Wednesday, November 17, 2010

Definisi AECT 2004 Teknologi Pendidikan

AECT 2004 ( AECT Definition and Terminologi Committee document #MM4.0 ), Teknologi Pendidikan adalah :

Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources.(Teknologi Pembelajaran adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi.)

Definisi ini mengandung beberapa elemen kunci,yaitu :

  • Studi. Pemahaman teoritis, sebagaimana dalam praktek teknologi pendidikan memerlukan konstruksi dan perbaikan pengetahuan yang berkelanjutan melalui penelitian dan refleksi praktek, yang tercakup dalam istilah studi.
  • Etika Praktek. Mengacu kepada standard etika praktis sebagaimana didefinisikan oleh Komite Etika AECT mengenai apa yang harus dilakukan oleh praktisi Teknologi Pendidikan.
  • Fasilitasi. Pergeseran paradigma kearah kepemilikan dan tanggung jawab pembelajar yang lebih besar telah merubah peran teknologi dari pengontrol menjadi pem-fasilitasi.
  • Pembelajaran. Pengertian pembelajaran saat ini sudah berubah dari beberapa puluh tahun yang lalu. Pembelajaran selain berkenaan dengan ingatan juga berkenaan dengan pemahaman.
  • Peningkatan. Peningkatan berkenaan dengan perbaikan produk, yang menyebabkan pembelajaran lebih efektif, perubahan dalam kapabilitas, yang membawa dampak pada aplikasi dunia nyata.
  • Kinerja. Kinerja berkenaan dengan kesanggupan pembelajar untuk menggunakan dan mengaplikasikan kemampuan yang baru didapatkannya.

2 komentar:

Sebagai calon pendidik yang akan saya lakukan adalah mempersiapkan diri dengan cara pembekalan ilmu pengetahuan yang cukup dan sesuai dengan kompetensi pembelajaran/pendidikan.Untuk itu kita semua harus bisa memahami arti pendidikan & pembelajaran di dalam kehidupan guna meningkatkan mutu SDM sebagaimana mestinya. Selain itu yang harus kita pahami adalah bagaimana cara kita menyampaikan atau memberikan pemahaman tentang proses pembelajaran yang akan kita ajarkan di dalam dunia "PEDIDIKAN".

sebagai calon pendidik saya tidak hanya mempersiapkan pengetahuan saya,tapi saya juga harus mempersiapkan mental dan perilaku sebagai pendidik.karena jika tidak adanya mental,kita tidak akan berani dalam mengajar.dan jika perilaku seorang pendidik buruk,maka kemungkinan si pelajar juga akan berperilaku buruk.dan dalam proses mengajar, saya akan mencampurkannya dengan proses belajar.karena jika kita hanya mengajar,tetapi tidak belajar memahami si pelajar,maka kita juga akan kesulitan dalam proses mengajar.oleh karena itu, yang dibutuhkan pengajar bukan hanya pengetahuan,tapi juga pemahaman dan tingkah laku yang baik.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites