Wednesday, November 10, 2010

Stategi Pembelajaran A.3.5

Situasi:
Anda coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, salah satu staff pengajar mengusulkan sebuah mata kuliah baru mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya. Ia menunjukkan kepada anda beberapa hasil penelitian yang dilakukan di beberapa perusahaan industry dalam masyarakat. Ternyata terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
Anda bermaksud merancang mata kuliah tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas anda??

33 komentar:

Saya akan mengajar dengan metode Group Investigation, merupakan salah satu diantara beberapa metode pengajaran inovatif . hal yang ditawarkan dalam metode ini adalah, suatu bentuk proses belajar mengajar dengan melibatkan mahasiswa sejak perencanaan, baik dalam penentuan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Pada awal perkuliahan, para mahasiswa akan dibekali dengan aspek teoritis keilmuan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Metodologi Penelitian, dengan sasaran akhir mahasiswa mempunyai kompetensi dalam melakukan penelitian lapangan maupun dalam menyusun laporan akhir hasil penelitian
kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, beranggotakan 3-5 orang mahasiswa. Masing-masing anggota kelompok dengan karakteristik yang berbeda (heterogen) yang didasarkan atas kesenangan berteman atau kesamaan minat terhadap suatu topik tertentu. Para mahasiswa memilih topik yang ingin dipelajari, dan selanjutnya melakukan observasi langsung ke tempat penelitian. kemudian menyiapkan dan menyajikan laporan di depan kelas secara keseluruhan.

Nama : Reza Ardian Syah
NPM : 0722076P
Kelas : A.3.2

Nama : Yunus Andrianto
Npm : 09-22-294
Kelas : A3’5

Menurut saya , sebelum saya menjalankan Tugas pembelajaran tersebut saya akan mulai dengan hal dibawah ini.
Dalam merumuskan pembelajaran perlu diadakannya penempatan-penempatan metode-metode yang efektif yang pas untuk peserta didik oleh sebab itu jika kita akan membentuk sebuah metode pembelajaran yang berbeda yang tidak monoton dengan metode tersebut maka harus diadakannya pengkajian metode pembelajaran dengan kurikulum yang ada untuk menilai keterkaitan dengan silabus dan kemudian membuat sebuah rencana pembelajaran atau yang dikenal dengan RPP agar pembeljaran yang akan dilaksanakan efektif dan tersusun.Go to News Program

1.Telaah Tujuan yang akan dicapai
Penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus serta penulisan laporan teknik dalam sebuah indutri

2.Strategi pembelajaran apa yang pas untuk melakukan metode ini.
variabel strategi mikro adalah dasar untuk mengorganisasikan pembelajaran dalam suatu gagasan tunggal (yaitu sebuah konsep, prinsip yang tunggal, dan sebagainya). Hal tersebut mencakup komponen strategi seperti definisi, contoh, latihan, dan bentuk sajian lain...variabel strategi makro adalah metoda dasar untuk mengorganisasikan aspek pembelajaran yang berhubungan dengan gagasan lebih dari satu, seperti mengurutkan, membuat sintesa, dan membuat ringkasan (mempreview dan mereview) gagasan-gagasan yang diajarkan

3.Setelah merancang strategi pembelajaran masukkan metode
pengajaran yang akan dilakukan oleh pengajar.
Model koperatif tipe GI dengan sintaks: Pengarahan, buat kelompok heterogen dengan orientasi tugas, rencanakan pelaksanaan investigasi, tiap kelompok menginvestigasi proyek tertentu dan membuat laporan pengolahan data penyajian data hasil investigasi dilanjutkan dengan Pendekatan kaji tindak (Action Research) yang didalamnya terdapat terdapat tiga sub siklus, yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observ) dan refleksi (reflect). Durasi pada setiap siklus adalah dua bulan. Dengan demikian terdapat dua kali siklus. Secara keseluruhan penelitian membutuhkan durasi empat bulan. Setiap siklus melalui langkah-langkah sebagai berikut: Perencaaan, implementasi, evaluasi dan refleksi, menggunakan pendekatan constructivis, materi pembelajaran sesuai minat jurusan (stressing).misalnya TP ( Analisis tenik computer dan jaringan LAN,WANyunus andrianto

This comment has been removed by the author.

Menurut saya , sebelum saya menjalankan Tugas pembelajaran tersebut saya akan mulai dengan hal dibawah ini.
Dalam merumuskan pembelajaran perlu diadakannya penempatan-penempatan metode-metode yang efektif yang pas untuk peserta didik oleh sebab itu jika kita akan membentuk sebuah metode pembelajaran yang berbeda yang tidak monoton dengan metode tersebut maka harus diadakannya pengkajian metode pembelajaran dengan kurikulum yang ada untuk menilai keterkaitan dengan silabus dan kemudian membuat sebuah rencana pembelajaran atau yang dikenal dengan RPP agar pembeljaran yang akan dilaksanakan efektif dan tersusun.Go to News Program

1.Telaah Tujuan yang akan dicapai
Penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus serta penulisan laporan teknik dalam sebuah indutri

2.Strategi pembelajaran apa yang pas untuk melakukan metode ini.
variabel strategi mikro adalah dasar untuk mengorganisasikan pembelajaran dalam suatu gagasan tunggal (yaitu sebuah konsep, prinsip yang tunggal, dan sebagainya). Hal tersebut mencakup komponen strategi seperti definisi, contoh, latihan, dan bentuk sajian lain...variabel strategi makro adalah metoda dasar untuk mengorganisasikan aspek pembelajaran yang berhubungan dengan gagasan lebih dari satu, seperti mengurutkan, membuat sintesa, dan membuat ringkasan (mempreview dan mereview) gagasan-gagasan yang diajarkan

3.Setelah merancang strategi pembelajaran masukkan metode
pengajaran yang akan dilakukan oleh pengajar.
Model koperatif tipe GI dengan sintaks: Pengarahan, buat kelompok heterogen dengan orientasi tugas, rencanakan pelaksanaan investigasi, tiap kelompok menginvestigasi proyek tertentu dan membuat laporan pengolahan data penyajian data hasil investigasi dilanjutkan dengan Pendekatan kaji tindak (Action Research) yang didalamnya terdapat terdapat tiga sub siklus, yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observ) dan refleksi (reflect). Durasi pada setiap siklus adalah dua bulan. Dengan demikian terdapat dua kali siklus. Secara keseluruhan penelitian membutuhkan durasi empat bulan. Setiap siklus melalui langkah-langkah sebagai berikut: Perencaaan, implementasi, evaluasi dan refleksi, menggunakan pendekatan constructivis, materi pembelajaran sesuai minat jurusan (stressing).misalnya TP ( Analisis tenik computer dan jaringan LAN,WANYunus Andrianto

Assalamu alaikum …
Jika saya menjadi coordinator,
Saya akan menganalisa dan mempelajari nya terlebih dahulu seberapa penting mata pelajaran tersebut untuk di ajarkan. Dan jika memeng mata kuliah tersebut layak untuk di ajarkan, maka langkah yang saya ambil adalah:
Pertama : saya akan mengumpulkan bahan ajar dan teori-teori pendukung yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut dengan tetap mengunakan hasil penelitian yang sudah ada.
Kedua : saya akan megelompokan materi yang diajarkan (konsep,fakta, ilustrasi,dll)
Ketiga : Menentukan apakah tujuan pembelajaran tersebut lebih bersifat kognitif, afektif atau psikomotor.
keempat : Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai
Merencanakan, mengembangkan dan memproduksi media yang akan digunakan dalam PBM
kelima : Setelah semua komponen telah terpenuhi, maka langkah terakhir yaitu menentukan metode yang akan di terapkan, yang sesuai denan tujuan pembelajaran kompetensi, fasilitas dan karakter umum peserta didik. Dalam hal ini metode yang saya gunakan adalah metode yang berfariasi, yaitu metode demonstrasi ceramah dan peraktek lapangan.

NAMA : RAHMAT RUSLI
NPM : 09 22 293
KELAS : A.3.5

Nama : ALMI HERDISON
Kelas :A.3.5
Npm : 09-22-339

Bila saya menjadi coorditor dalam suatu pengembangan pembelajaran di salah satu perguruan tinggi tugas
PERTAMA: yang akan saya lakuakan adalah melihat dan menentukan apakah mata kuliah tersebut penting atau tidak dipelajari di perguruan tinggi.
KEDUA : menganalisa hasil penelitian tersebut .
KETIGA : mempelajari serta memahami materi – materi yang terdapat dalam mata kuliah baru tersebut serta menidentifikasi masalah – masalah yang akan muncul dalam pelaksanaan pembelajarannya agar dapat berjalan dengan baik
KEEMPAT : metode yang akan saya gunakan adalah metode observasi , karena dengan melakukan observasi mahasiswa di harapkan dapat menemukan teknik baru dalam suatu pembelajaran.

KELIMA / Yang terakhir adalah menyesuaikan metode tersebut denga kemampuan berpikir setiap mahasiswa apkah metode tersebut cocok atau tidak untuk di terapkan dalm pngembangan pembelajran .

Di dalam mata pelajaran baru yang akan di buat kita harus tau terlebih dahulu aspek negatif atau aspek positif dari mata pelajaran yang baru tersebut.jika memang mata pelajaran tersebut memang telah banyak di minati dan telah di lakukuan observasi langsung dan telah diteliti maka sebagai coordinator saya akan melakukan tugas antara lain sebagai berikut:
1.menelaah dan mempelajari manfaat dari mata pelajaran tersebut.
2.setelah benar-benar di telaah, maka tentukan bahan ajar yang baik agar materi yang akan kita sampaikan dapat dengan mudah diterima sesuai dengan tujuan yang akan di capai.
3.bahan ajar telah di siap kan maka susun rencana strategi pengajaran yang baik supaya dalam menyampaikan bahan yang telah kita susun tadi dapat dierima dengan baik oleh mahasiswa.
4. setelah bahan ajar dan strategi telah siap di laksanakan maka tentukan metode yang telah di usulkan yaitu metode ceramah, karena dengan menggunakan metode ceramah dapat mengefisienkan dan mengefektif dalam segala aspek baik materi maupun waktu.

nama:ari kurniandi
kelas:a.3.5
npm:0922469

jika ingin merancang mata kuliah yang baru, maka disesuaikan terlebih dahulu dengan metode apa yang akan digunakan yang lebih efektif. setelah itu baru mengambil langkah selanjutnya yaitu kita harus tahu apa manfaat dari bahan ajar/materi tersebut sehingga dapat dengan mudah diterima, merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,kemudian mengenai metode apa yang digunakan, saya rasa metode ceramah itu masih layak untuk digunakan. karena kenapa? karena dalam metode tersebut kita masih perlu untuk membelajarkan mahasiswa bagaimana caranya agar lebih memahami dari masalah-masalah mengenai pembelajaran.


Nama: Yeyen Sukaisih
Npm: 09 22 332
Kelas: A.3.5

Menurut saya sebagai seorang koordinator,sebelum merancang suatu mata kuliah.Mata kuliah tersebut harus di telaah dan di teliti terlebih dahulu,agar pembelajaran yang akan di kembangkan tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran dan keadaan peserta didik.Sebelum merumuskan pembeajaran,hal-hal yang harus diperhatikan yaitu :
1. Mencari informasi dan menelaah tujuan program yang akan di rumuskan dalam pembelajaran.

2. Memilih media dan alat bantu lainnya sesuai dengan hal-hal yang di ajarkan,baik dari segi fasilitas maupun kemampuan peserta didik.

3. Menentukan strategi apa yang baik untuk menerapkan pembelajaran tersebut.Metode-metode itu tentunya harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan di kembangkan. Agar pembelajaran yang di harapkan dapat berjalan seefektif dan seefisien mungkin.


Nama : Novi Aminah
NPM : 09 22 286
Kelas: A.3.5

Nama : Septi Dwi Yana
Npm : 0922334
Kelas : A.3.5



Menurut saya jika saya dipilih sebagai coordinator dalam merancang sebuah mata kulya, langkah yang saya akan lakukan adalah :
Tahan pertama yang saya lakukan yaitu persiapan ter;lebih dahulu. Tahap yang kedua mengulas kembali atau mempelajari dan memahami materinya terlebih dahulu. Tahap yang ketiga memilih dan menentukan metode yang ingin disampaikan kemudian setelah menentukan metode apa saja yang di gunakan kemudian baru memilih suatu media yang dapat menunjang metode yang digunakan agar dapat mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan yang ditentukan dalamsuatu proses belajar mengajar. Tahap yang keempat merumuskan tujuan apa yang ingin dicapai dalam melakukan proses belajar mengajar. Dan kemudian Tahap yang kelima baru menyusun materi yang ingin disampaikan.

Nama : NURKHOLIPATUL ROSIDAH
NPM : 09 22 473
Kelas : A. 3. 5

Apabila saya menjadi coordinator dalam pengembangan pengajaran, hal- hal yang akan saya lakukan yaitu:
1. Mengumpulkan terlebih dahulu usulan atau pemikiran yang telah ada, dan sekiranya mata kuliah yang baru tersebut memang sedang di butuhkan untuk pengembangan dalam pengajaran.
2. menentukan dan kemudian mempertimbangkan usulan tersebut, apakah berguna dan apakah memiliki manfaat dalam pengembangan pengajaran.
3. memilih strategi apa yang cocok dengan mata kuliah tersebut, dan sekiranya mahasiswa akan mudah menerimanya
4. menentukan metode yang menerjunkan langsung mahasiswa agar mereka bisa mengerti dan memahami secara langsung pokok pembahasan dari mata kuliah tersebut, seperti dengan menggunakan metode observasi dan praktik.
5. Menerapkan usulan yang telah di rancang, dengan menggunakan metode yang telah ditentukan berdasarkan kurikulum dan dirancang sesuai dengan silabus.

NAMA : SRIYATI
NPM : 0922317
KELAS : A. 3. 5

Menurut saya, saya sebagai coordinator harus mempelajari terlebih dahulu tentang mata kuliah yang diajukan tersebut. Memahami semua hal-hal yang ada dalam mata kuliah tersebut. Apakah mata kuliah tersebut nantinya dapat diterima oleh kalangan masyarakat dan dapat berkembang sesuai dengan harapan atau tidak. Karena bukan hal yang mudah untuk menciptakan suatu mata kuliah baru yang nantinya akan disebarkan atau dikenalkan kepada masyarakat. Dalam merumuskan suatu pembelajaran yang akan diterapkan dalam mata kuliah tersebut, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Menganalisis semua permasalahan dari mata kuliah tersebut. Apakah mata kuliah tersebut merupakan kebutuhan dari banyak masyarakat. Sehingga mata kuliah tersebut banyak diminati oleh banyak masyarakat.
2. Merumuskan tujuan dari mata kuliah yang diajukan. Apakah semua isi atau pembelajarannya benar- benar sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan dari mata kuliah tersebut dengan melihat atau berpedoman pada kurikulum yang berlaku.
3. Memilih dan menentukan strategi, seperti strategi kognitif. Karena strategi kognitif mencerminkan bagaimana seseorang belajar, mengingat dan berfikir serta bagaimana memotivasi diri mereka sendiri. Semakin banyak strategi kognitif yang dimiliki atau dikuasai, semakin besar peluang seseorang untuk memilki strategi kognitif yang baik. Selanjutnya, semakin baik strategi kognitif yang digunakan, semakin besar peluang seseorang untuk menjadi individu yang kompeten.

Apabila ketiga hal tersebut sudah benar- benar terpenuhi, maka suatu pembelajaran pada suatu mata kuliah dapat dilaksanakan dengan biak dan dapat tercapai suatu tujuan yang diharapkan.

saya memulai tugas saya dengan menyaring, menimbang, memikirkan, apakah mata kuliyah yang akan saya pakai nanti akan bermanfaat bagi mahasiswa.
dan jika saya menjadi coordinator saya akan mempelajari hal-hal yang nanti akan saya terapkan dalam mata kuliah tersebut.
langkah-langkah yang akan saya buat

pertama : saya akan mengadakan observasi dengan meneliti secara terperinci tentang mata kuliah yang akan saya terapkan.
dan saya akan mempelajari hasil observasi tersebut lalu saya akan mempelajarinya dengan teliti.
dan saya akan mengunakan stategi pembelajaran dalam menerapkan bahan ajar yang telah saya pelajari.
kedua : menggunakan media yang pas untuk bisa berinteraksi dengan mahasiswa tersebut.
ketiga : menentukan strategi untuk bisa menganalisis tujuan yang akan kita capai dengan mengkaji metde pembelajaran dengan kurikulum yang ada, sehingga menjadi lebih efisin.

Nama : Ica herlina
NPM : 09 22 330

jika saya menjadi koordinator dalam pengembangan bahan ajar pada suatu perguruan tinggi,hal - hal yang akan saya lakukan adalah saya akan memperhatikan bahan ajar yang akan dikembangkan terlebih dahulu.setelah itu saya akan mempelajari hal-hal yang perlu di perhatikan dan dianggap penting untuk di kembangkan.setelah saya benar-benar memahami,saya akan menyesuaikan program pengajarannya sesuai dengan yang dibutuhkan dalam masyarakat.
setelah semuanya terselesaikan maka saya akan menentukan tujuan dari pengembangan bahan ajar tersebut.lalu setelah menentukan tujuan saya akan menerapkan strategi pembelajaran apa yang akan di terapkan dalam pengajaran tersebut.setelah menentukan strategi saya akan memilih metode yang tepat dalam pengembangannya agar bisa di terapkan sesuai dengan kemampuan peserta didik.memilih metode yang sesuai untuk pengembangannya sangat perlu untuk di perhatikan karena jika tidak sesuai dengan kemampuan peserta didik maka metode tersebut akan sia-sia saja,karena mereka tidak tahu akan di mulai darimana pembelajaran tersebut.

NAMA : RANA DWI ANDANA
NPM : 09 22 280


saya memulai tugas saya dengan menyaring, menimbang, memikirkan apakah mata kuliah yang akan saya pakai nanti akan bermanfaat bagi mahasiswa.
dan jika saya menjadi coordinator saya akan mempelajari hal-hal yang nanti saya terapakan dalam mata kuliah tersebut,
langkah-langkah yang akana saya buat
pertama : saya akan mengadakan observasi dengan meneliti secara terperinci tentang mata kuliah yang akan saya terapkan dan saya akan mempelajari hasil observasi tersebut dengan teliti. dan saya akan menggunakan strategi pembelajaran dengan menerapakan bahanajar yang telah saya pelajari.
kedua : saya akan menggunakan media yang pas untuk bisa berinteraksi dengan mahasiswa tersebut.
ketiga : menentukan strategi untuk bisa menganalisis tujuan yang akan kita capai dengan mengkaji metode pembelajaran dengan kurikulum yang ada, sehingga menjadi lebih efisien.

NAMA : ALIA MUSTIKA
NPM : 09 22 328
KELAS : A. 3. 5

menurut pendapat saya terlebih dahulu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk mencapai tujuan pengembangan pembelajaran yang di inginkan yaitu;
1.bermusyawarah terlebih dahulu untuk mengumpulkan ide - ide yang akan di pakai dalam pengembangan pembelajaran .
2.menentukan ide mana yang patut dipakai agar mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
3. menentukan strategi seperti apa yang sekiranya mudah dipahami oleh mahasiswa.
4. memakai metode seperti apa yang memang cocok digunakan atau dipakai untuk kelancaran mata kuliah tersebutseperti metode GROUPINVESTIGATION.

NAMA: YEYEN APRIANI
KELAS:A.3.5
NPM: 0922310
ASSALAMMUALAIKUM.Wr.Wb
Jika saya menjadi oordinator bagian pengembangan pengajaran disebuah perguruan tinngi tersebut.Dalam merancang mata kuliah yang baru itu, saya akan memulai tugas saya dengan:
1. Menentukan metode dalam pengajaran mata kuliah yang akan di rancang tersebut.Metode yang akan saya terapkan tidak hanya metode ceramah, akan tetapi bervariasi mulai dari metode diskusi, metode tanya jawab, metode latihan, metode observasi/lapangan.Saya menerapkan metode bervariasi karena jika hanya dengan menggunakan satu atau dua metode maka pembelajaran tidak akan efektif.
2.Menentukan stategi pembelajaran yang tepat,yang mengatur arah pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
3.Memilih media yang paling ook atau tepat.
Pemilihan media dalam pembelajaran harus sesuai dengan materi,strategi yang digunakan dan karakteristik siswa dengan demikian dapat merangsang siswa untuk aktif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya,kemudian penerapan pembelajaran di laksanakan dan dilanjutkan evaluasi akhir pembelajaran tersebut.

Nama: Yeni Yunita
kelas:A.3.5
NPM:0922309
Jika saya menjadi coorditor dalam suatu pengembangan pembelajaran di salah satu perguruan tinggi tugas Pertama : saya akan mengumpulkan bahan ajar dan teori-teori pendukung yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut dengan tetap mengunakan hasil penelitian yang sudah ada.kedua : memilih media yangcocok untuk bisa berinteraksi dengan mahasiswa tersebut.ketiga : menentukan strategi untuk bisa menganalisis tujuan yang akan kita capai dengan mengkaji metode pembelajaran dengan kurikulum yang ada, sehingga menjadi lebih efisien.

Nama : YUNI ZARNIAH
Npm : 09 22 298
Kelas : A 3 5

Sebagai coordinator dalam suatu pengembangan pembelajaran di salah satu perguruan tinggi tugas yang akan saya lakukan adalah:
Pertama , menganalisa mengnai usulan yang di ajukan kemudian menilai apakah sebuah mata kuliah baru yang di ajukan itu benar-benar terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
Kedua , mengadakan rapat dengan anggota pengembangan lainnya untuk membahas masalah yang ada tentang mata kuliah baru yang di ajukan tersebut.untuk mendapat keputusan yang tepat mengnai usulan yang di ajukan.
Ketiga , menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan mata kuliah tersebut. Dalam pemilihan metode pembelajaran ini harus benar-benar sesuai. Apakah nantinya metode pembelajaran yang akan di gunakan sudah sesuai atau belum,dalam pembelajaran metode yang di gunakan tidak mesti dengan metode ceramah banyak metode lain yang dapat di gunakan yaitu; metode Metode Pemberian Tugas Metode pemberian tugas adalah cara dalam proses belajar mengajar dengan jalan memberi tugas kepada siswa. Tugas-tugas itu dapat berupa mengikhtisarkan karangan, (dari surat kabar, majalah atau buku bacaan) membuat kliping, mengumpulkan gambar, perangko, dan dapat pula menyusun karangan. Metode pemberian tugas, dianjurkan antara lain untuk mendukung metode ceramah, inkuiri, VCT, dengan metode ini siswa di haruskan untuk belajar aktif melalui tugas-tugas mereka.
Keempat , mengemplementasikan metode pembelajaran tersebut.
Kelima, mengevaluasi metode yang di terapkan apakah berhasil atau belum.

Terima kasih

NAMA: YEYEN APRIANI
KELAS:A.3.5
NPM: 0922310
ASSALAMMUALAIKUM.Wr.Wb
Jika saya menjadi oordinator bagian pengembangan pengajaran disebuah perguruan tinngi tersebut.Dalam merancang mata kuliah yang baru itu, saya akan memulai tugas saya dengan:
1. Menentukan metode dalam pengajaran mata kuliah yang akan di rancang tersebut.Metode yang akan saya terapkan tidak hanya metode ceramah, akan tetapi bervariasi mulai dari metode diskusi, metode tanya jawab, metode latihan, metode observasi/lapangan.Saya menerapkan metode bervariasi karena jika hanya dengan menggunakan satu atau dua metode maka pembelajaran tidak akan efektif.
2.Menentukan stategi pembelajaran yang tepat,yang mengatur arah pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
3.Memilih media yang paling cocok atau tepat.
Pemilihan media dalam pembelajaran harus sesuai dengan materi,strategi yang digunakan dan karakteristik siswa dengan demikian dapat merangsang siswa untuk aktif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya,kemudian penerapan pembelajaran di laksanakan dan dilanjutkan evaluasi akhir pembelajaran tersebut.

nama : Randi Merta
NPM : 0922322
Kelas : A.3.5
hal- hal yang akan saya lakukan yaitu:
*Pertama : membuka dan menerima usulan dari orang sekitar tentang ata kuliah tersebut.
*kedua : meneliti dan mengembangkan mata kuliah tersebut, pakah berguna dalam pengembangan bahan pengajaran.
*ketiga : menimbang hasil penelitian yang telah dilakukan dan mendiskusikannya.
*keempat :memilih strategi apa yang sesuai ddan mudah dipahami mahasiswa.
*kelima : menentukan metode apa yang memudahkan yang sesuai agar mahasiswa dapat memahami isi pokok mata kuliah tersebut, dan menyesuaikanya dengan kurikulum dan menyusunya dalam silabus.

Nama : Rika Niranda
NPM : 0922319
Kelas : A.3.5

jika saya menjadi coordinator saya akan melakukan langkah-langkah sbb:
1. saya akam melakukan penelitian dilapangan tentang mata kuliah tersebut.
2. mengembangkan mata kuliah tersebut setelah penelitian dilapangan.
3. menentukan bahan ajar dalam mata kuliah tersebut.
4. mendiskusikan dan membuka usulan dari teman-teman.
5. mengkaji metode pembelajaran yang didapat dengan kurikulum yang ada, sehingga menjadi lebih efisien.

menurut saya, jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan disalah satu perguruan tinggi saya akan memulai tugas saya dengan merancang mata kulia yang baru dengan cara menyampaikan kepada mahasiswa untuk menuliskan ide-ide mereka , untuk sebuah metode baru yang mereka senangi, agar mahasiswa bersungguh-sungguh untk belajar. dan saya akan pilih metode yang bagus untuk saya mulai cara belajar dengan metode baru tersebut. agar mahasiswa lebih rileks dan tida bosan. karna metode-metode yang di ajarkan sekarang hanyalah metode ceramah dan sebagainya.

Nama : Amilela masria
Npm : 0922329
Kelas : A.3.5

nama : titin astriani
npm : 09 22 331
kls : a 3.5

Menurut saya,jika saya menjadi cordinator pengembangan pengajaran dalam menerapkan mata kuliah baru di bidang tehnik mungkin saya akan menganjarkan dengan menggunakan metode group investigation kerena metode ini merupakan salah satu dari beberapa metode pengajaran inovativ metode ini dalam proses belajar mengajarnya dapat melibatkan mahasisiwa sejak prencanaan , samapi dengan penentuan topik maupun cara untuk mempelajari melalaui investigasi . di dalam metode ini pada awalnya mahasiswa hanya di beri aspek teori tentang keilmuan yang berkaitan dengan penelitian dan sasaran akhirnya harus mempunyai kompetensi dalam melakukan penelitian tersebut .

Nama : Triyani Mayasari
Npm : 0922333
Kelas : A 3.5

Apabila saya menjadi seorang koordinator pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi tersebut, maka saya akan terlebih dahulu mempelajari hasil penelitian tehnik tersebut bersama rekan koordinator lainya. setelah memahami hal-hal yang berhubungan dengan mata kuliah tersebut maka akan bisa menentukan metode apa yang akan efektif di gunakan dalam proses belajar mengajar sesuai dengan penulisan teknik yang telah di usulkan oleh salah satu staf pengajar tersebut dan sebelum menerapkan metode ini saya harus mendiskusikannya terlebih dahulu pada rekan koordinasi lainnya.
dan saya akan menerapkan metode pelajaran yang tidak mudah membuat mahasiswa bosan dalam belajar, misal nya metode praktik yang sebagian besar mendominasi mata kuliah tersebut,serta mengadakan penelitian yang harus dilakukan setelah siswa paham dengan materi pelajaran tersebut.
setelah itu siswa harus diberi tugas yang berhubungan dengan materi dan dikembangkan oleh siswa tersebut.

nama : sanata adi putra
npm : 09 22 301
kls : a 3.5

assallamuallaikum wr.wb

menurut saya di dalam mengajarkan sebuah mata kulia baru di dalam bidanng teknik mungkin saya memahami mata pelajaran tersebut layak tau tidak diajarkan kepada mahasiswa tau peserta didik misalnya dengan menenntukan bahan ajar yang akan di kembangkan yang suda saya pelajari sebelumnya , yaitu dengan beberapa penelitian yang telah saya lakukan.
dan juga saya akan menentukan tujuan dari pelajaran tersebut serta dengan menggunakan media yang sesuai dengan mata kuliah yang akan di ajarkan .
setelah semua hal itu telh terpenuhi saya akan menerapkan metode yang sesuai denagan komponen-kompomen tersebut .

wasaalam sanata adi putra

Menurut saya,apabila saya menjadi orang yg di percaya untuk menjadi coordinator nya.
terutama saya akan menganalisis tentang cara belajar yg efektif dan membuat seseorang menjadi semangat dalam pembelajaran tersebut.karna setiap orang tidak sama dalam mengambil kesimpulan,atu pun cara berfikir nya.setelah itu baru bisa menarik kesimpulan metode apa yg biso di pakai.
menurut saya metode diskusi jg mampu memecahkan masalah,karna pendapat orng itu berbeda-beda,dari pendapat-pendapat orang tadi kita dapat menarik kesimpulan mana yg terbaik untuk suatu metode pembelajaran tersebut.

NAMA : RAHMA YATRI SINTIA
NPM : 09 22 318
KELAS: A.3.5

Jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, saya akan memulai tugas saya dengan cara menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan di capai, dengan mempertimbangkan kriteria lain seperti kebijakan, fasilitas yang tersedia serta kemampuan yang dimiliki kemudian menentukan strategi pembelajarannya, strategi apa yang tepat untuk metode pembelajaran tersebut. Saya akan menerapkan metode observasi dimana mahasiswa dapat terjun langsung dalam mempelajari materi yang di ajarkan.

jika saya menjadi coordinator yang akan saya lakukan
rancangan kegiatan yang akan saya lakukan memahami konteks materi apa saja yang akan diterapkan,
menganalisa mengnai usulan yang di ajukan kemudian menilai apakah sebuah
mata kuliah baru yang di ajukan itu benar-benar terdapat minat
yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
teturusnya saya akan menyusun strategi yang tepat sesuai dengan karaktrestik
materi.
trategi yang tepat dalam materi penulisan teknik dan laporan teknik
adalah strategi pembelajaran discovery yaitu suatu pembelajaran yang berpusat pada siswa
serta metode yang digunakan adalah metode cerama, penelitian atau observsi,dan eksperiment.

NAMA:DEDI ASWANDI
NPM:09 22 306
KELAS:A.3.5
MK:STRATEGI PEMBELAJARAN

jika saya menjadi coordinator yang akan saya lakukan
rancangan kegiatan yang akan saya lakukan memahami konteks materi apa saja yang akan diterapkan,
menganalisa mengnai usulan yang di ajukan kemudian menilai apakah sebuah
mata kuliah baru yang di ajukan itu benar-benar terdapat minat
yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
teturusnya saya akan menyusun strategi yang tepat sesuai dengan karaktrestik
materi.
trategi yang tepat dalam materi penulisan teknik dan laporan teknik
adalah strategi pembelajaran discovery yaitu suatu pembelajaran yang berpusat pada siswa
serta metode yang digunakan adalah metode cerama, penelitian atau observsi,dan eksperiment.

sebagai koordinator bagian pengembangan pengajaran, saya akan memulai tugas saaya :
1. melihat / menganalisa ulang isi serta tujuan dari mata kuliah yg diajukan oleh staf pengajar apakah sudah sesuai dengan ketentuan kurikulum.
2. menetukan metode yg akan digunakan metode tutorial/bimbingan
Metode tutorial adalah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa.
3. menentukan media apa yang pas untuk mata kuliah tersebut,, gunanya, untuk mempermudah mahasiswa dalam proses belajar
4. mengadakan evaluasi, sebagai pembaharuan materi yang tidak sesuai dengan ketetapan kurikulum

nama : rahmad ridwan
kelas : a.3.5
NPM : 09 22 311

Nama:Dedi kurniawan
Npm :0922 340
Kelas:A.35

Jika saya menjadi coordinator,saya akan menelaah sejauh mana pentingnya mata kuliah trsbut dan jika memang mata pelajaran tersebut memang telah banyak di minati dan telah di lakukuan observasi langsung dan telah diteliti maka saya akan melakukan tugas antara lain sebagai berikut:
1.menelaah dan mempelajari manfaat dari mata pelajaran tersebut.
2.setelah benar-benar di telaah, maka tentukan bahan ajar yang baik agar materi yang akan kita sampaikan dapat dengan mudah diterima sesuai dengan tujuan yang akan di capai.
3.menyusun bahan ajar supaya dalam menyampaikan bahan dapat dierima dengan baik oleh mahasiswa.
4. strategi pembelajaran yg digunakan yaitu strategi belajar kognitif.

Menurut saya jika saya menjadi sebagai coordinator dalam merancang sebuah mata kulya,maka langkah yang saya akan lakukan yaitu dengan mengajak para calon pengajar, guru, instruktur, atau pengelola pendidikan harus memahami dan mendalami konsep-konsep rancangan pembelajaran sesuai dengan level yang diharapkan. Dengan memahami konsep-konsep tersebut, diharapkan para calon pengajar, instruktur, dan pengelola pendidikan dalam mengembangkan acara perkuliahan atau pelatihan akan menggunakan dan memperhatikan teori rancangan pembelajaran. Hal ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran, sehingga usaha peningkatan mutu lulusan bisa tercapai.

Dalam menganalisis pembelajaran ada tiga hal yang perlu dianalisis, yaitu:
1) analisis memproses informasi yang diharapkan dapat menyingkap operasi mental untuk membentuk tujuan,
2) mengklasifikasikan tugas untuk mengkategorisasikan hasil, dan mengidentifikasi kondisi belajar yang akan ditetapkan, dan
3) menganalisis tugas-tugas belajar untuk mengidentifikasi tujuan antara yang dibutuhkan sebelum mengajarkan tujuan-tujuan target.

Menurut Collins dan Stevens memberikan ide untuk merancang petunjuk pendekatan discovery dan inguiry. Mereka menekankan pada pemilihan dan pengurutan contoh-contoh seperti kreasi yang tidak cocok atau keinginan untuk mengetahui, menstimuli siswa untuk membuat prediksi atau alternatif pemikiran yang memungkinkan dan akhirnya menyeberang ke tujuan umum melalui eksplorasi dan discovery. Mereka menjelaskan dan menggambarkan sepuluh strategi pembelajaran sebagai berikut;
1) memilih contoh-contoh yang positif dan negatif,
2) mengadakan berbagai studi kasus secara sistematik,
3) memilih contoh yang berlawanan,
4) menggeneralisasikan kasus secara hipotesis,
5) membuat hipotesa,
6) melaksanakan tes (menguji) hipotesa,
7) memikirkan alternatif prediksi,
8) menguji siswa,
9) menelusuri konsekwensi kontradiksi,
10) memberikan kewenangan untuk bertanya.


Nama : Dedi irawan
NPM : 09 22 308
Kelas : A.3.5

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites