Tuesday, February 1, 2011

AYO CERITA PENGALAMAN LEWAT FORUM INI....


Masuk Ke forum dan ngobrol sepuasnya...

Wednesday, January 26, 2011

Kisi-kisi Pengantar Pendidikan



Teori dan Aplikasi :

1. Pendidikan itu penting.

2. Unsur pendidikan mencakup semua aspek kehidupan yang ditemui di masyarakat.

3. Pencetus ide-ide inovasi pendidikan banyak belajar dari Filsafat Pendidikan yang terkonsentrasi pada ilmu tertentu, dan kadang dijadikan kiblat dalam merancang Visi berbagai bagian industri pengetahuan.

4. Seseorang yang ingin meningkatkan kemampuan intelektual pasti bisa mengungkapkan mengapa harus belajar setinggi-tingginya dengan cara menempuh pendidikan.

5. Banyak hal yang terjadi ketika seseorang itu tidak pernah memperoleh pendidikan.

6. Setiap individu pasti punya prinsip terbaik dalam hidupnya, ketika individu tersebut memilih model belajar sesuai dengan jalan pikirannya, dan dianggapnya adalah keputusan yang paling benar.



“Imposible is Nothing”

Wednesday, January 5, 2011

Projek Ahir Pengantar Pendidikan

(Ralat : Batas ahir pengumpulan diperpanjang sampai hari sabtu, tanggal 29 Januari 2011)

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengantar Pendidikan diwajibkan membuat tugas akhir sebagai tambahan nilai UAS. dengan ketentuan sebagai berikut :
Tugas Akhir : Makalah Ilmiah (lengkap dengan daftar pustaka).
Tema : Paradigma Pendidikan di OKU.
Sasaran : Bebas.
Jumlah Klp : Maximal 3 orang.
Bentuk : Kumpulkan dalam bentuk CD bersampul.




PEDOMAN SINGKAT KARYA TULIS ILMIAH

(MAKALAH)

Karya tulis ilmiah: karya tulis yang memenuhi persyaratan keilmuan, baik substansi maupun metodologinya.

Substansi: yang ditulis berupa pernyataan-pernyataan yang benar, dapat dipertanggungjawabkan, dengan ilmu atau teori yang truji dan mapan

Metodologi: menggunakan metode terarah dan dapat dibenarkan/diterima.

Makalah: tulisan semi ilmiah yang bentuk dan struktur serta substansinya sederhana dan tidak lengkap. Makalah yang diterbitkan di media cetak biasanya disebut artikel.

Kerangka isi laporan hasil kegiatan ilmiah:

  1. Bagian pendahuluan : mengangkat dan menjelaskan masalah.

  2. Bagian 2 : landasan teoritis.

  3. Bagian inti : pembahasan.

  4. Bagian Penutup : simpulan dan saran.

Kerangka makalah:

Bagian awal

  1. Halaman sampul, berisi judul makalah, keperluan atau maksud ditulisnya makalah, nama penulis makalah, tempat dan waktu penulisan makalah atau disampaikannya makalah.

  2. Daftar Isi, berisi panduan atau gambaran tentang garis besar isi makalah serta mempermudah pembaca dalam menemukan bagian-bagian yang diperlukan.

  3. Daftar tabel dan gambar, dimaksudkan memudahkan pembaca menemukan tabel atau gambar yang terdapat dalam makalah. Bila dalam makalah tersebut jumlah gambarnya banyak, dibuat dalam daftar tersendiri, tetapi jika jumlahnya sedikit dapat disatukan dengan daftar isi.

Bagian inti

  1. Pendahuluan, berisi latar belakang penulisan makalah, masalah yang akan dibahas (pokok bahasan beserta pembatasannya), serta tujuan penulisan makalah.

Latar Belakang

Berisi hal-hal yang melandasi perlunya ditulis makalah. Hal-hal tersebut dapat berupa paparan yang bersifat teoritis maupun praktis. Pemaparan ini dapat dimulai dengan menyampaikan pengetahuan umum, teori yang relevan, dengan pertanyaan teoritis, kutipan dari pendapat orang yang terkenal, ungkapan, slogan atau yang lainnya yang relevan dengan masalah yang dibahas.

Masalah atau Topik Pembahasan

Berupa persoalan yang memerlukan pemecahan, persoalan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, penegasan, atau pembuktian.

Tujuan Penulisan

Mengarah pada apa yang akan dicapai dengan penulisan makalah tersebut.

  1. Teks utama, berisi pembahasan topik-topik makalah dan sebagai inti dari kegiatan penulisan makalah.
  2. Penutup, berisi kesimpulan, rangkuman pembahasan, dan saran-saran.

Bagian akhir

Berisi rujukan dan lampiran jika ada.

Thursday, December 30, 2010

Presensi


Diwajibkan seluruh mahasiswa supaya menandatangani Absen Mid Semester. karena sebagai syarat UAS, silahkan mencari dosen yang bersangkutan.

Batas pengumpulan Absen paling lambat Jumat 31 Desember 2010. Terima Kasih.

Monday, December 27, 2010

Contoh Media Sederhana 3 Dimensi

Batas penilaian maximal 22 Januari 2011, jam 15.00 Wib.

Berikut sedikit gambaran mengenai projek ahir Mata Kuliah Pengembangan Media Sederhana dan Produksi Sablon. Ketentuan utama adalah 3 dimensi ( nyata dan berwujud material), kelengkapan dari Produk yang anda buat sama seperti rancangan Konsep presentasi lalu. 1 kelompok tidak melebihi 4 orang, silahkan dibagi atau dipilih sendiri anggota kelompoknya. Konsep bisa dikonsultasikan sebelum diadakan Pameran ahir Mata Kuliah (tanggal dan tempat menyusul)

Ketentuan khusus diberikan untuk peserta mata Kuliah ini yang tidak menghasilkan Produk Projek Ahir+Pameran . Terima kasih.




























Friday, November 19, 2010

Penyelesaian Laporan dan Analisis Kelas

Silahkan manfaatkan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan laporan masing-masing kelompok dan laporan akhir dikirim ke email dosen pengampu, untuk verifikasi password melalui sms adalah tanggung jawab setiap ketua team kepada dosen pengampu. batas akhir pengiriman verifikasi dan laporan ketua tingkat adalah 2 minggu terhitung mulai tanggal 11 november 2010 (kecuali kelas yang mendapat toleransi seperti C.5.9 waktu disesuaikan).
Penilaian dan analisis umpan balik akan dikirimkan maximal 1 minggu setelah pengiriman laporan. terima kasih.

Wednesday, November 17, 2010

Definisi AECT 2004 Teknologi Pendidikan

AECT 2004 ( AECT Definition and Terminologi Committee document #MM4.0 ), Teknologi Pendidikan adalah :

Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources.(Teknologi Pembelajaran adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi.)

Definisi ini mengandung beberapa elemen kunci,yaitu :

  • Studi. Pemahaman teoritis, sebagaimana dalam praktek teknologi pendidikan memerlukan konstruksi dan perbaikan pengetahuan yang berkelanjutan melalui penelitian dan refleksi praktek, yang tercakup dalam istilah studi.
  • Etika Praktek. Mengacu kepada standard etika praktis sebagaimana didefinisikan oleh Komite Etika AECT mengenai apa yang harus dilakukan oleh praktisi Teknologi Pendidikan.
  • Fasilitasi. Pergeseran paradigma kearah kepemilikan dan tanggung jawab pembelajar yang lebih besar telah merubah peran teknologi dari pengontrol menjadi pem-fasilitasi.
  • Pembelajaran. Pengertian pembelajaran saat ini sudah berubah dari beberapa puluh tahun yang lalu. Pembelajaran selain berkenaan dengan ingatan juga berkenaan dengan pemahaman.
  • Peningkatan. Peningkatan berkenaan dengan perbaikan produk, yang menyebabkan pembelajaran lebih efektif, perubahan dalam kapabilitas, yang membawa dampak pada aplikasi dunia nyata.
  • Kinerja. Kinerja berkenaan dengan kesanggupan pembelajar untuk menggunakan dan mengaplikasikan kemampuan yang baru didapatkannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites