Wednesday, November 10, 2010

Stategi Pembelajaran A.3.1

Situasi:
Anda coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, salah satu staff pengajar mengusulkan sebuah mata kuliah baru mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya. Ia menunjukkan kepada anda beberapa hasil penelitian yang dilakukan di beberapa perusahaan industry dalam masyarakat. Ternyata terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
Anda bermaksud merancang mata kuliah tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas a nda??

42 komentar:

Nama: Ana Sutriana
NPM: 09 22 054
Kelas: A.3.1



Di dalam sistem pembelajaran ini, saya akan menyampaikan suatu materi kepada peserta didik tidak hanya dengan menggunakan metode ceramah, tetapi saya juga akan menerapkan metode diskusi dan observasi karena menurut saya dengan menggunakan metode diskusi peserta didik dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara membahas dan memecahkan masalah tertentu dengan bertukar pendapat mengenai topik atau masalah tertentu untuk memperoleh suatu pengertian yang lebih jelas dan teliti tentang suatu topik dan mengambil keputusan bersama.
metode ini juga menurut saya lebih efektif dan efisien bila diterapkan di dalam proses pembelajaran karena metode ini dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan cara
berpikir kritis, analitis, dan logis serta dapat memupuk rasa kerjasama, sikap toleransi dan rasa
sosia.

setelah metode diskusi diterapkan, saya kemudian menggunakan metode observasi untuk menganalisa dan mengadakan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung.
sebab metode ini juga melatih siswa untuk peka terhadap peristiwa atau gejala
yang tejadi dalam lingkungannya serta metode observasi dapat mencatat data atau gejala-gejala yang terjadi, maka dapat digunakan untuk melatih siswa dalam mengadakan evaluasi.

Nama: Milda Sari
NPM: 09 22 035
Kelas: A.3.1


Di dalam suatu kegiatan proses belajar mengajar ini, saya akan menyampaikan suatu materi kepada peserta didik dengan menggunakan metode ceramah, dan diskusi.
karena, jika guru hanya menerapkan dengan metode ceramah saja yang aktif dalam PBM itu hanya gurunya saja, sedangkan peserta didiknya hanya mendengarkan dan menjadi pelajar yang pasif saja. maka dari itu seorang pendidik harus memakai metode yang bervariasi seperti metode diskusi.

Dengan adanya metode diskusi ini, siswa dituntut untuk bertukar pendapat, dengan tujuan untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi. dan peserta didik itu bisa berpikir kritis, analitis, logis dan bisa memupuk rasa kerjasama dengan siswa yang lainnya.

Nama: ari yanto
npm : 09 22 029
kelas:A.3.1
Dalam strategi pembelajaran maka saya akan menggunkan metode ceramah hanya sebagai seling saja. Dalam hal ini karena dalam mebuat metode diskusi dan Tanya jawab, karena dalam metode diskusi peserta didik dapat mengembangkan kemampuan belajar mandiri, dalam hal ini juga pesrta didik dapat mengeluarkan gagasan atau suatu ide baru untuk dipersentasikan yang diujikan kebenaranya dengan cara memecahakan masalah besama.
Kemudian setelah peserta didik berhasil menjalankan diskusi tersebut, maka saya akan menambahkan atau mengkombinasikan dengan metode Tanya jawab, karena dengan metode Tanya jawab ini maka peserta didik dapat beriteraksi langsung dengan pendidik, maka dengan demikian peserta didik dapat memahami ide –ide baru yang diperolehnya tentu dengan penjabaran yang telah dijabarkan oleh pendidik dengan demikian peserta didik dapat menerima solusi langgsung dari pendidikan.

Nama :David setyawan
NPM :09 22 044
Kelas:A.3.1
Dalam strategi pembelajaran saya menerapakan metode ceramah, saya dengan kombinasi metode yang bervariasi sebagai tamabahanya juga metode diskusi Tanya jawab. Kenapa saya menggunakan metode ini karena setiap pesrta didik memiliki pola pikernya berbeda – beda sehingga harus ada metode yang beragam.Dengan beragamnya metode ini maka peserta didik tiddak akan terasa jenuh.
Dalam metode diskusi juga siswa dituntu untuk belajar memecahkan masalh bersama dengan cara bertukar pendapat mengenai permasalah yang rumit sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.
Kemudian saya juga akan menerapkan metode Tanya jawab, karna dalam metode ini peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan pendidik seperti bertanya tentang masalah dari hasil diskusi atau opini lainnya.dengan demikian maka pendidik dapat menjabarkan opini atua permasalhan yang dipertanyakan oleh peserta didik, sehingga dengan penjabaran tersebut maka peserta didik dapat mengetahui jawaban yang sesungguhnya dari interaksi yang dilakukan dalm metode Tanya jawab ini. Dengan demikian maka PBM dapat berjalan dengan maksimal.

Nama : Tara Kurniawan
NPM : 09 22 045
Kelas : A.3.1

Di dalam sistem pembelajaran ini, saya akan menerapkan berbagai metode untuk menyampaikan materi kepada peserta didik.

Metode yang akan saya terapkan adalah sebagai berikut :

a. Metode Tanya jawab
Metode tanya jawab adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan mengahasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut.

b. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah, atau analisis sistem produk teknologi yang pemecahannya sangat terbuka. Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.

d. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.

Dengan menggunakan metode-metode ini peserta didik akan lebih mudah mengerti tentang suatu materi yang kita ajarkan kepada mereka.

Nama :Defita angraini
NPM :09 22 041
Kelas:A.3.1

Dalam proses belajar mengajar tidak semua peserta didik mempunyai kemampuan berpikir yang sama, oleh karena itu dalam PBM saya akan menyampaikan materi dengan menggunakan beberapa metode. Tidak hanya dengan metode ceramah, tetapi juga dapat menggunakan metode diskusi agar siswa dapat lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Dengan metode ini siswa dapat memecahkan masalah dalam belajar secara bersama dan dapat saling bertukar pikiran sehingga siswa dapat lebih mandiri.
Selain metode diskusi, saya juga menggunakan metode latihan untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Dalam PBM juga dilakukan pendekatan terhadap siswa sehingga dapat lebih mengenal karakter pribadi dari masing-masing siswa.

Nama : Sri Yanto
Npm : 09.22.464
Kelas : A.3.1

Assalamualaikum, wr.wb

Rancangan mata kuliah baru mengenai “ penulisan teknik “ yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus, penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya, melihat dari hasil laporan beberapa hasil penelitian yang di lakukan di beberapa perusahaan industri dalam masyarakat, ternyata terdapat minat yang cukup banyak mengikut sertakan karyawwan dalam mata kuliah ini, eingga mata kuliah ini bisa dikembangkan.
Dalam pengembangan mata kiliah ini saya akan menggabungkan metode ceramah yang biasanya dengan berbagai macam metode yang bisa mendukung dalam PBM agar mempermudah dalam penyampaian materi kepada peserta didik. Metode seperti tanya jawab ( agar ada interaksi dengan peserta didik secara langsung ), metode diskusi ( untuk memberi waktu kepada peserta didik untuk mengungkapkan ide-ide dan imajinasinya) dan saya juga mengunakan media Bantu seperti OHV atau LCD proyektor dan sample bahan ajar ( contoh dokumen, laporan teknik, dll ) agar siswa mwmpunyai gambaran langsung tentang hasil-hasil dari mata kuliah penulisan teknik ini.
Pemakaian strategi kognitif membantu peserta didik dalam belajar, mengingat, dn berfikir untuk memotivasi diri mereka sendiri. Pemakaian media bantu dalam strategi ini adalah agar menarik minat peserta didik dan membantu dalam menyimpan informasi lebih lama.
Mengingat pentingnya mata kuliah ini dan besarnya peminat dan peluang yang ada dalam dunia industri, maka upaya rancangan mata kuliah yang saya sajikan dengan menggabungkan metode ceramah dengan beberapa metode dan pemilihan meia Bantu, strategi kognitif yang saya pilih, saya berharap memberi kesan baru dalam penyampain materi kepada peserta didik agar lebih menarik, tidak membosankan dan mudah di cerna, mudah dan lama untuk di simpan dalam memori ingatanya.

Nana :kristianto
NPM :09 22 233
Kelas:A.3.1


Di dalam proses pembelajaran,saya akan menggunakan metode diskusi dan ceramah karena metode ini bisa membuat peserta didik mandiri dan lebih aktif dalam proses pembelajran,dan metode ceramah ini peserta didik bisa mendengarkan dan menyimak yang di jelaskan olh pendidi\guru dan juga peserta didik bisa menanyakan materi mana yang belum jelas,dan juga saya menggunakan metode tanya jawap,karena metode ini guru bisa mengetahui sampai di mana peserta didik mengrti yang di jelaskan oleh guru.

Nama : Pawit
NPM : 09 22 046
Kelas : A.3.1

Dalam merancang mata kuliah baru yaitu mengenai penulisan tenik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus. Dalam mata kuliah ini saya akan meggunakan berbagai metode tidak hanya metode ceramah tetapi juga metode – metode lainnya, seperti metode belajar mandiri, dan metode ceramah hanya sebagai metode selingan
.
Selain itu saya juga akan menggunakan alat Bantu seperti LCD, Proyektor, OHV dan alat Bantu lainya, agar materi yang disampaikan dapat disajikan lebih menarik sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh dari peserta didik, disamping itu saya juga akan menggunakan strategi kognitif, hal ini dimaksudkan agar para peserta didik dapat belajar mengingat, berfikir serta bagaimana memotivasi diri mereka sendiri.

Mengingat mata kuliah yang akan dirancang ini sangat penting, serta dari hasil penelitian yang dilakukan banyak industri dan masyarakat merekrut mahasiswa dari mata kuliah ini maka rancangan metode yang saya buat ini berharap dapat membantu mempermudah dalam penyampaian materi yang tidak membosankan, mudah diingat, dan tepat sasaran.

Nama : Siti maimunah
Npm : 09 22 003
Kelas: A 3.1

Menurut saya,di dalam sistem pembelajaran ini,saya akan menyampaikan suatu materi kepada peserta didik dengan menggunakan metode ceramah dan metode diskusi karena menurut saya dengan menggunakan metode ceramah tersebut maka peserta didik nya dapat lebih jelas dalam menyimak dan mendengarkan suatu pembahasan dan materi yang di terapkan oleh seorang guru.sehingga guru nya yang aktif sedangkan peserta didik nya hanya menerima dan mendengarkan saja.
Serta dengan adanya metode diskusi tersebut maka kita dapat saling bertukar pikiran dan saling memberikan pendapat masing-masing.sehingga terciptalah proses belajar dan juga bisa memupuk rasa kerjasama dan sikap toleransi dan sosial antar individu.Sehingga dapat tercipta proses belajar mengajar sesuai yang di inginkan dan di harapkan.

nama : sari anita
npm : 09 22 006
Kelas: A.3.1

Menurut saya :
Saya sebagai koordinator bagian pengembangan pengajaran di sebuah perguruan tinggi. Disaat itu juga saya bermaksud meracang mata kuliah yang diusulkan oleh staf pengajar mengenai penulisan teknik, serta penulisan laporan teknik dan dokumen.

Maka hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan pengajaran yang nantinya akan diajarkan kepada mahasiswa / peserta didik, selanjutnya memahami / mengidentifikasi masalah apa yang terdapat dalam pelaksaan pembelajaran tersebut. Kemudian barulah memilih metode apa yang efektif yang akan saya terapkan dalam mata kuliah tersebut, sesuai dengan kemampuan peserta didik, khususnya apabila peserta didik banyak didominasi oleh karyawan yang telah memiliki pengetahuan yang lebih.

Apabila selama ini sering kali memakai / menerapkan metode ceramah, maka saya akan menerapkan berbagai metode lainnya seperti :

~ Metode diskusi
Metode yang harus sering diterapkan untuk melatih peserta didik dalam membentuk sustu gagasan / ide dan terobosan pemecahan masalah.

~ Metode demontrasi
Mendemontrasikan suatu prosedur / proses berupa penjaelasan yang singkat, padat, dan tepat.

~ Metode eksperimen (percobaan)
Biasanya dialami sendiri oleh peserta didik untuk membuktikan suatu kebenaran dari suatu pembelajaran dan sesekali memakai media pengajaran (dengan OHP dan bahan presentasi yang menggunakan LCD).

Hal ini dilakukan agar meningkatkan motivasi PBM dan mempermudah pendididk untuk mennyampaikan materi kepada peserta didik, sehingga mencapai pembelajaran yang efektif.

Alasan saya untuk menerapkan metode ini sanagt jelas, karena apabila kita selalu menerapkan satu metode pengajaran saja di setiap kali pertemuan, maka peserta didik akan bosan karena sifatnya monoton. Namaun sebaliknya dengan adanya metode bervariasi yang disajikan di setiap pertemuannya. Maka peserta didik akan lebih mudah memahami PBM tersebut, dengan cacatan seorang pendidik memahami terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh peserta didiknya (dengan cara merancang / memperhatiakn langkah-langkah strategi pembelajran) yang biasanya dimulai dari persiapan, pelaksaan, dan penilain.

Akhirnya dengan diterapkannya cara / metode seperti yang saya jelaskan di atas mudah-mudahan proses PBM akan berjalan dengan efektif dan mencapai hasil yang diinginkan.

NAMA : YAYAN NURHALIMAH
NPM : 09 22 019
KLS : A.3.1

Menurut saya,didalam PBM itu harus menggunakan metode yang bervariasi. karna bervariasi maka saya tidak hanya menggunakan metode ceramah saja tapi saya juga akan mencoba meenggunakan metode tanya jawab yang mana metode tanya jawab ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dan peserta didik.
dan disini siswa dituntut aktif dalam belajar serta siswa jg hrus mampu memecahkan masalah yang mereka hadapi. peserta didik itu harus bisa berfikir secara konkrit, logis dan analisis agar didalam PBM ini bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Nama : Afriansyah
NPM : 09 22 058
Kelas: A.3.1



Dari kita melihat hasil penelitian yang dilakukan ileh beberapa industri di masyarakat tentang metode pendidikan yang tepat di pakai oleh peserta didik, menurut saya dalam proses belajar mengajar ini, saya akan menyampaikan materi dengan menggunakan beberapa metode (metode campuran). Pertama-tama mungkin saya akan menggunakan metode ceramah untuk mengetahui karakter siswa, kalau kita sudah mengetahui karakter masing-masing siswa barulah kita memakai metode lainnya misalnya metode diskusi atau metode tanya jawab untuk lebih mengenal lagi dan mengakrabkan siswa dan pengajar, dan juga dapat dalam metode diskusi ini siswa dapat lebih aktif dalam proses belajar mengajar serta siswa dapat memecahkan masalah dalam belajar secara bersama dan dapat saling bertukar pikiran sehingga siswa dapat lebih mandiri.
kalau materi yang disampaikan si pengajar sudah hampir selesai, si pengajar bisa menggunakan metode Observasi untuk melihat sampai dimana hasil yang di peroleh oleh
siswa-siswanya tersebut, sehingga kalau para siswa tersebut masih belum memahami isi materi kita bisa memkai metode lainnya untuk menunjang materi yang kita ajarkan.

Nama : Ahmad Mardiyansyah
Kelas : A.3.1
NPM : 09 22 043


Seandainya Saya berada dalam posisi ini, Saya akan menerapkan suatu metode yang tidak hanya menggunakan metode ceramah saja. Melainkan Saya akan menerapkan berbagai macam metode diantaranya : Metode Diskusi agar peserta didik dapat mengetahui hal-hal apa saja dan masalah apa saja yang akan dihadapi dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut dangan efektif yang kemudian akan saya kolaborasikan dengan metode Tanya Jawab agar perserta didik dapat menyampaikan pendapat atau argumen tentang masalah yang mereka hadapi dalam proses pendiskusian tersebut kemudian dilanjutkan dengan metode observasi untuk memberi kesempatan kepada perserta didik agar mereka dapat mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.
jadi disini saya menerapakan Tiga Metode pembelajaran. menurut saya pengabungan ke 3 metode ini akan sangant efektif jika di terapakan dalam PBM.

Nama : A.Fauzan
Kelas : A.3.1
NPM : 09 22 007



Di dalam sistem pembelajaran ini saya tidak hanya menerapkan metode ceramah saja tetapi saya akan mengabungkan metode ceramah dengan metode Tanya Jawab. karena jika dalam PBM hanya menggunakan metode ceramah saja hal ini dapat membuat perserta didik menjadi pasif dan tidak berkembang pemikirannya. jadi dengan adanya metode tanya jawab perserta didik dapat menanyakan masalah apa saja yang tidak mereka pahami tentang suatu materi. metode ini dapat merangsang perserta didik yang lain untuk memberikan pendapat mereka,dan secara tidak langsung hal ini dapat membuat perserta didik menjadi lebih aktif dalam PBM.

Nama ; aris supana
Kelas ; a 3.1.
Npm ; 09 22 047
Pertama2 saya akan melakukan pendekatan kepada peserta didik dimana itu adalah hal utama dalam pendidikan agar sang guru dapat tau masing masing karakter setiap anak didik agar ada keterbukaan antara pendidik dan anak didik.setelah itu saya akan mengkombinasikan semua metode dalam pembelajaran agar anak didik tidak merasa bosan dalam belajar.mungkin diawali dengan mengunakan metode ceramah pada minggu pertama,dan dilanjutkan diskusi pada minggu selanjutnya dan sesekali siswa diajak keluar untuk belajar melihat pendidikan didunia luar dengan cara observasi.
Dengan mengunakan metode metode tersebut kita dapat tahu mana anak didik kita yang aktif atau tidak dan mana yang harus mendapatkan tuntunan lebih agar dia mempunyai jiwa aktif seperti teman lainya.dengan berdiskusi anak dapat bertukar pendapat,dengan ceramah mengasah kemampuan otak anak untuk menangkap apa yang kita sampaikan,dengan opservasi anak didik dapat berinteraksi dengan dunia luar.dan mengajarkan kemandirian kepada peserta didik.

Nama: Dika Indah Pratiwi
Kelas: A.3.1
NPM: 09 22 017

Strategi pembelajaran yang akan saya terapkan dalam proses belajar mengajar nanti yaitu:
1. saya akan mendekati peserta didik terdahulu agar saya mengerti bagaimana karakter masing-masing peserta didik saya,
2. saya akan menggunakan alat teknologi dalam proses penjelasan dalam pembelajaran contohnya seperti alat proyektor agar peserta didik tidak bosan dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Setelah saya menjelaskan materi yang di sertai dengan contoh langsung, saya akan membuka season tanya jawab, di mana season tersebut akan membuat peserta didik aktif dalam proses PBM. Sebagai pendidik saya harus jeli melihat peserta didik yang cenderung pasif, saya akan bertanya langsung pada mereka yang pasif agar mereka merasa di anggap ada dalam proses PBM tersebut, agar mereka juga timbul rasa semangat dalam PBM yang berlangsung tersebut.

Nama : Iga Ratnasari
NPM : 09 22 038
kelas : A.3.1


Di dalam sistem pembelajaran ini, selain menggunakan metode ceramah, saya akan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik, diantaranya :
- metoda diskusi, dimana dengan menggunakan metode diskusi ini peserta didik dapat mencari solusi / memecahkan masalah dari permasalahan yang dihadapi, selin itu peserta didik juga akan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, dan melatih kekompakan antar satu team tersebut.

- Metode kerja lapangan dimana dengan menggunakan metode ini mengajak siswa kedalam suatu tempat diluar sekolah yang bertujuan tidak hanya sekedar observasi atau peninjauan saja, tetapi langsung terjun turut aktif ke lapangan kerja agar siswa dapat menghayati sendiri serta bekerja sendiri didalam pekerjaan yang ada dalam masyarakat.

- Metode latihan ( drill ), disini peserta didik melaksanakan kegiatan latihan agar peserta didik memiliki ketegasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari, Ketegasan dan keterampilan peserta didik meningkat atau lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Dan Seorang peserta didik tersebut benar-benar memahami apa yang disampaikan oleh pendidik.

Dengan menggunakan metode-metode ini peserta didik akan lebih mudah mengerti tentang suatu materi yang diajarkan oleh pendidik kepada pesrta didik.

NAMA : ZEPRY YONGKI
NPM : 09 22 022
KELAS : A.3.1



Jika saya adlh kordinator pengembangan tersebut yg saya akan laku kan adlh,
menganalisa terlebih dahulu mata kuliah yang diajukan oleh staf tersebut kemanakah arah dari mata kuliah tersebut dengan demikian saya akan lebih mudah untuk mencari bahan ajar yg tepat untuk di berikan kepada mata kuliah tersebut.


Sedang kan metode yg akan saya pakai adlh metode,

observasi dan tanya jawab
karena menurut saya metode ini sangat efektif dan efisien dalam pembelajaran.

Nama :
NPM :
Kelas :


Menurut saya,Didalam sistem pembelajaran ini harus menggunakan metode yang bertahap,untuk mengetahui karakter peserta didik saya akan melakukan pendekatan diri kepada peserta didik,supaya peserta didik tidak bosan dengan materi yang kita sampaikan. Selanjutnya saya akan meyampaikan materi dengan menggunakan metode cerama dan disertai dengan metode diskusi.dalam pengembangan metode diskusi peserta didik bisa mengemukakan pendapat sendiri saling tanya jawab kepada peserta didik.Dengan cara seperti ini peserta didik bisa aktif dan lebih efektif dan efesien.

Nama : Erwin Edy Kurniawan
NPM : 09 22 016
Kelas : A.3.1


Menurut saya,Didalam sistem pembelajaran ini harus menggunakan metode yang bertahap,untuk mengetahui karakter peserta didik saya akan melakukan pendekatan diri kepada peserta didik,supaya peserta didik tidak bosan dengan materi yang kita sampaikan. Selanjutnya saya akan meyampaikan materi dengan menggunakan metode cerama dan disertai dengan metode diskusi.dalam pengembangan metode diskusi peserta didik bisa mengemukakan pendapat sendiri saling tanya jawab kepada peserta didik.Dengan cara seperti ini peserta didik bisa aktif dan lebih efektif dan efesien.

Nama : M.Anugrah
NPM : 09 22 018
Kelas : A.3.1




Di dalam sistem pembelajaran ini, saya akan menyampaikan suatu materi kepada peserta didik tidak hanya dengan menggunakan metode ceramah, tetapi saya juga akan menerapkan Metode Debat dan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) karena menurut saya dengan menggunakan Metode debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik peserta didik. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan kontra. peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empat orang. Di dalam kelompoknya, peserta didik (dua orang mengambil posisi pro dan dua orang lainnya dalam posisi kontra) melakukan perdebatan tentang topik yang ditugaskan. Laporan masing-masing kelompok yang menyangkut kedua posisi pro dan kontra diberikan kepada guru.
Selanjutnya guru dapat mengevaluasi setiap peserta didik tentang penguasaan materi yang meliputi kedua posisi tersebut dan mengevaluasi seberapa efektif peserta didik terlibat dalam prosedur debat.
Pada dasarnya, agar semua model berhasil seperti yang diharapkan pembelajaran kooperatif, setiap model harus melibatkan materi ajar yang memungkinkan peserta didik saling membantu dan mendukung ketika mereka belajar materi dan bekerja saling tergantung (interdependen) untuk menyelesaikan tugas. Ketrampilan sosial yang dibutuhkan dalam usaha berkolaborasi harus dipandang penting dalam keberhasilan menyelesaikan tugas kelompok. Ketrampilan ini dapat diajarkan kepada peserta didik dan peran peserta didik dapat ditentukan untuk memfasilitasi proses kelompok. Peran tersebut mungkin bermacam-macam menurut tugas, misalnya, peran pencatat (recorder), pembuat kesimpulan (summarizer), pengatur materi (material manager), atau fasilitator dan peran guru bisa sebagai pemonitor proses belajar.
Dan Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih peserta didik menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.
Adapun keunggulan metode problem solving sebagai berikut:
1. Melatih peserta didik untuk mendesain suatu penemuan.
2. Berpikir dan bertindak kreatif.
3. Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis
4. Mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan.
5. Menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan.
6. Merangsang perkembangan kemajuan berfikir peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat.
7. Dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dunia kerja.
Kelemahan metode problem solving sebagai berikut:
1. Beberapa pokok bahasan sangat sulit untuk menerapkan metode ini. Misal terbatasnya alat-alat laboratorium menyulitkan peserta didik untuk melihat dan mengamati serta akhirnya dapat menyimpulkan kejadian atau konsep tersebut.
2. Memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain.

This comment has been removed by the author.

Nama : Maya Melia Purba
NPM : 09 22 031
Kelas : A.3.1


Menurut pendapat saya, Dalam penyampaian pengajaran ini saya akan menggunakan tidak hanya satu metode pembelajaran saja.Tetapi saya akan encoba menggabungkan beberapa metode pembelajarn tersebut. misalnya dengan menggabungkan metode ceramah dengan metode diskusi dan metode demonstrasi.
Dimana metode diskusi disini berperan agar siswa terlibat dalam forum. Siswa akan mengelola pembelajaran dengan penyajian materi dan mulai melakukan pemecahan masalah/ analisis.
Dan saya akan melanjutkan dengan menerapkan metode demostrasi, dimana pengelolaan pembelajaran dan memperagakan/ mempertunjukkan kepada siswa suatu proses situasi, benda/ cara kerja suatu produk yang dipelajari. Dimana pembelajaran ini akan menjadi aktif jika dilakukan dengan baik oleh giri dan dilanjutkan oleh siswa.

Nama : Satria Sasmita
NPM : 09 22 034
Kelas : A.3.1

Menurut pendapat saya , saya akan memulai pelajaran dengan metode diskusi agar penyajian pembelajarannya diolah/ dilakukan melalui pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar.Serta keterlibatan/ keikutsertaan peserta didik untuk terlibat dalam pembelajaran tersebut sangat tingi.
Setelah melakukan metode diskusi, saya akan menerapkan metode eksperimen. dimana peserta didik memulai pembelajaran dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu materi yang dipelajarinya

Nama: Anton Hermawan
NPM: 09 22 049
Kelas: A.3.1




Di dalam sistem pembelajaran ini, saya akan menyampaikan suatu materi kepada peserta didik tidak hanya dengan menggunakan metode ceramah, tetapi saya juga akan menerapkan Metode eksperimen Dan Metode demonstrasi,Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya. Di dalam TIK, percobaan banyak dilakukan pada pendekatan pembelajaran analisis sistem terhadap produk teknik atau bahan.
Percobaan dapat dilakukan melalui kegiatan individual atau kelompok. Hal ini tergantung dari tujuan dan makna percobaan atau jumlah alat yang tersedia. Percobaan ini dapat dilakukan dengan demonstrasi, bila alat yang tersedia hanya satu atau dua perangkat saja.
Dan Metode demonstrasi adalah cara pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produk teknologi yang sedang dipelajari. Demontrasi dapat dilakukan dengan menunjukkan benda baik yang sebenarnya, model, maupun tiruannya dan disertai dengan penjelasan lisan.
Demonstrasi akan menjadi aktif jika dilakukan dengan baik oleh guru dan selanjutnya dilakukan oleh siswa. Metoda ini dapat dilakukan untuk kegiatan yang alatnya terbatas tetapi akan dilakukan terus-menerus dan berulang-ulang oleh siswa.

nama:erlin
npm:09 22 014
kelas:A.3.1


menurut pendapat saya untuk mengatasi masalh ini,dalam sistem pengajaraan tidak hanya digunakan metode ceramah saja mungkin sebagiaan orang bisa langsung paham dengan masalah dan apa yang kita jelaskan tapi sebagiaan y membutuh kan penjelasaan atau keterangaan lain.
oleh karna itu tidak harus metode ceramah saja yang di gunakan tapi metode-metode lain nya seperti metode tanya jawab,diskusi agar peserta didik bisa mengeluarkan pendapat dan dia tidak hanya mampu mandengarkan saja atas penjelasaan dari si pembimbing tapi peserta didik bisa berpikir kritis dan logis agar dia bisa menyelesaikan masalah yang mungkin sedang di hadapinya.

nama:sisriyanti
kelas:A.3.1
npm:09 22 037

menurut pendapat saya,seandainy saya seorang koordinator disuatu perguruaan tinggi maka metode saya terapkan dalam sstrategi pembelajaraan adalah pertama,saya akan memberikan penjelasaan tentang apa-apa yanga akan di pelajari dalam setiap tatap muka/pertumuaan.setelah anak didik paham atas penjelasan kita bila ada yang bisa d pratekkan dalam strategi pembelajaraan maka kita harus mengarahkan anak didik untuk mempratekannya supaya anak didik tersebut mudah paham dan mudah di ingat tentang apa-apa materi yanh telah kita sampaikan kepada anak didik.

nama : deby suherman
npm : 09 22 048

dalam proses pembelajaran ini saya akan mencoba untuk menerapkan pembelajara dengan menggunakan metode ceramah dan observasi di karanakan dalam pembelajaran dengan metode ceramah tersebut lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih berfikir sendri-diri dan juga bisa secara bersama-sama untuk memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran di tambah dengan metode observasi agar peserta didik lebih memahami lebih dekat suatu materi pembelajaran yang di ajarkan dan bisa mengenalnya lebih lanjut dan lebih terperinci.

nama:erlin
npm:09 22 014
kelas:A.3.1


menurut pendapat saya untuk mengatasi masalh ini,dalam sistem pengajaraan tidak hanya digunakan metode ceramah saja mungkin sebagiaan orang bisa langsung paham dengan masalah dan apa yang kita jelaskan tapi sebagiaan y membutuh kan penjelasaan atau keterangaan lain.
oleh karna itu tidak harus metode ceramah saja yang di gunakan tapi metode-metode lain nya seperti metode tanya jawab,diskusi agar peserta didik bisa mengeluarkan pendapat dan dia tidak hanya mampu mandengarkan saja atas penjelasaan dari si pembimbing tapi peserta didik bisa berpikir kritis dan logis agar dia bisa menyelesaikan masalah yang mungkin sedang di hadapinya.

Nama : Mailisa
NPM : 09 22 087


Di dalam sistem pembelajaran ini,dalam penyampaian materi saya akan menggunakan metode ceramah tetapi selain itu di selingi juga metode tanya jawab agar terjadi interaksi antara peserta didik dan pendidik,dan peserta didik dapat lebih aktif dalam PBM.Setelah itu saya tarapkan metode observasi untuk menganalisis suatu masalah yang terjadi pada lingkungannya,dan juga dapat melatih peserta didik dalam melakukan evaluasi hasil pembelajaran.

Nama: Ferryansyah
NPM: 09 22 009
Kelas: A.3.1




Di dalam sistem pembelajaran ini, saya akan menyampaikan suatu materi kepada peserta didik tidak hanya dengan menggunakan metode ceramah, tetapi saya juga akan menerapkan metode diskusi,
metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama ( socialized recitation ). Metode diskusi diaplikasikan dalam proses belajar mengajar untuk : a. Mendorong siswa berpikir kritis. b. Mendorong siswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas. c. Mendorong siswa menyumbangkan buah pikirnya untuk memcahkan masalah bersama. d. Mengambil satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdsarkan pertimbangan yang seksama. Kelebihan metode diskusi sebagai berikut : a. Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan b. Menyadarkan ank didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik. c. Membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya dan membiasakan bersikap toleransi. (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) Kelemahan metode diskusi sebagai berikut : a. tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar. b. Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas. c. Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara. d. Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal.

Nama : Erik Perdianto
NPM : 09 22 050
Kelas : A.3.1


Sebelum saya merancang mata kuliah tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah, pertama-tama saya akan melakukan pendekatan kepada peserta didik dimana itu adalah hal utama dalam pendidikan agar pendidik dapat tahu masing-masing karakter setiap peserta didik dan supaya ada keterbukaan antara pendidik dan peserta didik. Dengan cara pendekatan ini saya bisa tahu mana saja peserta didik yang mudah bosan belajar dan malas belajar. Setelah mengetahui setiap karakter peserta didik, barulah saya akan menentukan atau merancang metode pembelajaran yang bisa menimbulkan motivasi dan semangat belajar para peserta didik. Metode yang akan saya guanakan ialah metode diskusi, tanya jawab, dan ceramah hanya untuk selingan saja atau saya akan menggabungkan metode ceramah yang biasanya dengan berbagai macam metode yang bisa mendukung dalam PBM agar mempermudah dalam penyampaian materi kepada peserta didik. Supaya metode diskusi dan tanya jawab bisa berjalan dengan baik, saya akan menambahkan alat atau media bantu seperti LCD proyektor. Dengan menambahkan alat atau media bantu ini, para peserta didik tidak akan bosan lagi dan akan lebih mengerti secara detail tentang gambaran hasil-hasil dari mata kuliah penulisan teknik ini.
Dan supaya para peserta didik lebih fresh lagi dalam proses pembelajaran maka saya akan melakukan PBM di ruangan terbuka dengan cara metode yang sudah di jelaskan di atas tadi yaitu metode diskusi, tanya jawab, dan ceramah hanya untuk selingan saja.
Semoga dengan metode ini, (PBM) Proses Belajar Mengajar akan berjalan dengan efektif dan mencapai hasil yang diinginkan sesuai dengan rencana.

Nama:Auwina
NPM :09 22 012
Kelas:A.3.1



Langkah pertamayang akan saya lakukan adlah mempelajari dan memahami materi yang terdapat dalam mata kuliah baru tersebut,tidak itu saja saya juga harus memilih media pembelajaran yang sesuai dengan mata kuliah ini dan metode yang saya terapkan,metode-metode tersebut adalah metode diskusi dan metode tanya jwb.karena mungkin dengan adanya metode tersebut maka peserta didik itu sendiri secara aktif menentukan materi dan tujuan belajar dengan minat dan kebutuhanya.

NAMA : DARYANTI
KLS : A.3.1
NPM : 09 22 026

Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang di gunakan untuk melaksanakan strategi, maka dengan adanya permasalahan tersebut di sini coordinator harus merancang mata kuliah dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah. Karna kita tidak akan bisa berhasil secara maksimal apabila kita hanya menggunakan satu metode saja.
Jadi kita harus menggunakan beberapa metode yaitu metode diskusi, tanya jawab dan observasi karna dengan adanya metode diskusi mahasiswa diharapkan akan mempunyai gambaran tersendiri dengan cara mendiskusikannya dengan rekan-rekannya serta dapat mengeluarkan ide-ide utau gagasan-gagasanya. Setelah itu diadakanya metode tanya jawab yang bertujuan untuk mengutarakan pendapat dan mengetahui sampai dimana materi tersebut bisa di pahami, apakah meranah pada materi atau melenceng dari materi dan kemudian diadakan observasi yaitu untuk mengetahui hasilnya apakah sesuai dengan kenyataan dan pengalaman atau tidak.
Serta kita juga harus menggunakan beberapa alat bantu Elektronik misalnya Computer, LCD proyektor dan beberapa hasil penelitian yang di lakukan di beberapa Industry dan Masyarakat sebelumnya agar lebih mempermudah proses belajar atau penyampaiaan materi.

NAMA : DANIATI
KLS : A.3.1
NPM : 09 22 015


Pertama saya akan melihat terlebih dahulu kondisi disekitar lingkungan belajar,apakah sarana dan prasarananya sudah memadai atau belum.
Kemudian setelah itu barulah saya akan memulai rancangan untuk pembelajaran dari mata kuliah tersebut.untuk metode yang akan digunakan tentunya tidak hanya mengunakan metode ceramah seperti biasanya, akan tetapi mengunakan berbagai metode yang tentunya harus disesuaikan dengan media-media yang akan/dapat digunakan. misalnya dengan metode diskusi, problem solving, Tanya jawab dsb. karena pada biasanya metode ceramah itu akan menimbulkan kebosanan, maka dapat divariasikan seperti metode diskusi, dimana mahasiswa/I dapat saling bertukar pendapat,serta problem solving untuk mencari jawaban dari suatu masalah.
Jadi, dalam membuat rancangan mata kuliah tersebut harus disesuaikan dengan beberapa faktor diantaranya tujuan, sasaran, kondisi setempat, serta keadaan peserta didik. sehingga metode yang kita gunakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang kita buat dalam rancangan itu sendiri.

NAMA : SEPTA RIFLIANI
KLS : A.3.1
NMP : 09 22 039

Dalam sistem pembelajaran ini, saya akan menerapkan suatu metode yang tidak hanya menggunakan metode ceramah saja. Melainkan menerapkan berbagai macam metode di antaranya metode diskusi. Karna metode diskusi ini siswa tidak hanya sekedar mendengarkan akan tetapi secara tidak langsung siswa akan mengembangkan keterampilan berfikir rasional, menerapkaan pengetahuan yang mereka miliki serta mendorong siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab dalam belajarnya. Dan di lanjutkan ke metode observasi untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik, agar mereka mengerjakan sendiri dengan proses menganalisis situasi dan menerapkan pengetahuan yang mereka miliki dalam situasi baru.

Nama:Emilia
NPM :09 22 013
Kelas:A.3.1



Saya akan memulainya dengan memilih metode yang tepat dan efektif metode-metode tersebut adalah metode diskusi,metode observasi dan metode tanya jawab.
Contohnya:metode diskusi adalah suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas.
manfaatnya:menumbuhkan dan membina sikap serta oerbuatan siswa yang demokratis.
seterusnya langkah yang akan saya lakukan adalah mengganti sedikit metodenya sehingga lebih mudah di terima dan di mengerti sehingga penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus dapat berjalan dengan baik.
TERIMA KASIH

NAMA : GAPARUDIN
NPM : 09 22 005
KELAS : A.3.1

Yang saya lakukan sebagai koorditator pengembangan pembelajaran yaitu saya akan menyampaikan pembelajaran ini saya tidak akan menggunakan satu metode saja tetapi saya akan menggabungkan beberapa metode seperti metode diskusi dan Tanya jawab Karna metode diskusi ini siswa tidak hanya sekedar mendengarkan akan tetapi secara tidak langsung siswa akan mengembangkan keterampilan berfikir rasional, dan menerapkaan pengetahuan yang mereka miliki.
Dan saya akan menggunakan alat bantu dalam pembelajaran contohnya seperti proyektor agar peserta didik tertarik dalam mengikuti proses belajar.

Nama: nur Isradi
NPM: 09 22 027
KLS: A.3.1

Di dalam sistem pembelajaran ini, saya akan menerapkan, Metode Diskusi
Karna Metode diskusi merupakn suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah, atau analisis sistem produk teknologi yang pemecahannya sangat terbuka.Karna Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.
Dan juga saya akan menyampaikan suatu materi kepada peserta didik tidak hanya dengan menggunakan metode Diskusi saja, tetapi saya juga akan menerapkan metode Diskusi dan observasi karena menurut saya dengan menggunakan metode diskusi peserta didik dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara membahas dan memecahkan masalah tertentu dengan bertukar pendapat mengenai topik atau masalah tertentu untuk memperoleh suatu pengertian yang lebih jelas dan teliti tentang suatu topik dan mengambil keputusan bersama.
metode ini juga menurut saya lebih efektif dan efisien bila diterapkan di dalam proses pembelajaran karena metode ini dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan cara
berpikir kritis, analitis, dan logis serta dapat memupuk rasa kerjasama, sikap toleransi dan rasa
sosial,sebab metode observasi juga untuk menganalisa dan mengadakan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung.
sebab metode ini juga melatih siswa untuk peka terhadap peristiwa atau gejala
yang tejadi dalam lingkungannya serta metode observasi dapat mencatat data atau gejala-gejala yang terjadi, maka dapat digunakan untuk melatih siswa dalam mengadakan evaluasi.

NAMA : FIZUN EFENDI
NPM : 09 22 359
KELA : A.3.1

Jika saya kordinator pengembang tersebut metode yang akan saya pakai adlh,

metode ceramah dan observasi, dengan metode ceramah saya akan mejelaskan suatu mareri kepada meraka kemudian saya akan menyuruh mereka terjun kelapangan untuk memperaktek kan apa yang telah mereka pelajari.

NAMA : FIZUN EFENDI
NPM : 09 22 359
KELA : A.3.1

Jika saya kordinator pengembang tersebut metode yang akan saya pakai adlh,

metode ceramah dan observasi, dengan metode ceramah saya akan mejelaskan suatu mareri kepada meraka kemudian saya akan menyuruh mereka terjun kelapangan untuk memperaktek kan apa yang telah mereka pelajari.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites