Tuesday, November 9, 2010

Pengembangan Media Sederhana & Produksi Sablon A.5.1

Seorang ahli media kadang disebut juga perancang media, bahkan dalam proses pembuatan konsep harus dilandasi kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran. Aspek desain dan aspek komunikasi visual sering kali lebih dimaksimalkan , karena akan menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah karya. Mengapa anda perlu melakukan ini?

14 komentar:

menurut saya sebagai seorang calon pendidik terlebih dahulu saya akan lakukan pemahaman konsep dan metode-metode yang akan saya sampaikan kepada anak didik.dan saya akan sesuaikan dengan kemampuan yang ada pada peserta didik agar peserta didik dapat belajar dengan lebih mudah. untuk aspek desain dan aspek komunikasi visual serinng kali di maksimalkan karena dengan menggunakan desain dan komunikasi visual pertas didik dapat lebih mudah memahami karena peserta didik dapat langsung melihat dan mendengarkan materi yang disampaikan.

menurut saya, dalam proses pembuatan konsep sebaiknya perlu merancang media apa yang harus kita gunakan didalam pembelajaran. pada aspek desain dan aspek visual mungkin sering diminati oleh peserta didik karena pada proses belajar mengajarnya lebih efektif dan efisien.

menurut saya dalam proses pembuatan konsep media pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran. dan pada asfek desain visual mungkin sering diminati oleh peserta didik karena proses belajarnya lebih efektif dan efisien.
jadi media pembelajaran tersebut harus memiliki kriteria yang utama dalam pemilihan media bahwa media harus di sesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin di capai.

menurut pendapat saya, sebagai calon perancang media ketika kita akan menciptakan / merancang sebuah media pembelajaran. yang harus kita lakukan dalam pemilihan dan pemanfaatan media yaitu kita harus mempertimbangkan dari segi tujuan yang akan kita capai. sesuai dengan materi-materi yang diajarkan, biaya murar, efektif dan efisien dalam pembelajaran. didalam proses pembuatannya kita harus memahami terlebih dahulu konsep atau materi yang akan kita berikan agar siswa dapat memahaminya. konsep yang kita buat harus dilandasi oleh kajian-kajian teoritis agar apa yang kita sampaikan dapat lebih diperkuat dengan sumber-sumber yang ada. dengan menggunakan aspek desain dan aspek komunikasi verbal, peserta didik tidak hanya mengetahui teori atau penjelasan saja. tetapi mereka juga tahu apa yang sedang dijelaskan tersebut melalui gambar-gambar atau simbol-simbol. yang dapat menarik perhatian siswa sehingga peserta didik termotivasi dan dapa merangsang daya pikir siswa, jika dilaksanakan secara tepat sesuai dengan tujuan pemebelajaran yang akan dicapai.

menurut pendapata saya sebagai perancang atau pembuat desain kita sanganr membutuhkan sebuah konsep yang mana nantinya akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri pada karya kita buat. sehingga apa yang kita inginkan dapat menguatkan pencapaian tujuan pembelajaran dan dapat lebih mudah memahami karena peserta didik dapat langsung melihat dan mendengarkan materi yang disampaikan.

menurut pendapata saya sebagai perancang atau pembuat desain kita sanganr membutuhkan sebuah konsep yang mana nantinya akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri pada karya kita buat. sehingga apa yang kita inginkan dapat menguatkan pencapaian tujuan pembelajaran dan dapat lebih mudah memahami karena peserta didik dapat langsung melihat dan mendengarkan materi yang disampaikan.

menurut saya mengapa saya perlu melakukan hal tersebut karena, kita ketahui bahwa seorang ahlli media memang merupakan perancang media, dimana seorang ahli media dpat merancang suatu trobosan baru dalam suatu media, dan juga dlam pembuatan media ada bnyak konsep yg haru dilihat dan diperhatikan, konsep-konsep ini yg menuntun ahli media dlm pembentukan suatu rancangan desain. dalam pembuatan desain seorang ahli sering kali mengalami kerumitan dan kejanggalan, akan tetapi karena sang ahli berpegang terhadap konsep-konsep yg ada, maka sang ahli akan dengan mudah merancang suatu desain yg bagus yg akan menjadi karya dan akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi sang ahli.

dalam hal ini, aspek desain dan aspek komunikasi visual seringkali dimaksimalkan karena, dalam hal ini kedua aspek tersebut merupakan aspek terpenting, dengan adanya aspek desain dan visual peserta didik dengan mudah menelaah kajian teori yang ada, tanpa harus di ulang dalam waktu yang lama.

oleh karena itulah, dalam penyampaiannya jika ada kedua aspek tersebut, maka pembelajaran dapat berjalan seefektif dan seefisien sesuai dengan apa yg selalu diharapkan.
pemahaman-pemahan tersebut dapat mencapai tujuan pembelajaran, dan dapat memaksimalkan pemahaman materi bagi para siswa.

Nama : Yulaili
NPM : 0822_034
KLS : A. 5. 1

nama : joni Ars Putra
npm : 08 22 042

Media Pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat merangsang timbulnya proses
/ dialog mental pada diri siswa. Dengan kata lain, terjadi komunikasi antara
siswa dengan Media Pembelajaran tersebut. media pembelajaran yang menarik akan
mebuat perhatian siswa mengarah kepada apa yang diberikan oleh guru, sehingga siswa
tersebut akan timbul motivasi dari dalam dirinya.
dengan adanya motivasi inilah yang dapat membuat peserta didik dapat lebih mudah memahami dan mendengarkan materi yang disampaikan.

nama :Dedi irawan
npm :0822053

menurut pendapat saya, pada prinsipnya ke efektifan dan efesiensi suatu media pembelajaran terletak pada aspek desain dan aspek komunikasi visual yang terstruktur dan saling mendukung, antara materi metode dan penerapan. aspek desain dan aspek komunikasi visual memang harus di tonjolkan sebagai daya tarik dan pembangkit minat siswa dalam memahami pembelajaran.

menurut pendapat saya sebagai seorang ahli media atau perancang dalam pembuatan konsep harus mempertimbangkan metode dan konsep yang akan mendukung tercapai nya tujuan dari pembelajaran itu sendiri.hal yang penting yang harus di perhatikan adalah aspek desain dan komunikasi visual dengan memperhatikan aspek tersebut dan kita desain sedemilian rupa dan disuaikan dengan karateristik siswa ny.dengan mengunakan aspek visual akan memberikan motivasi pada siswa untuk belajar selain it juga mudah untuk di ingat dan di hapal kan.maka dengan menngunakan aspek tsb akan membantu pencapaian tujuan pembelajaran.

nama :Dedi irawan
npm :0822053

menurut pendapat saya, pada prinsipnya ke efektifan dan efesiensi suatu media pembelajaran terletak pada aspek desain dan aspek komunikasi visual yang terstruktur dan saling mendukung, antara materi metode dan penerapan. aspek desain dan aspek komunikasi visual memang harus di tonjolkan sebagai daya tarik dan pembangkit minat siswa dalam memahami pembelajaran.

nama :Dedi irawan
npm :0822053

menurut pendapat saya, pada prinsipnya ke efektifan dan efesiensi suatu media pembelajaran terletak pada aspek desain dan aspek komunikasi visual yang terstruktur dan saling mendukung, antara materi metode dan penerapan. aspek desain dan aspek komunikasi visual memang harus di tonjolkan sebagai daya tarik dan pembangkit minat siswa dalam memahami pembelajaran.

nama :Dedi irawan
npm :0822053

menurut pendapat saya, pada prinsipnya ke efektifan dan efesiensi suatu media pembelajaran terletak pada aspek desain dan aspek komunikasi visual yang terstruktur dan saling mendukung, antara materi metode dan penerapan. aspek desain dan aspek komunikasi visual memang harus di tonjolkan sebagai daya tarik dan pembangkit minat siswa dalam memahami pembelajaran.

Menurut saya seoarang perancang itu sangat penting, dimana seoarang perancang adalah orang yang mampu mebuat sebuah karya yang bisa di jadikan sebagai media pembeljaran,yang mampu menciptakan desain yang dapat membantu memudahkan perseta didk dalam memahami pelajara,dan dengan desain ini peserta didik dapat menerapkan imajinasinya. serta komunikasi visual juga dapat memudahkan siswa memahami pelajan, dengan mellihat dan mendernar langsung, maka dengan ini apa tujuan pembelajaran yang kita harapkan dapat tercapai.


Nama :Dani oksander
NPM : 0722050

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites