Wednesday, November 10, 2010

Manajemen Sistem Kepelatihan B.5.6

Situasi:
Anda seorang direktur pelayanan pendidikan pada sebuah rumah sakit besar. Pimpinan rumah sakit menerima sejumlah keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, meskipun masing- masing telah menyelesaikan prajabatan dengan baik ketika pertama kali bekerja. Anda diberi tugas untuk merancang sebuah program pelatihan lengkap untuk para petugas kebersihan tersebut dengan segera sehingga program itu dapat dipakai pada bulan yang akan datang. Pelatihan berlangsung selama 1 hari (8jam). Dan tidak ada kendala dana.
Dalam percakapan dengan kepala petugas kebersihan, anda diberi tahu bahwa ia juga telah mendengar keluhan itu. Namun, ia menyangkal tuduhan bahwa petugasnya tidak menyadari kewajibannya. Ia mengatakan bahwa gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan lain menyebabkan semangat kerja mereka rendah serta banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas anda???

20 komentar:

nama: Melly yanti
kls:B.5.6
Npm:0822270
yang pertama saya lakukan adalah saya akan terjun langsung kelapangan dan memberikan sedikit arahan yang baik kepada para petugas kebersihan,mencari tahu permasalahannya danmencari jalan keluarnya dari permasalahan nya.kalau masalah gaji ,mungkin saya akan mencoba memaksimalkan nya dengan pendapatan dan gaji yang sesuaidengan pekerjaan mereka.agar para pekerjadapat melaksanakan kejawiban nya dengan baik dan sesuai dengan yang telah ditetapkan dan tidak ada lagi keluhan - keluhan.

Nama : Wendra Tontowi
Kelas : B.5.6
Npm : 08.22.020

Yang akan saya lakukan ialah menanggapi masukan dari masyarakat, setelah itu saya akan tinjau lokasi apakah info yang saya dapat kan benar terjadi di lapangan.
jika apa yang di laporankan oleh masyarakat benar saya akan memanggil para petugas kebersihan, lalu saya memberikan masukan dan arah kepada petugas tersebut agar lebih teliti dan melakukan tugas nya dengan lebih baik.
masalah gaji akan saya sesuaikan dan jelaskan sesuai dengan tentuan yang ada kepada karyawan.
selain itu saya akan memberikan motivasi pada seluruh karyawan, dan mendengarkan keluahan dari karyawan. sehingga terciptanya hubungan yang harmonis antar seluruh karyawan.

Nama :Adi Saputra
Kelas :B.5.6
Npm :0822 273

Hal pertama yg saya lakukan adalah mencari informasi tentang kebenaran yg terjadi, dan menanyakan langsung pada karyawannya. Kemudian saya akan mempelajari permasalahan yg terjadi tersebut selanjudnya saya akan menyiapkan cara untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Mengenai masalah gaji disini saya akan memberikan gaji sesuai dengan ketetapan perusahaan dan sesuai dengan tingkatan bidang pekerjaannya dan dilihat dari hasil kerjanya,saya juga akan membuat kontrak kerja. Kemudian saya akan memberikan pelatihan dan arahan tentang bagaimana bekerja dengan baik, saya juga akan menjelaskan apa kewajiban dan hak serta tanggung jawab mereka sebagai karnyawan.. dengan demikian para karyawan bisa mengerti dan memahami dan melaksanakan pekerjaannya dengan baik...!!

Nama : Faruq Kudumi
Kls : B.5.6
Npm : 0822315
saya sebagai pemimpin akan menanggapi secara langsung,apa yang terjadi di rumah sakit saya. saya akan mencari tahu apa yang di katakan oleh para dokter tentang pekerja kebersihan,setelah saya mengetahui apa yang dikatakan para dokter itu benar, maka para petugas kebersihan akan saya panggil keruangan saya.lalu saya akan memberikan pengarahan.
masalah gaji akan saya sesuakan dengan semaksimal mingkin agar para pekerja kebersihan tidak merasa dirugikan(tenaga mereka)dan gajih mereka tidak akan sebanding dengan gajih karyawan yang lain,tetapi memuaskan mereka.
selain itu saya akan memberikan motivasi kepada seluruh karyawa,dan saya akan mendengarkan keluhan dari seluruh karyawan.agar terciptanya keharmonisan antar pemimpin dengan karyawan.

Nama: TAMRA
Npm: 08 22 269
Kelas: B.5.6

Menurut saya, saya akan menanggapi laporan-laporan itu dan akan saya cari tahu kbenarannya, dan Ketika saya dibebankan tugas dan tanggung jawab untuk memperbaiki suatu kinerja para pegawai yang ada pada rumah sakit yang saya pimpin maka yang akan saya lakukan adalah memberikan suatu bekal yang mereka tadinya belum tahu kini menjadi tahu, dengan cara: saya akan melakukan sistem kepelatihan guna untuk menambah pengetahuan dan kesadaran mereka dalam bekerja yang optimal.dan untuk kesejahteraan mereka akan menjadi salah satu yang harus diutamakan agar karyawan dapat bekerja dengan baik .

NAMA: ROMLAN SETIAWAN
KELAS: B.5.6
NPM : 08 22 298

yang petama saya lakukan yaitu,mempertimbangkan komen dari masyarakat, lalu saya akan turun kelapangan dan mengumpulkan semua para petugas kebersihan,lalu berdiskusi bersama para petugas kebersihan yang akan membahas permasalahan- permasalahan yang telah terjadi dan mencari solusi dengan bermusawarah.
kalau masalah gaji,mungkin saya akan mencoba membuat usulan kepada kepala petugas kebersihan agar gaji petugas kebersihan disesuaikan dengan pekerjaan yang telah dilaksanakan,agar para petugas kebersihan tidak lalai atau malas-malasan dalam melakukan tugasnya sebagai petugas kebersihan dan tidak ada lagi keluhan-keluhan dari masyarakat.

Nanma : luhi ulzon
NPM : 0822060
Kls : B.5.6
Banyak cara menuju puncak karier. Namun, begitu tiba di atas, tak banyak yang bisa menghayati dan menjalani peran seorang pimpinan dengan baik.
pertama yang harus saya lakukan adalah, fokus dan memotivasi diri sendiri sama ketika aku memotivasi orang lain, memandu kariawan sebai-baiknya, namun dengan batasan-batasan yang tertentu, buat atmosfer baru agar mereka dapat percaya kepada saya untuk memandu mereka.Bangun dan buktikan bahwa Asaya memiliki komitmen. Rancang rencana yang masuk akal dan meyakinkan untuk mencapai tujuan akhir. Jangan lupa untuk membuat tabel waktu yang masuk akal untuk merampungkan tujuan tersebut. saya sebagai Pimpinan yang memiliki pandangan ke depan, harus bisa dan mau memberikan pujian dengan imbalan setimpal yang benar-benar diwujudkan, seperti promosi, kenaikan gaji, bonus, dan lainnya. Hal semacam ini akan memotivasi karyawan, tak hanya untuk membuat produktivitas mereka meningkat, tapi juga keinginan untuk setia kepada perusahaan lebih lama.

nama:ike merina
kelas:b.5.6
npm: 0822 278
hal yang pertama saya lakukan yaitu saya akan langsung menanggapi keluhan-keluhan dari masyarakta dengan cara saya akan terjun kelapangan dan melihat langsung tentang kebenarannya, dan jika itu benar saya akan langsung memberikan arahan dan mencari tahu apa penyebab yang membuat para petugas kebersihan melalaikan tugasnya.dan mencari solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut,jika memang hal itu berawal dari maslah kurangnya gaji, saya akan menambahkan gaji yang sesuai semaksimal mungkin. saya juga akan memberiakan penjelasan lagi kepada mereka apa saja tugas yang harus mereka selesaikan.
dan jika disebabkan juga karena kurangnya penghargaan dari karyawan saya juga akan memberikan arahan kepada karyawan supaya dapat menghargai para petugas kebersiahan agar para petugas kebersiha tidak merasa direndahkan.

nama : siwitri septerina
kls : b.5.6
npm : 08 22 299

yang pertama kali saya lakukan adalah mencari informasi tentang kebenaran berita tersebut dan menanggapi keluhan dari masyarakat setelah itu baru saya akan terjun langsung memanggil petugas kebersihan dan menayakan apa yang menyebabkan mereka tidak semangat bekerja setelah itu baru saya akan mencari solusi dari permasalahan tersebut dan memberi arahan dan motivasi kepada mereka agar lebih baik dalam bekerja.
masalah gaji akan saya bicarakan dan sesuaikan dengan pekerjaan mereka

Nama : ERVINA AFRILIA
Npm : 0822 128



Yang saya lakukan adalah melakukan pengamatan terlebih dahulu untuk mencari permasalahan yang ada, setelah permasalahan ditemukan saya akan mengadakan pelatihan ulang untuk memecahkan masalah tersebut.
Di dalam pelatihan tersebut saya akan memberikan arahan kepada petugas kebersihan agar mereka bertanggung jawab pada pekerjaannya, dan apabila penyebabnya adalah kurangnya penghargaan dan kecilnya gaji, maka hendaknya gaji mereka di naikkan. Agar mereka lebih meningkatkan kinerja mereka.

nama :irsyad
kelas:b.5.6
npm: 08 22 261

kalau menurut saya mengadkan pelatihan itu seharusnya karena disitu kita dapat ilmu untuk bekerja
mengenai mendengar keluhan mengenai geji yang sedikit dan banyak yang keluar masuk kerja itu karna dia kurang memiliki jiwa kepelatihan dan hanya mencari harta saja tidak diberengi doa dan keterampilan

NAMA : LETATA HERYANI
KELAS : B.5.6
NPM : 0822260

Menurut saya,yang pertama kali saya lakukan adalah mengadakan rapat dan pertemuan dengan pimpinan-pimpinan lain yang terkait untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Yang kedua saya lakukan adalah setelah permasalahan diketahui ternyata para petugas tidak mempunyai keterampilan kebersihan maka perlu diadakan pelatihan khusus tentang kebersihan ( klening serpis ) termasuk menggunakan alat-alat / peralatan kebersihan seperti sapu, alat pel, serta zat-zat kimia yang diperlukan dan alat-alat yang lainnya.

NAMA : Muhammad Soebri
NPM : 08 22 275
KELAS : B.5.6

Keputusan yang akan saya lakukan adalah mengumpulkan semua petugas kebersihan, Lalu menanyai mereka mengapa Pimpinan rumah sakit menerima sejumlah keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik ??
Tujuan saya untuk mengumpulkan semua petugas kebersihan adalah untuk mendapatkan Kemufakatan jalan keluar yang baik
Soal permasalahan gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan saya akan menaikan gaji karyawan apabila tidak ada lagi keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.

Nama : Rini Septi
Npm : 08 22 276
Kelas : B.5.6

Hal utama yang saya lakukan sebagai seorang direktur pelayanan pendidikan pada sebuah rumah sakit besar, yaitu mencari penyebab atau motif utamanya mengapa para petugas kebersihan rumah sakit tidak melakukan pekerjaannya dengan baik, Dengan cara memanggil serta mengumpulkan mereka lalu menanyai beberapa petugas kebersihan apa alasan mereka tidak melakukan pekerjaannya dengan baik?
Setelah mendapatkan keterangan yang konkret sesuai fakta yang ada selanjutnya saya mengambil keputusan yang bijak sebagai seorang direktur yaitu melakukan tindakan yang baik sebagai solusi dari kendala yang terjadi.

nama :yuliana febri
klas:b.5.6
npm:0822300

hal yang pertama saya lakukan ialah pertama terjun langsung kelapangan dan menanyakan kebenaran berita tersebut kepada petugas kebersihan apabila berita tersebut benar adanya maka sya akan memberikan arahan dan masukan kepada mereka agar lebih baik berkerja dan tidak malas-malasan lagi.
masalah gaji saya akan mengusulkan kepada direktur agar disesuaikan dengan pekerjaan mereka. agar mereka lebih meningkatkan kinerja mereka lebih baik lag.

nama : yeni pronika
NPM : 08 22 268
kelas : B. 5.6

Hal pertama yang saya lakukan adalah mendengarkan keluhan-keluhan dari dokter dan perawat-perawat nya,setelah itu saya akan memeriksa langsung ke rumah sakit tersebut dan apabila yang dikeluhkan itu benar saya akan mengadakan rapat dengan kepala bagian masing-masing bagaimana untuk menindak lanjutkan agar tidak ada lagi keluhan-keluhan dari karyawan rumah sakit tersebut,lalu masing-masing dari kepala bagian tersebut memberikan arahan terhadap karyawan-karyawannya agar lebih terampil dan lebih giat lagi dalam bekerja dan memberikan motivasi yang lebih lagi,hal ini bertujuan agar terciptanya suasana kerja yang nyaman dan rasa kekeluargaan yang erat.

melihat dari apa yang dikeluhkan dokter dan perawat serta apa yang dikatakan oleh kepala kebersihan saya akan melakukan pengamatan dari pada permasalahan yang ada sehingga saya dapat melihat apa permasalahan yang sebenarnya terjadi.
dari situ saya akan melakukan rancanagan pelatihan yang tepat untuk para pekerja kebersihan.

yang pertama saya lakukan adalah saya akan melihat langsung permasalahan antara dokter pearawat dan petugas kebersihan dan pokok persoalan yang terjadi sehingga saya dapat menentukan pelatihan apa yang akan saya buat untuk parapetugas kebersihan.

Nama : Edo Kharisma
Kelas : B.5.6
NPM : 08 22 289
kl menurut saya yang pertama saya akan terjun langsung kelapangan dan mencari tau tentang permasalahan yang sebenarnya,setelah itu barulah saya cari jalan keluarnya dg cara memanggil satu persatu petugas kebersihan dan bertanya langsung dg mereka tentang keluhan petugas tersebut.setelah tau mak saya akan melakukan perubahan2 dg cara membentuk pelatihan2 tentang kebersihan yang baik dan selain itu saya akan menaik kan sdk gajih petugas kebersihan tersebut?

Nama : Rio Sapaputra
Kelas :B.5.6
NPM : 08 22
yg pertama saya lakukan adalah mencari tau tentang kebenaran masalah tersebut dg cara obserfasi langsung kelapangan,setelah tau pokok permasalahannya maka saya akan mencari jalan untuk pemecahan masalah tersebut dg cara membuat team pelatihan tentang kebersihan gunanya untuk mendidik para seluruh pekerja kebersihan agar tau tentang bagaimana cara bersih dan rapi itu yang baik dan benar?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites