Wednesday, November 10, 2010

Manajemen Sistem Kepelatihan A.5.1

Situasi:
Anda seorang direktur pelayanan pendidikan pada sebuah rumah sakit besar. Pimpinan rumah sakit menerima sejumlah keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, meskipun masing- masing telah menyelesaikan prajabatan dengan baik ketika pertama kali bekerja. Anda diberi tugas untuk merancang sebuah program pelatihan lengkap untuk para petugas kebersihan tersebut dengan segera sehingga program itu dapat dipakai pada bulan yang akan datang. Pelatihan berlangsung selama 1 hari (8jam). Dan tidak ada kendala dana.
Dalam percakapan dengan kepala petugas kebersihan, anda diberi tahu bahwa ia juga telah mendengar keluhan itu. Namun, ia menyangkal tuduhan bahwa petugasnya tidak menyadari kewajibannya. Ia mengatakan bahwa gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan lain menyebabkan semangat kerja mereka rendah serta banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas anda???

36 komentar:

dengan adanya jabatan yang dimiliki oleh setiap orang hendaknya dilaksanakan dengan benar, akan adanya saling bekerja satu sama lain.

Dalam setiap jabatan, dalam setiap usaha, sekurangkurangnya pasti ada seorang teladan. Hanya memperhatikannya bekerja sudah bisa memberi kita inspirasi untuk berbuat lebih balk.
Selesaikan pekerjaan. Seperti cerita, pekerjaan juga mempunyai permulaan, perkembangan dan akhir. Setelah mulai bekerja pada satu proyek, banyak di antara kita yang tidak tahu kapan atau di mana harus berhenti. Pemecahannya adalah rencanakan pekerjaan Anda sebelumnya sehingga setelah Anda sampai ke titik ketika rencana Anda sudah terpenuhi, Anda bisa berkata, Selesailah sudah."
Bagi kebanyakan di antara kita, kerja hanyalah sebuah "peristiwa"; rahasianya adalah mengubah peristiwa ini menjadi sesuatu yang menghasilkan. Hal yang mengasyikkan mengenai pendekatan ini adalah karena cara itu membuat pekerjaan menjadi bagian hidup yang paling membangkitkan gairah, memberikan imbalan dan memuaskan.jadi pekerjaan yang ada pada diri kita harus di lakukan dengan cara yang baik dan benar.

langkah awal saya adalah,
melakukan observasi kepada karyawan rumah sakit dan meneliti apa penyebab dari lemahnya petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaannya...
kemudian melakukan pelatihan kepada petugas kebersihan.

Nama : Kurniya Saputri
NPM : 0822205
Kelas : A.5.1

langkah awal yang saya lakukan adalah,
menyusun sebuah skejul atau jadwal dan menyusun rancangan program untuk pelatihan kepada petugas kebersihan.
Dari penyusunan skejul dan rancangan program tersebut kemudian dilakukan pelatihan terhadap petugas kebersihan.
Sehingga dari pelatihan tersebut diharapkan dapat mengubah kreatifitas kerja petugas rumah sakit.

Nama : Ariska Saputra
NPM : 0822026
Kelas : A.5.1

Langkah awal yang akan saya lakukan adalah mencoba mencari tahu apa penyebab dari permasalahan yang terjadi pada petugas kebersihan melalui pihak-pihak yang terkait pada rumah sakit tersebut. Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa lemahnya semangat kerja karyawan disebabkan oleh gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan lain serta lemahnya dalam pengawasan. Setelah penyebabnya diketahui yang akan saya lakukan adalah:
1) saya akan membuat pembagian tugas yang jelas pada masing-masing karyawan kebersihan.
2) menaikan gaji karyawan agar mereka semangat bekerja.
3) memberikan pelatihan kepada karyawan kebersihan agar mereka memiliki keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan mereka.
4) memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah bekerja dengan baik.
5) memperketat pengawasan agar mereka tidak lalai dalam bekerja.


Nama : emilia anggreini
Npm : 0822 037
Kelas : A.5.1

Dalam setiap jabatan, dalam setiap usaha, sekurangkurangnya pasti ada seorang teladan. Hanya memperhatikannya bekerja sudah bisa memberi kita inspirasi untuk berbuat lebih balk.
Selesaikan pekerjaan. Seperti cerita, pekerjaan juga mempunyai permulaan, perkembangan dan akhir. Setelah mulai bekerja pada satu proyek, banyak di antara kita yang tidak tahu kapan atau di mana harus berhenti. Pemecahannya adalah rencanakan pekerjaan Anda sebelumnya sehingga setelah Anda sampai ke titik ketika rencana Anda sudah terpenuhi, Anda bisa berkata, Selesailah sudah."
Bagi kebanyakan di antara kita, kerja hanyalah sebuah "peristiwa"; rahasianya adalah mengubah peristiwa ini menjadi sesuatu yang menghasilkan. Hal yang mengasyikkan mengenai pendekatan ini adalah karena cara itu membuat pekerjaan menjadi bagian hidup yang paling membangkitkan gairah, memberikan imbalan dan memuaskan.jadi pekerjaan yang ada pada diri kita harus di lakukan dengan cara yang baik dan benar.

NAMA: LINDA PUSPITA SARI
NPM : 0822 045
KLS : A.5.1

yang paling utama yang harus saya selesaikan sebagai pekerja rumah sakit saya akan melakukan kewajiban saya untuk memenuhi kekurangan dan kelebihan dalam suatu pekerjaan saya.

NAMA : RIA MUSTIKA
NPM : 0822 030
KLS : A.5.1

Langkah awal yang akan saya lakukan
adalah mencari masalah kenapa pegawai rmh sakit malas untuk bekerja dan untuk menjalankan tugas yang sudah di tentukan kepadanya, kita sebagai atasan kita harus tau apa saja yang menyebabkan mereka malas untuk bekerja, dari hasi pengamatan kita sebagai atasan kenapa karyawan itu malasa bekerja di karenakan gaji mereka kecil dan selalu tidak menerima gaji dengan tepat waktu. Mana gaji mereka tidak sesuai dengan apa yang sudah mereka kerjakan mereka ingin sekali ada nya kebaikan dari atasan untuk menaikkan gaji mereka dan tidak lagi menunda-nunda gaji mereka.
Dengan itu kita sebagai kepala rumah sakit itu kita harus mempertimbangkan kembali usulan karyawan kita tadi dan kita akan mendiskusikan nya dengan staf lain nya.

NAMA : Misnar Rukmiyati
NPM : 0822 048
KLS : A.5.1

Langkah awal yang akan saya lakukan
adalah mencari masalah kenapa pegawai rmh sakit malas untuk bekerja dan untuk menjalankan tugas yang sudah di tentukan kepadanya, kita sebagai atasan kita harus tau apa saja yang menyebabkan mereka malas untuk bekerja, dari hasi pengamatan kita sebagai atasan kenapa karyawan itu malasa bekerja di karenakan gaji mereka kecil dan selalu tidak menerima gaji dengan tepat waktu. Mana gaji mereka tidak sesuai dengan apa yang sudah mereka kerjakan mereka ingin sekali ada nya kebaikan dari atasan untuk menaikkan gaji mereka dan tidak lagi menunda-nunda gaji mereka.
Dengan itu kita sebagai kepala rumah sakit itu kita harus mempertimbangkan kembali usulan karyawan kita tadi dan kita akan mendiskusikan nya dengan staf lain nya.

NAMA : Misnar Rukmiyati
NPM : 0822 048
KLS : A.5.1

Menurut saya pimpinan runah sakit harus survey ke lokasi, apakah benar yang di sampaikan oleh dokter dan perawat bahwa petugas kebersihan tidak mengetahui kewjiban dan tidak melaksanakan pekerjaan dengan baik, apabila terbukti apa yg di sampaikan dokter dan para perawat benar. Maka pimpinanrumah sakit harus mencari tahu apa penyebab kelailain yang dilakukan para petugas kebersihan tersebut dengan merancang sebuah program pelatihan yaitu memberi tahu atau mengarahkan pada petgs kebersihan apa kewajiban dan keterampilan yang harus diketahui agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik.
NAMA : Nurleny
KLS : A.5.1

Langkah awal yang akan saya lakukan adalah mencari masalah kenapa pegawai rmh sakit malas untuk bekerja dan untuk menjalankan tugas yang sudah di tentukan kepadanya, kita sebagai atasan kita harus tau apa saja yang menyebabkan mereka malas untuk bekerja, dari hasi pengamatan kita sebagai atasan kenapa karyawan itu malasa bekerja di karenakan gaji mereka kecil dan selalu tidak menerima gaji dengan tepat waktu. Mana gaji mereka tidak sesuai dengan apa yang sudah mereka kerjakan mereka ingin sekali ada nya kebaikan dari atasan untuk menaikkan gaji mereka dan tidak lagi menunda-nunda gaji mereka.
Dengan itu kita sebagai kepala rumah sakit itu kita harus mempertimbangkan kembali usulan karyawan kita tadi dan kita akan mendiskusikan nya dengan staf lain nya.

NAMA : Misnar Rukmiyati
NPM : 0822 048
KLS : A.5.1

Setelah membaca siatuasi tersebut saya dapat mengambil gambaran bahwa di dalam kegiatan rumah sakit masih terdapat kesenjangan antar pegawai, untuk itu perlu diadakan pelatihan bagi seluruh pegawai yang terkait dengan persoalan tersebut dengan materi pelatihan antara lain 1. Peningkatan Etos Kerja Pegawai, 2. Memotifasi Kinerja Pegawai, 3. Penghargaan Terhadap Kerja Pegawai...

Nama : Hazli Yulizar
Kelas : A.5.1
NPM : 08 22 091.P

Setelah membaca siatuasi tersebut saya dapat mengambil gambaran bahwa di dalam kegiatan rumah sakit masih terdapat kesenjangan antar pegawai, untuk itu perlu diadakan pelatihan bagi seluruh pegawai yang terkait dengan persoalan tersebut dengan materi pelatihan antara lain 1. Peningkatan Etos Kerja Pegawai, 2. Memotifasi Kinerja Pegawai, 3. Penghargaan Terhadap Kerja Pegawai...

Nama : Hazli Yulizar
Kelas : A.5.1
NPM : 08 22 091.P

harus adanya pelathan tentang kepegawaian, terutama mengenai bagaimana menghargai pegawai lain, kerjasama antar pegawai dan bagaimana meningkatkan kinerja masing-masing...

Nama : Evianti Andrasari
NPM : 08 22 045.P
Kelas : A.51

langkah awal yang saya lakukan adalah mengetahui permasalahan yang ada pada peristiwa dan membutuhkan suatu kepelatihan langsung pada petugas kebersihan.dengan adanya mengetahui permasalahan tersebut kita bisa mengembangkan dan meningkatkan motivasi kerjasama antar kinerja-kinerja yang ada pada bakat diri seseoang.

menurut saya, hal yg perlu saya lakukan dalam kondisi seperti itu adalah, mencari tahu hal apa yg menjadi penyebab para karyawan petugas kebersihan melalui sumber-sumber terkait. dan jika telah diketahui apa penyebabnya, baru bisa dipastikan tindakan apa yg harus diambil agar para petugas kebersihan dapat bekerja dengan baik.

dari hal-hal yg terjadi, seorang pemimpin dapat memberikan suatu kejelasan dari tugas2 dari pekerjaan mereka, lakukan pelatihan-pelatihan kebersihan, atau training, dalam kepelatihan itu hendaknya ditegaskan kepada seseorang yg ahli dalam kebersihan untuk menyikapi permasalan kebersihan, jika ada permasalahn lain yg terjadi maka seorang pemimmpim harus tegas dalam bertindak..
dalam hal ini, pelatihan yg dilakukan hendaknya benar2 ditindak lanjuti oleh pengawas, agar dalam pekerjaan tidak ada para petugas yg lali dalam melaksanakan tugas..
seorang pemimpin juga hendaknya tidak lepas tangan terhadap para karyawan yg ada, karena keakraban pemimpin dengan bawahan it sangatlah penting, dengan terjalinnya rasa kekeluargaan maka para karyawan yg bekerja pada rumah sakit tersebut akan merasa nyaman dan akan selalu melakukan tugas dengan baik. oleh karena itulah, perlu adanya pelatihan-pelatihan, sikap kekeluargaan, dan solidaritas yg kuat antar sesama karyawan, baik karyawan yg jabatannya tinggi maupun yg jabatannya rendah..

Nama : Yulaili
NPM : 0822_034
KLS : A. 5. 1

Langkah awal yang saya lakukan ialah memanggil para pekerja kebersihan, dan berdiskusi/ menanyakan apa saja keluhan mereka yang menyebabkan semangat kerja mereka rendah sehingga banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja. Serta menanyakan keinginan apa saja yang mereka inginkan agar mereka dapat melaksanakan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab. Setelah saya mendapat akar permasalahannya barulah saya bertindak dengan langkah yang lebih lanjut. Apakah menuruti keluhan dan keinginan mereka atau …

nama :joni Ars Putra
npm : 0822 042

Langkah awal yang saya lakukan ialah memanggil para pekerja kebersihan, dan berdiskusi/ menanyakan apa saja keluhan mereka yang menyebabkan semangat kerja mereka rendah sehingga banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja. Serta menanyakan keinginan apa saja yang mereka inginkan agar mereka dapat melaksanakan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab. Setelah saya mendapat akar permasalahannya barulah saya bertindak dengan langkah yang lebih lanjut. Apakah menuruti keluhan dan keinginan mereka atau …

Tugas menjadi seorang Direktur yaitu Memberikan arahan kepada staf , karyawan dan memberikan pelayanan kepada pasien,mengkondisikan kerjasama antar dokter,staf, karyawan sehingga terjalin suatu keakrapan dan kekeluargaan serta memutuskan langkah langkah yang harus diambil dalam rangka pengembangan Rumah Sakit.
Seorang direktur memberikan keterbukaan terhadaap keluhan-keluhanan baik dari staf,karyawan maupun pasien dari perusahaan (rumah sakit),serta kendala-kendala yang ada Untuk itu sebagai Seorang Direktur langkah awal yang akan saya lakukan yaitu.
1.Memberikan pengertian mengenai diri sendiri (who I’m I) kepada dan karyawan kebersihan
2.Memberikan pengarahan kepada staf dan karyawan mengenai arti dari :
a.Visi dan Misi
b.Tanggung Jawab dalam suatu pekerjaan
c.Arti Penting dari suatu pekerjaan
d.Membagi tugas-tugas
3.Pemanfaatan sarana dan Parasarana
4.Keselamatan kerja
5.Kekeluargaan dalam lingkungan kerja
6.Arti penting dalam pemanfaatan waktu
Setelah semuanya selesai saya mengadakan musyawarah kepada kepala petugas kebersihan,yang mengatakan bahwa ia juga telah mendengar keluhan itu. Namun, ia menyangkal tuduhan bahwa petugasnya tidak menyadari kewajibannya. Ia mengatakan bahwa gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan lain menyebabkan semangat kerja mereka rendah serta banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja. Mengenai jalan keluar dari permasalahn tersebut agar dapat ditemukannya titik terang dari permasalahan. Dan antara pihak Perusahaan dan karyawan kebersihan tidak merasa saling dirugikan.
Nama:Mayang sari
Npm :0822 028
Kls :A.5.1

nama : rismanto
npm : 0822 049

angkah awal saya adalah,sebagai direktur saya akan
melakukan observasi kepada karyawan rumah sakit dan memncari apa penyebab dari lemahnya petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaannya...
dan setelah mengetahui penyebab permasalahan kinerja pegawwai saya, kemudian saya akan melakukan pelatihan kepada seluruh petugas kebersihan.

Menurut Saya sebagai Seorang Direktur selain Memberikan pengarahan kepada karyawan mengenai arti penting dari sebuah pekerjaan, menjalin keakrapan, solidaritas yang kuat antar karyawan. serta memberikan pelayanan kepada pasien, seorang direktur juga dituntut untuk dapat mengatasi masalah-masalah yang ada dalam lingkup kerja, serta sebagai seorang pemimpin hendaknya tegas dalam melakukan tindakan, dan selalu mengawasi kinerja yang dilakukan staf, dan karyawan.
Dalam permasalahan mengenai laporan dari dokter dan perawat yang mengatakan bahwa karyawan kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, Untuk itu saya akan mencari informasi tentang kebenaran dari permasalah tersebut. Setelah semuanya sudah didapat saya akan memutuskan langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka pengembangan Rumah Sakit.. Adapun langkah tersebut adalah :
1.Mengadakan sistem pelatihan kerja (training) dengan tenaga ahli kebersihan
2.memberikan pengarahan kepada karyawan kebersihan mengenai :
a.Visi dan misi yang harus dicapai
b.tanggung jawab dari suatu pekerjaan
c.pemanfaatan waktu
d.keselamatan kerja
3.Pembagian tugas-tugas karyawan kebersihan
4.Sarana dan prasarana yang diperlukan
5.Penyesuaian Gaji dengan hasil kerja dari karyawan

Nama : Futri Sinta Mandasari
NMP : 0822 033
Kelas : A.5.1

Hal pertama yang akan saya lakukan yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap masalah yang sedang dialami oleh sebuah rumah sakit tersebut. Dengan cara ini saya dapat menyimpulkan permasalahan yang sebenarnya terjadi di rumah sakit tersebut. Sebab informasi yang didapat sebelumnya masih belum jelas karena dari kedua belah pihak mempunyai informasi/laporan yang berbeda. Setelah saya mengetahui permasalahan yang terjadi di rumah sakit tersebut, bahwa petugas kebersihan bukan tidak mengetahui kewajibannya dan tidak mempunyai keterampilan dibidangnya melainkan karena gaji yang kurang serta kurangnya sikap menghargai antar sesama karyawan.
Selanjutnya saya akan memecahkan masalah tersebut dengan cara membuat sebuah pelatihan terhadap petugas kebersihan rumah sakit dan karyawan-karyawannya. Dimana dalam pelatihan ini setiap materi akan disajikan dalam waktu 3 Jam dan kegiatan evaluasi dilakukan dalam waktu 2 Jam.
Didalam pelatihan tersebut terdiri dari Dua tema yaitu Pentingnnya Kebersihan Didalam Kehidupan dan Keutamaan Sikap Bekerja Sama dan Saling Menghargai. Isi yang terkadung didalam pelatihan tersebut yaitu mengajarkan/melatih :
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap/rasa cinta terhadap pekerjaan.
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap saling menghargai.
 Bagaimana cara menciptakan hubungan yang harmonis terhadap pimpinan dan bawahan serta antar sesama karyawan
Dalam kegiatan pelatihan tersebut akan di bentuk kelompok kerja, yang terdiri dari beberapa orang yang anggotanya diambil dari peserta pelatihan baik dari petugas kebersihan maupun karyawan. Dengan melakukan kegiatan ini sekaligus kita sebagai evaluator dapat mengevaluasi hasil dari kegiatan peserta pelatihan. Apakah pelatihan yang kita buat berhasil atau tidak, karena didalam kelompok kerja tersebut kita dapat melihat kebersihan dan kerja sama dalam melakukan kegiatan yang telah diberikan. Sebab dalam kegiatan ini dituntut untuk saling bekerja sama, apabila sikap tersebut sudah tercipta maka secara tidak langsung akan tumbuh sikap saling menghargai.
Dengan dmikian output yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan terciptanya sikap saling menghargai dan mencintai kebersihan. Dengan demikian akan terciptanya suasana yang harmonis sehingga menjadi seorang yang profesinal dalam bekerja.

Nama : Futri Sinta Mandasari
NMP : 0822 033
Kelas : A.5.1

Hal pertama yang akan saya lakukan yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap masalah yang sedang dialami oleh sebuah rumah sakit tersebut. Dengan cara ini saya dapat menyimpulkan permasalahan yang sebenarnya terjadi di rumah sakit tersebut. Sebab informasi yang didapat sebelumnya masih belum jelas karena dari kedua belah pihak mempunyai informasi/laporan yang berbeda. Setelah saya mengetahui permasalahan yang terjadi di rumah sakit tersebut, bahwa petugas kebersihan bukan tidak mengetahui kewajibannya dan tidak mempunyai keterampilan dibidangnya melainkan karena gaji yang kurang serta kurangnya sikap menghargai antar sesama karyawan.
Selanjutnya saya akan memecahkan masalah tersebut dengan cara membuat sebuah pelatihan terhadap petugas kebersihan rumah sakit dan karyawan-karyawannya. Dimana dalam pelatihan ini setiap materi akan disajikan dalam waktu 3 Jam dan kegiatan evaluasi dilakukan dalam waktu 2 Jam.
Didalam pelatihan tersebut terdiri dari Dua tema yaitu Pentingnnya Kebersihan Didalam Kehidupan dan Keutamaan Sikap Bekerja Sama dan Saling Menghargai. Isi yang terkadung didalam pelatihan tersebut yaitu mengajarkan/melatih :
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap/rasa cinta terhadap pekerjaan.
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap saling menghargai.
 Bagaimana cara menciptakan hubungan yang harmonis terhadap pimpinan dan bawahan serta antar sesama karyawan
Dalam kegiatan pelatihan tersebut akan di bentuk kelompok kerja, yang terdiri dari beberapa orang yang anggotanya diambil dari peserta pelatihan baik dari petugas kebersihan maupun karyawan. Dengan melakukan kegiatan ini sekaligus kita sebagai evaluator dapat mengevaluasi hasil dari kegiatan peserta pelatihan. Apakah pelatihan yang kita buat berhasil atau tidak, karena didalam kelompok kerja tersebut kita dapat melihat kebersihan dan kerja sama dalam melakukan kegiatan yang telah diberikan. Sebab dalam kegiatan ini dituntut untuk saling bekerja sama, apabila sikap tersebut sudah tercipta maka secara tidak langsung akan tumbuh sikap saling menghargai.
Dengan dmikian output yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan terciptanya sikap saling menghargai dan mencintai kebersihan. Dengan demikian akan terciptanya suasana yang harmonis sehingga menjadi seorang yang profesinal dalam bekerja.

Nama : Futri Sinta Mandasari
NMP : 0822 033
Kelas : A.5.1

Hal pertama yang akan saya lakukan yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap masalah yang sedang dialami oleh sebuah rumah sakit tersebut. Dengan cara ini saya dapat menyimpulkan permasalahan yang sebenarnya terjadi di rumah sakit tersebut. Sebab informasi yang didapat sebelumnya masih belum jelas karena dari kedua belah pihak mempunyai informasi/laporan yang berbeda. Setelah saya mengetahui permasalahan yang terjadi di rumah sakit tersebut, bahwa petugas kebersihan bukan tidak mengetahui kewajibannya dan tidak mempunyai keterampilan dibidangnya melainkan karena gaji yang kurang serta kurangnya sikap menghargai antar sesama karyawan.
Selanjutnya saya akan memecahkan masalah tersebut dengan cara membuat sebuah pelatihan terhadap petugas kebersihan rumah sakit dan karyawan-karyawannya. Dimana dalam pelatihan ini setiap materi akan disajikan dalam waktu 3 Jam dan kegiatan evaluasi dilakukan dalam waktu 2 Jam.
Didalam pelatihan tersebut terdiri dari Dua tema yaitu Pentingnnya Kebersihan Didalam Kehidupan dan Keutamaan Sikap Bekerja Sama dan Saling Menghargai. Isi yang terkadung didalam pelatihan tersebut yaitu mengajarkan/melatih :
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap/rasa cinta terhadap pekerjaan.
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap saling menghargai.
 Bagaimana cara menciptakan hubungan yang harmonis terhadap pimpinan dan bawahan serta antar sesama karyawan
Dalam kegiatan pelatihan tersebut akan di bentuk kelompok kerja, yang terdiri dari beberapa orang yang anggotanya diambil dari peserta pelatihan baik dari petugas kebersihan maupun karyawan. Dengan melakukan kegiatan ini sekaligus kita sebagai evaluator dapat mengevaluasi hasil dari kegiatan peserta pelatihan. Apakah pelatihan yang kita buat berhasil atau tidak, karena didalam kelompok kerja tersebut kita dapat melihat kebersihan dan kerja sama dalam melakukan kegiatan yang telah diberikan. Sebab dalam kegiatan ini dituntut untuk saling bekerja sama, apabila sikap tersebut sudah tercipta maka secara tidak langsung akan tumbuh sikap saling menghargai.
Dengan dmikian output yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan terciptanya sikap saling menghargai dan mencintai kebersihan. Dengan demikian akan terciptanya suasana yang harmonis sehingga menjadi seorang yang profesinal dalam bekerja.

Nama : Futri Sinta Mandasari
NMP : 0822 033
Kelas : A.5.1

Hal pertama yang akan saya lakukan yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap masalah yang sedang dialami oleh sebuah rumah sakit tersebut. Dengan cara ini saya dapat menyimpulkan permasalahan yang sebenarnya terjadi di rumah sakit tersebut. Sebab informasi yang didapat sebelumnya masih belum jelas karena dari kedua belah pihak mempunyai informasi/laporan yang berbeda. Setelah saya mengetahui permasalahan yang terjadi di rumah sakit tersebut, bahwa petugas kebersihan bukan tidak mengetahui kewajibannya dan tidak mempunyai keterampilan dibidangnya melainkan karena gaji yang kurang serta kurangnya sikap menghargai antar sesama karyawan.
Selanjutnya saya akan memecahkan masalah tersebut dengan cara membuat sebuah pelatihan terhadap petugas kebersihan rumah sakit dan karyawan-karyawannya. Dimana dalam pelatihan ini setiap materi akan disajikan dalam waktu 3 Jam dan kegiatan evaluasi dilakukan dalam waktu 2 Jam.
Didalam pelatihan tersebut terdiri dari Dua tema yaitu Pentingnnya Kebersihan Didalam Kehidupan dan Keutamaan Sikap Bekerja Sama dan Saling Menghargai. Isi yang terkadung didalam pelatihan tersebut yaitu mengajarkan/melatih :
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap/rasa cinta terhadap pekerjaan.
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap saling menghargai.
 Bagaimana cara menciptakan hubungan yang harmonis terhadap pimpinan dan bawahan serta antar sesama karyawan
Dalam kegiatan pelatihan tersebut akan di bentuk kelompok kerja, yang terdiri dari beberapa orang yang anggotanya diambil dari peserta pelatihan baik dari petugas kebersihan maupun karyawan. Dengan melakukan kegiatan ini sekaligus kita sebagai evaluator dapat mengevaluasi hasil dari kegiatan peserta pelatihan. Apakah pelatihan yang kita buat berhasil atau tidak, karena didalam kelompok kerja tersebut kita dapat melihat kebersihan dan kerja sama dalam melakukan kegiatan yang telah diberikan. Sebab dalam kegiatan ini dituntut untuk saling bekerja sama, apabila sikap tersebut sudah tercipta maka secara tidak langsung akan tumbuh sikap saling menghargai.
Dengan dmikian output yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan terciptanya sikap saling menghargai dan mencintai kebersihan. Dengan demikian akan terciptanya suasana yang harmonis sehingga menjadi seorang yang profesinal dalam bekerja.

Nama : Futri Sinta Mandasari
NMP : 0822 033
Kelas : A.5.1

Hal pertama yang akan saya lakukan yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap masalah yang sedang dialami oleh sebuah rumah sakit tersebut. Dengan cara ini saya dapat menyimpulkan permasalahan yang sebenarnya terjadi di rumah sakit tersebut. Sebab informasi yang didapat sebelumnya masih belum jelas karena dari kedua belah pihak mempunyai informasi/laporan yang berbeda. Setelah saya mengetahui permasalahan yang terjadi di rumah sakit tersebut, bahwa petugas kebersihan bukan tidak mengetahui kewajibannya dan tidak mempunyai keterampilan dibidangnya melainkan karena gaji yang kurang serta kurangnya sikap menghargai antar sesama karyawan.
Selanjutnya saya akan memecahkan masalah tersebut dengan cara membuat sebuah pelatihan terhadap petugas kebersihan rumah sakit dan karyawan-karyawannya. Dimana dalam pelatihan ini setiap materi akan disajikan dalam waktu 3 Jam dan kegiatan evaluasi dilakukan dalam waktu 2 Jam.
Didalam pelatihan tersebut terdiri dari Dua tema yaitu Pentingnnya Kebersihan Didalam Kehidupan dan Keutamaan Sikap Bekerja Sama dan Saling Menghargai. Isi yang terkadung didalam pelatihan tersebut yaitu mengajarkan/melatih :
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap/rasa cinta terhadap pekerjaan.
 Bagaimana cara menumbuhkan sikap saling menghargai.
 Bagaimana cara menciptakan hubungan yang harmonis terhadap pimpinan dan bawahan serta antar sesama karyawan
Dalam kegiatan pelatihan tersebut akan di bentuk kelompok kerja, yang terdiri dari beberapa orang yang anggotanya diambil dari peserta pelatihan baik dari petugas kebersihan maupun karyawan. Dengan melakukan kegiatan ini sekaligus kita sebagai evaluator dapat mengevaluasi hasil dari kegiatan peserta pelatihan. Apakah pelatihan yang kita buat berhasil atau tidak, karena didalam kelompok kerja tersebut kita dapat melihat kebersihan dan kerja sama dalam melakukan kegiatan yang telah diberikan. Sebab dalam kegiatan ini dituntut untuk saling bekerja sama, apabila sikap tersebut sudah tercipta maka secara tidak langsung akan tumbuh sikap saling menghargai.
Dengan dmikian output yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan terciptanya sikap saling menghargai dan mencintai kebersihan. Dengan demikian akan terciptanya suasana yang harmonis sehingga menjadi seorang yang profesinal dalam bekerja.

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

menurut saya langkah awal yang akan saya lakukan saya akan mencari penyebab atau masalah yang ada dirumah sakit ini.
yang pertama saya akan mengumpulkan sejumlah karyawan yang ada di rmh sakit ini.
yang kedua saya akan mengajak mrka untuk setiap pagi sebelum mulai bekerja untuk membersihkn sluruh pasilitas yang ada di rmh sakit ini supaya terlihat beraih dan rapi.
yang ke tiga saya akan menaikan gaji kepada swluruh karyawan saya supaya mereka semangat bekerja.


NAMA : NOVI YANA PRANSISKA
NPM :0822023
KLS :A,51

menurut saya langkah awal yang saya akan lakukan saya akan mengadakan atau mengumpulkan seluruh karyawan kebersihan yang ada di rumah sakit ini,supaya kita mengetahui apa penyebab dari timbul nya suatu masalah,seperti kurang nya kerja sama antara pemimpin dan pegawai,gaji karyawan yang kurang memadai,sehingga timbulah kelalaian dalam bekerja,contoh nya banyak sampah yang berserakan di rumah sakitn ini.
NAMA:RIKA NOVIANTI
NPM:0822051
KELAS:A.5.1

Langkah awal yang ingin saya lakukan adalah dengan mencari tahu permasalahan apa yang menjadi kendala sehingga para pegawai rumah sakit tidak profesional dalam bekerja. setelah mengetahui kendala-kendala yang ada maka langkah yang akan saya lakukan adalah:
1.membagi tugas-tugas karyawan
2.menyurvei langsung kegiatan para pegawai rumah sakit.
3.sebagai seorang pemimpin harus menjalin hubungan baik dengan para karyawan.
4.memberikan pengawasan dalam kebersihan rumah sakit.
jadi,kesimpulannya harus meningkatkan kinerja para pegawai dalam rumah sakit.

NAMA:RIZA ERICHA
KELAS:A.5.1
NPM:0822 057

menurut saya langkah yang perytama saya akan melakukan opservasi langsung dan menanyakan kepada petugfas kebersihan apa yang sebenarnya terjadi disana. setelah melakukan itu pastilah saya mengetahui permasalahan yang terjadi, kemudian saya akan memberikan arahan tentang tugas-tugas dari kebersihan rumah sakit, setelah itu saya akan melakukan sebuah pelatihan dimana pelatihan tersebut berisikan tentang pentingya kebersiha bagi kehidupan dan kebersihan sebagian dari iman.

seorang pemimpin tidak boleh langsung mengambil keputusan dalam suatu permasalahan sebelum mengetahui kebearannya agar karyawan tidak merasa dirugikan oleh salah satu pihak.

hal yang pertama yang akan saya lakukan adalah meminta izin kepada kepala petugas kebersihan untuk melakukan suatu pelatihan terhadap para anggota petugas kebersihan.
di dalam pelatihan tersebut saya akan menerapkan sikap rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan sikap rasa cinta terhadap pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawab kita.
dan melihat hasil dari pelatihan tersebut, jika setelah pelatiha itu tidak ada perubahan sama sekali, maka penyebabnya sesuai dengan yang di informasikan oleh kepala petugas kebersihan.
dan kesimpulan dari hasil pelatihan itulah yang akan saya jadikan laporan kepada pimpinan rumah sakit.

kalau saya, saya akan melakukan sharing dengan seluruh pegawai kebersihan tersebut, sehingga masalah-masalah yang ada dapat segera di atasi dan mencari jalan penyelesain. dengan demikian kita dapat menentukan dan membuat sebuah pelatihan kedisiplinan, cinta akan pekerjaan dan saling percaya antar pegawai. dengan demikian di harapkan antar pgawai memiliki kemampuan dan daya kerja yang tinggi.

nama :Dedi irawan
npm :0822053

Dalam hal ini hal utama yang akan saya lakukan ialah mencari tahu penyebab serta kedala yang menyebabkan pegawai dan petugas kebarsian didalam melakukan pekerjaannya dengan baik,keluhan para pegawai tersebut karena gaji mereka tidak memadai, maka dari itu kiranya melaporkan hal serta keluhan ini pada kepala RS tersbut dan melakukan musywarah dengan kariawan.

pertama kali yang akan saya lakukan ialah melihat semua situasi dan kondisi yang ada, stelah mengetahui bagaimana situasi yang sedang kita alami ini, maka kita mulai bisa bekerja, apakah yang mau dikerjakan dan apa yg tidak perlu dikerjakan. selanjutnya saya akan membuat suatu rancangan atau sekejul dalam bekerja, yang mana sebaiknya di dulukan, maka dengan demikian tugas tersebutpun akan lebih terarah dan mencapai tujuan yang diinginkan.


jika dalam kasus ini saya yang berperan sebagai seorang petugas kebersihan maka sebaiknya atasan saya memberikan teguran sebagai peringatan agar saya lebih baik lagi, maka dengan demi kian kebersihan yang seharusnya menjadi tanggung jawab saya dapat terlaksanakan dengan baik.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites