Wednesday, November 10, 2010

Stategi Pembelajaran A.3.3

Situasi:
Anda coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, salah satu staff pengajar mengusulkan sebuah mata kuliah baru mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya. Ia menunjukkan kepada anda beberapa hasil penelitian yang dilakukan di beberapa perusahaan industry dalam masyarakat. Ternyata terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
Anda bermaksud merancang mata kuliah tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas anda??

35 komentar:

jika saya dipilih sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan terkait degan metode ceramah yang saya gunakan adalah yang pertama adalah tahap Persiapan
yaitu: merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun urutan penyajian materi untuk mencapai
tujuan yang sudah ditetapkan, merumuskan materi ceramah secara garis besar

yang kedua adalah tahap Pelaksanaan
yaitu: menjelaskan kepada siswa tujuan mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik, menjelaskan langkah-langkah serta prinsip-prinsip yang harus dilakukan mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik, serta di selingi dengan Tanya jawab.

nama : nurhalimah
npm : 09 22 155
kelas: a.3.3

Nama : AYU ARLANI
Npm : 09 22 172
Sebagai coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi yang merancang sebuah mata kuliah baru mengenai Penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus serta penulisan laporan teknik dengan dokumen lain,yang saya lakukan adalah
-Mempelajari dan memahami terlebih dahulu hasil penelitian yang di berikan
-Merumuskan tujuan apa yang ingin di capai.
-Menyusun materi yang ingin di sampaikan.
-Memilih dan Menentukan metode
Untuk pemilihan dan penentuan metode harus disesuaikan dengan tujuan yang telah di rumuskan dan harus memperhatikan nilai srategi metode dan efektivitas penggunaannya dan tidak lupa memperhatikan faktor lain seperti anak didik,situsi,dan fasilitas.
Dengan memperhatikan hal-hal di atas dapat menggunakan metode yang bervariasi/menggabungkan berbagai metode seperti menggunakan metode ceramah,diskusi dan metode tugas dan resitasi dimana peserta didik di berikan penjelasan terlebih dahulu mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus dan penulisan laporan teknik. Kemudian peserta didik melakukan diskusi mengenai hal tersebut, dalam diskusi tersebut peserta didik dapat melakukan interaksi dan penukaran informasi mengenai hal tersebut. selanjutnya peserta didik di berikan tugas mengenai hal diatas,dan peserta didik juga harus dapat mempertanggungjawabkan tugas yang di berikan.
-Memilih Media
setelah menentukan metode apa saja yang digunakan dalam mata kuliah tersebut,kemudian memilih media yang dapat menunjang metode yang di gunakan. Pemilihan media harus memperhatikan prinsip-prinsip pemilihan media agar media yang di gunakan dapat mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan yang di tentukan.
-Memperhatikan Strategi2 Kognitif
Strategi kognitif sangat penting bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang baiK, Karena srategi kognitif mempresentasikan kegiatan-kegiatan kognitif yang sangat luas yang mendukung pembelajaran seseorang.

Nama : AYU ARLANI
Npm : 09 22 172
Sebagai coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi yang merancang sebuah mata kuliah baru mengenai Penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus serta penulisan laporan teknik dengan dokumen lain,yang saya lakukan adalah
-Mempelajari dan memahami terlebih dahulu hasil penelitian yang di berikan
-Merumuskan tujuan apa yang ingin di capai.
-Menyusun materi yang ingin di sampaikan.
-Memilih dan Menentukan metode
Untuk pemilihan dan penentuan metode harus disesuaikan dengan tujuan yang telah di rumuskan dan harus memperhatikan nilai srategi metode dan efektivitas penggunaannya dan tidak lupa memperhatikan faktor lain seperti anak didik,situsi,dan fasilitas.
Dengan memperhatikan hal-hal di atas dapat menggunakan metode yang bervariasi/menggabungkan berbagai metode seperti menggunakan metode ceramah,diskusi dan metode tugas dan resitasi dimana peserta didik di berikan penjelasan terlebih dahulu mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus dan penulisan laporan teknik. Kemudian peserta didik melakukan diskusi mengenai hal tersebut, dalam diskusi tersebut peserta didik dapat melakukan interaksi dan penukaran informasi mengenai hal tersebut. selanjutnya peserta didik di berikan tugas mengenai hal diatas,dan peserta didik juga harus dapat mempertanggungjawabkan tugas yang di berikan.
-Memilih Media
setelah menentukan metode apa saja yang digunakan dalam mata kuliah tersebut,kemudian memilih media yang dapat menunjang metode yang di gunakan. Pemilihan media harus memperhatikan prinsip-prinsip pemilihan media agar media yang di gunakan dapat mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan yang di tentukan.
-Memperhatikan Strategi2 Kognitif
Strategi kognitif sangat penting bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang baiK, Karena srategi kognitif mempresentasikan kegiatan-kegiatan kognitif yang sangat luas yang mendukung pembelajaran seseorang.

nama : dessy dwi antika
npm : 09 22 200

jika saya seorang coordinator dalam merancang mata kulih baru langkah yang akan saya lakukan adalah, tahap pertama yaitu saya akan mengulas kembali hsil penelitian yang di berikan, lalu menentukan tujuan yang akan di capai dalam mata kulih tersebut, kemudian merumuskan materi,

tahap selanjutnya yaitu menentukan metode apa yang sesuai dengan keadaan siswa, karena tidak semua siswa mempunyai daya tangkap atau daya serap yang sama dalam proses pembelajaran,
dalam mata kuliah yang baru ini banyak metode yanmg dapat diterapkan seperti :
metode Ceramah, tanya jawab, dan tugas.
pada mulanya guru menjelaskan atau menyajikan pelajaran dengan cara penururan atau penjelasan secara langsung pada peserta didik, lalu memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan tanya jawab apabila ada yang belum mengerti mengenai materi diatas, kemudian memberikan tugas yang sesuai dengan materi yang telah dijelaskan sebagai evaluasi dari hasil pembelajaran.
lalu menentukan media apa yang sesuai dengan metode yang di gunakan, dan media yang digunakan harus dapat menunjang metode yang dipilih agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan tercapai dengan maksimal.
selanjutnya strategi kongnitif perlu diperhatikan untuk mencapai pembelajaran yang baik, karena strategi kongnitif merupakan strategi yang menghubungkan informasi lama dengan informasi yang baru.

Jika saya di posisikan sebagai coordinator yang akan saya lakukan adalah :
Pertama yaitu melihat dan mempelajari terlebih dahulu materi hasil penelitian yang d berikan sebelum nya.
Kedua yaitu menentukan langkah-langkah yang akan dI lakukan nanti dengan cara diskusi dgan tim dan melihat situasi dan kondisi sekitar tempat tersebut
Ketiga yaitu kita mulai tahap pelaksanaan dg cara membagi ke dalam beberapa kelompok lalu diskusi dan di isi dengan tanya jawab dan bebagi pngalaman pengetahuan.

NAMA : SANARTI MEGAWATI
KELAS : A.3.3
NPM : 09 22 137

Nama:NOPRIA ANGGRIANI
Npm:0922143
kelas:A 3.3

jika saya sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan pertama adalah persiapan terlebih dahulu. mempelajari dan memahami materinya terlebih dahulu, selanjutnya baru memilih metode apa yang tepat, tentunya untuk mencapai hasil yang maksimal tidak hanya memakai satu metode seperti ceramah saja, tetapi dengan metode yang lain seperti metode diskusi,penelitian,tugas,tanya jawab dan lainnya. dalam memilih metode seorang pendidik harus memperhatikan karakteristik masing-masing peserta didiknya karna setiap individu memiliki daya serap atau nalar yang berbeda. penggunaan metode yang tepat dan bervariasi tidak membuat peserta didik bosan.

kemudian langkah selanjutnya memilih alat atau media sebagai pendukung dalam belajar. strategi kognitifnya juga harus diperhatikan untuk pencapaian pembelajaran yang baik dan maksimal.

Nama : Rendika Agustian
kelas : A.3.3
NPM : 09 22 197

Jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan pengajaran,Maka langkah yang akan saya lakukan adalah ,

hal pertama,yaitu menentukan si pendidik yang tepat dan mempunyai pengetahuan / pengalaman tentang mata kuliah tersebut agar proses belajar mengajar dapat terarah sesuai dengan pembelajaran yang di tetapkan.

hal ke dua,yaitu dalam perancangan mata kuliah tersebut saya akan menerapkan metode praktek yang di landasi oleh teori-teori karena biasanya dengan praktek,seseorang mudah untuk memahami dan mengetahui materi pada mata kuliah "penulisan teknik" tentunya dengan bimbingan si pendidik,
melakukan latihan-latihan,
serta evaluasi,
sehingga pembelajaran dapat terarah.

nama : lukman hakim
npm : 09 22 144


jika saya menjadi pengembang pengajaran, saya akan mengikuti metode yang telah di setujui tetapi sedikit menambahkan metode baru sebagai penunjang tercapainya suatu pembelajaran. didalam suatu mata kuliah apabila mahasiswa hanya diberikan materi saja tanpa adanya pengalaman langsung maka pelajaran yank di dapat hanya sekedar teori saja, mereka tidak dapat mempraktekannya ditengah masyarakat.

misalnya dalam penulisan laporan apabila hanya dijelaskan maka pengalaman siswa dalam membuat laporan, siswa tidak ada karena mereka belum pernah mencoba sebelumnya. dalam hal ini, saya akan menggunakan metode ceramah dengan ditambah metode lain yang bervariasi sebagai penunjang tercapainya penyampaian pesan walaupun itu sudah ditentukan oleh pembuatnya yang terpenting dalam suatu pembelajaran adalah membuat siswa paham dan mengerti akan materi yang diajarkan.

jika saya dipilih sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan.
-Mempelajari dan memahami terlebih dahulu hasil penelitian yang di berikan
-Merumuskan tujuan apa yang ingin di capai.
-Menyusun materi yang ingin di sampaikan.
-Memilih dan Menentukan metode
Untuk pemilihan dan penentuan metode harus disesuaikan dengan tujuan yang telah di rumuskan dan harus memperhatikan nilai srategi metode dan efektivitas penggunaannya dan tidak lupa memperhatikan faktor lain seperti anak didik,situasi,dan fasilitas.
lalu menentukan media apa yang sesuai dengan metode yang di gunakan, dan media yang digunakan harus dapat menunjang metode yang dipilih agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan tercapai dengan maksimal.
selanjutnya strategi kongnitif perlu diperhatikan untuk mencapai pembelajaran yang baik, karena strategi kongnitif merupakan strategi yang menghubungkan informasi lama dengan informasi yang baru.
Nama : David Albit
Npm 09 22 204

Menda Aulius
A.3.3
09 22 273

jika saya dipilih sebagai
coordinator langkah yang akan saya lakukan adalah
mempelajari dan menganalisa kembali hasil laporan penelitian yang dilakukan dibeberapa perusahaan industri dalam masyrakat Media Pembelajaran yang akan saya pakai yaitu komputer & Proyektor ( Multimedia ), Karena , Bahan ajar yang dipakai yaitu Power Point Interaktif dan berhubung Mata Kuliah ini memerlukan banyak praktek, peserta didik dapat langsung mempraktekkan didepan kelas dengan memakai komputer dan proyektor.lalu saya akan menggunakan metode diskusikarena dengan menggunakan metode diskusi kita dapat memecahkan suatu masalah dalam belajar.

Metode diskusi adalah suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas, dengan bertukar pendapat mengenai topik atau masalah tertentu untuk memperoleh suatu pengertian bersama yang lebih jelas dan teliti tentang topik/sesuatu, atau untuk mempersiapkan dan merampungkan keputusan bersama.

Nama : Chandra Irawan
Kelas: A.3.3
NPM : 09 22 179

jika saya di pilih sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan adalah dengan menggunakan metode diskusi karena dengan menggunakan metode diskusi kita dapat memecahkan suatu masalah dalam belajar.menggunakan metode diskusikarena dengan menggunakan metode diskusi kita dapat memecahkan suatu masalah dalam belajar.

Metode eksperimen (percobaan)
Biasanya dialami sendiri oleh peserta didik untuk membuktikan suatu kebenaran dari suatu pembelajaran dan sesekali memakai media pengajaran (dengan OHP dan bahan presentasi yang menggunakan LCD).

NAMA : NOVAN KARLISON
NPM : 09 22 205

Andai saya menjadi coordinator yang akan saya lakukan yakni
Pertama mempelajari dan memahami materinya terlebih dahulu, selanjutnya baru memilih metode apa yang tepat,tentunya untuk mencapai hasil yang maksimal tidak hanya memakai satu metode seperti ceramah saja, tetapi dengan metode yang lain seperti metode diskusi,penelitian,tugas,tanya jawab dan lainnya.
hal ke dua,yaitu dalam perancangan mata kuliah tersebut saya akan menerapkan metode yang di landasi oleh teori-teori karena biasanya seseorang mudah untuk memahami dan mengetahui materi pada mata kuliah "penulisan teknik" tentunya dengan bimbingan si pendidik,
melakukan latihan-latihan,
serta evaluasi,
sehingga pembelajaran dapat terarah dan sukses.....

NAMA : ADE INDRA
NPM 09 22 158
jika saya dipilih sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan terkait degan metode ceramah yang saya gunakan adalah yang pertama adalah tahap PersiapanPertama yaitu melihat dan mempelajari terlebih dahulu materi hasil penelitian yang d berikan sebelum nya.
Kedua yaitu menentukan langkah-langkah yang akan dI lakukan nanti dengan cara diskusi dgan tim dan melihat situasi dan kondisi sekitar tempat tersebut
Ketiga yaitu kita mulai tahap pelaksanaan dg cara membagi ke dalam beberapa kelompok lalu diskusi dan di isi dengan tanya jawab dan bebagi pngalaman pengetahuan.
kemudian suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas, dengan bertukar pendapat mengenai topik atau masalah tertentu untuk memperoleh suatu pengertian bersama yang lebih jelas dan teliti tentang topik/sesuatu, atau untuk mempersiapkan dan merampungkan keputusan bersama.

nama:metalia
npm:09 22 198

apabila saya menjadi coordinator yang saya lakukan pertama adalah:

1.mengulang kembali materiPertama yaitu melihat dan mempelajari terlebih dahulu materi hasil penelitian yang d berikan sebelum nya,
2.selanjutnya baru menentukan metode apa yang harus dipilih,
untuk menentukan metode yang akan dipilih kita harus memperhatikan dahulu tujuan dari pembelajaran tersebut,tentu dalam pemilihan metode kita tidak mungkin hanya memakai metode ceramah,kita bisa menggunakan metode yang lain misal,diskusi,tanya jawab,dimana guru tersebut menjelaskan pelajaran dengan cara penjelasan secara langsung pada peserta didik, lalu memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan tanya jawab apabila ada yang belum mengerti mengenai materi tersebut, kemudian memberikan tugas yang sesuai dengan materi yang telah dijelaskan sebagai evaluasi dari hasil pembelajaran.
3.menentukan media
dalam pemilihan media kita juga harus memperhatikan unsur-unsur kognitif peserta didik,karena unsur-unsur kognitif tersebut dapat mempengaruhi peserta didik dalam pencapaian belajar secara maksimal.

nama:metalia
npm:09 22 198

apabila saya menjadi coordinator yang saya lakukan pertama adalah:

1.mengulang kembali materiPertama yaitu melihat dan mempelajari terlebih dahulu materi hasil penelitian yang d berikan sebelum nya,
2.selanjutnya baru menentukan metode apa yang harus dipilih,
untuk menentukan metode yang akan dipilih kita harus memperhatikan dahulu tujuan dari pembelajaran tersebut,tentu dalam pemilihan metode kita tidak mungkin hanya memakai metode ceramah,kita bisa menggunakan metode yang lain misal,diskusi,tanya jawab,dimana guru tersebut menjelaskan pelajaran dengan cara penjelasan secara langsung pada peserta didik, lalu memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan tanya jawab apabila ada yang belum mengerti mengenai materi tersebut, kemudian memberikan tugas yang sesuai dengan materi yang telah dijelaskan sebagai evaluasi dari hasil pembelajaran.
3.menentukan media
dalam pemilihan media kita juga harus memperhatikan unsur-unsur kognitif peserta didik,karena unsur-unsur kognitif tersebut dapat mempengaruhi peserta didik dalam pencapaian belajar secara maksimal.

nama: Rini Mawarni
npm :09 22 465

jika saya menjadi ccordinator langkah yang saya lakukan pertama adalah memahami materi yang telah di berikan kemudian merumuskan tujuan yang ingin di capai dalam pembelajaran,kemudian merumuskan materi yang akan di garap dan menentukan metode apa yang akan di gunakan dalam penyampaian metode, saya akan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab yaitu dengan menggunakan metode ini siswa dapat menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama kemudian melakukan tanya jawab apabila belum mengerti dan dalam hal ini pemilihan media harus disesuaikan agar dapat menunjang pembelajaran yang maksimal.

Nama: Risna marlani
Npm: 0922165
Kelas: A.3.3

Dalam PBM banyak cara dan metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode ceramah, tetapi apabila hanya menggunakan metode cermah saja maka penyampaian materi tidak akan diterima dengan efektif.
Maka dari itu saya selaku koordinator dalam merancang MK tersebut, saya akan memulai tugas saya dengan menentukan metode pendukung dari metode ceramah tersebut. Adapun metode yang digunakan yaitu metode tugas dan resitasi juga metode problem solving.
Didalam metode ceramah, seorang dosen memaparkan materi pelajarn yang akan dipelajari, setelah pemaparan maka mahasiswa dianjurkan untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti, agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan dimengarti.
Setalah pemaparan maka dosen memberi tugas pada setiap mahasiswa, dimana didalam mengerjakan tugas tersebut. Setiap mahasiswa akan menemukan masalah. Masalah tersebut akan dibahas secara bersama untuk menemukan jalan dari titk permasalahan nya.
Setelah menentukan metode<, maka langkah selanjutnya yaitu memilih media pembelajaran yang bisa dipakai dalam PBM pada MK tersebut. Adapun media yang dapat digunakan bisa berupa hasil-hasil penelitian yang sudah diteliti sebelum nya, dan lain sebagainya.
Selain menentukan metode dan memilih media, kita harus memperhatikan strategi-strategi kognitif yang akan digunakan, apakah strategi CBSA, inkuiri< berbasis masalah, dll.
Didalam penerapan strategi ini, seorang dosen harus lebih memperhatikan karakteristik mahasiswa yang berada dikelas itu. Apakah strategi yang dipakai sesuai atau tidak dengan karakteristik yang dimiliki dari setiap mahasiswa yang ada.
Langkah-langkah ini denan tujuan agar setiap mahasiswa dapat memahami semua materi yang telah diajarkan.

Nama:MELLY ANGGRAINI
NPM:0922146

Jika saya dipilih sebagai coordinator bagian pengembangan pengajaran disalah satu perguruan tinggi,langkah yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah yang berbeda yaitu saya dengan mengulas kembali dari hasil penelitian yang telah dilakukan dibeberapa perusahaan industry dalam masyarakat,yang diberikan kepada saya.
metode yang akan saya gunakan dalam hal ini yang saya sesuaikan dengan kemampuan siswa itu sendiri,sebab kemampuan siswa berbeda-beda.
yaitu:dengan metode diskusi,
disini guru menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan didiskusikan dipertemuan berikutnya.
setelah peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan oleh pengajar apabila ada yang tidak mereka mengerti,mereka bertanya pada guru.
disini disebut dengan metode tanya jawab.setelah peserta didik bertanya pada pendidik mereka menentukan media apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran nantinya yang sesuai dengan materi yang dipelajari.

Nama : Relly Quryana Putri
kelas : A.3.3
NPM : 09 22 196

Jika saya dipilih sebagai coordinator,langkah yang akan saya lakukan :
pertama,mempelajari dan memahami mata kuliah penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar tersebut.

kedua,yaitu usaha untuk mengemukakan secara spesifik yang memungkinkan siswa mampu untuk mengetahui dan memahami pelajaran mengenai "penulisan teknik" yang di lakukan dengan cara metode belajar penemuan sehingga siswa dapat melakukan dan melihat secara langsung bagaimana proses mata kuliah tersebut berlangsung.

ketiga,memberikan latihan-latihan untuk mengukur sebatas mana pemahaman siswa terhadap mata kuliah penulisan teknik dan kemudian melakukan evaluasi.

Nama : Filisah Nopa Sari
NPM : 09 22 151

ass ibu
Ketika saya dipilih menjadi seorang coordinator di suatu perguruan tinggi dalam pengembangan pengajaran dimana saya diletakkan pada mata kuliah penulisan teknik. saya tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi saya akan memberikan suatu praktik yang dapat menguji suatu kemampuan seseorang selain itu saya akan melihat dari sisi kondisi dalam pengembangan pengajaran.

Apalagi dalam pengembangan pengajaran dibidang penulisan teknik dimana saya akan menjelaskan pengertian,langkah-langkah beserta dengan prinsip -prinsip nya, dalam pengembangan pengajaran ini kita sebagai seorang pendidik agara dapat melatih kemampuan beserta didiknya dengan berdiskusi dan memberikan suatu pengujian dan tugas individu.
adapun tahap -tahap yang akan saya lakukan/berikan yaitu:
1. tahap perencanaan yaitu dengan merumuskan tujuan-tujuan yang akan dicapai serta menyusun urutan penyajian materi dalam pengembangan pengajaran.
2. tahap pelaksanaan yaitu menjelaskan materi-materi apa saja yang akan kita sampaikan dan dikembangankan.
3. tahap penilaian yaitu dengan mengukur suatu kemampuan seorang siswa dengan melihat dari hasil keahlian yang telah mampu dikembangankan.
dengan memiliki tahap-tahap diatas maka kita dapat memiliki strategi kognitif dan dapat mengulangi kembali materi,menentukan metode-metodenya,serta memilih media dan alat sebagai pendukung dalam belajar agar dapat mencapai pembelajaran secara maksimal.

Nama: siti syafitri
kelas: a.3.3
Npm: 09 22 159

Apa bila saya di pilih sebagai coordinator langkah yang saya lakukan terkait dengan metode ceramah yang saya gunakan adalah:
saya akan mencoba berbagai macam metode yang saya akan ambil agar dalam pembelajaran yang di lakukan dalam salah satu perguruan tinggi itu tidak merasa bosan atau jenuh. apabila dalam proses pembelajarn itu menimbulkan kebosanan maka akan membuat proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif dan dapat menimbulkan berbagai macam perasaan yang tidak di inginkan oleh siswanya terhadap pelajaran yang di sampaikan. jadi sebelumnya saya akan mempelajari terlebih dahulu dan mempelajari beberapa metode yang ada, setelah paham dan mengerti saya akan menyelinginya dalam setiap pertemuan akan berbeda cara atau metode yang akan di gunakan.

tetapi sebelumnya saya akan memahami akan keadaan di dalam kelas itu baik dari siswanya(strategi kognitif) maupun kondisi pendukung,dan lingkungannya, dengan mempelajari apa tujuan yang akan di capai, menyusun materi apa yang ingin di sampaikan,dan bagaimana kita memilih media atau alat yang akan di gunakan pada saat proses pembelajaran itu berlangsung agar berjalan secara efektif dan mencapai tujuan yang di inginkan.

sebagai seorang coordinator langkah-langkah yang akan saya lakukan adalah.

1. Mempelajari dan memahami terlebih dahulu hasil penelitian yang di berikan

2.memilih metode yang akan di gunakan karena karakteristik siswa itu berbeda contohnya daya serap atau daya tangkap dari seorang peserta didik berbeda. penggunaan metode yang tepat dan bervariasi tidak akan membuat pesrta didik
itu bosan
Contoh :
metode diskusi.tanya jawab dan penelitian

3.menyusun materi yang akan di sampaikan

4.memilih alat penunjang di dalam pembelajaran

Nama : Ardi Andi
Npm : 09 22 175
Kelas : A.3.3

Nama :Siti Ulhayanah
NPM :0922 157
Kelas:A.3.3

Dalam proses pembelajaran seorang guru yang profesioanal tentu saja tidak hanya menggunakan satu metode saja melainkan harus ada variasi antara metode tersebut.Apalagi jika saya diposisikan pada coordinator perguruan tinggi,maka langkah yang akan digunakan sbb:
1.Strategi perencanaan meliputi seleksi (identifikasi sasaran belajar), persiapan (mengaktifkan skemata yang relevan), pengukuran (menentukan kesulitan atau kedalaman proses yang diperlukan), dan estimasi (memprediksi kebutuhan proses informasi dari tugas).
2.Strategi atttending meliputi pendekatan, pencarian (menghubungkan informasi yang disajikan dengan ingatan), pengkontrasan (membandingkan informasi yang disajikan dengan ingatan), dan validasi (konfirmasi informasi yang disajikan dengan pengetahuan yang sudah ada).
3.Strategi encoding meliputi elaborasi (mencoba mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang telah ada) dan menghubungkan secara kualitatif (mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang telah ada secara lebih dalam).
4.Strategi review meliputi konfirmasi (pengggunaan informasi baru) pengulangan (mempraktekkan recall), dan perbaikan (revise).
5.Strategi evaluasi mencakup pengujian (menentukan konsistensi materi baru), dan penilaian (penilaian informasi).

Dengan adanya langkah-langkah tersebut kita bisa menggabungkan metode ceramah dengan metode lainnya.Sehingga suatu pembelajaran tersebut berjalan dengan efektif dan efisien.

Metode yang akan yang akan saya pakai yaitu membuat suatu model pembelajaran kelompok.
membuat beberapa unsur penting dalam pembelajaran kelompok itu,
-Adanya peserta dalam kelompok
-Adanya aturan kelompok
-Adanya tujuan di mana untuk memberikan arah perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.

Adapun tujuan membuat atau menciptakan pembelajaran kelompok yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa,dapat meningkatkan kemampuan hubungan sosial dll.

Prosedur pembelajaran kelompok yaitu;
-Berupa penjelasan materi yang di artikan sebagai proses penyampaian pokok pokok materi sebelum siswa dalam kelompok.
-Belajar dalam kelompok,suatu tim di dorong untuk melakukan tukar menukar informasi yang di dapat lalu mendiskusikan permasalahan secara bersama.
-Penilaian bisa dilakukan dengan tes atau kuis.
-Pengakuan tim,memberi penghargaan atau hadiah kepada tim yang paling menonjol dan berprestasi.

Nama:Sulastri Arianti
Npm :09 22 202
kls :A33

Nama : Ketut Sumantra
NPM : 09 22 189
kelas : A.3.3

Saya sebagai Coordinator bagian pengembangan sebelumnya akan lebih dulu mempelajari mata kuliah yang diusulkan oleh salah satu staff itu, meskipun telah diuji dari beberapa penelitian yang menunjukan terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu , saya juga harus mempelajari kembali dan kemudian merancang bagaimana cara menyampaikan mata kuliah tersebut dengan memilih beberapa metode - metode pembelajaran yang dapat saya gunakan dalam guna mengafektipkan kegiatan pembelajaran tersebut. selain menggunakan metode ceramah saya juga akan menambahkan metode - metode pembelajaran lainnya yang mampu mendukung dalam proses penyampain materi dari mata kuliah tersebut, seperti metode tanya jawab atau mmetode - metode lainnya agar keafektifan dalam pembelajara lebih terlihat sehinnga tidak menimbulkan rasa bosan bagi peserta yang diajar sehingga tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.

Langkah yang saya lakukan pertama kali yaitu dengan mempelajari dan memahami bahan kajian dari hasil penelitian yang ditunjukkan. Setelah itu mengatur strategi bagaimana cara merumuskan permasalahan yang akan dihadapi, dengan memilih metode apa yang akan digunakan. Dalam penulisan laporan teknik, selain metode ceramah bisa pula menggabungkan metode-metode lain. Misal dengan metode diskusi, tanya jawab, dan observasi. Dalam diskusi, mahasiswa dapat mengetahui materi apa yang disampaikan, setelah itu, melakukan tanya jawab, kemudian langkah observasi pun dilakukan. Apabila sekiranya sudah benar, perlu peninjauan kembali agar metode yang hendak digunakan dapat sesuai dengan rencana. Dan cara terakhir yaitu dengan memilih media apa yang akan dipakai agar mata kuliah itu nantinya dapat berjalan dengan baik.

Nama : Eka Rahayu Handayani
NPM : 09 22 149
Kelas : A.3.3

sebagai seorang koordinator hal pertama yang akan saya lakukan,
-melihat kondisi dan tempat, kemudian melakukan observasi.
-menggunakan metode pembelajaran yang berfariasi. misalnya, menggunakan taman atau lapangan sebagai tempat belajar sehingga membuat peserta didik mersa tidak bosan dengan cara kita belajar


setelah melakukan penelitian kita dapat merancang metode pembelajaran sebagai koordinator dengan langkah-langkah sebagai berikut:
-menentukan tujuan
-mengambil langkah-langkah kerja yang melibatkan mahasiswa atau orang-orang yang ada di dalamnya
-membagi tim menjadi beberapa kelompok
-mencari bahan yang akan di bahas
-persentasi dan tanya jawab.

Nama : Santi Martini
Npm : 09 22 187
Kelas : A.3.3

Apabila saya menjadi coordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian, serta penulisan dan laporan teknik dan dokumen lainya, langkah yang akan saya lakukan yaitu mengembangkan metode ceramah tersebut dengan mengabungkan dengan metode-metode lainya yang sekiranya siswa dapat mudah memahami dan mengerti, dan saya akan lebih mengulas kembali dengan memperhatikan kelebihan dan kelemahan dengan metode ceramah itu sendiri.cara saya sendiri untuk menyampaikan metode ceramah tersebut yaitu dengan cara
- memberikan informasi atau materi tentang tujuan mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus serta serta penulisan laporan teknik yang di selingi adanya tanya jawab antara guru dan siswa supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
-menyampaikan/memberikan motivasi kepada siswa supaya lebih giat belajar.
-mengulang/memperjelas materi belajar yang telah disampaikan tujuanya supaya siswa lebih mengerti.

Nama : Suprapti
Npm : 09 22 209
Kelas: A 3.3

jika saya menjadi seorang pengembang pengajaran pada mata kuliah penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus serta penulisan teknik lainya, dalam pengembangan mata kuliah ini adapn teori yang akan di gunakan adalah ceramah atau diskusi dan praktek, karena apa dalam diskusi peserta didik dapat melakukan interaksi dan penukaran informasi antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru mengenai hal tersebut.
sedangkan dengan metode praktek ini siswa akan dapat mudah untuk memahami dan mengerti tentang apa yang mereka pelajari, karena mereka mengalami langsung apa yang mereka pelajari.
misalnya, dalam penulisan laporan,
jika hanya dijelaskan saja maka pengalaman siswa dalam membuat laporan tidak ada,karena mereka belum pernah membuat laporan itu sebelumnya .
dan yang terpenting dalam pembelajaran itu bagai mana membuat siswa itu agar mudah untuk memahami dan mengerti tentang apa yang di ajarkan.

Nama : Andri Lala Buana
Npm : 09 22 166
Kelas : A.3.3

Jika saya dipilih sebagai coordinator dalam MK tersebut langkah yang akan saya lakukan agar tujuan pengajaran tersebut tercapai, maka perlu mengetahui, mempelajari beberapa metode mengajar, serta dipraktekkan pada saat mengajar. salah satu metode yang biasa digunakan adalah metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif sehingga siswa terkadang menjadi bosan. Dengan itu tugas saya sebagai pengajar mata kuliah tersebut langkah yang akan saya lakukan agar lebih mendukung lagi dalam proses pembelajaran ialah :
- Dengan merumuskan tujaun pembelajaran secara tersistem, agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan
-Menggunakan metode diskusi ataupun tanya jawab agar suasana belajar menjadi lebih hidup ( tidak pasif.
-Menggunakan media pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan unsur & prinsip pemilihan media.
-Dengan memperhatikan psikologis siswa.
-Evaluasi, untuk mengetahui sebatas mana siswa memahami materi yang telah diberikan.
Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif & efisien.

Nama : Rita Jiarti
Kelas: A 3.3
NPM : 09 22 208

Nama :Parima wati
kls :A.3.3
NPM :09 22 206

Jika saya di pilih sebagai koordinator langkah yang akan saya lakukan Dalam melaksanakan perancangan mata kuliah tersebut, saya memerlukan pemikiran secara sistemik dan sistematis yang didasarkan pada berbagai teori, baik dari teori pembelajaran maupun teori lain yang berkaitan (komunikasi, psikologi dll). Rancangan pembelajaran yang lebih rasional, penyajian pembelajaran yang lebih menarik, efektif dan efisien, serta pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang lebih obyektif, adil, terbuka, dan proses pembelajaran yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran mampu lebih menumbuhkan ketertarikan mereka pada hal baru yang dipelajarinya.
Alasan Saya menggunakan metode-metode ini, karena setiap peserta didik memiliki pola pikirnya yang berbeda-beda sehingga harus ada metode yang beragam, tetapi harus disesuaikan dengan peserta didiknya, agar pelaksanaan PBM dapat tercipta kondisi yang efektif dan efisien. Namun lebih ditekankan kepada metode diskusi karena metode ini sangat penting dikembangkan untuk memecahkan masalah dengan bertukar pendapat mengenai permasalahan sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.

jika saya sebagai coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi yang akan saya lakukan yaitu merancang mata kuliah tersebut. sebelum saya merancang mata kuliah yang telah di usulkan terlebih dahulu yang akan saya lakukan yaitu :
Mempelajari dan memahami terlebih dahulu hasil penelitian yang di berikan,Merumuskan tujuan apa yang ingin di capai,Menyusun materi yang ingin di sampaikan,Memilih dan Menentukan metode
memilih media,menentukan strategi.
Untuk pemilihan dan penentuan metode harus disesuaikan dengan tujuan yang telah di rumuskan.sedangkan kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media diuraikan sebagai berikut.
1) Tujuan
2) Sasaran didik
3) Karateristik media yang bersangkutan
4) Waktu
5) Biaya
6) Ketersediaan
7) Konteks penggunaan
8) MutuTeknis

tujuanya yaitu agar mampu menggabungkan metode ceramah dengan metode lainya agar sebuah rancangan mata kuliah yang saya buat dapat di terima oleh siswa dan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Nama : Imroatun Khasanah
Npm : 0922148
Kelas : A.3.3

Nama : Aprilia Pajriani
NPM : 09 22 147
Kelas : A.3.3


menurut saya, kalau saya dipilih menjadi koordinator mata kuliah tersebut, maka saya akan menggunakan beberapa metode, tidak hanya menggunakan metode ceramah saja, karena dengan menggunakan beberapa metode, agar peserta didik bisa lebih mengerti dan memahami pelajaran tersebut.

misalnya saja dengan menggunakan metode praktek. dengan menggunakan metode praktek ini, sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami dan mengerti materi yang disampaikan pengajar.tetapi tidak hanya menggunakan metode praktek ini saja,bisa diselingi dengan tanya jawab dan diskusi.

sebelumnya saya akan :
-mempelajari dan memahami terlebih dahulu hasil penelitian yang diberikan.
-merumuskan tujuan apa yang ingin disampaikan.
-menyusun materi yang ingin disampaikan.
-memilih dan menentukan metode.

Nama : Jalesmar Prandono
NPM : 09 22 164
Kelas : A.3.3

menurut saya, saya akan memulainya dari :
a. menerima dan mempelajari mata kuliah yang diajukan.
b. mengumpulkan data dan memonitoring mata kuliah tersebut sesuai tidak dengan kebutuhan.
c. evaluasi : dari hasil monitoring kita dapat menyimpulkan sesuai tidaknya mata kuliah tersebut dengan tujuan pendidikan nasional, kurikulum yang berlaku sebelum diterapkan lebih lanjut.
d. rancangan mata kuliah disesuaikan dengan kemampuan peserta didik untuk ituk metode pembelajaran kita susun sesuai dengan kreatifitas pendidik seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, praktikum dll.dengan disesuaikan kurikulum (silabus & RPP)

Nama Feri Andeska
Kelas A.3.3
NPM 0922 230

jika saya seorang coordinator dalam merancang mata kulih baru langkah yang akan saya lakukan adalah, tahap pertama yaitu saya akan mengulas kembali hsil penelitian yang di berikan, lalu menentukan tujuan yang akan di capai dalam mata kulih tersebut, kemudian merumuskan materi,
Langkah pertama yang akan saya kerjakan adalah kita harus bisa merubah metode ceramah itu dengan metode yang lain dari yang biasanya. karena metode ceramah sudah sering kali di gunakan dalam pembelajaran dan kita juga harus mengetahui karakteristik para siswa dan siswi tersebut, agar kita mudah menyampaikan materi yang akan kita berikan dengan metode yang akan kita sampaikan tersebut ( tingkat pengetahuan siswa, bahasa siswa, jumlah siswa yang belajar ).
Dengan kita memperhatikan karakteristik siswa tersebut kita dapat mudah mengunkan strategi-strategi kognitif dalam proses belajar mengajar berlangsung. karena strategi-strategi kognitif dapat merangsang atau menimbulkan minat siswa dalam proses belajar mengajar dan memudahkannya dalam memahani suatu materi.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites