Tuesday, November 9, 2010

Pengembangan Media Sederhana & Produksi Sablon B.5.5

Seorang ahli media kadang disebut juga perancang media, bahkan dalam proses pembuatan konsep harus dilandasi kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran. Aspek desain dan aspek komunikasi visual sering kali lebih dimaksimalkan , karena akan menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah karya. Mengapa anda perlu melakukan ini?

24 komentar:

Nama : Heriyansyah
Npm : 0822056

Karena, itu adalah tanggung jawab seorang perancang. Seorang desain atau perancang haruslah melakukan kajian-kajian terlebih dahulu sebelum merumuskan suatu konsep untuk media pembelajaran. Sebab, suatu konsep haruslah teruji terlebih dahulu kebenarannya agar bisa mendapatkan hasil dari proses belajar pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan melalui, aspek desain dan komunikasi visual bisa digunakan untuk memancing respons peserta didik dalam belajar karena itu adalah termasuk variasi gaya mengajar seorang pendidik. Sebagai seorang pendidik/guru kita haruslah bisa mengondisikan keadaan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan cara melakukan pembelajaran yang bervariasi, selain dari itu kita huruslah bisa memahami karekteristis peserta didik karena ini adalah salah satu proses agar tujuan dari pembelajaran terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan dari pembelajaran tersebut.

Nama : Heriyansyah
Npm : 0822056

Karena, itu adalah tanggung jawab seorang perancang. Seorang desain atau perancang haruslah melakukan kajian-kajian terlebih dahulu sebelum merumuskan suatu konsep untuk media pembelajaran. Sebab, suatu konsep haruslah teruji terlebih dahulu kebenarannya agar bisa mendapatkan hasil dari proses belajar pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan melalui, aspek desain dan komunikasi visual bisa digunakan untuk memancing respons peserta didik dalam belajar karena itu adalah termasuk variasi gaya mengajar seorang pendidik. Sebagai seorang pendidik/guru kita haruslah bisa mengondisikan keadaan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan cara melakukan pembelajaran yang bervariasi, selain dari itu kita huruslah bisa memahami karekteristis peserta didik karena ini adalah salah satu proses agar tujuan dari pembelajaran terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan dari pembelajaran tersebut.

Nama : Ketut Sumantra
NPM 09 22 189
Kelas : A.3.3

Dalam merancang ataupun dalam proses pembuatan konsep media jelas kita sebagai seorang ahli media tentunya dalam pembuatan media kita harus berlandasan atas kajian - kajian teoritis sebagai penguatan dari media yang kita ciptakan guna memudahkan dalam menganalisia media tsb, selain itu juga dalam pembuatan media kita juga harus memperhatikan beberapa aspek yang terkandung dlam media tersebut, seperti aspek Desai dan Aspek komunikasi visual yang harus dimaksimalkan dalam pembuatan media, karna keafektifan dari penyajian media yang diciptakan dapat dilihat dari seberapa menarik desain yang dibuat dan seberapa afektifnya penyampaian atau pun penjelasan tentang media tersebut, sehingga media yang kita ciptakan dapat digunakan lebih efektif dan mudah dipahami oleh sasaran dari media yang kita buat.

Nama : Nanik Susanti
Npm : 08 22 235
Kelas : B.5.5

Karena aspek desain dan aspek komunikasi visual akan menarik perhatian para peserta didik dan para peserta didik lebih memahami dengan aspek tersebut. Di dalam aspek desain dan aspek komunikasi terdapat tiga hal yang saling berkaitan antara lain:
• Pemikiran
Proses pemikiran merupakan dasar konseptual dalam desain, karena dengan konseptual mennjadi landasan bagi siswa dapat mengidentifikasi masalah dan bagaimana memecahkan masalah yang seseuai.
• Keterampilan
Keterampilan di dalam menggabungkan berbagai potensi ke dalam karya. Pada zaman sekarang untuk memperoleh segala peralatan dengan mudah karena kemajuan teknologi, bagaiman kita mampu berkarya dengan segala keterampilan yang kita miliki. Berterimakasihlah pada kemajuan teknologi, proses produksi menjadi lebih ringkas dan mudah.
• Rasa
Bagaimana kita mengolah rasa emotif atau rasa tampilan desain, bagaimana kita memilih dan menyusun kata, gambar , elemen visual.
Karena dengan rasa yang tenang maka desain yang kita citpakan akan lebih indah dan menarik perhatian.

This comment has been removed by the author.

Nama : safta heru sumanjaya
Npm : 0822202

sebagai perancang media kita / saya harusla melihat kebutuhan dari masyarakat terlebih dahulu. karena dengan melihat dari itu kita bisa menentukan apa yang akan kita laksanakan.kita bisa menetukan desain - desain yang bisa diterima oleh masyrakat dengan mudah.
bila sebuah media kita bisa diterima dengn baik baik oleh masyarakat maka kita dapat lebih memperjelas lagi kepada masyarakat mengenai media yang kita gunakan tersebut.
selain itu sebagi seorang perancang haruslah bisa menempatkan media tersebut sesuai dengan tempatnya, baik di sekolah ataupun dilingkungan masyrakat.

Karena, seorang ahli media atau perancang media tentu mempunyai ide-ide yang berkelas untuk menjadikannya suatu karya yang dapat diterima oleh masyarakat luas.Sehingga dia sangat jeli memanfaatkan peluang yang ada .Muncul kebutuhan untuk mempromosikan dan menginformasikan sesuatu dari seseorang ke public umum. Teknologi pun semakin berkembang untuk menunjang hal ini, hingga muncul kebutuhan-kebutuhan baru dan bagaimana menginformasikan secara massal sebagai sebuah industrialisasi yang semakin maju dan kompleks sesuai dengan harapan kita bersama.Baik dalam aspek design ataupun aspek komunikasi visual.Aspek Design yaitu bagian yang lebih menekankan kepada penampilan visual,atau dengan kata lain aspek design ini penting karena media yang kita rancang penampilan visualnya harus memmpunyai daya tarik dan tidak membosankan ,Sedangkan Aspek komunikasi Visual merupakan bagian yang lebih dikhususkan kepada pesan yang disampaikan lewat media, artinya aspek komunikasi ini penting karena media yang dibuat itu harus mempunyai pesan yang mudah tersampaikan kepada masyrakat luas.karena media yang dibuat itu harus mempunyai pesan yang mudah tersampaikan.

This comment has been removed by the author.

NAMA : SELLA YUSLINDA
NPM : 08.22.244
KELAS : B.5.5


Karena sebagai seorang perancang saya harus memahami dulu kajian - kajian yang teoritis sebagai motivator dalam membuat sebuah media yang disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan konsep dalam pembelajaran.
dan dalam aspek desain dan aspek komunikasi visual digunakan untuk melihat keefisiennan dan keafektifan dari media yang dibuat dapat di gunakan sesuai dengan yang menjadi sasaran dari media tersebut.

NAMA :ALFREDO AZHARI
NPM :08 22 246

menurut saya,seorang ahli media kadang disebut juga perancang media,karena seorang perancang itu adalah suatu jantung & mempunyai tanggung jawab dalam merancang dan membuatan konsep kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran.
Aspek Design yaitu bagian yang lebih menekankan kepada penampilan visual,atau dengan kata lain aspek design ini penting di dalam membuat desain kita sebagai perancang haruslah membuat semenarik mungkin dengan mengkombinasikan ide-ide,pemikiran dan perpaduan warna agar desain yang telah dibuat dapat membuat siapapun tertarik.dan Aspek komunikasi Visual merupakan bagian yang lebih dikhususkan kepada pesan yang disampaikan didalam aspek komunikasi visual, kita sebagai perancang harus melihat perkembangan saat ini, permintaan,dan yang diinginkan.agar penyampaian pesan atau materi dapat di yerima dengan baik.

NAMA : UMI DARIAH
NPM : 08.22.223
KELAS : B.5.5

karna, sebagai seorang perancang saya haruslah memiliki kajian - kajian yang teroritis sebagai pemberi penguatan dalam merancang konsep desain pembelajara, tetapi saya juga harus memperhatikan aspek desain dan aspek komunikasi visual sebagai acuan untuk melakukan variasi strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kemampuan, keterampilan dan suatu tujuan dari desain pembelajaran yang dibuat dapat diterima dan dipahami oleh sasaran.

Nama :Nita Triana
Npm :0822 219

Desain sistem instruksional ialah pendekatan secara sistematis dalam perencanaan dan pengembangan sarana serta alat untuk mencapai kebutuhan dan tujuan intruksional. perlunya desain pembelajaran: Pengembangan desain pembelajaran dipengaruhi oleh prosedur-prosedur desain pembelajaran, Perkembangannya selain dipengaruhi oleh teori komunikasi juga oleh teori-teori proses auditori dan visual, proses berpikir visual, dan estetika. Berfikir visual merupakan reaksi internal. Berfikir visual ini meliputi lebih banyak manipulasi bayangan mental dan asosiasi sensor dan emosi dari tahap berpikir yang lain mempunyai tiga fungsi dasar,
a. Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Identifikasi
Fungsi dasar yang utama dari desain komunikasi visual adalah sebagai sarana identifikasi. Identitas seseorang dapat mengatakan tentang siapa orang itu, atau dari mana asalnya.
b. Desain Visual Sebagai Sarana Informasi dan Instruksi
Sebagai sarana informasi dan instruksi, desain komunikasi visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal yang lain dalam petunjuk, arah, posisi dan skala, harus bersifat informatif dan komunikatif seta desain komunikasi visual harus bersifat universal.
c. Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Presentasi dan Promosi
Tujuan dari desain komunikasi visual sebagai sarana presentasi dan promosi adalah untuk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian (atensi) dari mata (secara visual) dan membuat pesan tersebut dapat diingat dimana Komunikasi Visual meliputi:
a. Tata Letak Perwajahan (Layout) b. Tipografi c. Ilustrasi d. Simbolisme
e. Warna f. Animasi g. Suara
sehingga sebuah desain yang telah dirancang akan menjadi sempurna ketika dilengkapi dengan sebuah aspek pendukung yang menunjang pembelajaran sebagai penjelas. Sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

NAMA: ETI YUNILAWATI
NPM: 08 22 226
KELAS: B.5.5

Karena sebagai seorang perancang media harus mengerti atau mengetahui kajian-kajian teoritis yang menjadi konsep pembelajaran. sebab suatu konsep haruslah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.sebagai calon perancang media ketika kita akan menciptakan / merancang sebuah media pembelajaran yang harus kita lakukan dalam pemilihan dan pemanfaatan media yaitu kita harus mempertimbangkan dari segi tujuan yang akan kita capai. sesuai dengan materi-materi yang diajarkan, efektif dan efisien dalam pembelajaran dan dapat diterima oleh sasaran yang kita tunjuk. selain itu kita juga harus memperhatikan aspek-aspek yang ada seperti aspek desain dan aspek komunikasi visual yang sering kali dimaksimalkan. karena akan menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah karya yang telah dibuat dan juga dapat bermanfaat bagi sasaran pembelajaran / pendidikan.

Nama : Fitria solekhah
Npm : 0822229


Karena seorang pendidikan (guru) harus mampu menjadi perancang media, dengan dasar mampu menjadi perancang media maka seorang pendidik sudah memahami makna profesi nya secara mendalam untuk merancang pengajaran nya secara hidup (kreatif), berfungsi sebagai pembuat sistem, perancang masa depan pengajaran, bersifat inovatif, senang dengan ide dan perubahan yang mengaktifkan pengajaran, setelah itu harus di padukan dengan memahami kajian teoritis maka aspek desain dan komunikasi visual dapat digunakan untuk menumbuhkan respons peserta didik dalam belajar, daya tarik peserta didik bisa di maksimalkan dengan media yang digunakan sebagai perantara baik berupa alat-alat elektronik, gambar, alat peraga, buku dan lain-lain, semua ini digunakan untuk menyalurkan isi bahan ajar kepada peserta didik yang di rancang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan, mudah untuk di pahami, memiliki daya tarik, yang di sesuaikan dengan kajian-kajian teori.

Nama :Devi purwaningsih
Npm :0822224

Karna seoarng ahli media atau perancang media harus mampu merancang media tersebut. Maka dengan itu perancang media harus mengikiti landasan teoritis, aspek desain dan komunitas visual. Dengan adanya pedoman diatas searang perancang media /seorang guru akan lebih jelas dalam memberikan bahan ajar kepada siswa, karna media visual juga bisa disajikan dengan jelas sehingga bisa menarik minat seorang siswa dalam pelajaran dengan materi yang akan disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh para siswa.

nama:renita
npm:0822225

karena dengan ada kajian teoritis maka pembuatan konsep akan lebih meyakinkan dan dapat dipertanggung jawabkan karen didalam teoritis itu terdapat semua pemikiran-pemikiran baru dan juga ide-ide dari seorang perancang multimedia yang bisa dicurahkan kedalam konsep teoritis,sedangkan asfek desain dan komunikasi visual merupakan penujang atau daya tarik tersendiri untuk peserta didik dalam proses pembelajaran dengan konsep yang kita buat sehingga pencapaian tujuan pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

NAMA : MEYLEN FRATIWI
NPM : 08 22 232
KELAS : B.5.5

Karna, sebagai seorang perancang saya harus memiliki kajian - kajian yang teroritis sebaga media pembelajaran suatu konsep desain,
akan tetapi saya juga harus memperhatikan aspek desain dan aspek komunikasi visual sebagai acuan untuk melakukan variasi strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kemampuan,

sebagai seorang perancang saya juga harus bisa menetapkan media tersebut, baik untuk sekolah maupun masyarakat,
sehingga apa yang saya buat bisa dipahami oleh sasaran dengan baik.

NAMA :SUTAMSO
NPM :0822178
KELAS :B.5.5
Karena itu sudah tugas seorang perancang untuk melakukan desain dalam sistem pembelajaran serta perancang haruslah melakukan kajian-kajian terlebih dahulu sebelum merumuskan suatu konsep untuk media pembelajaran. Sebab, suatu konsep haruslah teruji terlebih dahulu kebenarannya sebelum di jalankannya sistem pembelajaran melalui landasan/kajian teoritis sehingga kekuatan sistem pembelajaran yang dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan yang di harapkan. serta agar bisa mendapatkan hasil dari proses belajar pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan melalui, aspek desain dan komunikasi visual bisa digunakan untuk memancing respons peserta didik dalam belajar karena itu adalah termasuk variasi gaya mengajar seorang pendidik melalui media yang menjelaskan kepada peserta didik secarah langsung terbukti adanya suatu kebenaran. Sebagai seorang pendidik/tenaga pengajar kita haruslah bisa mengondisikan,memahami keadaan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. sehingga media yang kita ciptakan dapat digunakan lebih efektif dan mudah dipahami oleh sasaran dari media yang kita buat.munkin inila yang dapt saya paparkan atau jelaskan didalam melaksanakan sistem pembelajaran ini lebih dan kurang saya mohon maaf,dan tidak lupa saya ucapkan terimah kasih kepada siapa saja yang telah menyempatkan diri untuk membaca jawaban yang telah saya buat ini,munkin masih banyak kekurangan dari jawaban saya ,saya ucapkan mintah ma’af munkin hanya inila batas kemampuan saya,dan apa bila ada kelebihan itula munkin anugrah yang diberikan pada saya.dan tidak lupa saya ucapkan pada pak ganis selaku pembimbing mata kuliah ini,sehingga kami menambah/mendapatkan mengalaman baru semoga bermanfaat bagi saya maupun pembaca khususnya.saya akhiri waalikum salam WRWB

NAMA :SUTAMSO
NPM :0822178
KELAS :B.5.5
Karena itu sudah tugas seorang perancang untuk melakukan desain dalam sistem pembelajaran serta perancang haruslah melakukan kajian-kajian terlebih dahulu sebelum merumuskan suatu konsep untuk media pembelajaran. Sebab, suatu konsep haruslah teruji terlebih dahulu kebenarannya sebelum di jalankannya sistem pembelajaran melalui landasan/kajian teoritis sehingga kekuatan sistem pembelajaran yang dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan yang di harapkan. serta agar bisa mendapatkan hasil dari proses belajar pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan melalui, aspek desain dan komunikasi visual bisa digunakan untuk memancing respons peserta didik dalam belajar karena itu adalah termasuk variasi gaya mengajar seorang pendidik melalui media yang menjelaskan kepada peserta didik secarah langsung terbukti adanya suatu kebenaran. Sebagai seorang pendidik/tenaga pengajar kita haruslah bisa mengondisikan,memahami keadaan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. sehingga media yang kita ciptakan dapat digunakan lebih efektif dan mudah dipahami oleh sasaran dari media yang kita buat.munkin inila yang dapt saya paparkan atau jelaskan didalam melaksanakan sistem pembelajaran ini lebih dan kurang saya mohon maaf,dan tidak lupa saya ucapkan terimah kasih kepada siapa saja yang telah menyempatkan diri untuk membaca jawaban yang telah saya buat ini,munkin masih banyak kekurangan dari jawaban saya ,saya ucapkan mintah ma’af munkin hanya inila batas kemampuan saya,dan apa bila ada kelebihan itula munkin anugrah yang diberikan pada saya.dan tidak lupa saya ucapkan pada pak ganis selaku pembimbing mata kuliah ini,sehingga kami menambah/mendapatkan mengalaman baru semoga bermanfaat bagi saya maupun pembaca khususnya.saya akhiri waalikum salam WRWB

NAMA : SRI WAHYUNI
KELAS : B.5.5
NPM : 08 22 221

Dikarenakan sebagai seorang ahli media kita dalam hal pembelajaran merupakan ujung tombak untuk dapat merancang suatu media dengan sebaik mungkin, agar tujuan – tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat dicapai dengan maksimal. Dalam membuat suatu konsep pembelajaran harus juga dilandasi dengan kajian – kajian teoritis yang akan menguatkan suatu analisis dan praktek dalam pembelajaran.

Terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu desain pembelajaran. Desain pembelajaran berhubungan dengan pemahaman, perbaikan, dan penerapan metode-metode pembelajaran. Desain pembelajaran merupakan proses penentuan metode pembelajaran yang tepat untuk menghasilkan perubahan yang diinginkan dalam diri siswa yang berkaitan dengan pengetahuan dang keterampilan sesuai dengan isi pembelajaran dan siswa tertentu. Ibarat orang yang akan membuat rumah, desain pembelajaran adalah blueprint yang dibuat oleh seorang arsitek.Mengapa aspek desain dan aspek komunikasi visual harus dimaksimalkan dalam pembelajaran, karena dengan menggunakan aspek desain lebih memudahkan kita menjabarkan suatu tujuan secara sistematis.
Aspek – aspek desain pembelajaran itu terdiri dari beberapa hal, yakni:
•Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan, realistis)
•Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum
•Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran
•Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran
•Interaktivitas
•Pemberian motivasi belajar
•Kontekstualitas dan aktualitas
•Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar
•Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran
•Kedalaman materi
•Kemudahan untuk dipahami
•Sistematis, runut, alur logika jelas
•Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan
•Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran
•Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi
•Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi.

Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan. Proses komunikasi disini melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto, diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat.

Aspek – aspek Komunikasi Visual
•Komunikatif, sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran
•Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan
•Sederhana dan memikat
•Audio (narasi, sound effect, backsound,musik)
•Visual (layout design, typography, warna)
•Media bergerak (animasi, movie)
•Layout Interactive (ikon navigasi).

Dengan memperhatikan semua aspek yang ada dalam aspek desain dan aspek komunikasi visual, maka seorang ahli media dapat menghasilkan suatu media pembelajaran yang menarik dan mudah diaplikasikan kedalam pembelajaran, sehingga tujuan - tujuan pembelajaran yang dinginkan dapat tercapai dengan maksimal.

NAMA :PARNO
NPM :0822040
KLS :B.5.5

Sebagai Seorang Ahli dalam media yang juga disebut sebagai perancang media dalam pembuatan konsep dalam merancang media harus melihat aspek desain dan aspek komunikasi visual yang harus dimaksimalkan mengapa harus demikian, karena kedua aspek tersebut sangat menunjang ketercapaiannya keberhasilan sebuah media yang akan kita buat dan kita terapkan dalam pembelajaran.

Kita lihat dari segi desain pembelajaran yaitu berhubungan dengan pemahaman, perbaikan, dan penerapan metode-metode pembelajaran. Desain pembelajaran merupakan proses penentuan metode pembelajaran yang tepat untuk menghasilkan perubahan yang diinginkan dalam diri siswa yang berkaitan dengan pengetahuan dang keterampilan sesuai dengan isi pembelajaran dan siswa tertentu. dalam pembuatan media tentu sebuah media harus kita desain sedemikian rupa agar sebuah media menjadi menarik perhatian bagi yang melihat media tersebut dan juga apabila sebuah media sendiri kurang menarik untuk dilihat atau bahkan diperaktekkan mana mungkin sebuah media akan mudah di terima jadi aspek desain sangat penting perannya dalam pembuatan media semakin bagus desain media yang kita buat maka semakin banyak orang akan menyukainya begitu pula sbaliknya dan apabila aspek desain sudah terpenuhi dengan kuat atau sesuai dengan kebutuhannya maka aspek komunikasi visual pun akan tercapai dengan baik karena dengan desain-desain visual yang kita buat maka akan tercipta sebuah komunikasi secara visual semakin bagus dan baik sebuah desain visual yang kita buat maka akan tercapai komunikasi visual yang lebih baik juga.

Artinya kedua aspek tersebut yaitu aspek desain dan aspek komunikasi visual saling keterkaitan dan sulit untuk dipisahkan karena kedua aspek ini saling memberikan penguatan kepada satu sama lainnya dan juga kedua aspek ini sering digunakan dalam dasar memberikan penilaian terhadap hasil media yang diciptakan.

Jadi demikianlah mengapa seorang ahli media perlu melakukan penguatan terhadap kedua aspek tersebut,terima kasih atas perhatian nya…..

NAMA : RIO MEILINDRA
NPM : 08.22.257
KELAS : B.5.5

Karna Menurut saya,, sebagai seorang perancang saya harus memahami dulu kajian - kajian yang teoritis sebagai motivator dalam membuat sebuah media yang disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan konsep dalam pembelajaran.
Desain sistem instruksional pendekatan secara sistematis dalam perencanaan dan pengembangan sarana serta alat untuk mencapai kebutuhan dan tujuan intruksional ini lebih menarik minat belajar para siswa.
Aspek Design bagian yang lebih menekankan kepada penampilan visual,atau dengan kata lain aspek design ini penting di dalam membuat desain kita sebagai perancang haruslah membuat semenarik mungkin dengan mengkombinasikan ide-ide,pemikiran dan perpaduan warna agar desain yang telah dibuat dapat membuat siapapun tertarik.

Karena,sebagai seorang ahli dalam merancang desain haruslah melakukan landasan yang teoritis sebagai penguat dari media yang digunakan.Aspek desain dan aspek visual dapat menentukan keefektifan dan keefisienan suatu rancangan yang dbuat, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dngan baik.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites