Wednesday, November 10, 2010

Stategi Pembelajaran A.3.7

Situasi:
Anda coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, salah satu staff pengajar mengusulkan sebuah mata kuliah baru mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya. Ia menunjukkan kepada anda beberapa hasil penelitian yang dilakukan di beberapa perusahaan industry dalam masyarakat. Ternyata terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
Anda bermaksud merancang mata kuliah tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas a nda??

44 komentar:

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah :
1. Memperhatikan kembali kelemahan dan kelebihan dari metode ceramah.maksudnya apakah metode ini cocok dan sesuai di terapkan pada mata kuliah ini.karna Dalam lingkungan pendidikan modern, ceramah sebagai metode mengajar telah menjadi salah satu persoalan yang cukup sering diperdebatkan.dengan alasan bahwa cara sebagi metode mengajar kurang efisien dan bertentangan dengan cara manusia belajar.
2. kemudian memnyesuai kan dengan keadan para peserta didik dengan cara di mulai denga diskusi dan tanya jawab,karena dalam metode cermah banyak mengunaka cara tanya jawab untk mengetahui kemampuan dari setiap peserta didik.
setelah semuanya telah dilakukan barurah kita menyesuai kan kembali sistim pengajaran dari apa yang telahkita teliti.

Nama : Arief Kurniawan
NPM : 09.22.061
Kelas: A.3.7

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran pertama-tama yang harus saya siapkan adalah saya harus mengetahui terlebih dahulu aspek latar belakang dari mahasiswanya yang meliputi jenis kelamin dari siswa, tempat kelahiran, tempat tinggal, tingkat sosial ekonomi siswa, dll. sedangkan dilihat dari faktor sifat yang dimiliki siswa kemampuan dasar dari pengetahuan dan sikap. tidak dapat disangkal bahwa kemampuan setiap individu itu berbeda-beda yaitu tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
saya juga harus merencanakan faktor sarana dan prasarana, media apa yang baiknya saya gunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri, apakah sarana dan prasarana itu cocok atau tidak dengan strategi pembelajaran yang saya ambil dengan kata lain saya harus memilih media yang baik agar tujuan belajar yang ingin di sampaikan dapat terealisasi dengan efektif dan efisien. tujuan pemilihan media untuk mempermudah bagi guru dan peserta didik dalam menyampaikan informasi materi kepada peserta didik, serta mempermudah bagi anak didik dalam menyerap serta memahami materi.sebelum memilih media mana yang akan di gunakan terlebih dahulu kita harus memahami karateristik peserta didik. yaitu karateristik umum meliputi umur, jenis kelamin, jenjang/tingkat kelas,tingkat kecerdasan dll sedangkan karateristik khusus meliputi pengetahuan,kemampuan,serta sikap mengenai topik/materi yang di sajikan.
pada kasus ini media yang digunakan media yang berbasis mikroprosesor contohnya komputer karena didalam komputer itu terdapat banyak program yang dapat mendukung proses penyajian pembelajaran. guru dan peserta didik dapat secara langsung belajar dengan langsung memperaktekkannya bagaimana cara penulisan tekniuk yang benar karena peserta didik cenderung berlatar belakang pekerja yang bekerja diperusahaan industri.
strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi kognitif aktif,selain strategi utama sebaiknya juga menggunakan strategi pendukung dimaksudkan untuk pemprosesan informasi dengan membantu individu untuk memelihara orientasi belajar yang baik.strategi belajar ini meliputi stategi-strategi sistem belajar, seperti penetapan tujuan, manajemen waktu, manajemen konsentrasi dan teknik-teknik relaktasi, serta strategi-strategi metalearning (kesadaran akan pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman dan retensi materi belajar). tidak hanya strategi metalearning tetapi juga memiliki strategi pemprosesan informasi ini dikrenakan strategi-strategi tersebut dapat saling berketerkaitan, sehingga diharapakan dapat terjadi proses pembelajaran yang optimal.

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah

*Yang dimaksud dengan ceramah ialah penerangan dan penuturan secara lisan. Dalam pelaksanaan ceramah untuk menjelaskan uraiannya, pengajar dapat menggunakan alat bantu seperti gambar-gambar. Tetapi metode utama, berhubungan antara pengajar dengan pembelajar ialah berbicara. Peranan dalam metode ceramah adalah mendengarkan dengan teliti dan mencatat pokok-pokok penting yang dikemukakan oleh pengajar.

hal yang akan saya lakukan adalah

*menurut pengertian diatas saya akan melihat kembali kelemahan dan kelebihan dari metode ceramah ini,maksudnya jika kita hanya inggin menerapkan pembelajaran hanya menggunakan satu metode pembelajaran misalkan metode ceramah,sangat kurang efektif dan efisien untuk diserap oleh peserta didik.Untuk menutupi kelemahan dari metode ceramah itu sendiri perlu menggunakan metode pembelajaran yang lain sebagai penunjangnya.sehingga dapat dicapai pembelajaran dengan maksimal dari setiap peserta didik setelah semuanya telah dilakukan barurah kita menyesuai kan kembali sistim pengajaran dari apa yang telah kita teliti.

Nama :St fitri merisyah
NPM : 09.22.141
Kelas: A.3.3(ikut A.3.7)

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran pertama-tama yang harus saya siapkan adalah saya harus mengetahui terlebih dahulu aspek latar belakang dari mahasiswanya yang meliputi jenis kelamin dari siswa, tempat kelahiran, tempat tinggal, tingkat sosial ekonomi siswa, dll. sedangkan dilihat dari faktor sifat yang dimiliki siswa kemampuan dasar dari pengetahuan dan sikap. tidak dapat disangkal bahwa kemampuan setiap individu itu berbeda-beda yaitu tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
saya juga harus merencanakan faktor sarana dan prasarana, media apa yang baiknya saya gunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri, apakah sarana dan prasarana itu cocok atau tidak dengan strategi pembelajaran yang saya ambil dengan kata lain saya harus memilih media yang baik agar tujuan belajar yang ingin di sampaikan dapat terealisasi dengan efektif dan efisien. tujuan pemilihan media untuk mempermudah bagi guru dan peserta didik dalam menyampaikan informasi materi kepada peserta didik, serta mempermudah bagi anak didik dalam menyerap serta memahami materi.sebelum memilih media mana yang akan di gunakan terlebih dahulu kita harus memahami karateristik peserta didik. yaitu karateristik umum meliputi umur, jenis kelamin, jenjang/tingkat kelas,tingkat kecerdasan dll sedangkan karateristik khusus meliputi pengetahuan,kemampuan,serta sikap mengenai topik/materi yang di sajikan.
pada kasus ini media yang digunakan media yang berbasis mikroprosesor contohnya komputer karena didalam komputer itu terdapat banyak program yang dapat mendukung proses penyajian pembelajaran. guru dan peserta didik dapat secara langsung belajar dengan langsung memperaktekkannya bagaimana cara penulisan tekniuk yang benar karena peserta didik cenderung berlatar belakang pekerja yang bekerja diperusahaan industri.
strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi kognitif aktif,selain strategi utama sebaiknya juga menggunakan strategi pendukung dimaksudkan untuk pemprosesan informasi dengan membantu individu untuk memelihara orientasi belajar yang baik.strategi belajar ini meliputi stategi-strategi sistem belajar, seperti penetapan tujuan, manajemen waktu, manajemen konsentrasi dan teknik-teknik relaktasi, serta strategi-strategi metalearning (kesadaran akan pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman dan retensi materi belajar). tidak hanya strategi metalearning tetapi juga memiliki strategi pemprosesan informasi ini dikrenakan strategi-strategi tersebut dapat saling berketerkaitan, sehingga diharapakan dapat terjadi proses pembelajaran yang optimal.

NAMA : WIDYA PUTRI
NPM : 10.22.003P
KELAS : A.3.7

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah :

1.Saya akan mengembangkan pengajaran dengan menggunakan metode ceramah yang bervariasi disesuaikan dengan metode-metode yang dipakai sebagai variasi. Contoh penggunaan metode tanya-jawab dan diskusi sebagai variasi dengan mengandalkan persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yang ada.

2.Dengan adanya metode ceramah bervariasi kemungkinan mengurangi kelemahan-kelemahan peserta didik.

3. Cara menyampaikan metode ceramah adalah sebagai berikut :
a.Meemberikan informasi atau materi pelajaran
b.Memotivasi siswa untuk belajar
c.Memperjelas materi pelajaran


Nama : Vera Lasmi Novita
NPM : 09 22 030
Kelas : A.3.7

Metode mengajar yang guru gunakan dalam setiap kali pertemuan kelas bukanlah asal pakai, tetapi setelah melalui seleksi yang berkesesuaian dengan perumusan tujuan instruksional khusus. Jarang sekali terlihat guru merumuskan tujuan hanya dalam satu rumusan, tetapi guru merumuskan lebih dari satu tujuan, karenanya guru pun selalu menggunakan metode lebih dari satu. Pemakaian metode yang satu digunakan untuk mencapai tujuan yang satu, sementara penggunaan metode yang lain juga digunakan mencapai tujuan yang lain.
Menurut pendapat saya hal pertama yang saya lakukan adalah:
1.Menyesuaikan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik.
2.Menyesuaikan kondisi peserta didik.
Nama :Apriliyanti
Kelas: A.3.7
Npm :09 22 361

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan Strategi Pembelajan kognitif

Pertama yang saya lakukan sebagai coordinator pengembangan pembelajaran antara lain
Saya harus dapat memilih strategi yang cocok dengan lingkungan peserta didik dan mata kuliah yang akan di ajarkan
Dalam mata kulyah di atas saya sebagai coordinator memilih strategi pembelajaran kognitif karna untuk meningkatkan jumlah kaitan antara informasi yang disajikan dengan pengetahuan yang sudah ada melalui suatu pemrosesan informasi secara sadar dan sengaja dengan tujuan meningkatkan retensinya.
Untuk mencapai suatu strategi kognitif yang optimal strategi kognitif yang selayaknya dimiliki tidak hanya strategi-strategi utama seperti strategi pemerosessan informasi yang bekerja lebih kepada menghasilkan pemahaman informasi, tetapi juga menggunakan strategi-strategi pendukung, seperti penetepan tujuan, menejemen waktu, dan teknik-teknik relaktasi, serta strategi-strategi metalearning.

Nama : Dini Arianti
NPM : 09.22.098
Kelas : A.3.7

jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan pengajaran maka saya akan merubah rancangan metode ceramah tersebut dari biasanya jika yang metode ceramah tersebut biasanya hanya menerangkan suatu materi dengan cara menyampaikan langsung ke peserta didik maka saya akan mengembangkanya dengan cara mengagabungkan dari sebuah metode yang mana peserta didik mudah menangkap atau lebih mudah memahami suatu materi dengan cara :

1. matode yang akan saya gabungkan adalah metode tanya jawab karena dengan metode ini siswa lebih mudah memahami sebuah materi karena dengan adanya metode ini pesertta didik cendrung lebih mudah memahaminya.

2. metode gabungan yang ke dua adalah dengan cara diskusi karena dengan cara ini peserta didik bukan hanya mampu memahami tetapi juga bisa melihat sampai mana kemampuan pesertas didik tersebut

bukan berarti metode ceramah itu kurang baik tetapi mungkin metode ceramah disini harus di gabungkan dengan metode lain yang lebih bervariasi sehinggga peserta didik mampu memahami lebih baik lagi karena setiap watak peserta didik itu berbeda mungkin dengan metode ceramah yang digabungkan dengan metode tanya jawab dan diskusi maka peserta didik akan lebih menyukai mata kuliah tersebut.



nama : deni sumantri
kelas : a. 3.7
npm : 09.22.360

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah, saya akan memperhatikan kembali karakter siswa, lingkungan yang ada, dan fasilitas yang tersedia. karena disetiap tempat berbeda-beda. karena metode ceramah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, maka saya akan melihat, apabila metode ceramah yang akan diterapkan memberikan respon yang kurang baik, maka saya akan memberikan solusi agar dapat menggabungkan metode pembelajaran yang lain sebagai penunjang. karena dalam setiap proses pembelajaran tidak akan efisien apabila hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja. setelah metode dan strategi belajar yang ada sudah di anggap sempurna. barulah kita dapat merealisasikan sistem pengajaran yang sudah kita teliti.

Nama : Ena maryati
Kelas: A.3.3( ikut A.3.7 )
Npm : 09 22 193

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah, saya akan memperhatikan kembali karakter siswa, lingkungan yang ada, dan fasilitas yang tersedia. karena disetiap tempat berbeda-beda. karena metode ceramah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, maka saya akan melihat, apabila metode ceramah yang akan diterapkan memberikan respon yang kurang baik, maka saya akan memberikan solusi agar dapat menggabungkan metode pembelajaran yang lain sebagai penunjang. karena dalam setiap proses pembelajaran tidak akan efisien apabila hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja. setelah metode dan strategi belajar yang ada sudah di anggap sempurna. barulah kita dapat merealisasikan sistem pengajaran yang sudah kita teliti.

Nama : Ena maryati
Kelas: A.3.3( ikut A.3.7 )
Npm : 09 22 193

jika saya menjadi coordintorbagian pengembangan ini dan apalagi terdapat minat dari masyarakat juga pertama saya akan memperhatikan kelemahan dan kelebihan dari metode ceramah karna metode ceramah itu hanya penerangan dan penuturan secara lisan.
dan saya juga akan melihat keadaan latar belakang mahasiswanya karna cara mahasiswanya itu berbeda-beda kemampuan mereka mungkin ada yang cepat mengerti dengan ceramah ada juga yang susah mengerti dan saya akan mengambil srategi pembelajaran yang cocok buat peserta didik dan saya akan memilih media yang baik agar peserta didik dapat memahami dan mengeti dengan metode yang akan saya berikan dan mungkin juga saya akan menggunakan media mikroposesor misalnya komputer karna dengan menggunakan media ini peserta didik akan lebih cepat memahami strategi pembelajaran karna mereka akan lebih cepat dapat informasi.

Nama: Ria aryani
Npm: 09 22 088
kelas: A.3.7

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya adalahh

harus mengetahui karakteristik mata ajar pada mata kulyah ini dan memahaminya secara mendetil

Dari hasil penelitian yang saya terima banyak karyawan yang berminat dalam MK ini karna dalam mata kuliah itu banyak hal yang mempelajari kinerja karyawan perusahaan industri.

oleh karna itu saya memilih metode inkuiri metode ini adalah cara atau teknik yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung
prinsip-prinsip yang berkaitan dengan faktor pengembangan kemampuan peserta didik, diantaranya :
1. metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tau siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran
2. metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekpresi yang aktif dalam aspek seni, dll
dengan metode ini maka peserta didik tidak jenuh didalam kelas seperti metode ceramah
karna dalam metode ini siswa ditekankan aktif

Nama : Juliandri
NPM : 09.22.304
Kelas : A.3.7

jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan pengajaran yaitu Dengan cara menyusun sistematika dalam pengembangan pembelajaran yaitu dengan metode ceramah dengan menentukan:

* tujuan penbelajaran dalam menyampikan materi, bahan ajar yang ingin diajarkan, media/alat sumber buku yang ingin di ajarkan,agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa dan guru tercapai dengan efektif dan efisien.

*sehingga peserta didik atau siswa bisa Memahami dan mengembangkan kreatifitas dalam proses belajar mengajar dengan baik.



Nama: Rina Puspita Sari
Npm : 09 22 357
Kls : A.3.7

Jika saya menjadi koodinator pengembangan pengajaran,saya akan menggunakan metode DISKUSI, namun metode ceramah tetap akan saya sisipkan.kenapa saya memilih kedua metode tersebut, karena disana mahasiswa lebih efektif menelaah sebuah materi pembelajaran,dengan cara mengangkat satu masalah yang kemudian para audiens
mengeluarkan pendapat masing-masing. Setelah dapat suatu kesimpulan permasalahan, barulah metode ceramah akan digunakan.
dengan begitu proses belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif, ahasiswa lebih mengerti tentang suatu materi pembelajaran.

Nama : Frastian Subiyanto
NPM : 09 22 042.p
Kelas : a.3.7

As,,
langkah yang akan saya lakukan yaitu mempelajari dan menelaah kembali materi yang ingin di ajarkan sesuai/tidaknya jika metode tersebut di berikan.Karena banyak hal yang harus di pertimbangkan dam pemilihan metode pembelajaran diantaranya:

1.seorang cordinator harus dapat mengkaji materi yang akan di berikan
2.harus dapat melihat situasi dan kondisi siswa dalam arti kemampuan siswa,siswa bisa lebih mudah dalam mempelajari ilmu tersebut menggunakan metode yang seperti apa.
seorang cordinator mampu memecahkan masalah tersebut.Agar dalam pembuatan rancancangan pembelajaran tersebut dapat sesuai, dan tepat sasarantepat sasaran materi pembelajarannya.
wass,,

Nama:murjiatin
Kls :A.37
NPM :09 22 133

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah :

pertama-tama saya akan memilih metode yang efektif dan efisien dalam pembelajaran, strategi pembelajaran yang saya terapkan yaitu metode diskusi karna dalam metode diskusi ini terdapat suatu cara penyampaian bahan pelajaran dan guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah. Dalam kehidupan modern ini banyak sekali masalah yang dihadapi oleh manusia; sedemikian kompleksnya masalah tersebut sehingga tak mungkin hanya dipecahkan dengan satu jawaban saja. tetapi kita harus menggunakan segala pengetahuan kita untuk memberi pemecahan yang terbaik. Ada kemungkinan terdapat lebih-dari satu jawaban yang benar sehingga harus menemukan jawaban yang paling tepat di antara sekian banyak jawaban tersebut. Dengan diskusi guru berusaha mengajak siswa untuk memecahkan masalah. Untuk pemecahan suatu masalah diperlukan pendapat-pendapat berdasarkan pengetahuan yang ada, dengan sendirinya kemungkinan terdapat lebih dari satu jawaban, malah mungkin terdapat banyak jawaban yang benar.


Nama : fitriani
NPM : 09 22 377
kElas : A.3.7

This comment has been removed by the author.

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang tujuannya merancang mata kuliah mengenai penulisan tekinik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainya hal yang akan saya lakukan

1.yang saya gunakan yaitu
Strategi kognitif adalah kemampuan internal seseorang untuk berfikir, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. strategi kognisi ini juga sebagai suatu proses berfikir induktif, yaitu membuat generalisasi dari fakta, konsep, dan prinsip dari apa yang diketahui seseorang.
Strategi kognitif merupakan kapabilitas yang mengatur cara bagaimana siswa mengelola belajarnya, ketika mengingat-ingat dan berfikir, ia juga merupakan proses pengendali atau pengatur pelaksana tindakan.suatu contoh strategi kognisi ialah proses inferensi atau induksi. Pengalaman dengan obyek-obyek atau kejadian-kejadian, dan seseorang berusaha memperoleh penjelasan mengenai suatu gejala tertentu yang menghasilkan induksi. Obyek strategi kognitif ialah proses berfikir siswa sendiri, selain strategi utama sebaiknya juga menggunakan strategi pendukung dimaksudkan untuk memproses informasi dengan membantu individu untuk memelihara orientasi belajar yang baik.strategi belajar ini meliputi stategi-strategi sistem belajar, seperti penetapan tujuan, manajemen waktu, manajemen konsentrasi dan teknik-teknik relaktasi, serta strategi-strategi metalearning (kesadaran akan pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman dan retensi materi belajar). tidak hanya strategi metalearning tetapi juga memiliki strategi pemprosesan informasi ini dikrenakan strategi-strategi tersebut dapat saling berketerkaitan, sehingga diharapakan dapat terjadi proses pembelajaran yang optimal.

2. selain dari itu saya akan lihat kondisi siswa baik dari pasilitas, ekonomi, fisik, mempelajari keperibadian dari setiap individu siswa tersebut.

3. untuk mencapi tujuan pendidikan yang lebih baik lagi saya akan paki semua metode pembalajaran karena keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya mengikuti kurikulum yang ditentukan (bukan berartikeluar dari kurikulum tersebut)melainkan dilihat dari cara belajar siswa itu sendiri.

Nama: Sepran Handoko
Kelas: A.3.7
NPM: 09.22.373

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk me merencanakan faktor sarana dan prasarana, media apa yang baiknya saya gunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri, apakah sarana dan prasarana itu cocok atau tidak dengan strategi pembelajaran yang saya ambil dengan kata lain saya harus memilih media yang baik agar tujuan belajar yang ingin di sampaikan dapat terealisasi dengan efektif dan efisien. mulai tugas saya dengan metode cermah adalah
1. Pertama-tama sebaik nya melihat kompetensi peserta didik yang ikut serta dalam kegiatan pembelajaran,kemudian merencanakan faktor sarana dan prasarana, media apa yang baiknya saya gunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri, apakah sarana dan prasarana itu cocok atau tidak dengan strategi pembelajaran yang saya ambil dengan kata lain saya harus memilih media yang baik agar tujuan belajar yang ingin di sampaikan dapat terealisasi dengan efektif dan efisien.
2. mempelajari keseluruhan metode pembelajaran,menelaah kelebihan dan kelemahan dari masing-masing metode pembelejaran, kemudian saya menggabungkan komponen-komponen yang terdapat dalam metode pembelajaran menjadi satu metode pembelajaran sehingga kelemahan dari masing-masing metode tersebut dapat di dukung dengan kelebihan metode yang lainnya. misalnya dalam pembelajaran saya menggunakan metode diskusi, dimana metode diskusi tersebut ialahsuatu cara penyampaian bahan pelajaran dan guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah.di mana metode ini belum memiliki keefektifan yang sempurna dalam pembelajaran sehingga dapat dipakai juga metode yang lain untuk mendukung kelemahan dari metode diskusi ini seperi metode tanya jawab,metode ceramah.

Nama : Indrawati fadila
Npm : 09 22 023

Jika saya menjadi seorang coordinator suatu pengembangan pengajaran, dimana bermaksud untuk merancang MK mengenai penulisan yang mengajarkan pengorganisasian suatu bahan ajar,serta penulisan laporan tehnik dan dokumen lainnya. Maka, untuk memulai tugas tersebut saya harus memilih dan menentukan metode apa yang cocok untuk diimplementasikan, karena untuk penggunaan metode ceramah sudah terlalu monoton sehingga mengakibatkan proses belajar dan pembelajaran akan nebjadi pasif. dalam memilih dan menentukan suatu metode pengajaran hendaknya memahami setiap metode-metode yang ada sehingga dapat dikemukakan kelebihan serta kekurangannya dan pada akhirnya dapat saya tentukan metode apa yang lebih cocok atau dapat saya gunakan pengkombinasian metode agar antara metode satu dengan yang lain dapat saling melengkapi, contohnya seperti menggunakan metode tanya-jawab, metode latihan serta tugas. setelah adanya pemilihan suatu metode barulah saya memilih media pembelajaran yang sesuai dengan metode yang akan saya implementasikan nantinya, apakah dengan media Audio-Visual, Audio saja, dengan OHP, ataukah yang lainnya. Penggunaan media yang tepat sangat mempengaruhi akan kelancarannya suatu proses pembelajaranan karena dengan adanya media yang sesuai akan lebih mudah untuk merangsang peserta didik sehingga akan kita dapatkan respon yang baik pula.karena MK Penulisan Tekhnik ini lebih menuntut untuk keaktifan peserta didik sehingga daya ingat, pemikiran dan kematangan peserta didik lebih berkompeten.



Nama: Noeke Rischawati
NPM: 09.22.123
Kelas: A.3.7

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode ceramah adalah :
1. Saya akan mempelajari serta memahami materi yang terdapat dalam mata kuliah serta mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dalam pelaksanaan pembelajarannya,dan saya juga akan mencoba mencari metode baru, gaya belajar dan strategi belajar yang tepat dan cocok untuk diterapkan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
2. Kemudian saya akan membuat metode ceramah dengan kombinasi metode yang bervariasi. Ceramah yang cenderung interaktif, melibatkan peserta didik melalui adanya tanggapan balik atau
perbandingan dengan pendapat dan pengalaman peserta,serta menggunakan media pendukung,dengan tujuan mengurangi kelemahan-kelemahan peserta didik.apabila metode ceramah yang akan diterapkan memberikan respon yang kurang baik, maka saya akan memberikan solusi agar dapat menggabungkan metode pembelajaran yang lain sebagai penunjang. karena dalam setiap proses pembelajaran tidak akan efisien apabila hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja. setelah metode dan strategi belajar yang ada sudah di anggap sempurna. barulah kita dapat merealisasikan sistem pengajaran yang sudah kita teliti.

nama : Ria juwita
npm : 09 22 089

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah :
1.Mempelajari terlebih dahulu memgenai metode ceramah.
2.Mempelajari karakter peserta didik agar dalam memberi penjelasan dapat sesuai dengan karakter dan situasi kelas.
3.Saya akan memberikan waktu di akhir belajar untuk tanya jawab.

Nama :Herna Sefiana
KeLas : A.3.7
NPM : 09 22 032

jika saya menjadi coordinator bagian pengenbangan pengajaran di perguruan tinggi yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya yaitu dengan cara menentukan terlebih dahulu apakah tujuan pembelajaran tersebut lebih bersifat kognitif,afektif atau pisikomotor. menentukan jenis media yang seuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai. dengan memperhatikan kriteria lain seperti kebijakan,fasilitas yang tersedia dan kemampuan siswa atau mahasiswa yang akan mempelajari mata kuliah tersebut..


Nama: Yunia Arnita
Npm : 09 22 063
kls : A.3.7

jika saya menjadi coordinator bagian pengenbangan pengajaran di perguruan tinggi yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya yaitu dengan cara menentukan terlebih dahulu apakah tujuan pembelajaran tersebut lebih bersifat kognitif,afektif atau pisikomotor. menentukan jenis media yang seuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai. dengan memperhatikan kriteria lain seperti kebijakan,fasilitas yang tersedia dan kemampuan siswa atau mahasiswa yang akan mempelajari mata kuliah tersebut..


Nama: Yunia Arnita
Npm : 09 22 063
kls : A.3.7

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya,Hal yang akan saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode ceramah adalah :
pertama saya harus mampu memahami strategi apa yang akan dipakai untuk menemukan motivasi peserta didik dalam proses belajar pembelajaran serta mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dalam pelaksanaan pembelajarannya, strategi pembelajaran yang akan saya terapkan yaitu metode diskusi karena dengan cara metode ini peserta didik bukan hanya mampu memahami tetapi juga bisa melihat sampai mana kemampuan pesertas didik tersebut.
Apabila menerapkan metode yang sudah ada seperti metode ceramah. Saya akan membuat metode ceramah dengan kombinasi metode yang bervariasi.Metode ceramah yang cenderung interaktif, melibatkan peserta didik melalui adanya tanggapan balik atau perbandingan dengan pendapat dan pengalaman peserta didik serta menggunakan media pendukung. Agar proses belajar pembelajaran dapat menyenangkan dan tidak terjadi kebosanan tetapi juga disesuaikan dengan lingkungan peserta didik. Bukan berarti kurang baik karena menurut saya setiap peserta didik memiliki pola pikiran yang berbeda sehingga harus ada metode yang beragam tetapi harus disesuaikan dengan peserta didiknya, agar pelaksanan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Nama : Putri Zunurama
Kelas : A.3.7
Npm : 09.33.086

jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan pengajaran,saya akan mengambil metode DISKUSI.Tetapi saya akan mengubah metode ini bukan hanya diskusi atau tanya jawab saja melainkan menggabungkan metode diskusi ini dengan menerangkan materi kembali apa yang belum dimengerti peserta didik supaya peserta didik mudah menangkap atau menyerap suatu materi dengan cara :


1. metode yang pertama adalah metode Diskusi atau tanya jawab dimana
Metode ini peserta didik membaca materi yg sedang dibahas,sehingga kemampuan berfikir peserta didik berjalan dan mengetahui materi yang sedang di permasalahkan dan apa bila ad yang tidak dimengerti maka akan di tanyakan sehingga apa yg tidak di mengerti itu bisa di diskusikan bersama dan menghasilkan suatu jawaban dari suatu permasalahan tersbut.


2. metode yang ke dua adalah metode ceramah yaitu menerangkan kembali materi yg sedang dibahas sehingga apa yg belum dimengerti peserta didik bisa dijelaskan kembali dengan tujuan peserta didik mudah untuk menerima dan menyerap materi yg sedang di ajarkan.


Tetapi bukan berarti metode DISKUSI ini tidak baik,menurut saya mungkin metode duskusi disini harus di gabung dengan metode lain yg kebih efektip sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yg sedang di ajarkan.IQ peserta didik itu tidaklah sama mungkin dengan penggabungan metode tersebut peserta didik lebih mudah menangkap materi.

nama : Riki indrawan
Kelas: A.3.7
NPM : 09.22.325

apabila saya menjadi coordinator disalah satu perguruan tinggi , saya akan manjadi dosen yang efektif, artinya dosen yang berhasil dalam mendidik mahasiswanya , untuk itu saya mencari dan menciptakan berbagai cara pembelajaran yang efektif.
cara saya dalam melaksanakan tugas dimulai dengan metode:
1. metode belajar aktif, adalah metode belajar PAKEM(Pembelajaran Kreatif,Aktif,dan menyenangkan)
2. metode belajar secara kolaborasi , adalah belajar yang mendasari interaksi dan pola prilaku hidup seseorang yang menempatkan kerjasama sebagai bagian penting dari design struktur interaksinya yang memfasilitasi pencapai tujuan atau hasil akhir
3. Metode problem based learning, adalah suatu proses pembelajaran yang diawali dari masalah-masalah yang ditemukan dalam suatu lingkungan pekerjaan
4. Metode Quantum learning, adalah kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam proses pemahaman dan daya ingat serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat
5. Metode accerelated learning, adalah cara belajar cepat dan alamiah yang merupakan peranan modern yang mendobrak cara belajar dalam pendidikan dan pelatihan terstruktur.
dari kelima metode yang ingin saya laksanakan seperti disebutkan diatas bahwa metode kuliah tsb dapat menjadi metode mengajar yang efektif karena telah disusun dan disajikan secara sistematis. dan saya juga menyajikan beberapa hasil penelitian yang membuktikan bahwa kejelasan,organisasi, dan pengaturan kecepatan (pacing) merupakan ciri utama kuliah yang efektif.

nama: darmawan
npm : 0922042
kelas : a.3.7

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah hal yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
-. Maka saya akan memilih metode yang cocok untuk diterapkan dalam mata kuliah tersebut, agar siswa tidak merasa bosan dalam melaksanakan metode ceramah.
-. Saya kan menciptakan suasana kelas yang aman,nyaman dan tenang dalam melaksanakan metode ceramah. Dan akan menjelaskan kembali tentang materi yang dipresentasikan.
-. Dan saya akan melakukan tanya jawab kepada siswa agar mereka dapat mengerti materi yang dijelaskan dalam mata kuliah tersebut.



Nama : Leni Karlina
Kelas : A.3.7
Npm : 09 22 067

jika saya menjadi koordinator bagian pengembangan pengajaran yang hanya melakukan pengajaran dengan metode ceramah saja,kalau menurut saya,saya tidak setuju,apabila disuatu lembaga pengajaran hanya melakukan metode ceramah,karna metode ceramah itu kurang efektip,memeng metode ceramah itu menjadikan siswa aktip,tetapi hanya sebagian siswa saja yang aktif,sedangkang sebagian hanya bengong dan tidak mengerti, jadi kita sebagai koordinator kita harus membuaat metode yang baru selain metode ceramah,diskusi,dan tanya jawab.yang bisa membangkitkan semangat pelajar untuk mengenal dunia pendidikan,supaya kita memiliki generasi penerus bangsa yang efesien.


Nama : Meki kurniawan
npm : 09 22 085
kls : A.3.7

jika saya menjadi kordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya adalah :
. memperhatikan terlebih dahulu metode pembelajaran,kemudian memilah metode pembelajaran tertentu yang akan saya gunakan selain metode ceramah.
metode tersebut saya sesuaikan dengan karakteristik siswa,sarana dan prasarana serta penggunaan medianya sehingga metode yg saya terapkan bisa lebih efisien.

metode yang saya pilih selain metode ceramah yaitu metode Inkuiri,yang mana lebih menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan,artinya siswa sebagai subjek belajar melalui proses tanya jawab antara guru dan siswa. sehingga siswa dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berfikir dengan dasar rasa ingin tahu mereka melalui pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban .


Nama : Yessy Novianty
NPM : 09.22.113
Kelas : A.3.7

Jika saya menjadi coordinator bagian pengenbangan pengajaran di perguruan tinggi yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya yaitu dengan cara menentukan terlebih dahulu apakah tujuan pembelajaran tersebut lebih bersifat kognitif,afektif atau pisikomotor. menentukan jenis media yang seuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai. dengan memperhatikan kriteria lain seperti kebijakan,fasilitas yang tersedia dan kemampuan siswa atau mahasiswa yang akan mempelajari mata kuliah tersebut..

Nama:Deserta Sarniati
Npm:09 22 010
Kelas:A37

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan adalah

saya memilih akan memahami terlebih dahulu apa yang akan di ajarkan kepada peserta didik
kemudian harus memahami latar belakang karakteristik peserta didik,

dalam mata kulyah ini saya memilih metode diskusi
alasan saya memilih metode diskusi karna daam metode diskusi peserta didik di tekankan untuk mencari masalah dalam pembahasannya setelah itu mereka memecahkan masalah tersebut dengan cara berkelompok... dan kemudian sedikit di bantu oleh pembimbing supaya suasana pembelajaran menjadi menarik dan mudah dimengerti.

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan adalah

saya memilih akan memahami terlebih dahulu apa yang akan di ajarkan kepada peserta didik
kemudian harus memahami latar belakang karakteristik peserta didik,

dalam mata kulyah ini saya memilih metode diskusi
alasan saya memilih metode diskusi karna daam metode diskusi peserta didik di tekankan untuk mencari masalah dalam pembahasannya setelah itu mereka memecahkan masalah tersebut dengan cara berkelompok... dan kemudian sedikit di bantu oleh pembimbing supaya suasana pembelajaran menjadi menarik dan mudah dimengerti.

Nama : Ali Muddin
NPM : 09.22.422
Kelas : A.3.7

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran dan bermaksut merancang mata kulia mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainya hal yang saya lakukan yaitu:
memperhatikan terlebih dahulu peserta didik, yang akan menerima matakuliya ini sehinga saya bisa tau metode apa yang bisa di gunakan untuk matakuliya baru dan saya juga harus memperhatikan sarana dan prasarana, mediya apa yg baik untuk digunakan dalam peroses pembelajaran itu sendiri, apa kah prasarana yg ada cocok apa engak untuk di gunakan untuk menyampaykan matakuliya itu sendiri.
strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi kognitif aktif,selain strategi utama sebaiknya juga menggunakan strategi pendukung dimaksudkan untuk pemprosesan informasi dengan membantu individu untuk memelihara orientasi belajar yang baik, di sini siswa berperan aktif.

nama:ariyanda pratama
npm:0922053
kelas:A.3.7

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai saya menerapkan metode INKUIRI dimana metode ini adalah cara atau teknik yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung
prinsip-prinsip yang berkaitan dengan faktor pengembangan kemampuan peserta didik, diantaranya :
1. metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tau siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran
2. metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekpresi yang aktif dalam aspek seni, dll
dengan metode ini maka peserta didik tidak jenuh didalam kelas seperti metode ceramah
karna dalam metode ini siswa ditekankan aktif.

Nama:Yongki Stiawan
Npm:09.22.327
Kelas:A.3.7

apabila saya menjadi coordinator disalah satu perguruan tinggi , saya akan manjadi dosen yang efektif, artinya dosen yang berhasil dalam mendidik mahasiswanya , untuk itu saya mencari dan menciptakan berbagai cara pembelajaran yang efektif.
cara saya dalam melaksanakan tugas dimulai dengan metode:
1. metode belajar aktif, adalah metode belajar PAKEM(Pembelajaran Kreatif,Aktif,dan menyenangkan)
2. metode belajar secara kolaborasi , adalah belajar yang mendasari interaksi dan pola prilaku hidup seseorang yang menempatkan kerjasama sebagai bagian penting dari design struktur interaksinya yang memfasilitasi pencapai tujuan atau hasil akhir
3. Metode problem based learning, adalah suatu proses pembelajaran yang diawali dari masalah-masalah yang ditemukan dalam suatu lingkungan pekerjaan
4. Metode Quantum learning, adalah kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam proses pemahaman dan daya ingat serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat
5. Metode accerelated learning, adalah cara belajar cepat dan alamiah yang merupakan peranan modern yang mendobrak cara belajar dalam pendidikan dan pelatihan terstruktur.
dari kelima metode yang ingin saya laksanakan seperti disebutkan diatas bahwa metode kuliah tsb dapat menjadi metode mengajar yang efektif karena telah disusun dan disajikan secara sistematis. dan saya juga menyajikan beberapa hasil penelitian yang membuktikan bahwa kejelasan,organisasi, dan pengaturan kecepatan (pacing) merupakan ciri utama kuliah yang efektif.

Nama : Sodikin
Npm : 0922132
Kelas : A37

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya adalahh

harus mengetahui karakteristik mata ajar pada mata kulyah ini dan memahaminya secara mendetil

Dari hasil penelitian yang saya terima banyak karyawan yang berminat dalam MK ini karna dalam mata kuliah itu banyak hal yang mempelajari kinerja karyawan perusahaan industri.

oleh karna itu saya memilih metode observasi, karna metode observasi sebagai cara mengajar yang efektif dalam kegiatan belajar mengajar, karna :
1. Melatih siswa untuk peka terhadap peristiwa atau gejala yang terjadi dalam lingkungannya
2. metode observasidapat mencatat data atau gejala-gejala yang terjadi, maka dapat digunakan untuk melatikh peserta didik dalam mengadakan evaluasi. tentunya peristiwa atau gejala-gejala yang dicatat akn dipadukan dengan pengetahuan yang diperoleh dalam kelas
3.melatih siswa untuk mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan nilai-nilai moral yang diperoleh di kelas.

Nama : Juliandri
NPM : 09.22.304
Kelas : A.3.7

apabila saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus,serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah :

1.Saya akan mengembangkan pengajaran dengan menggunakan metode yatu ceramah yang bervariasi disesuaikan dengan metode2 yang dipakai sebagai variasi. Contoh penggunaan metode tanya-jawab dan diskusi sebagai variasi dengan mengandalikan persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yang ada.

2.Dengan adanya metode ceramah bervariasi kemungkinan mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada pada peserta didik.

3. Cara dalam menyampaikan metode ceramah adalah :
a.Meemberikan informasi atau materi pelajaran
b.Memotivasi siswa untuk belajar
c.Memperjelas materi pelajaran

jika saya menjadi kordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya adalah :
Pertama Saya harus dapat memilih strategi yang cocok dengan lingkungan peserta didik dan mata kuliah yang akan di ajarkan,dengan memperhatikan penggunaan media dan sarananya.
jika metode ceramah tidak efektif untuk digunakan,maka saya akan memilih menggabungkan dua metode yaitu Metode Kognitif dan metode Inkuiri, yang mana keduanya menekankan kepada pengembangan kemampuan berfikir dengan adanya interaksi tanya jawab dalam pelaksanaannya,sehingga siswa juga lebih banyak berperan dalam meningkatkan jumlah kaitan antara informasi yang disajikan dengan pengetahuan yang sudah mereka ketahui melalui suatu pemerosesan informasi tersebut.

Nama : Deky Aryan Sandy
NPM : 09 22 057
Kelas : A.3.7

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya adalah dengan menggunakan metode diskusi

Metode diskusi adalah suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas, dengan bertukar pendapat mengenai topik atau masalah tertentu untuk memperoleh suatu pengertian bersama yang lebih jelas dan teliti tentang topik/sesuatu, atau untuk mempersiapkan dan merampungkan keputusan bersama

diskusi banyak digunakan sebagai salah satu cara untuk memecahkan masalah dan telah menjadi bgian dari kehidupan manusia itu sendiri.
tujuannya adalah adalah agar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara membahas dan memecahkan masalah tertentu

adapun manfaat menggunakan metode diskusi
1) menumbuhkan dan membina sikap serta perbuatan
siswa yang demokratis
2) menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan cara
berpikir kritis, analitis, dan logis
3) memupuk rasa kerjasama, sikap toleransi dan rasa
sosial
4) membina kemampuan untuk mengemukakan pendapat
dengan bahasa yang baik dan benar
METODE
13

Nama : Dini Arianti
NPM : 09.22.098
Kelas : A.3.7

jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan adalah:

Saya akan mengembangkan pengajaran dengan menggunakan metode ceramah yang bervariasi disesuaikan dengan metode-metode yang dipakai sebagai variasi,kemudian saya akan memperhatikan kembali karakter siswa, lingkungan yang ada, dan fasilitas yang tersedia dengan metode yang akan saya gunakan.

Metode diskusi adalah suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas, dengan bertukar pendapat mengenai topik atau masalah tertentu untuk memperoleh suatu pengertian bersama yang lebih jelas dan teliti tentang topik/sesuatu, atau untuk mempersiapkan dan merampungkan keputusan bersama.
dari penjelasan tersebut,maka saya memilih metode diskusi jika metode ceramah dirasa kurang efektif.

nama : faizon elvis
NPM :09.22.118
Kelas :A.3.7

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites