Wednesday, November 10, 2010

Stategi Pembelajaran B.3.8

Situasi:

Anda coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, salah satu staff pengajar mengusulkan sebuah mata kuliah baru mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya. Ia menunjukkan kepada anda beberapa hasil penelitian yang dilakukan di beberapa perusahaan industry dalam masyarakat. Ternyata terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
Anda bermaksud merancang mata kuliah tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas a nda??

51 komentar:

ASALAMMUALAIKUM
jika saya menjadi cordinator di sbuah perguruan tinggi,mungkin saya akan menerapkan metode dan pengajaran baru,karna kita hidup di dunia pasti akan belajar,belajar,dan terus belajar,dan bukan hal yang gug mungkin jika kita ingin menemukan hal yang baru,
apalagi jika kita telah mengkaji scara teliti,setikdanya kita pasti bisa menilai hasil dari usaha kita tsb,.
selanjutnya yang pasti akan saya lakukan,saya akan mencoba menerapkannya,sebesar apapun resikonya,karna kita telah mengetahui smu tindakan pasti akan ada resikonya.
TERIMAKASIH

Heridadi AK
(Heribatra.blogspot.com)

Jika saya menjadi seorang coordinator.
Dalam melaksanakan perancangan mata kuliah tersebut, saya memerlukan pemikiran secara sistemik dan sistematis yang didasarkan pada berbagai teori, baik dari teori pembelajaran maupun teori lain yang berkaitan (komunikasi, psikologi dll). Rancangan pembelajaran yang lebih rasional, penyajian pembelajaran yang lebih menarik, efektif dan efisien, serta pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang lebih obyektif, adil, terbuka, dan proses pembelajaran yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran mampu lebih menumbuhkan ketertarikan mereka pada hal baru yang dipelajarinya.

Resi Yolanda A.3.2
Jika saya menjadi coordinator. Strategi pembelajaran yang akan saya terapkan yaitu dengan cara diskusi sebab dengan diskusi, problem dapat diselesaikan dengan bersama dan dengan metode diskusi permasalahan sebesar apapun dapat diselesaikan. metode diskusi ini mampun merangsang kreativitas dalam bentuk berbagai ide, gagasan dan terobosan serta dapat memperluas wawasan dalam segi pengetahuan.
Jika metode diskusi telah berjalan dengan baik, metode selanjutnya yang akan saya gunakan yakni metode latihan, metode ini bertujuan untuk memperoleh ketangsan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan.
Jika kedua metode ini sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan mudah-mudah mata kuliah ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
TERIMA KASIH

This comment has been removed by the author.

ASSALAMMUALAIKUM
jika saya menjadi cordinator.
pertama : mengumpulkan bahan2 lain (walaupun sudah ada penelitian dari be2rapa perusahaan, tapi saya akan mencoba menyari bahan2 seberapa pentingnya mata kuliah ini untuk target yang dimaksud).

kedua : terus jika bahannya sudah dapet, menyakinkan mahasiswa jika pengorganisasian itu penting lalu adakan aplikasi langsung, maksudnya praktek,karena kan biasanya praktek itu akan melengkapi pengetahuan dari teori.

target saya : karyawan yang mengikut sertakan proses pembelajaran yang saya ajarkan dapat diterima dan di pahami dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi karyawan2 tersebut.
TERIMAKASIH
WASSALAMMUALAIKUM

Di Perguruan Tinggi mahasiswa dituntut untuk aktif dan mandiri, dimana materi yang didapatnya tidak hanya sebatas apa yang diterima pada saat perkuliahan saja, namun juga mahasiswa dituntut untuk dapat mencarinya/melengkapinya sendiri di luar perkuliahan. Sebagai koordinator bagian pengembangan pengajaran di sebuah perguruan tinggi untuk merancang matakuliah, langkah awal adalah mempelajari serta memahami materi yang terdapat dalam mata kuliah baru itu serta mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dalam pelaksanaan pembelajarannya dan langkah kedua Saya akan mencoba mencari metode baru, gaya belajar dan strategi belajar yang tepat dan cocok untuk diterapkan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, apalagi setiap peserta didik, didominasi oleh karyawan yang sudah memiliki banyak pengetahuan. Hal ini dilakukan, agar dapat menarik perhatian, karna mengingat perannya yang sangat penting dalam pencapaian hasil belajar. Kemudian Langkah selanjutnya yaitu melakukan evaluasi (penilaian) dari pembelajaran.
Apabila menerapkan metode yang sudah ada seperti metode ceramah. Saya akan membuat metode ceramah dengan kombinasi metode yang bervariasi. Ceramah yang cenderung interaktif, melibatkan peserta didik melalui adanya tanggapan balik atau perbandingan dengan pendapat dan pengalaman peserta serta menggunakan media pendukung. Agar PBM dapat menyenangkan dan tidak terjadi kebosanan tetapi juga disesuaikan dengan lingkungan peserta didik. Berbagai metode yang dapat di terapkan, seperti; Metode Ceramah Bervariasi, Metode Diskusi, Metode Demontrasi, Metode Inkuiri,, Metode Tutorial, dan Metode Problem Solving.
Alasan Saya menggunakan metode-metode ini, karena setiap peserta didik memiliki pola pikirnya yang berbeda-beda sehingga harus ada metode yang beragam, tetapi harus disesuaikan dengan peserta didiknya, agar pelaksanaan PBM dapat tercipta kondisi yang efektif dan efisien. Namun lebih ditekankan kepada metode diskusi karena metode ini sangat penting dikembangkan untuk memecahkan masalah dengan bertukar pendapat mengenai permasalahan sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.
Penggunaan media pengajaran juga diperlukan dalam pembelajaran. Seorang dosen terlebih dahulu harus mengenal/memahami karakter mahasiswanya dengan baik agar dalam PBM dapat memilih media yang baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian dalam belajar. Jadi, unsur efektif merupakan faktor yang menentukan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan media pengajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi PBM serta dapat mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Pastinya pendidik dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Media sebagai pendukung PBM seperti transparansi yang ditayangkan dengan OHP, bahan presentasi yang ditayangkan dengan LCD. Namun, prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran merujuk pada pertimbangan seorang pendidik dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran untuk digunakan atau dimanfaatkan dalam PBM. Hal ini disebabkan adanya beraneka ragam media yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam PBM.
Strategi kognitif juga dibutuhkan dilingkungan perkuliahan karena mencerminkan bagaimana peserta didik belajar mengingat dan berpikir serta bagaimana memotivasi diri mereka sendiri. Jelas, kalau strategi kognitif itu sangat penting bagi siapapun untuk mencapai kompetensi yang baik. Adapun
Semoga metode-metode, penggunaan media pengajaran, maupun strategi kognitif ini sesuai dengan yang diharapkan, juga mudah-mudah mata kuliah ini dapat berhasil diwujudkan serta sesuai dengan yang diharapkan.
NAMA : RAYU. APRIANI
NPM : 09 22 092
KELAS : A. 3. 2

ASALAMMUALAIKUM Wr.Wb
Jika saya menjadi coordinator
saya akan memahami dan mempelajari nya terlebih dahulu seberapa besar dan penting mata pelajaran penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus tersebut
sehingga saya tahu ada kah mamfaat ny bagi karyawan saya
strusnya langkah yang akan saya lakukan adalah menganti sedikit metedonya sehingga lebih mudah di terima dan di mengerti oleh karyawan
sehingga penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.
TERIMAKASIH
WASSALAMMUALAIKUM
Nama : Viosandhy RRP
NPM : 09 22 34
Kls : B.3.8

assalammualaikum,wr.wb.
Apabila saya menjadi coordinator di salah satu universitas perguruan tinggi, saya akan Menentukan apakah pelajaran penulisan teknik tersebut ini berguna dan bermanfaat atau tidak untuk diajarkan/diterapkan.
Menentukan apakah tujuan pembelajaran tersebut lebih bersifat kognitif, afektif atau psikomotor.
Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai, dengan mempertimbangkan kriteria lain seperti kebijakan, fasilitas yang tersedia,serta kemampuan.
Mereview kembali pelajaran penulisan teknik yang telah dipilih, apakah sudah tepat atau masih terdapat kelemahan, atau masih ada alternatif jenis pelajaran yang lain yang lebih berguna dan bermanfaat.
Merencanakan, mengembangkan dan memproduksi media yang akan digunakan.
Pendekatan lain yang dapat digunakan dalam memilih pelajaran adalah pendekatan secara matrik. Matrik ini memberikan petunjuk yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih media yang sesuai dengan jenis tujuan pembelajaran tertentu.
setelah itu apabila telah selesai dan telah sesuai untuk diterapkan barulah saya akan mencoba untuk menerapkannya.
wassalam,wr.wb

nama : maria fransiska
npm : 09 22 176
kelas : b.3.8

aslm.wr.wb
menurut saya jika mnjadi cordinator disebuah perguruan tinggi, mungkin saya akan menerapkan suatu metode pembelajaran secara diskusi, dimana didalam berdiskusi kita bisa memecahkan suatu masalah didalam brsama,

ASSLM.jika saya menjadi cordinator di perguruan tinggi,apabila ada pembelajaran yang baru masuk,maka seorang guru atau dosen hendaklah mempelajarinya terlebih dahulu,apa tujuan mata pelajaran tersebut.dan di dalam pengajaran harus di lakukan prakteknya juga.karna dengan praktek,siswa akan jauh lebih mengerti di banding teori.dan yang penting saya akan mencoba untuk menerapkan hal yang baru tesebut,apapun resikonya akan aku coba menjalaninya,karna di setiap apapun yang kita lakukan pasti ada resikonya,dan di balik resiko itu pasti ada hikmah yang lebih besar.
NAMA:EVA NENGLIA
kls :b.3.8
npm :0922 215

ASSALAMMUALAIKUM WR WB
Jika saya menjadi coordinator bagian pengembanagan disebuah perguruan tinggi. hal perttama yang akan saya lakukan yaitu membuat respon yng membangkitkan jiwa peserta didik agar tertarik dengan mata kuliah tersebut. kemudian membuat kondisi yang menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dengan mengunakan metode yang bervariasi sebagai contah pengiriman coment melalui internat membuat peserta didik merasa tertarik.bisa juga membuat model model pembelajaran yang media sebagai pengaruh utama. dalam membuat model tersbut

TERIMA KASIH
ALI MASDUKI
B.3.8
09 22 398

ASALAMUALAIKUM WR.WB

jika saya menjadi cordinator di sebuah perguruaan tinggi maka saya akan menerapkan metode yang mudah di pahami, yang di dasari dengan teori, baik materi pembelajaran maupun teori lainya.

pertama : metode tanya jawab dimana siswa di tuntut aktif dalam sebuah interaksi belajar, baik latihan, menyimak, membaca, dan menulis pada murid tersebut.
metode menghapal : yaitu dengan cara menghapal dengan kata-kata, sehingga mudah di ingat oleh sswa tersebut.
Jika semua metode ini sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan mudah-mudah mata kuliah ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
TERIMA KASIH

nama : zaki yuhandes
kelas : B.3.8
NPM : 09 22 407

ASALAMMUALAIKUM
jika saya menjadi cordinator di sbuah perguruan tinggi,mungkin saya akan menerapkan metode dan pengajaran baru,karna kita hidup di dunia pasti akan belajar,belajar,dan terus belajar,dan bukan hal yang gug mungkin jika kita ingin menemukan hal yang baru,
apalagi jika kita telah mengkaji scara teliti,setikdanya kita pasti bisa menilai hasil dari usaha kita tsb,.
selanjutnya yang pasti akan saya lakukan,saya akan mencoba menerapkannya,sebesar apapun resikonya,karna kita telah mengetahui smu tindakan pasti akan ada resikonya.
TERIMAKASIH

ASSALAMUALAIKUM
Menurut saya,jika saya menjadi cordinator di sebuah perguran tinggi saya akan menerapkan pelajaran penulisan teknik yang di sertai dengan praktek,karena dengan praktek maka siswa akan jauh lebih mengerti di banding teori.
selajutnya langkah yang akan saya lakukan adalah menganti sedikit metedonya sehingga lebih mudah di terima dan di mengerti oleh karyawan
sehingga penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus ini dapat berjalan dengan baik dan bisa dimengerti oleh semua orang.
NAMA:PEBRIANTI
NPM :0922041.P
KLS :B.3.8

ASALAMMUALAIKUM
Jika saya menjadi seorang coordinator.
Dalam melaksanakan perancangan mata kuliah tersebut, saya memerlukan pemikiran secara sistemik dan sistematis yang didasarkan pada berbagai teori, baik dari teori pembelajaran maupun teori lain yang berkaitan (komunikasi, psikologi dll). Rancangan pembelajaran yang lebih rasional, penyajian pembelajaran yang lebih menarik, efektif dan efisien, serta pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang lebih obyektif, adil, terbuka, dan proses pembelajaran yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran mampu lebih menumbuhkan ketertarikan mereka pada hal baru yang dipelajarinya.
Alasan Saya menggunakan metode-metode ini, karena setiap peserta didik memiliki pola pikirnya yang berbeda-beda sehingga harus ada metode yang beragam, tetapi harus disesuaikan dengan peserta didiknya, agar pelaksanaan PBM dapat tercipta kondisi yang efektif dan efisien. Namun lebih ditekankan kepada metode diskusi karena metode ini sangat penting dikembangkan untuk memecahkan masalah dengan bertukar pendapat mengenai permasalahan sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.
NAMA : ARIF SETIAWAN
NPM : 09 22 263
KELAS : B.3.8

ASSALAMMUALAIKUM
JIKA SAYA Sebagai koordinator bagian pengembangan pengajaran di sebuah perguruan tinggi untuk merancang matakuliah, langkah awal adalah mempelajari serta memahami materi yang terdapat dalam mata kuliah baru itu serta mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dalam pelaksanaan pembelajarannya dan langkah kedua Saya akan mencoba mencari metode baru, gaya belajar dan strategi belajar yang tepat dan cocok untuk diterapkan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, apalagi setiap peserta didik, didominasi oleh karyawan yang sudah memiliki banyak pengetahuan. Hal ini dilakukan, agar dapat menarik perhatian, karna mengingat perannya yang sangat penting dalam pencapaian hasil belajar. Kemudian Langkah selanjutnya yaitu melakukan evaluasi (penilaian) dari pembelajaran.
Apabila menerapkan metode yang sudah ada seperti metode ceramah. Saya akan membuat metode ceramah dengan kombinasi metode yang bervariasi
NAMA : DODI NOVRIANSYAH
NPM : 09 22 194
KELAS : B.3.8

ASALAMMUALAIKUM
jika sya menjadi menerapkan metode yang sudah ada seperti metode ceramah. Saya akan membuat metode ceramah dengan kombinasi metode yang bervariasi. Ceramah yang cenderung interaktif, melibatkan peserta didik melalui adanya tanggapan balik atau perbandingan dengan pendapat dan pengalaman peserta serta menggunakan media pendukung. Agar PBM dapat menyenangkan dan tidak terjadi kebosanan tetapi juga disesuaikan dengan lingkungan peserta didik. Berbagai metode yang dapat di terapkan, seperti; Metode Ceramah Bervariasi, Metode Diskusi, Metode Demontrasi, Metode Inkuiri,, Metode Tutorial, dan Metode Problem Solving.
Alasan Saya menggunakan metode-metode ini, karena setiap peserta didik memiliki pola pikirnya yang berbeda-beda sehingga harus ada metode yang beragam, tetapi harus disesuaikan dengan peserta didiknya, agar pelaksanaan PBM dapat tercipta kondisi yang efektif dan efisien. Namun lebih ditekankan kepada metode diskusi karena metode ini sangat penting dikembangkan untuk memecahkan masalah dengan bertukar pendapat mengenai permasalahan sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.
Penggunaan media pengajaran juga diperlukan dalam pembelajaran. Seorang dosen terlebih dahulu harus mengenal/memahami karakter mahasiswanya dengan baik agar dalam PBM dapat memilih media yang baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian dalam belajar. Jadi, unsur efektif merupakan faktor yang menentukan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan media pengajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi PBM serta dapat mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Pastinya pendidik dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Media sebagai pendukung PBM seperti transparansi yang ditayangkan dengan OHP, bahan presentasi yang ditayangkan dengan LCD. Namun, prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran merujuk pada pertimbangan seorang pendidik dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran untuk digunakan atau dimanfaatkan dalam PBM. Hal ini disebabkan adanya beraneka ragam media yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam PBM.
Strategi kognitif juga dibutuhkan dilingkungan perkuliahan karena mencerminkan bagaimana peserta didik belajar mengingat dan berpikir serta bagaimana memotivasi diri mereka sendiri. Jelas, kalau strategi kognitif itu sangat penting bagi siapapun untuk mencapai kompetensi yang baik.
NAMA : DADANG SAPUTRA
KELAS : B.3.8
NPM : 09 22 191

assalammualaikum,wr.wb.

Apabila saya menjadi coordinator di salah satu perguruan tinggi,mungkin saya menerapkan metode diskusi dan metode tanya jawab karena dengan diskusi masalah pelajran dapat dipecahkan secara bersama-sama dan jika ada mahasiswa yang kurang mengerti maka kita gunakan metode tanya jawab.
dan untuk Mereview/mengulang kembali pelajaran yang telah lalu maka kita harus menjelaskan secara singkat agar pelajaran yang telah lalu tidak lupa begitu saja.dan untuk selajutnya saya akan Menentukan apakah tujuan pembelajaran tersebut lebih bersifat kognitif, afektif atau psikomotor.
Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai, dengan mempertimbangkan kriteria lain seperti kebijakan, fasilitas yang tersedia,serta kemampuan mahasiswa saya.
nama :ELPIKA
kelas : B.3.8
NPM : 09 22 248.

aslm.wr.wb
jika saya mnjadi cordinator disebuah prguruan tinggi, saya akan mnerapkan metode pembelajaran eksperimen,dimana Penggunaan metode ini mempunyai tujuan agar kita mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapi dengan mengadakan percobaan sendiri. Juga kita dapat terlatih dalam cara berfikir yang ilmiah. Dengan eksperimn kita menemukan bukti kebenaran dari teori sesuatu yang sedang dipelajari.Penerapan pembelajaran dengan metode eksperimen akan membantu kita untuk memahami konsep. Pemahaman konsep dapat diketahui apabila kita mampu mengutarakan secara lisan, tulisan, maupun aplikasi dalam kehidupan. Dengan kata lain , kita memiliki kemampuan untuk menjelaskan, menyebutkan, memberikan contoh, dan menerapkan konsep terkait dengan pokok bahasan .
nama: rini oktavia
nmp :09 22 289
kelas: b.3.8

asalamualikum....
jika saya menjadi cordinator, saya akan mempelajari dan menganalisis kembali hasil penelitian tersebut, jika mata kuliah tersebut cukup penting dan memberikan manfaat yang di butuhkan oleh para peserta didik, saya akan menyatujui adanya mata kuliah tersebut, dan menentukan media dan metode apa yang sesuai, misal nya metode diskusi dan tanya jawab agar peserta didik lebih aktif dalam belajar, serta memberikan metode demonstrasi agar materi yang di sampaikan cepat di mengerti oleh peserta didik.


nama : octha riska.s.
kelas: B.3.8
NPM : 09 22 410

assalammualaikum
jika saya menjadi koordinator hal terlebih dulu saya lakukan adalah memahami dan mempelajari tentang mata kuliah tersebut secara efektif dan efisien supaya dapat ditemukkan seberapa besarkah fungsi atau manfaat dari menerapkan mata kuliah penulisan tehnik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran kusus tersebut bagi karryawan-karyawan itu.
dan untuk selanjutnya saya akan mengganti metode dalam pengajarannya supaya lebih mudah untuk di pahami oleh mahasiiswa di perguruan tinggi tersebut dan sya selaku koordinator bertujuan dan mengharapkan supaya halini dapat berjalan lancar dan sukses dan bisa bermanfaat banyak bagi karyawan dan mahasiswa untuk masa yang akan datang.
trimakasih

nama: yuni zulvarianti utami
kelas: B.3.8
npm: 09 22 450

assalamu'alaikum
jika saya menjadi coordinator pengembangan pengajaran di salah satu pergurusn tinggi, yang akan saya lakukan adalah mengidentifikasi seberapa penting mata kuliah ini untuk diterapkan, kemudian saya kan mecari tahu metode apa yang tepat digunakan selain metode ceramah, selanjutnya mengevaluasi dari hasil pembelajaran tersebut.kemudian
saya akan merancang mata kuliah tersebut dengan metode demonstrasi,diskusi, problem solving dan yang lainnya serta menggunakan berbagai media agar pbm tidak membosankan dan monoton.selain itu menciptakan situasi kelas yang komunikatif agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan.
NAMA: UPIK
NPM : 09 22 139
KELAS : B.3.8

asalamualaikum wr. wb

seandainya saya menjadi coordinator di sebuah perguruan tinggi, saya akan menggunakan metode diskusi dan metode tanya jawab. dengan menggunakan metode tersebut kita dapat mencirikan suatu topik atau pokok pernyataan atau problem dimana para peserta diskusi dengan jujur berusaha untuk mencapai atau memperoleh suatu keputusan atau pendapat yang disepakati bersama. dan dengan metode tanya jawab kita dapat mencakup pertanyaan pertanyaan dan penyumbang ide-ide dari pihak diskusi.

terimakasi...

NAMA : TUTI HARIANI
NPM : 09 22 199
KELAS: B.3.8

ASALAMMUALAIKUM Wr.Wb
Jika saya menjadi seorang coordinator di sebuah perguruan tinggi, saya akan menerapkan metode berpariasi dan pengajaran baru serta saya memikirkan secara sistematis yang didasarkan pada teori pembelajaran yang bisa membuat siswa faham dan aktif. serta pelaksanaan proses pembelajaran yang lebih objectif, aktif dan pelajaran yang saya sampaikan dapat dipahami dengan baik agar mencapai suatu evaluasi yang bagus.
hal pembelajaran yang saya lakukan ialah:
pertama:saya akan membuat respon yang membangkitkan jiwa peserta didik agar tertarik dan semangat dengan mata kuliah tersebut.

kedua: dengan metode ceramah, dengan demikian siswa bisa mendengarkan, memahami dan mengambil kesimpulan dari materi yang sudah dijelaskan.

ketiga:metode diskusi, dengan metode ini siswa akan menjadi aktif dalam memecahkan suatu masalah dan akan menghasilkan jawaban/solusinya.

keempat:metode tanya jawab,dimana siswa di tuntut aktif dalam sebuah interaksi belajar, baik latihan, menyimak, membaca, dan menulis.selain itu,siswa yang belum faham sebaiknya menanyakan kepada guru tersebut.

kelima: metode praktek, karena dengan praktek maka siswa akan jauh lebih mengerti di bandingkan teori.

Alasan Saya menggunakan metode-metode ini, karena setiap peserta didik memiliki pola pikirnya yang berbeda-beda sehingga harus ada metode yang beragam, tetapi harus disesuaikan dengan peserta didiknya, agar pelaksanaan PBM dapat tercipta kondisi yang efektif dan efisien. Namun lebih ditekankan kepada metode diskusi karena metode ini sangat penting dikembangkan untuk memecahkan suatu masalah dengan bertukar pendapat mengenai permasalahan sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.

Jika semua metode ini sudah berjalan sesuai yang diharapkan insyaallah mata kuliah ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
TERIMA KASIH

NAMA : MERLIN FITRI
NPM : 09 22 184
KELAS : A. 3. 8

ASALAMMUALAIKUM Wr.Wb
Apabila saya menjadi coordinator di salah satu universitas perguruan tinggi, saya akan Menentukan apakah pelajaran penulisan teknik tersebut ini berguna dan bermanfaat atau tidak untuk diajarkan/diterapkan.
Setekah itu mengumpulkan bahan2 lain,walaupun sudah ada penelitian dari be2rapa perusahaan, tapi saya akan mencoba menyari bahan2 seberapa pentingnya mata kuliah ini untuk target yang dimaksud
Apabila menerapkan metode yang sudah ada seperti metode ceramah. Saya akan membuat metode ceramah dengan kombinasi metode yang bervariasi. Ceramah yang cenderung interaktif, melibatkan peserta didik melalui adanya tanggapan balik atau perbandingan dengan pendapat dan pengalaman peserta serta menggunakan media pendukung. Agar PBM dapat menyenangkan dan tidak terjadi kebosanan tetapi juga disesuaikan dengan lingkungan peserta didik. Berbagai metode yang dapat di terapkan, seperti; Metode Ceramah Bervariasi, Metode Diskusi, Metode Demontrasi, Metode Inkuiri,, Metode Tutorial, dan Metode Problem Solving.
Alasan Saya menggunakan metode-metode ini, karena setiap peserta didik memiliki pola pikirnya yang berbeda-beda sehingga harus ada metode yang beragam, tetapi harus disesuaikan dengan peserta didiknya, agar pelaksanaan PBM dapat tercipta kondisi yang efektif dan efisien. Namun lebih ditekankan kepada metode diskusi karena metode ini sangat penting dikembangkan untuk memecahkan masalah dengan bertukar pendapat mengenai permasalahan sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.
TERIMAKASIH
WASSALAMMUALAIKUM
Nama : Marita Oktarina
NPM : 09 22 296
Kelas : B.3.8.

*ASSALAMUALAIKUM WR,WB*
Metode yang saya gunakan adalah
Metode ceramah,Tanya jawab, dan tugas,
Yang pertama kali saya lakukan adalah :
1. Mempersiapkan :
* menentukan materi apa yang harus di terapkan kepada peserta didik tersebut.dan menjelaskan apa isi materi itu terhadap peserta didik.

2. Melaksanakan :
* siswa diberikan kesempatan untuk cara menyajikan pelajaran
di dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab,terutama dari guru
yang akan
memberikan suatu
bahasan kepada siswa,tetapi dapat juga dari siswa
mempertanyakan
suatu bahasan kepada guru.
Dan siswa dapat diberi kesepatan untuk menyimpulkan hasil Tanya jawab tersebut.

3. PENILAIAN/EVALUASI : guru memberikan kesempatan untuk mengevaluasi
atau menilai dari materi awal sampai dengan materi akhir Sehingga peserta didik tersebut bisa memahami materi yang
Sudah dipelajari.

Nama ; Dedi Dores
Npm : 09 22 167
Kelas : B.3.8

ASALAMMUALAIKUM WR.WB
apa bila saya menjadi coordinator di salah satu perguruan tinggi,mungkin saya menerapkan metode diskusi dan metode tanya jawab karna dengan diskusi masalah pelajaran dapat di pecahkan bersama-sama dan jika mahasiswa yang kurang mengerti mangka kita gunakan metode tanya jawab.
jika semua metode ini sudah berjalan sesuai dengan yang di harapkan mudah-mudahan mata kuliah ini berhasil sesuai yang di harapkan.
WASALAM

NAMA;YCE RUSNAWATI
NPM;09 22 408

assalammualaikum wr wb

jika saya harus membuat suatu teknik pengajaran di mata kuliah khusus yang banyak diminati oleh karyawan-karyawan di perusahaan tersebut saya akan lebih banyak menerapkan metode pengajaran dengan praktek, presentasi,dan diselingi oleh metode ceramah.metode yang saya ambil dipertimbangkan oleh jam produktif karyawan itu sendiri,yang lebih banyak terpotong oleh jam kerja diperusahaan tersebut.

Langkah yang akan saya lakukan :
Pertama saya melakukan observasi mata kuliah yang dibutuhkan oleh karyawan perusahaan tersebut.kemudian saya menyiapkan materi-materi hasil dari observasi saya tadi.setelah materi lengkap saya membuat silabus dari materi-materi tadi.dan meminta persetujuan/acc kepada staf yang memberi usul.jika disetuji saya akan mempersiapkan presentasi materi kuliah pada karyawan-karyawan tersebut.
Demikianlah pendapat saya tentang startegi pembelajaran.
Terima kasih..

Jika saya menjadi coordinator. Strategi pembelajaran yang akan saya terapkan yaitu dengan cara mempelajari serta memahami materi yang terdapat dalam mata kuliah baru itu serta mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dalam pelaksanaan pembelajarannya,dengan itu Saya akan membuat metode ceramah dengan kombinasi metode yang beragam dan menyenangkan agar tidak terjadi kebosanan tetapi juga disesuaikan dengan lingkungan peserta didik
karena setiap peserta didik memiliki pola pikirnya yang berbeda-beda sehingga harus ada metode yang beragam,agar pelaksanaan PBM dapat tercipta kondisi yang efektif dan efisien karena hal tersebut mungkin dapat membangkitkan jiwa peserta didik agar tertarik dengan mata kuliah tersebut dan menciptakan situasi kelas yang komunikatif agar peserta didik dapat memahami materi-materi apasaja yang akan disampaikan.
jika metode ini sudah berjalan sesuai dengan yang di harapkan insya allah mata kuliah ini berhasil sesuai yang dengan yang di inginkan WASSALAM

Nama :Wendi Dwi Yansyah
Npm : 09 22 438
Kelas : B.3.8

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah :
1. Melihat kembali kelemahan dan kelebihan dari metode ceramah.maksudnya apakah metode ini cocok dan sesuai di terapkan pada mata kuliah ini.karna Dalam lingkungan pendidikan, kurang efesien diterapkan dalam belajar.
2. Merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK) serta menyusun urutan penyajian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah ditetapkan
3. Harus menyesuaikan dan memahami karakteristik para peserta didik dengan cara diskusi dan tanya jawab,karena dalam metode cermah banyak mengunaka tanya jawab untuk mengetahui kemampuan dari setiap peserta didik dan menyesuai kan kembali sistim pengajaran.
4. Mengevaluasi hasil pembelajaran,


NAMA : ROBY SAPUTRA
NPM : 09 22 161
KELAS: B.3.8

Assalamu'alaikum wr.wb
Jika saya menjadi cordinator, langkah pertama yang saya ambil memahami dan mempelajari dulu seberapa penting mata kuliah ini untuk diterapkan,kemudian saya akan menerapkan metode diskusi, belajar sendiri dan praktek. selanjutnya saya akan menilai apakah dengan metode tersebut tujuan pembelajaran bisa tercapai atau tidak. jika dengan metode diatas tujuan pembelajaran tidak tercapai, saya akan mempelajari metode lain yang sesui dengan mata kuliah tersebut.

RIDA YATI
09 22 154
B.3.8

jika saya menjadi cordinator.

pertama : mencari bahan yang cocok meskipun pernah di tinjau ulang kembali oleh prusahaan.dan saya akan meng garis besarkan bahwa bahan ini memang penting.


kedua : melakukan analisis tentang bahan tersebut dengan penelitian langsung , sebab dengn praktek secara langsung dapat meningkatkan wawasan anak didik,

target saya: untuk dunia kerja ialah semua siswa yang saya ajar mampu berkembang dan memiliki kecerdasan yang siknifikan sehingga bermanfaat bagi dirinya dan orang lain,,,

jika saya menjadi cordinator.

pertama : mencari bahan yang cocok meskipun pernah di tinjau ulang kembali oleh prusahaan.dan saya akan meng garis besarkan bahwa bahan ini memang penting.


kedua : melakukan analisis tentang bahan tersebut dengan penelitian langsung , sebab dengn praktek secara langsung dapat meningkatkan wawasan anak didik,

target saya: untuk dunia kerja ialah semua siswa yang saya ajar mampu berkembang dan memiliki kecerdasan yang siknifikan sehingga bermanfaat bagi dirinya dan orang lain,,,


Nama : desi anova
Kls : B 3 8

Jika saya menjadi coordinator
pertama-tama saya memperhatikan terlebih dahulu metode pembelajaran,kemudian memilah metode pembelajaran tertentu yang akan saya gunakan selain metode ceramah.
metode tersebut saya sesuaikan dengan karakteristik siswa,sarana dan prasarana serta penggunaan medianya sehingga metode yg saya terapkan bisa lebih efisien.

metode yang saya pilih selain metode ceramah yaitu metode Inkuiri,yang mana lebih menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan,artinya siswa sebagai subjek belajar melalui proses tanya jawab antara guru dan siswa. sehingga siswa dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berfikir dengan dasar rasa ingin tahu mereka melalui pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban.

NAMA : NOPEYANSYAH
NPM : 09 22 162
KELAS : B.3.8

ASALAMMUALAIKUM WR.WB..
Jika saya menjadi seorang koordinator pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi hal pertama yang akan saya lakukan adalah menilai seberapa penting pengajaran itu untuk mahasiswa, serta menerapkan beberapa metode pembelajaran yang dapat meningkatkan sistem pembelajaran mahasiswa dan para staf pengajar, beberapa metode yang dapat di terapkan adalah metode ceramah & diskusi serta metode demonstrasi..
serta metode-metode lain yang dapat membuat sistem pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
TERIMAKASIH..
WASALAMMUALAIKUM WR.WB
NAMA : MIRNA ASTUTI
N.P.M : 09 22 288
KELAS : B.3.8

Assalammualaikum,wr.wb.
Apabila saya menjadi koordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, yang saya akan lakukan adalah meneliti seberapa perlunya mata kuliah tersebut diterapkan, setelah itu saya kan mecari tahu metode apa yang tepat dan mudah dimengerti untuk di digunakan selain metode ceramah.
Misal dengan menerapkan metode diskusi dan Tanya jawab, karena dengan menerapkan metode ini maka peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan nya secara bersama-sama,kemudian memberikan contoh kecil yang ada di sekitar lingkungan pesertadidik selain itu menciptakan situasi kelas yang komunikatif agar peserta didik dapat lebih mengerti tentang apa yang kita ajarkan.
Selanjutnya saya akan mengevaluasi dari hasil pembelajaran tersebut,apakah mata kuliah tersebut berhasil atau tidak.
TERIMAKASIH
Wasalamualaikum,wr.wb.
Nama : boby afriyansyah
Npm : 09 22 271
Kelas : B.3.8

ASALAMMUALAIKUM.WR.WB
Jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan disebuah perguruan tinggi. hal pertama yang akan saya lakukan yaitu membuat respon yang membangkitkan jiwa peserta didik agar tertarik dengan apa yang disampaikan.dan sistim penilaian yang diutamakan yang sesuai dengan hasil. kemudian membuat kondisi yang menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dengan mengunakan metode yang bervariasi sebagai contah pengiriman coment melalui internat,diskusi,ceramah dan sistim pembelajaran yang sederhana.dengan metode yang digunakan tersebut berfungsi agar peserta didik dapat engerti apa yang kita sampaikan dan membuat peserta didik merasa tertarik.
TERIMA KASIH

NAMA : IRANA MEI SOFIAH
NPM : 09 22 219
KELAS : B. 3. 8

ASALAMMUALAIKUM.WR.WB
Jika saya menjadi coordinator bagian pengembangan disebuah perguruan tinggi. hal pertama yang akan saya lakukan yaitu membuat respon yang membangkitkan jiwa peserta didik agar tertarik dengan apa yang disampaikan.dan sistim penilaian yang diutamakan yang sesuai dengan hasil. kemudian membuat kondisi yang menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dengan mengunakan metode yang bervariasi sebagai contah pengiriman coment melalui internat,diskusi,ceramah dan sistim pembelajaran yang sederhana.dengan metode yang digunakan tersebut berfungsi agar peserta didik dapat engerti apa yang kita sampaikan dan membuat peserta didik merasa tertarik.
TERIMA KASIH

NAMA : IRANA MEI SOFIAH
NPM : 09 22 219
KELAS : B. 3. 8

Asalamu’alaikum,,,,
Yang pertama saya lakukan kita harus memahami tentang tujuan dari pendidikan tersebut, standar kompetensi, dan kompetensi dasar.
Kemudian mampu menguasai dan memilih metode pembelajaran yang
tepat, sehingga menjadikan siswa aktif, kreatif, dan belajar dalam suasana senang, menurut saya metode yang tepat adalah metode yang di buat oleh guru itu sendiri karena guru lebih tau tentang karakteristik siswanya. Dalam arti setiap mata pelajaran itu menggunakan metode yang berbeda, agar tidak terjadi kebosanan dalam balajar. Contoh dalam pelajaran geografi itu ada materi tentang gempa bumi mungkin kita bisa menggunakan metode simulasi menggambarkan kejadian yang sebenarnya, kemudian pada pelajaran biologi itu ada tentang macam-macam akar mungkin lebih efektif menggunakan metode penelitian. Kemudian kita menentukan media yang akan di gunakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pemilihan media
(1) harus diketahui dengan jelas media itu dipilih untuk tujuan apa, (2) pemilihan media hams secara objektif, bukan semata-mata didasarkan atas kesenangan guru atau sekedar sebagai selingan atau hiburan. pemilihan media itu benar-benar didasarkan atas pertimbangan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa, (3) tidak ada satu pun media dipakai untuk mencapai semua tujuan. Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan. Untuk menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya dipilih secara tepat dengan melihat kelebihan media untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu, (4) pemilihan media hendaknya disesuaikan dengan metode mengajar dan materi pengajaran, mengingat media merupakan bagian yang integral dalam proses belajar mengajar, (5) untuk dapat memilih media dengan tepat, guru hendaknya mengenal ciri-ciri dan masing-masing media, dan (6) pemilihan media hendaknya disesuaikan dengan kondisi fisik lingkungan. Mungkin kita dapat menggunakan media yang sederhana contoh dalam pelajaran ips tentang penghafalan peta, kita bisa membuat dengan kardus bekas, mdh dicari, dan sangat ekonomis. Lalu kita jaga menggunakan strategi kognitif yang tujuanya dapat meningkatkan kemampuan berfikir atau penalaran peserta didik.
Nama : Agus Jumino
NPM : 09 22 163
Kelas : B.3.8

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran yang bermaksud merancang mata kuliah mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya hal yang saya lakukan untuk memulai tugas saya dengan metode cermah adalah :
Langkah – Langkahnya :
a. Menyampaikan fakta atau pendapat dimana tidak terdapat bahan bacaan yang merangkum fakta yang dimaksud. Sebagai contoh: di suatu kelas SMP, guru mengajarkan Sejarah terbentuknya candi Borobudur. Di perpustakaan sekolah tidak tersedia bukti yang menggambarkan sejarah candi tersebut. Maka tepatlah bila guru memberikan penjelasan dengan metode ceramah.
b. Mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
c. Membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
d. Membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

Nama : MELINDA ASTRALIA
NPM : 09 22 236
Kelas : B.3.8

Assalamu'alaikum wr.wb
Jika saya menjadi cordinator, langkah pertama yang saya ambil memahami dan mempelajari dulu seberapa penting mata kuliah ini untuk diterapkan,kemudian saya akan menerapkan metode diskusi, belajar sendiri dan praktek. selanjutnya saya akan menilai apakah dengan metode tersebut tujuan pembelajaran bisa tercapai atau tidak. jika dengan metode diatas tujuan pembelajaran tidak tercapai, saya akan mempelajari metode lain yang sesui dengan mata kuliah tersebut.

RIDA YATI
09 22 154
B.3.8

assalammualaikum,wr.wb.

Apabila saya menjadi coordinator di salah satu perguruan tinggi,mungkin saya menerapkan metode diskusi dan metode tanya jawab karena dengan diskusi masalah pelajran dapat dipecahkan secara bersama-sama dan jika ada mahasiswa yang kurang mengerti maka kita gunakan metode tanya jawab.
dan untuk Mereview/mengulang kembali pelajaran yang telah lalu maka kita harus menjelaskan secara singkat agar pelajaran yang telah lalu tidak lupa begitu saja.dan untuk selajutnya saya akan Menentukan apakah tujuan pembelajaran tersebut lebih bersifat kognitif, afektif atau psikomotor.
Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai, dengan mempertimbangkan kriteria lain seperti kebijakan, fasilitas yang tersedia,serta kemampuan mahasiswa saya.
nama :ELPIKA
kelas : B.3.8
NPM : 09 22 248.

ASSALAMUALAIKUM
Menurut saya,jika saya menjadi cordinator di sebuah perguran tinggi saya akan menerapkan pelajaran penulisan teknik yang di sertai dengan praktek,karena dengan praktek maka siswa akan jauh lebih mengerti di banding teori.
selajutnya langkah yang akan saya lakukan adalah menganti sedikit metedonya sehingga lebih mudah di terima dan di mengerti oleh karyawan
sehingga penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus ini dapat berjalan dengan baik dan bisa dimengerti oleh semua orang.
NAMA:PEBRIANTI
NPM :0922041.P
KLS :B.3.8

assalamu 'alaikum wr. wb.
jika saya menjadi coordinator disebuah perguruan tinggi,hal yang perlu dilakukan yaitu terlebih dahulu mencari tahu apakah mata kuliah tersebut bermanfaat untuk dijalankan,setelah itu menggunakan metode apa yang sesuai dengan mata kuliah tersebut (seperti metode diskusi,role playing,demonstrasi,problem solving dll),dan yang terakhir melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran.
nama: silvia okta riyana
npm: b.3.8

nama:yopi afrika
npm:0822050p
klas:b.3.8

jika saya menjadi coordinator disebuah perguruan tinggi, terlebih dahulu mencari tahu apakah mata kuliah tersebut bermanfaat untuk dijalankan,setelah itu menggunakan metode apa yang sesuai dengan mata kuliah tersebut (seperti metode diskusi,role playing,demonstrasi,problem solving dll),kemudian kita terapkan secara langsung,dan yang terakhir melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran.
mungkin sekian saja yang dapat saye sampakan..dakusah bayak2 jadilah

Edi

Assalamualaikum Wr Wb

Yang pertama-tama saya lakukan adalah mengevaluasi kembali apakah memang penting mata kuliah tersebut untuk di terapkan,barulah kemudian menerapkan metode pembelajaran selain metode ceramah.
metode yang akan saya gunakan adalah metode tanya jawab,dimana dengan metode ini antara pendidik dan peserta didik dapat berperan aktif tidak hanya dengan mendengarkan.dengan demikian pembelajaran akan menjadi efektif dan efisien.
Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr Wb

Nama : EDI IRAWAN
NPM : 09 22 388
Kelas : B.3.8

Edi

Assalamualaikum Wr Wb

Yang pertama-tama saya lakukan adalah mengevaluasi kembali apakah memang penting mata kuliah tersebut untuk di terapkan,barulah kemudian menerapkan metode pembelajaran selain metode ceramah.
metode yang akan saya gunakan adalah metode tanya jawab,dimana dengan metode ini antara pendidik dan peserta didik dapat berperan aktif tidak hanya dengan mendengarkan.dengan demikian pembelajaran akan menjadi efektif dan efisien.
Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr Wb

Nama : EDI IRAWAN
NPM : 09 22 388
Kelas : B.3.8

you love this? [URL=http://jacket-dresses.net/]moncler[/URL] at my estore zGoQgJqn [URL=http://jacket-dresses.net/ ] http://jacket-dresses.net/ [/URL]

get cheap CYrbKOvO [URL=]burberry trench[/URL] to your friends SUunTwGJ [URL= ] [/URL]

for RYmLNZLj [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/]cheap ugg boots sale[/URL] for less RCAULSKP [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ ] http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ [/URL]

I'm sure the best for you IHzqQnCn [URL=http://www.gucci-onlinestore.tumblr.com/]gucci outlet[/URL] to your friends IuWpHGat [URL=http://www.gucci-onlinestore.tumblr.com/ ] http://www.gucci-onlinestore.tumblr.com/ [/URL]

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites