Tuesday, November 9, 2010

Pengembangan Media Sederhana & Produksi Sablon A.5.1

Seorang ahli media kadang disebut juga perancang media, bahkan dalam proses pembuatan konsep harus dilandasi kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran. Aspek desain dan aspek komunikasi visual sering kali lebih dimaksimalkan , karena akan menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah karya. Mengapa anda perlu melakukan ini?

21 komentar:

Menurut saya kompetensi individu kreatif dari seorang perancang media sangat penting dalam mewujudkan karyanya, karena salah satu bentuk produk desain harus dipresentasikan atau dikomunikasikan ke orang lain dalam bentuk visual atau gambar-gambar yang kreatif. kekreatifan tersebut penting, selain dibutuhkan fungsinya untuk meningkatkan daya tarik juga dimanfaatkan agar desain dapat menjalankan fungsinya secara efektif. desain yang menarik dan efektif hanya dapat dihasilkan oleh individu yang kreatif. desain komunikasi visual menyampaikan pesan visual maupun verbal secara kreatif. aspek visual dan verbal dalam pesan tersebut terintegrasi dalam satu pesan tunggal. keduanya melibatkan kemampuan berpikir visual dan verbal sekaligus.
dengan hal ini dapat diperjelas lingkup antara integrasi dalam pesan visual dengan komunikasi verbal. komunikasi dengan cara visual merupakan proses yang berlangsung terus. berpikir visual melibatkan gambaran, mata, otak dan tangan. keterlibatan gambaran, mata, otak dan tangan terkait dengan pentingnya informasi yang perlu dimiliki, banyaknya informasi merupakan pengayaan dari gambaran yang terekam. Dan hal ini lah yang dapat membuat peserta didik dapat lebih mudah memahami karena peserta didik dapat langsung melihat dan mendengarkan materi yang disampaikan.

tujuan dibuatnya media pembelajaran adalah untuk mempermudah dan lebih menarik perhatian peserta didik sehingga dapat mendoronng suatu motivasi belajar anak. untuk itu sebelum membuat media pembelajaran terlebih dahulu kita harus membuat suatu rancangan media, dengan memperhatikan aspek desain dan aspek komunikasi visual yang sesuai dengan tingkat sekolah. agar media pembelajaran yang kita rancang sesuai dengan tujuannya.

Menurut saya tujuan dibuatnya media pembelajaran oleh seorang perancang media sangat penting dalam Pengembangan desain pembelajaran karena prosedur-prosedur desain mempengaruhi desain pembelajaran, namun prinsip-prinsip umumnya berasal dari aspek-aspek komunikasi. disamping proses belajar Perkembangannya selain dipengaruhi oleh teori komunikasi juga dipengaruhi oleh teori-teori proses auditori dan visual, proses berpikir visual, dan estetika. menurut saya Teori berfikir juga sangat berguna dalam pengembangan materi pembelajaran terutama dalam mencari ide untuk perlakuan visual. Berfikir visual merupakan reaksi internal dan Berfikir visual meliputi lebih banyak manipulasi bayangan mental dan asosiasi sensor dan emosi dari pada tahap berpikir yang lain. Dan juga menurut saya dalam teori belajar visual terfokus pada perancangan visual yang merupakan bagian penting dalam berbagai tipe pembelajaran yang menggunakan media yang sesuai dengan tingkat sekolah. Dengan ini komunikasi visual sangat dimaksimalkan karena dengan menggunakan desain dan komunikasi visual pertas didik diharapkan dapat lebih mudah memahami Pembelajaran karena peserta didik dapat langsung melihat dan mendengarkan materi yang disampaikan dan media pembelajaran yang kita rancang sesuai dengan tujuannya.

sebagai seorang mahasiswa teknologi pendidikan yg tugasnya Merancang, menghasilkan dan menggunakan berbagai media untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi belajar dan pembelajaran, maka menurut saya suatu Aspek desain dan aspek komunikasi visual lebih dimaksimalkan , karena akan menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah karya dan lebih memotivasi para peserta didik untuk belajar, tentu saja harus dilandasi kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran.


jadi dapat disimpulkan sebagai calon desainer kita harus mengikuti perkembangan teknologi yang akan lebih menghasilkan proses belajar dan pembelajaran yang lebih efektifitas dan efisien.

Menurut saya perancang media pembelajaran mempunyai tujuan dengan meggunakan media pendidikan secara tepat dan variasi dapat diatasi sikap pasif anak didik. dengan sifat unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikilum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri.
apalagi bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda.
pengetahuan yang dibedah dari setumpuk buku, masih yang terlewat yang ditemukan dari bahan ajar lainyang berserakan di dunia maya dalam bentuk kode-kode digital.
dengan semakin terlengkapi dengan pembelajaran menggunakan multi media yang bersifat statis atau intraktif.
sekolah perlu membangun paradigma yang merspon itu semua.hal dan keberadaan komputer tidak hanya digunakan untuk efisien dan efektivitas dalam pengelolaan dalam penyelenggaraan disekolah saja.komputer dapat digunakan untuk mempermudah menunjukkan pengetahuan, mengganti simulasi yang berbahaya, memberi daya tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas manusia lewat desain multi media.penyajian bahan ajar dalam bentuk multi media dapat di rancang untuk keperluan presentasi dan dapat juga untuk dirancang untuk pembelajaran mamdiri.

Menurut saya seorang perancang akan memilih materi dan perangkat teknologi yang tepat untuk menghasilkan suatu pembelajaran yang bermutu dan seorang perancang juga dapat melihat Media apa yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Desainer harus memiliki kemampuan untuk menciptakankan gagasan, namun juga harus dapat menerima koreksi dan evaluasi sebagai umpan balik. Dalam hal ini diperlukan pemahaman teknis untuk menuliskan konsep secara obyektif, meringkas sebuah rasional kreatif , menyajikan gagasan dengan efektif baik secara lisan, visual atau dengan audiovisual yang mendukung.
Aspek desain dan komunikasi visual dapat lebih menarik perhatian siswa dalam belajar karena siswa dapat melihar gambar dan mendengar suara sehinga dalam melakukan proses Pembelajaran siswa tidak mudah merasa bosan ataupun jenuh

Nama : futri sinta manda sari
NMP : 0822 033
kelas : A.5.1

Menurut saya dengan aspek desain dan aspek komunikasi visual dapat meningkatkan proses belajar peserta didik karena dengan komunikasi visual dapat menarik / menumbuhkan motivasi belajar siswa, selain itu materi pembelajaran yang diberikan oleh guru akan dapat lebih jelas maknanya sehingga lebih mudah dipahami serta peserta didik dapat menguasai tujuan pembelajaran dengan baik.
Dengan komunikasi visual peserta didik dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab peserta didik tidak hanya mendengarkan penjelasan guru tetapi peserta didik dapat melakukan aktivitas lain seperti mengamati,melakukan dan mendemostrasikan. Dengan cara itu, akan lebih dapat menarik bagi peserta didik dari pada hanya mendengarkan uraian dari pada tanpa menggunakan media. Misalnya,dengan menggunakan media grafis ( gambar )

Sebagai perancang media kita harus bisa memilih media yang tepat untuk digunakan.
Perancang media harus memperhatikan kriteria-kriteria dalam pemilihan media diantaranya ;
- Perancang media harus memperhatikan tujuan pembelajaran.
- Kemudahan dalam memperoleh media yang digunakan
- Kemampuan dari guru dalam menggunakan media karena a pabila didalam proses pembelajaran guru tidak dapat menggunakannya maka media tersebut tidak mempunyai arti apa-apa, sebab nilai dan manfaat dari sebuah media bukan dilihat dari medianya tetapi dilihat dari dampak penggunaan median oleh guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
- Serta taraf berfikir peserta didik karena dalam memilih media kita harus melihat sasaranya, apakah siswa SD,SMP,SMA karena setiap taraf pikir siswa dari tingkat ke tingkat itu berbeda. Itulah sebabnya, sebagai perancang media harus memperhatikan kriteria-kriteria diatas.

Jadi dengan memanfaatkan media pembelajaran kita telah melakukan suatu usaha untuk membantu terciptanya proses pembelajaran yang berdaya guna dan berhasil guna sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri pada suatu karya..

Nama : Karnaldo Venalosyah
Npm : A.3.6

Sebagai seorang Calon Perancang media pembelajaran harus memperhatikan Kajian Teoritis guna menghasilkan media yang tepat guna, efektif dan dapat mencapai tujuan sasaran media yang kita buat atau gunakan.

Dalam membuat Konsep media pembelajaran kita harus memperhatikan aspek Visual agar menarik minat belajar peserta didik, baik dari desain warna, bentuk dan dan gambar-gambar yang bisa menjadi stimulus bagi peserta didik.

Dalam membuat media kita harus menyesuaikan dengan materi pelajaran yang akan kita sampaikan supaya kita dapat mempermudah dalam memberikan materi pelajaran tersebut.

Aspek Visual sangat berperan karena dalam pendidikan kita sapat belajar dari yang kita lihat karena akan menimbulkan imaginasi dan kreatifitas dalam diri.

NAMA : HENDRA HIDAYAT
NPM : 09 22 400

Seandainya kita sebagai seorang ahli / perancang media dan merancang sebuah pembelajaran , kita harus menentukan sebuah media-media, dan kita harus memiliki landasan atas kajian-kajian teoritis yang mengutamakan analisis pencapaian tujuan pembelajaran, sebab apabila kita tidak memperhatikan sebuah landasan dan kajian-kajian tersebut, dan besar dari kemungkinan hasil yang dicapai kurang dari yang diharapkan dan apabila kita memperhatikan sebuah media dan sudah kita uji terlebih dahulu kebenranya agar kita mendapatkan hasil yang kita harapkan.

NAMA : EVA TRISUJIATI
NPM : 09 22 324


Karena menurur saya, seorang ahli media atau perancang media dalam membuat konsep harus dilandasi dengan kajian-kajian teoritis untuk mencapai sasaran dan tujuan instruksional.

Dalam membuat konsep media pembelajaran kita juga harus memperhatikan aspek komunikasi visual untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran.
Dan juga sebagai perancang media kita juga harus memilih media apa yang tepat digunakan dalam pembelajaran serta kita juga harus menyesuaikan media yang kita pilih dengan materi-materi pembelajaran.

Nama : Siswanto Adi Purnomo
Npm :09 22 385

Sesuai dengan funsinya,,,
Media berfungsi sebagai pengantara pesan dari pengirim atau komunikator kepada penerima pesan atau komunikan. Selain itu media juga sebagai alat bantu dalam pengajaran, sehingga dapat mempertinggi daya serap belajar pembelajar.
Karena itu seorang ahli media atau perancang media dalam proses pembuatan konsep harus di landasi kajian-kajian teoritis seperti buku atau referensi sehingga konsep yang di buat akan menenui tujan pembelajaran yang di inginkan.
Jadi seorang perancang media, Agar tujuan tujuan tercapai dengan maksimal, seorang perancang harus lebih memperhatikan aspek design dan aspek komunikasi visual karena kedua aspek tersebut sama-sama merupakan aspek yang sangat dalam media.

Nama : Misnar
Nmp : 0822 048

Menurut saya dengan di buatnya media pembelajarn itu untuk mepermudah kita dalam proses belajar dan pembelajan, menarik minat siswa dan motivasi siwa untuk belajar. Sebelum kita membuat suatu konsep media belajar terlebih dahulu kita memperhatikan kajian-kajian yang sudah ada dan memperhatikan aspek desain dan aspek komunikasi visual supaya kita bisa mendapatkan proses belajar mengajar sesuai dengan yang kita harapkan.

Mengapa Aspek Desain dan Aspek komunikasi visual itu sangat berpengaruh bagi seorang perancang media...???

Menurut saya,
karna Desain adalah salah satu bentuk kreatifitas yang memberikan kebebasan kepada seorang Desainer atau perancang untuk memilih, menciptakan, atau mengatur apa yang akan disampaikan kepada orang lain dengan tujuan menyampaikan informasi sebagai sebuah pesan. Dengan adanya sebuah Desain pada suatu media, maka seorang pembaca akan mulai tartarik dengan media yang kita buat sebelumnya, disamping itu orang lain akan mudah memahaminya.

sedangkan Komunikasi Visual bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan, dan disampaikan melalui media (Desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan. Isi pesan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif serta mengandung solusi atau alternatif untuk permasalahan yang hendak disampaikan kepada orang lain.
Pada prinsipnya komunikasi Visual sangat berpengaruh bagi perancangan dalam menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran. Sehingga apa yang disampaikan mudah dipahami oleh orang lain.


Nama : Ariska Saputra
NPM : 0822026
kelas : A.5.1

pendapat saya,
sebagai seorang ahli media yang mampu merancang suatu rancangan belajar yang akan menjadi alat bantu dalam proses pengajaran, harus mempunyai tujuan utama dalam pendesainannya agar apa yang menjadi pokok permasalahan akan dapat diselesaikan secara efektif sesuai teoritis dan isi pesan yang telah dijadikan landasan dalam penyusunan Desain media tersebut.
Dan dengan adanya komunikasi/interaksi dari tiap-tiap pihak dari siswa ataupun guru itu sendiri, dapat menjadi pengembangan yang relevan terhadap materi-materi yang menjadi pokok permasalahan.
Sehingga apa yang kita sampaikan mudah dipahami oleh orang lain.

Nama : Kurniya Saputri
NPM : 0822205
kelas : A.5.1

Nama : Nurleyni
NPM : 0822 124


Menurut saya, seorang perancang media dalam proses pembuatan konsep harus dilandasi dengan kajian-kajian teoritis terlebih dahulu agar dapat menghasilkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang kita harapkan dan kita inginkan. Dalam proses pembelajaran kita juga dapat menggunakan aspek desain dengan mengunakan alat bantu gambar dan poster supaya dapat mempermudahkan kita dalam belajar

Nama : Nurleyni
NPM : 0822 124


Menurut saya, seorang perancang media dalam proses pembuatan konsep harus dilandasi dengan kajian-kajian teoritis terlebih dahulu agar dapat menghasilkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang kita harapkan dan kita inginkan. Dalam proses pembelajaran kita juga dapat menggunakan aspek desain dengan mengunakan alat bantu gambar dan poster supaya dapat mempermudahkan kita dalam belajar

nama : joni Ars Putra
npm : 08 22 042

Media Pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat merangsang timbulnya proses
/ dialog mental pada diri siswa. Dengan kata lain, terjadi komunikasi antara
siswa dengan Media Pembelajaran tersebut. media pembelajaran yang menarik akan
mebuat perhatian siswa mengarah kepada apa yang diberikan oleh guru, sehingga siswa
tersebut akan timbul motivasi dari dalam dirinya.
dengan adanya motivasi inilah yang dapat membuat peserta didik dapat lebih mudah memahami dan mendengarkan materi yang disampaikan.

Menurut pendapat saya pembuatan konsep harus dilandasi kajian - kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Penggabungan antara aspek desain dan aspek komunikasi visual diharapkan dapat lebih mempermudah proses pembelajaran. Karena dengan adanya aspek desain seorang perancang media dapat lebih mudah mengjelaskan dengan melalui media visual. Karena dengan media visual seseorang tidak hanya menjelaskan melalui audio atau suara tetapi dijelasakan pula melalui visual sehingga apa yang dijelaskan menjadi lebih mudah dimengerti. Dengan media visual yang sudah di desain sedemikian menarik dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi di kalangan masyarakat apalagi pembelajaran bagi anak -anak TK. Mereka lebih mudah tertarik untuk belajar jika media yang di berikan itu menarik dengan warna - warna yang juga tak kalah menariknya.

Nama : Anastasia Novitasari
NPM : 09 22 467
Kelas : A.5.1

NAMA:RIKA NOVIANTI
NPM:08 22 051
KELAS:A.5.1

menurut saya tujuan di buat nya media pembelajaran adalah untuk mempermudah kita dalam mengenal apa yang termasuk ke dalam media sederhana tersebut,sehingga akan menimbulkan minat dan motivasi dalam belajar,di samping itu juga kita mengenalkan alat-alat nya,supaya anak didik bisa mengetahui bentuk dari media sederhana tersebut.

Nama : Septa Romantika
Npm : 09 22 456

Menurut saya Dalam Merancang Suatu Media Pembelajaran Harus Berdasarkan Landasan Teoritis Agar Media Yang Kita Rancang Bisa Mencapai Sasaran, Dan Merancang minat Belajar Peserta Didik.

Dalam Merancang Suatu Media Pembelajaran Kita Harus Memperhatikan Aspek Visual, Warna, Bentuk Desain, dll.

Biasanya Peserta Didik Akan meningkat Motivasi Belajarnya Jika Media yang Kita Buat/Gunakan menarik Menurut Mereka.

Terima Kasih..

nama : Dani oksander
npm : 07 22 050

Menurut saya seorang perancang harus benar ahli di bidangnya,maka dari itu perancang media sangat penting.dan juga aspek desain dan kumunikasi visual sangat di butuhkan dimana dengan desain siswa bisa langsung dapat berkaya sesuai imajinasi mereka masing-masing, sehingga peserta didik menjadi lebih kereatif dan juga komunikasi visual dapat memudahkan peserta didik dengan mendengarkan dan melihat langsung, sehingga desain serta rancangan yang dibuat dapat mencapai tujuan yang di harapkan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites