurunkan selera anak didik tentang penjelasan,gangguan pada dirinya dan mendorongnya untuk pelit terhadap pelajaran.

sebagai calon dari seorang pendidik,saya akan memberika pembelajaran yang terbaik,peroses pembelajaran yang di rancang dan dilaksanakan secara evaluasi,dengan setimatis agar subjek didik pembelajaran dapat mencapi tujuan pembelajarannya secara efektif,sehingga peserta didik bisa lebih berpotensi dengan baik,dan bisa mengembangkan dan mecernimkan perilaku nasionalisme yang lebih berpotensi.

TERIMAKASIH
NAMA; MELIA YUNITA
NPM;10 22 275

Nama : NOVRI AMROLAH
NPM : 10 22 232

menurut saya , sebagai mahasiswa dan sabagai calon seorang pendidik . saya mengerjakan tugas ini adalah memahami tentang arti pendidik, profesi pendidikan yang baik dan benar .
Ki Hajar Dewantara adalah cerminan masa kini.Hingga kini namanya masih terkenang.Sebagai calon pendidik saya akan belajar dari beliau.

Nama : RIRI ANGGRAINI
NPM : 10 22 234

Sebagai mahasiswa dan sebagai calon pendidik . yang pertama kali akan saya lakukan adalah meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang lebih maju lagi,dengan cara menerapkan teori belajar behavioristik sebagai dasar pembelajaran dan pendidikan.

Nama : FILTA ANDISTA
NPM : 10 22 257

Saya sebagai calon pendidik,akan terus belajar dan bertukar pendapat dengan cara berdiskusi kepada sesama calon pendidik,dalam mencari ilmu pengetahuan tantang kependidikan.
visi dan misi saya ingin memajukan dan mendahulukan tentang pendidikan atau memunculkan tunas baru yang lebih maju dan terbaik .

Nama : FEBBY NOPIANSYAH
NPM : 10 22 233

Dalam pembelajaran subyek pendidikan ,yang di rencanakan atau di desain,di laksanakan dan di evaluasi secara sistematis agar subyek didik pembelajar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Pemberian materi yang akurat dan disesuaikan dengan usia anak,tak hanya membimbing dalam materi belajar namun juga membimbing tingkah laku mereka untuk lebih memahami yang di berikan pendidik.

Nama :YOGI ALPARIZI
NPM :10 22 252

sebagai calon pendidik saya akan memberian materi yang akurat dan disesuaikan dengan usia anak,tak hanya membimbing dalam materi belajar namun juga membimbing tingkah laku mereka.Tahap lanjutan nya saya akan menerapkan teori belajar berdasarkan kemampuan anak.
sehingga peserta didik mampu memahami tentang materi yang saya berikan dan peserta didik mudah menerima materi atau pembelajaran yang saya sampaikan kepada mereka dan dapat diterima dengan baik dan sempurna.

Nama :BOY JAYA PURNAMA
NPM :10 22 241

Dalam Membiarkan pembelajaran kepada siswa yang aktif, berinovasi dan berimajinasi dalam menyelesaikan masalah dan memahami materi pembelajaran sehingga nanti diharapkan mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari atau dalam masyarakat. metode pembelajaran,media pembelajaran atau alat peraga,perorganisasian kelas,evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran sesuai dengan kemampuan sehingga peserta didik bisa lebih berpotensi dengan baik,dan bisa mengembangkan dan mecermimkan perilaku nasionalisme yang lebih berpotensi.

anggi widuri (10 22 018 P)
pendapat saya sebagai calon pendidik, saya saya akan memulai tugas ini dengan menerapkan pendidikan seumur hidup terutama untuk pada diri saya sendiri dan masyarakat umumnya. pendidikan seumur hidup disini saya menekan kan bahwa manusia itu tidak hanya belajar dalam jangka waktu tertenru melainkan manusia itu belajar untuk selamanya dan dimanapun kita dapat memanfaatkan situasi dan kondisi sebagai bahan untuk belajar. jika saya mengajar dikelas saya akan menerapkan metode belajar kombinasi, saya akan menggunakan metode sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pelajar, serta disesuaikan pula dengan materi yang akan diajarkan. karena tugas generasi sekarang adalah mengembangkan pendidikan maka kita semua berhak dan wajib ikut serta berperan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia sesuia dengan profesi kita masing-masing. Ki Hajar Dewantara adalah pelopor pendidikan yang jasanya patut kita hargai dan perjuangannya wajib kita teruskan untuk kemajuan bangsa Indonesia. sebagai calon pendidik saya bertekad untuk bisa memajukan pendidikan di indonesia menuju kearah yang lebih baik dan dapat mengikuti perkembangan zaman.

sebagai calon pendidik saya akan memulai langkah saya dengan mempelajari dan mengkaji kekurangan-kekurangan yang ada dalam dunia pendidikan kemudian mencari solusi untuk di terapkan dalam dunia pendidikan agar bisa tercipta dunia pendidikan yang lebih maju,saya juga akan mencoba mencari cara bagaimana agar pendidikan bisa di terima dengan mudah oleh peserta didik.

nama:indra gunawan
npm :10.22.250

saya selaku seorang mahasiswa sebagai calon pendidik dalam hal pembelajaran saya akan menerapkan tentang teori-teori belajar yg baik dan mudah di pahami, agar peserta didik dapat lebih mudah memahami semuah matari pelajaran yang sudah di berikan,dan untuk selanjutnya di dalam belajar jg saya akan menerapkan sistem tanya jawab di mana para siswa diharapkan untuk jd lebih aktip.

nama:adi hidayat
NPM:10 22 261


sebagai calon pendidik saya akan memulai langkah saya dengan mempelajari kekurangan-kekurangan yang ada dalam dunia pendidikan kemudian mencari solusi untuk di terapkan dalam dunia pendidikan agar tercipta dunia pendidikan yang lebih maju dan saya akan mencoba mencari cara agar pendidikan bisa di terima peserta didik dengan mudah.

assalamualaikum wr.wb

nama : Beti yulinda
NPM : 10 22 259

sebagai calon pendidik saya akan membuat sebuah metode atau rancangan pembelajaran yang lebih simple, efisiensi.dan efektif agar bisa mudah di pahami oleh peserta didik,sebelumnya saya akan mengetahui karakteristik yang dimilki peserta didik, mengarahkan dan membimbing para peserta didik agar semakin meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan semakin terbinanya proses pembelajaran, agar potensi yang dimiliki dapat berkembang.
dan saya akan membuat sebuah strategi pembelajaran yang sistematis dan ter arah selanjutnya memperbaiki strategi yang ada menjadi lebih baik

demikian lah pendapat dari saya.

wassalamualikum Wr.Wb

nama : yeri melina
NPM : 10 22 282

sebagai calon pendidik yang baik,saya akan mengembangkan potensi yang saya miliki, serta mempelajri teori dan dan prinsi-prinsip belajar yang dapat membimbing aktifitas saya dalam merencanakan dan melaksankan kegiatan belajar mengajar, dan saya akan berusaha menumbuhkan sikap nasionalisme kepada setiap peserta didik,dan merancang strategi baru yang lebih baik.

nama: pratama putra
npm : 10-22-258
Menurut saya sebagai calon pendidik pertama-tamanya saya memulai dari pembelajaran yang belum di mengerti oleh peserta didik hingga dia mengerti dan di beri tugas seperti membuat makalah dan berdiskusi di depan kelas.

nama: lendra
npm : 10-22-263
sebagai calon pendidik saya akan menerapkan pembelajaran yang efektif dan efisien dan memanfaatkan fasilitas yang telah tersediakan.

Nama : Kusrina Anggraini
NPM : 10 22 237

Sebagai calon pendidik saya akan memulai tugas ini dengan mengajar dan mendidik. Mengajar disini mengacu kepada pemberian pengetahuan dan melatih keterampilan dalam melakukan sesuatu, sedangkan mendidik mengacu pada upaya membina kepribadian dan karakter si anak dengan nilai-nilai tertentu, sehingga nilai-nilai tersebut mewarnai kehidupannya dalam bentuk perilaku dan pola hidup sebagai manusia yang berakhlak. Serta kita sebagai guru harus bisa tunjukkan perilaku yang baik.

pendidikan pada dasarnya adalah suatu upaya untuk mempersiapkan ataumemberikan bekal pada peserta didik agar di kemudian hari mereka dapat mandiri dan tanggap akan lingkungan untuk menghadapi tantangan hidup oleh sebab itu, sebagai seorang mahasiswa di bidang pendidikan dan sebagai calon pendidik saya akan memberikan pembelajaran terutama tentang kedisiflinan dalam belajar karna ada banyak aspek pembelajaran yang bisa di lakukan dengan cara disiflin,seperti pembiasan secara tetap akan suatu pekerjaan, latihan tetap terhadap suatu pekerjaan,disiflin mengendalikan diri, serta ada arahan motipasi dari pihak lain,serta dapat juga melatih otot- otot otak,ia bisa jadi lebih kuat dalam artilebih tinggi kemampuanyajika di latih secaradisiplin atau bertahap dan memadai.

nama:indra gunawan
npm:10.22.250

menurut pendapat saya dari calon pendidik, saya akan mencoba menerapkan langkah-langkah pendidikan yang efektif,supaya para pendidik mampu memahami materi yang saya berikan dan supaya peserta didik bisa mudah menerima materi pembelajaran pendidikan yang saya berikan. dan para calon pendidik bisa dan mampu menerima pengajaran yang baik, efektif dan sempurna dari saya.

NAMA : ANA OKTARIA
NPM : 10 22 245

Nama: Sari Angraini
NPM :10 22 248

Sebagai calon dari seorang Pendidik terlebih dahulu saya akan melihat murid atau siswa yang akan saya didik.
Setelah itu saya akan memberikan pembelajaran yang bermutu kepada Peserta Didik. Pembelajaran yang sebelumnya telah terencana, dibentuk(shaping), dan telah dipahami dari berbagai macam teori belajar yang telah dipelajari.
Salah satunya saya akan menerapkan teori belajar Behavioristik yaitu teori belajar yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang, memeberikan reinforcement(penguatan) kondisi yang bisa menyenangkan peserta didik dalam proses belajar dengan tujuan agar peserta didik dapat selalu mengingat apa yang telah dipelajari selama proses belajar.
Disamping itu juga saya akan membimbing Perilaku Para Peserta Didik, agar tingkah lakunya di Sekolah,di Rumah dan dimana saja tetap terdidik.
Teori belajar yang diterapkan oleh Ki Hajar Dewantara patut dijadikan example dalam pembelajaran, beliau telah menerapkan konsep belajar yang tak terlupakan dan selalu diingat oleh masyarakat yaitu konsep Belajar 3 Dinding.

Nama: Sari Angraini
NPM :10 22 248

Sebagai calon dari seorang Pendidik terlebih dahulu saya akan melihat murid atau siswa yang akan saya didik.
Setelah itu saya akan memberikan pembelajaran yang bermutu kepada Peserta Didik. Pembelajaran yang sebelumnya telah terencana, dibentuk(shaping), dan telah dipahami dari berbagai macam teori belajar yang telah dipelajari.
Salah satunya saya akan menerapkan teori belajar Behavioristik yaitu teori belajar yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang, memeberikan reinforcement(penguatan) kondisi yang bisa menyenangkan peserta didik dalam proses belajar dengan tujuan agar peserta didik dapat selalu mengingat apa yang telah dipelajari selama proses belajar.
Disamping itu juga saya akan membimbing Perilaku Para Peserta Didik, agar tingkah lakunya di Sekolah,di Rumah dan dimana saja tetap terdidik.
Teori belajar yang diterapkan oleh Ki Hajar Dewantara patut dijadikan example dalam pembelajaran, beliau telah menerapkan konsep belajar yang tak terlupakan dan selalu diingat oleh masyarakat yaitu konsep Belajar 3 Dinding.

Nama:Dita Erpiyana
Npm :10.22.249

sebagai calon pendidik,menurut pendapat saya yang harus saya lakukan adalah pertama saya akan menyiapkan wawasan yang luas tentang materi yang akan saya sampaikan,agar mudah di pahami dan mudah di mengerti
dan tidak lupa juga dalam proses pembelajaran ini saya akan memberikan stimulus atau rangsangan agar proses pembelajaran tersebut berjalan dengan efektif dan lancar serta mencapai tujuan yang memuaskan bagi kita semua.

itu lah pendapat saya,untuk ke depannya saya akan lebih banyak lagi belajar .wasslamualikum wr.wb

Menurut pendapat saya sebagai calon pendididkan kita dapat memulainya dari diri kita sendiri.
Seperti: 1) bersikaplah mengarahkan kehal-hal yang mencerminkan jiwa pendidik, berpikir kritis dalam menyikapi segala situasi danmasalah yang dihadap in oleh pendidika sekarang ini.
2)Pengembangan sebagai calon pendidikan dapat pula ditempuh atau dilati, diterapkan sebagai calon bakal pendidikan :
Dalam hal pergaulan di situasi juga kita dapat berperan sebagai jiwa pendidik. kita berkomunikasi dengan teman sebaya dalam menerap kan , melatih jiwa pendidk kita dan mendidik teman kita dalam memberi opini tentang pendidkan,menyumbangkan pikiran dalam pengaplikasian mahasiswa sebagai bakal cikal seorang pendidik.



Nama: Rini Darlinda

Kelas: A.1.6

Npm: 10. 22.194



















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































cal
on p
e
ndid
ikapabiulkita terbiasa untuk menerapkam

jika saya menjadi calon pendidik hal pertama yang saya lakukan adalah : memahami bagaimana karater dan keperibadian pelajar tersebut, kemudian saya akan mencari metode - metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh pelajar dan menjadikan pelajar lebih aktif dalam mencari bahan untuk menyelesaikan tugas yg di berikan, dan saya akan lebih memperhatikan pelajar yang kurang dalam menangkap pelajaran, agar ia tidak merasa tidak diperhatikan.

jika saya menjadi calon pendidik hal pertama yang saya lakukan adalah : memahami bagaimana karater dan keperibadian pelajar tersebut, kemudian saya akan mencari metode - metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh pelajar dan menjadikan pelajar lebih aktif dalam mencari bahan untuk menyelesaikan tugas yg di berikan, dan saya akan lebih memperhatikan pelajar yang kurang dalam menangkap pelajaran, agar ia tidak merasa tidak diperhatikan.

MANTAP PAK.. KEREN GALO COMMENT SISWA..

“Sebagai calon pendidik, hal pertama kali yang akan saya lakukan adalah selalu berusaha mempersiapkan, menambah dan membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih dari cukup, serta merencanakan konsep-konsep dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan konteks pembelajaran yang ada. Dan saya akan mengembangkan potensi yang ada dalam diri saya sesuai dengan perkembangan pendidikan.Karena visi dan misi saya adalah meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia ”.

Nama : Nurkholis
NPM : 10 22 277

cara saya mengembangkan pendidikan yaitu dengan cara saya harus merencanakan konsep belajar dan saya harus mengembangkan potensi yang saya miliki namun yang sesuai dengan perkembangan pendidikan sekarang.sebelumnya say akan mengenalkan terlebih dahulu tujuan ,materi,strategi,metode,media,dan setelah itu baru saya mengembangkan/menerangkan pembelajaran yang dapat dipahami oleh peserta didik.

Nama :Ahmad Nurkholis
NPM :1022279

Sebagai calon Pendidik, hal pertama kali yang akan saya lakukan adalah memahami maksud dan tujuan pendidikan serta mencari tahu batas kemampuan siswa dalam menghadapi suatu proses dalam kegiatan belajar-mengajar, serta merencanakan konsep-konsep dan strategi pembelajaran sesuai dengan konteks pembelajaran yang ada, dan saya akan membuat inovasi-inovasi teori pembelajaran yang baru serta memanfaatkan tehnologi moderen yang ada dalam dunia pendidikan, sehingga fungsi dari pendidikan nasional dapat saya realisasikan yaitu, dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional, mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.Dan saya akan menerapkan metode-metode pembelajaran baru yang lebih efektif agar peserta didik dapat belajar dengan lebih mudah.

NAMA: HERI AHMADI
NPM:10.22.276

Jika saya sebagai pendidik terlebih dahulu saya akan mengembangkan potensi yang saya miliki (memperkaya ilmu) supaya nantinya didalam mendidik saya tidak melenceng dan tidak salah arah. setelah itu saya akan mengenalkan terlebih dahulu tujuan, strategi, metode,dan media-media pembelajaran kepeda peserta didik, lalu saya akan memberikan materi setelah itu saya akan menjelaskan kepada peserta didik agar supaya sistem pembelajaran dapat di pahami oleh peserta didik supaya tercapai pembelajaran yang efektif dan efisien.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites