Sunday, June 19, 2011

KISI-KISI OPTIMIS 2 UAS SEM GENAP 2011


Syarat memilih media sederhana :

1. Kesesuaian isi materi dengan kurikulum

2. Keterjangkauan dalam pembiayaan

3. Ketersediaan sarana dan prasarana

4. Ketersediaan media di pasaran

5. Kemudahan memanfaatkan media pembelajaran

Banyak argumen untuk mengungkapkan pengertian alasan diatas, menurut anda pribadi, jika anda seorang perancang media pembelajaran apa argumen anda untuk menjelaskan syarata-syarat yang tersebut diatas?

KISI-KISI OPTIMIST UAS SEM GENAP 2011

Karakteristik dan kemampuan masing-masing media perlu diperhatikan oleh guru agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Sebagai contoh media kaset audio, merupakan media auditif yang mengajarkan topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. Untuk pengajaran bahasa asing media ini tergolong tepat karena bila secara langsung diberikan tanpa media sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam pengucapan pengulangan dan sebagainya. Pembuatan media kaset audio ini termasuk mudah, hanya membutuhkan alat perekam dan narasumber yang dapat berbahasa asing, sementara itu pemanfaatannya menggunakan alat yang sama pula.

Untuk itu perlu dicermarti daftar kelompok media instruksional menurut Anderson, 1976 berikut ini:

KELOMPOK MEDIA

MEDIA INSTRUKSIONAL

1.

Audio

  • pita audio (rol atau kaset)
  • piringan audio
  • radio (rekaman siaran)

2.

Cetak

  • buku teks terprogram
  • buku pegangan/manual
  • buku tugas

3.

Audio – Cetak

  • buku latihan dilengkapi kaset
  • gambar/poster (dilengkapi audio)

4.

Proyek Visual Diam

  • film bingkai (slide)
  • film rangkai (berisi pesan verbal)

5.

Proyek Visual Diam dengan Audio

  • film bingkai (slide) suara
  • film rangkai suara

6.

Visual Gerak

  • film bisu dengan judul (caption)

7.

Visual Gerak dengan Audio

  • film suara
  • video/vcd/dvd

8.

Benda

  • benda nyata
  • model tirual (mock up)

9.

Komputer

  • media berbasis komputer; CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructiona

Klasifikasi & Jenis Media

KLASIFIKASI

JENIS MEDIA

Media yang tidak diproyeksikan

Realia, model, bahan grafis, display

Media yang diproyeksikan

OHT, Slide, Opaque

Media audio

Audio K aset, Audio V ission, aktive Audio Vission

Media video

Video

Media berbasis komputer

Computer A ssisted I nstructional ( Pembelajaran Berbasis Komputer)

Multimedia kit

Perangkat praktikum

Media yang Tidak Diproyeksikan

• Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar

• Model : Benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda
sesungguhnya

• Grafis : Gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (Grafik, Chart, Poster, Kartun)

• Display : Medium yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu sehingga dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya.

Media Video

• Kelebihan

– Dapat menstimulir efek gerak

– Dapat diberi suara maupun warna

– Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya.

– Tidak memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya

• Kekurangan

– Memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya

– Memerlukan tenaga listrik

– Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatannya

Media Berbasiskan Komputer

Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan

• Praktek dan latihan (drill & practice)

• Tutorial

• Permainan (games)

• Simulasi (simulation)

• Penemuan (discovery)

• Pemecahan Masalah (Problem Solving)

(Heinich,et.al 1996)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites