Wednesday, November 10, 2010

Manajemen Sistem Kepelatihan B.5.5

Situasi:
Anda seorang direktur pelayanan pendidikan pada sebuah rumah sakit besar. Pimpinan rumah sakit menerima sejumlah keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, meskipun masing- masing telah menyelesaikan prajabatan dengan baik ketika pertama kali bekerja. Anda diberi tugas untuk merancang sebuah program pelatihan lengkap untuk para petugas kebersihan tersebut dengan segera sehingga program itu dapat dipakai pada bulan yang akan datang. Pelatihan berlangsung selama 1 hari (8jam). Dan tidak ada kendala dana.
Dalam percakapan dengan kepala petugas kebersihan, anda diberi tahu bahwa ia juga telah mendengar keluhan itu. Namun, ia menyangkal tuduhan bahwa petugasnya tidak menyadari kewajibannya. Ia mengatakan bahwa gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan lain menyebabkan semangat kerja mereka rendah serta banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas anda???

24 komentar:

NAMA : MUHAMAD ALPA ROBBI
NPM : 08 22 212
KLS : B.5.4

Sebelum melakukan pelatihan saya sebagai direktur , saya akan terjun langsung untuk mencari permasalah dan keluhan para karyawan tersebut.Setelh itu baru merangkai bagaimana amembuat semua karyawan disusrtu rumah sakit itu menjadi karyawan yang bertanggung jawab, dan sikp profesional sebagai karyawan;.jadi setelah dilakukan pelatihan supaya tidak adalagi antara kesenjangan antar a kryawan dan atasanya yang ada
dirumah sakit tersebut.setelah kita kumpulkan keluhan dari karyawan , ita krim surat kepada istansi yang ada dirumasakit bahwa ditujukan kepada karyawan harus mengikuti pelatihan.
setelah kita melakukan pelatihan kita berikan tentang bagaimana cara menyikapi antar karyaan dan atasannya,selsai kita lakukan pelatihan peserta diberikan sertifikat bahwa mereka telah mengikuti pelatihan tersebut.

Nama : Heriyansyah
Npm : 0822056

Seandainya saya dalam posisi tersebut, langkah awal yang akan saya lakukan adalah saya akan terlebih dahulu mengecek semua keluhan yang dilontarkan oleh Dokter dan para Perawat tadi, sebab kita tidak bisa bertindak sewena-wena, tanpa adanya bukti yang nyata. Seandainya, apa yang dikeluhkan oleh Dokter dan para Perawat tadi benar-benar terjadi, maka saya akan menegur kepala kebersihan secara lisan agar program kerja mereka dapat di tingkatkan lagi, setelah itu saya akan mempertemukan antara Kepala Kebersihan, Dokter dan Perawat tadi agar selanjutnya tidak terjadi kesalah pahaman terhadap mereka para Karyawan Rumah Sakit. Sebagai seorang pemimpin saya haruslah terlebih dahulu memahami karekteristik dari karyawan-karyawan saya sebab, itu salah satu dari kewijiban kita agar pekerjaan yang kita laksanakan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.Selanjutnya, saya akan membuat konsep agar dan bagaimana cara meningkatkan kinerja para karyawan, setelah itu saya akan melakukan pelatihan kembali terhadap para Karyawan Kebersihan sesuai dengan Tema percakapan di atas, dalam pelatihan tersebut Temanya adalah Meningkatkan Sistem Kerja dengan baik yang sesuai dengan Prosedur dan Arti Tanggung Jawab dalam Sebuah Pekerjaan. Maka, dengan terlaksananya hal tersebut diharapkan agar para Pekerja Kebersihan dapat melaksanakan tugas mereka dengan rasa tanggung jawab dan bersifat Profesional. Dan setelah itu saya akan menaikkan Gaji mereka sesuai dengan hasil kerja mereka yang memuaskan bagi para Dokter, Perawat dan Karyawan lain serta Pasien dan keluarganya. Selanjutnya, Alasan, dari jawaban yang saya berikan adalah bagi saya seorang Pemimpin haruslah pandai dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai seorang pemimpin dan pandai meletakkan orang yang kita pimpin tidak merasa jenuh dan bosan pada saat kelaksanakan perintah dari kita.

Nama : Nanik Susanti
Npm : 08 22 235
Kelas : B.5.5


Karena Kesehatan adalah salah satu indikator Kesejahteraan masyarakat dan potensi Sumber Daya Manusia. Saya akan mengadakan pelatihan bagi para petugas kebersihan, pelatihan tentang motivator bagi para petugas kebersihan bagaimana kebersihan sangat berarti bagi semua. Soal gaji rendah dan kurang samangat bagi para petugas saya akan melakukan pelatihan tentang kewirausahan agar para petugas dapat memiliki keterampilan dan kreatifitas, dan mengembangkan kemampuan bagi para petugas agar memiliki penghasilan sampingan.
dan sebagai seorang pemimpin hendaknya memiliki jalinan komunikasi atau silahturahmi yang baik kepada bawah agar tidak ada atasan tidak ada bawahan.
Kemudian saya akan melakukan penelitian tentang keluhan para petugas, terkadang para petugas melakukan tugasnya tidak sesuai dengan ketarmpilan dan kemanpuan maka hal tersebut sangat merugikan pihak perusahaan. dan saya akan memutuskan mencari para petugas yang sesuai dengan pekerjaan.

nama : safta heru sumanjaya
npm : 0822202

untuk melakukan tugas yang seperti ini saya harusalah mengumpulkan data" yang konkrit terlebih dahulu mulai dari absen harian para petugas kebersihan sampai kepada keluhan -keluhan yang dikatakan oleh oleh para pasien yang merasa tidak nyaman dengan sikon dirumah sakit tersebut.

setelah semuanya dikumpulkan menjadi satu maka saya akan melakukan pertemuan dengan kepala kebersihan dan juga pimpinan rumah sakit untuk membicarakan masalah tersebut. bila telah diperlihatkan absen harian dari petugas kebersihan tersebut maka tidak mungkin seorang kepala kebersihan rumah sakit tersebut tidak tinggal diam unutuk melakukan pengecekan kembali terhadap pegawai" yang mangkir dari jam kerjanya.
mungkin hanya itu saja yang akan saya laksankan saat ini.

NAMA :SELLA YUSLINDA
NPM :08.22.244
KELAS :B.5.5

Seandainya saya menjadi seperti itu, hal yang akan saya lakukan adalah melihat secara langsung bagaimana kinerja para pekerja kebersihan sebab sebagai seorang pemimpin kita harus bisa bersikap secara lebih komunikatif dan interaktif terhadap pekerja baik dokter, perawat maupun pekerja kebersihan. Karena jika hanya mendengar keluhan dari para karyawan yang lain belum tentu hal tersebut benar, "sebab kesehatan merupakan sebagian dari iman" jadi saya harus bisa bertindak secara profesional dalam melakukan suatu pekerjaan yang menyangkut masalah orang banyak.
Setelah mengetahui kebenarannya saya akan melakukan tindakan
Dengan menanyakan hal apa yang menyebabkan mereka melakukan tindakan yang sering dikeluhkan oleh para dokter dan karyawan yang lain, setelah mengetahui penyebab mereka melakukan tindakan itu. Saya akan melakukan suatu kepelatihan dengan tema " cara meningkatkan kinerja yang profesional dan bertanggung jawab". Dengan melakukan kinerja ini saya harapkan mereka dapat bersikap lebih disiplin, tanggung jawab dan profesional dalam melaksankan tugasnya dirumah sakit tersebut.

NAMA: ETI YUNILAWATI
NPM: 08 22 226
KELAS: B.5.5

seandainya saya ada pada posisi tersebut, langkah pertama yang akan saya lakukan yaitu saya akan melakukan observasi terhadap keluhan para karyawan, untuk mencari atau mengetahui permasalahan yang menjadi keluhan yang di lontarka oleh dokter dan perawat tersebut. setelah permasalahan itu benar terjadi,saya akan menegur langsung petugas kebersihan agar melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan benar. serta saya akan memberikan pelatihan merancang sebuah program pelatihan yang dimana disusun secara terstruktur dan para petugas-petugas yang lainnya serta memberikan penjelasan dan arahan tentang pekerjaan yang harus mereka lakukan serta memberikan dukungan moral dan semangat kepada petugas, agar mereka dapat menghargai pekerjaan mereka dan pekerjaan orang lain serta melaksanakan kewajiban mereka dengan baik sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan untuk membantu menjaga kesehatan orang banyak atau masyarakat umum.

NAMA :PARNO
NPM :08 22 040
KLS :B.5.5

Saya sebagai direktur pelayanan pendidikan setelah saya mendengar keluhan dari pihak rumah sakit yaitu dari pihak pengadu yaitu dokter dan perawat dan pihak yang membantah pengaduan tersebut yaitu pihak pimpinan petugas kebersihan rumah sakit tersebut, maka langkah awal yang akan saya ambil sebelum merancang kegiatan pelatihan saya akan mempertemukan kedua belah pihak tersebut untuk mengklearkan atau meluruskan permasalahan tersebut untuk mencari jalan keluar dalam menangani permasalahan tersebut karena dimungkinkan terdapat dua permasalahan yang dihadapi rumah sakit tersebut yaitu permasalahan kurang profesionalnya pegawai kebersihan tersebut dan gaji yang rendah yang membuat pegawai menjadi kurang professional dalam pekerjaan nya.

Melihat dari dua permasalahan tersebut maka langkah selanjutnya yang akan saya lakukan adalah memberikan informasi permasalahan kepada pihak pimpinan rumah sakit bahwa ada dua permasalahan tersebut, dan saya sebagai pihak pelayanan pendidikan hanya bisa menagani permasalahan dalam memberikan pelatihan kepada petugas kebersihan dalam peningkatan keprofesionalan pegawai kebersihan tersebut sedangkan permasalahn dalam peningkatan gaji saya serahkan kepada pihak pimpinan dalam memberikan kebijakan dalam pemberian gaji tersebut.

Langkah selanjutnya dalam program pelatihan yang akan saya lakukan terlebih dahulu akan saya persiapkan langkah-langkah dalam pelatihan tersebut yaitu Konsep Dasar, Tujuan di adakan nya Pelatihan, Manfaat Pelatihan tersebut, Metode yang digunakan dalamPelatihan tersebut, Materi yang akan dibahas dalam pelatihan tersebut, Profile Pembicara/Trainer yaitu saya akan mendatangkan ahlinya dalam bidang ketenaga kerjaan dalam peningkatan professional pegawai tersebut.

Jadi demikian tugas yang akan saya lakukan dalam menangani permasalahan yang dihadapi pihak rumah sakit terserbut sebagai direktur pelayanan pendidikan dalam rumah sakit tersebut semoga langkah penyelesaian masalah yang saya ambil dapat bermanfaat,terima kasih……..

Nama : Sri Wahyuni
Kelas : B.5.5
NPM : 08 22 221

Saya adalah seorang direktur pada pelayanan pendidikan pada sebuah rumah sakit. Pada suatu kesempatan saya mendengar banyak keluhan dari dokter dan perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan banyak yang tidak mengetahui dan tidak memiliki keterampilan untuk melaksanakan kewajiban mereka sebagai petugas kebersihan. Tapi kepala kebersihan membantah pernyataan tersebut, menurutnya factor gaji adalah penyebb mereka tidak bekerja secara professional.

Maka dengan adanya masalah di atas, tentu hal pertama yang saya lakukan adalah menanyakan langsung kepada pimpinan rumah sakit dan kepala kebersihan tentang masalah yang tengah dihadapi pada rumah sakit tersebut. Jika kepala kebersihan mengatakan bahwa masalah utama terletak pada gaji petugas yang kurang, maka solusi nya saya serahkan kepada kepala pimpinan rumah sakit tersebut. Dengan memberikan gaji yang harus disesuaikan dengan pekerjaan yang mereka jalani. Agar dapat bekerja dengan giat lagi dan menjadikan rumah sakit tetap sehat dan bersih.

Selanjutnya untuk memberikan solusi di bidang kepelatihan dan pengembangan keterampilan tenaga kerja. Dalam program kepelatihan yang dilakukan, saya akan mendatangkan seorang yang ahli di bidang kepelatihan dan ketenagakerjaan. Dalam program pelatiha tersebut harus dijelaskan langkah – langkah apa saja yang harus mereka lakukan dalam bekerja nantinya. Kemudian petugas kebersihan hendaknya dibebankan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian masing – masing yang telah mereka peroleh dari program kepelatihan tersebut. Agar mereka dapat bekerja secara professional yang menjadi kewajiban kerja mereka.

Demikian solusi yang dapat saya berikan sebagai seorang direktur pelayanan pendidikan rumah sakit.

Nama : Umi Dariah
Npm : 08 22 223
Kelas :B.5.5


Seandainya saya ada diposisi tersebut,langkah saya akan melihat secara langsung untuk mencari permaslahan yang ada dirumah sakit dan keluhan para karyawan tersebut,sebagai seorang pemimpin harus bisa bersikap profesional dengan melakukan observasi terhadap karyawan dan meneliti
kemudian melakukan pelatihan terhadap karyawan atau para pekerja kebersihan yang mengalami masalah tersebut secara terstruktur, sistematis dan tanggung jawab.
sehingga diharapkan setelah mengikuti kepelatihan tersebut mereka bisa lebih mempunyai sikap yang profesional dan bertanggung jawab dalam melaksankan perkejaan mereka sebagai pekerja kebersihan dalam lingkungan rumah sakit. yang

Nama : Umi Dariah
Npm : 08 22 223
Kelas :B.5.5


Seandainya saya ada diposisi tersebut,langkah saya akan melihat secara langsung untuk mencari permaslahan yang ada dirumah sakit dan keluhan para karyawan tersebut,sebagai seorang pemimpin harus bisa bersikap profesional dengan melakukan observasi terhadap karyawan dan meneliti
kemudian melakukan pelatihan terhadap karyawan atau para pekerja kebersihan yang mengalami masalah tersebut secara terstruktur, sistematis dan tanggung jawab.
sehingga diharapkan setelah mengikuti kepelatihan tersebut mereka bisa lebih mempunyai sikap yang profesional dan bertanggung jawab dalam melaksankan perkejaan mereka sebagai pekerja kebersihan dalam lingkungan rumah sakit. yang

NAMA :ALFREDO AZHARI
NPM :0822246

Apabila saya dalam melakukan tugas yang seperti ini langkah awal dilakukan yaitu menyelidiki apa yang di keluhkan dari karyawan dirumah sakit tersebut.
lalu langkah selanjutnya mengumpulkan data-data yang konkrit dan sesuai fakta atau kenyataan yang terjadi.setelah data-data itu terkumpul lalu kita analisis apa yang dipermasalahkan.
dengan itu kita dapat menafsirkan apa yang dikeluhkan.

apabila melakukan pelatihan kita harus trampil dan kompeten dalam memberikan kepelatihan.bukan hanya satu keahlian yang kita latih tapi bermacam-macam.
agar dalam berkerja dapat di rolling kan atau dapat tugas yang bergantian dalam melaksanakan tugas agar tidak terjadinya sifat kejenuhan

menurut dari soal yang disebutkan bahwa kepala tugas kebersihan menyatakan kurangnya perhargaan dari tugas mereka.
untuk memancing kinerjanya karyawan tersebut haruslah di berikan kenaikkan gaji dan apabila lembur mendapatkan gaji yang lebih................

NAMA :Indra Gandi
NPM :08 22 306
KLS :B.55

Suatu problem yang merumuskan masalah yang sedikit rumit.Tapi hal seperti ini bisa diselesaikan dengan kepala dingin.Karena sesuai dengan permasalahan yang ada pihak rumah sakit maupun pihak kebersihan sepertinya sama sama merasa dirugikan.mungkin benar kata teman-teman bahwa harus mempertemukan kedua belah pihak.kemudian bisa terselesaikan masalah yang terjadi.Dengan begitu akan terjadi titik terang pada permasalahan ini.baik itu masalah-masalah yang yang ada pada pihak rumah sakit ataupun sebalikya.setelah ada titik temu tentu permasalahan seperti karyawan ingin meminta kenaikan gaji atau ingin sedikit lebih dihargai oleh pihak rumah sakit dengan adanya penghargaan atau pun sebaliknya pihak rumah sakit ingin suasana rumah sakit asri bisa mencapai kesepakatan.
setelah pertemuan tersebut baru kita kaji ulang harus diadakan atau tidak pelatihan kerja terebut.
apabila memang harus diadakan maka saya akan memberitahukan kepada seluruh jajaran pihak kebersihan untuk mengadakan pelatihan.dan untuk lebih membuat kinerja mereka semakin baik maka saya akan mengundang pembicara pada bidang yang berkaitan dengan hal tersebut.

NAMA : MEYLEN FRATIWI
NPM : 08 22 232
KELAS : B.5.5

Seandainya saya sebagai direktur, langkah pertama yang akan saya lakukan terlebih dahulu mencari kebenaran yang ada pada rumah sakit yang menjadi penyebab keluhan oleh para dokter dan perawat.

Setelah mengetahui hal tersebut saya akan melakukan observasi terhadap pekerja kebersihan dengan melihat kinerja mereka dalam melaksanakan kerjanya. jika hal tersebut benar terjadi maka saya akan melakukan kepelatihan yang tersetruktur dan sistematis dengan tema "cara bersikap profesional dalam pekerja".

Sehingga dapat terbentuk para pekerja yang memiliki tanggung jawab, disiplin, dan profesional dalam bekerja sebagai sember daya manusia yang menghargai hidup sehat untuk masyarakat.

NAMA :SUTAMSO
NPM :0822178

untuk melakukan tugas yang seperti ini saya harusalah mengumpulkan data" yang konkrit terlebih dahulu mulai dari absen harian para petugas kebersihan sampai kepada keluhan -keluhan yang dikatakan oleh para pasien yang merasa tidak nyaman dengan sikon dirumah sakit tersebut.
setelah kita kumpulkan keluhan dari karyawan , Kita kirim surat kepada istansi yang ada diruma sakit,kemudian ditujukan kepada karyawan bahwa harus mengikuti pelatihan karena dengan adanya pelatihan semua orang yang berkerja baik sebagai pemimpin maupun sebagai karyawan.
dalam melaksanakan melalui pelatihan pasti lebih bisa bersifat perofesional karena melalui pelatihan bisa lebih memahami apa maksud dan tujuan dalam melaksanakan semua yang hendak kita laksanakan dalam melaksanakan pelatihan ke pemimpinan.
setelah kita melakukan pelatihan kita berikan tantangan bagaimana cara menyikapi antar karyawan dan atasannya,selsai kita lakukan pelatihan peserta diberikan sertifikat/penghargaan bahwa mereka telah mengikuti pelatihan tersebut.Setelah mengetahui kebenarannya saya akan melakukan tindakan yang sesuai.
suatu cara yang akan saya lakukan yaitu
Dengan menanyakan hal apa yang menyebabkan mereka melakukan tindakan yang sering dikeluhkan oleh para dokter dan karyawan yang lain, setelah mengetahui penyebab mereka melakukan tindakan itu. Saya akan melakukan suatu kepelatihan dengan tema " cara meningkatkan kinerja yang profesional dan bertanggung jawab". Dengan melakukan kinerja ini saya harapkan mereka dapat bersikap lebih disiplin, tanggung jawab dan profesional dalam melaksankan tugasnya dirumah sakit tersebut.
Langkah selanjutnya dalam program pelatihan yang akan saya lakukan terlebih dahulu akan saya persiapkan langkah-langkah dalam pelatihan tersebut yaitu Konsep Dasar, Tujuan di adakannya Pelatihan, Manfaat Pelatihan tersebut, Metode yang digunakan dalam Pelatihan tersebut, Materi yang akan dibahas dalam pelatihan tersebut, Profile Pembicara/Trainer yaitu saya akan mendatangkan ahlinya dalam bidang ketenaga kerjaan dalam peningkatan professional pegawai tersebut.
Jadi demikian tugas yang akan saya lakukan dalam menangani permasalahan yang dihadapi pihak rumah sakit terserbut sebagai direktur pelayanan pendidikan dalam rumah sakit tersebut
munkin inila yang bisa saya jelaskan dan jabarkan bahwa pentingnya diadakannya suatu pelatihan.Terutama yang perlu diadakan/dilaksanakan yaitu pelatihan ke pemimpinan.

Nama : Devi Purwanigsih
Npm : 08 22 224

menurut saya, saya akan meneliti segala kegiatan para petugas kebersihan dan saya akan menilai semua kegiatan mereka!saya akan mulai dengan mengumpulkan materi-materi pelatihan yang sudah ada di pasaran dan kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan rumah sakit? dan saya akan merancang pelatihan yang seekonomis mungkin dari segi waktu maupun sumber daya kepada para petugas kebersihan sehingga mengetahui segala kegiatan maupun kewajibannya sebagai petugas kebersihan karena kebersihan adalah hal yang utama dan penting bagi kesehatan kita.

Nama : Fitria Solekhah
Npm : 08 22 229
Kelas : B.5.5

saya akan Menciptakan/ memodifikasi kebijaksan rumah sakit: Untuk memastikan karyawan mengikuti prosedur keselamatan kerja dan kebersihan lingkungan rumah sakit yang berkaitan dengan kewajiban para petugas, rumah sakit dapat menciptakan/ memodifikasi kebijakan rumah sakit yang terkait sehingga karyawan lebih termotivasi untuk menaati segala peraturan tersebut. Dan sebagai direktur saya akan membberikan Alat bantu untuk karyawan baru yaitu Untuk membantu karyawan baru mempelajari prosedur keselamatan kerja yang diterapkan perusahaan, mereka bisa diberi alat bantu berupa checklist atau instruksi yang direkam secara audio berisi hal-hal yang wajib dilaksanakan untuk memastikan keselamatan di tempat kerja, misalnya checklist untuk petugas kebersihan dalam rumah sakit antara lain terdiri dari: memasang tanda “licin” ketika mengepel lantai supaya tamu tidak terpeleset, mengenakan sarung tangan karet ketika menggunakan bahan kimia yang keras untuk membersihkan kamar mandi, dst.

NAMA :SUTAMSO
NPM :0822178
KELAS:B.5.5

untuk melakukan tugas yang seperti ini saya haruslah mengumpulkan data" yang konkrit terlebih dahulu, mulai dari mengadakan absen harian para petugas kebersihan sampai melihat keluhan -keluhan yang dikatakan oleh para pasien yang merasa tidak nyaman dengan sikon dirumah sakit tersebut. setelah kita melakukan pelatihan kita berikan tentang bagaimana cara menyikapi antar karyawan dan atasannya serta dengan pelanggan/konsomen.
kita lakukan pelatihan kepemimpinan yang mendorong kemajuan dari suatu hal yang hendak kita capai baik pemimpin maupun karyawan itu sendiri, karena betapa penting nya diadakannya pelatiahan ini demi untuk kemajuan bersama dalam mencapai suatu ke soksisan dengan penerapan yang frofesional.
dengan cara menyiapkan pembicara dan menjelaskan apa tujuan kita melaksanakan pelatihan serta menfaat nya apa?dan tahu bagaimana dalam melaksanakan suatu pekerjaan itu yang baik dan benar untuk di terapkan .Kemudian seandainya saya sebagai seorang pemimpin/direktur ,dalam posisi tersebut, langkah awal yang akan saya lakukan adalah saya akan terlebih dahulu mengecek semua keluhan yang dilontarkan oleh Dokter dan para Perawat , sebab kita tidak bisa bertindak semaunya, tanpa adanya bukti yang nyata. Seandainya, apa yang dikeluhkan oleh Dokter dan para Perawat tadi benar-benar terjadi, maka saya akan menegur kepala kebersihan secara lisan agar program kerja mereka dapat di tingkatkan lagi, setelah itu saya akan mempertemukan antara Kepala Kebersihan, Dokter dan Perawat tadi agar selanjutnya tidak terjadi kesalah pahaman terhadap mereka para Karyawan Rumah Sakit. Sebagai seorang pemimpin saya haruslah terlebih dahulu memahami karekteristik dari karyawan-karyawan saya sebab, itu salah satu dari kewijiban kita agar pekerjaan yang kita laksanakan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Jadi demikian tugas yang akan saya lakukan dalam menangani permasalahan yang dihadapi pihak rumah sakit terserbut sebagai direktur pelayanan pendidikan dalam rumah sakit tersebut semoga langkah penyelesaian masalah yang saya ambil dapat bermanfaat dan berguna baik bagi para karyawan maupun yang menjalankan tugas yang bergabung dalam sebuah instansi perusahaan yang saya pimpin.munkin inila yang dapat saya paparkan dalam menjawab pertanyaan yang telah ibu,dosen pembimbing semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.dan tidak lupa saya ucapkan terimah kasih kepada ibu siti moyaroha sebagai pembimbing mata kuliah ini sehingga kami bisa paham betapa pentingnya belajar manajemen sistem kepelatihan ini wasalam WRWB

Nama:renita
Kelas:b.5.5
Npm:0822225
Kalau seandainya saya seorang direktur pendididkan rumah sakit dan mendapat tugas untuk merancang sebuah program pelatihan,dalam masalah keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajiban dan banyak tidak mempunyai keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik,meskipun masing-masing telah menyelesaikan prajabatan dengan baik ketika kali bekerja.
Langkah pertama yang saya ambil yaitu mengetahui dulu duduk permasalahanya yang ada dan juga terjun langsung kelapangan sehingga lebih jelas permasalahan yang ada,dan juga mempertemukan dulu kedua belah pihak yang bersangkutan,sehingga dengan demikian bisa diambil keputusan dan juga kebenaran yang ada terhadap permasalahan yang dikeluhkan dan juga bisa melakukan pelatihan yang akan diambi terhadap petugas kebersihan tersebut.
Langkah kedua yang akan diambil yaitu melakukan pelatihan dengan konsep “meningkatakan profesional seorang petugas kebersihan terhadap pekerjaan” yang didalamnya terdapat masukan-masukan seperti bagaiman cara untuk menjadi seorang petugas kebersihan yang baik,konsekuensi dengan amanah dijalani,bisa menjalankan tugasya dengan baik sesuai dengan tugasnya ,mungkin dengan demikian semua petugas kebersihan bisa menjalankan tugasnya dengan baik.mungkin pelatihan itu saja yang akan saya ambil apabila saya menjadi seorang direktur pendiddikan rumah sakit.

Nama :Nita Triana
Npm :08 22 219

Melihat permasalahan yang ada di dalam lingkup rumah sakit maka sebagai seorang direktur saya diharapkan mampu untuk segera mengambil keputusan, kebijakan yang tepat. Dalam hal ini adalah mengatasi masalah yang secara keseluruhan menyangkut pada kesadaran, motivasi, dan semangat kerja.
Melihat masalah tersebut maka saya akan menberikan sebuah kebijakan unutuk segera/secepatnya melakukan sebuah pelatihan yang secara keseluruhan mampu menjawab permasalah yang ada didalam lingkup rumah sakit,yakni memberikan pelatihan yang akan membuka wawasan,kesadaran, bahwa kerja bukan lah semata sekedar didasarkan pada mencari gaji semata atau segalanya, namun kerja adalah sebuah keharusan yang akan dilakukan degan penuh kesadaran, dedikasi, kesungguhan yang dilengkapi dengan semangat apapun keadaanya. Karena penghasilan tidak sepenuh nya bergantung pada gaji semata namun bisa dihasilkan dari kegiatan sampinga lainnya. Dan secara sederrhana saya akan mencetuskan sebuah tema” Membangun, semangat, motivasi dan kesadaran kerja guna pencapaian hasil kerja sesuai dengan visi dan misi utama bersama” yang akan dipaparkan oleh para ahli dibidangnya baik dari intern maupun esktern rumah sakit.
dan diharapkan semua ini akan bisa mengatasi masalah yang ada.

Nama : Bambang Herdianto
Npm : 0822066.P
Kelas : B 5.5
Seandainya saja saya menjadi seorang Direktur Keberhasilan kepelatihan tidak dapat diukur dari segi kelengkapan atau kompleksitas desain program palatihan saja, tetapi lebih banyak dipengaruhi oleh pelaksanaan dilapangan.
Agar suatu pelatihan dapat dilaksanakan dengan baik, maka perlu dirancang bagaimana terknis pelaksanaan dilapangan dan siapa yang harus bertanggungjawab
seorang Direktur memutuskan untuk mengadakan pelatihan, sehingga ia harus memikirkan bagaimana bentuk dan pelaksanaannya, siapa yang bertanggung jawab, dan bagaimana pengadministrasian, serta bagaimana pengatur secara lebih komunikatif dan interaktif terhadap pekerja baik dokter, perawat maupun pekerja kebersihan. Direktur pelatihan harus merencanakan , mengalokasikan dan menggunakan sumbser-sumber yang ada sehingga ia dapat mengamalkan dan mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan dengan jelas dan rinci. Dengan demikian ia dapat memperhitungkan apakah apakah pelatihan ia itu dapat dilaksanakan atau tidak.
Sumber-sumber utama yang akan dikelola untuk pelatihan meliputi; fasilitas yang ada, persedianan bahan dan alat bantu yang dibutuhkan, dan asuransi uang tunai yang dapat dimanfaatkan. Ini erat kaitannya dengan hal-hal yang harus dipertanggungjawabkan yaitu aset tetap, aset variabel. Pengeluaran dan biaya langsung.

Nama : Rio Meilindra
Npm : 0822257
Kelas : B 5.5
Menurut saya langkah yang harus saya lakukan adalah memberikan pengarahan akan pentingnya menghargai pekerjaan.
membentuk suatu sistem kerja dalam mengawasi dari kegiatan kepelatihan dan saat praktik kerja lapangan nantinya. sehingga dapat bekerja secara maksimal dan profesional dari masing-masing pegawai tersebut.
Manajemen Sistem Kepelatihan Pasca Pelatihan Akan Menjadi Tolok Ukur Individu Apakah Ia Dapat Meningkatkan Kinerjanya Atau Tidak Sama Sekali. kepelatihan sangat dipengaruhi oleh kesiapan instruktur/fasilitator untuk menyajikan materi pelatihan. Oleh sebab itu intruktur harus dinberi tahu sebelum pelatihan dilaksanakan, sehingga ia mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatuyang berkaitan dengan materi pelatihan tersebut seperti makalah, lembar kerja, dan lain-lain.

NAMA : RENDY MARDINATA SAPUTRA
NPM : 0822137
KELAS : B.5.5

andaikan saya sebagai direktur , saya akan menggambil keputusan untuk lansung mengatakan kepada kepala kebersihan itu sendiri dan setelah saya tau visi dan misi dari kepala kebersihan tersebut saya akan memberitau manfaat dan tujuan serta tugas2 yg harus d lakukan oleh kepala kebersihan serta pegawai2 kerja yg bersangkutan dgn cara melakukan pelatihan yg wajib d ikuti oleh kepala kebersihan dan pegawai2 rumah sakitkarena dgn melakukan pelatihan tentang manfaat kebersihan serta tugas yg harus di lakukan oleh kepala kebersihan dan mereka dpt mengetahui apa saja yg harus mereka lakukan serta dengan melakukan pelatihan tersebut orang2 bisa mengetahui perkerjaan dari kepala kebersihan rumah skt tersebutdgn cara itu pula perkerjaan mereka dapat di hargai dan d akui oleh pegawai2 kerja yang lain.

NAMA ;RENDY MARDINATA SAPUTRA
NPM :0822137
KELAS:B.5.5

Andaikan saya direktur , saya akan menanyakan lansung kepada kepala kebersihan rumah sakit itu sendiri.
setelah saya tau visi dan misi dari kepala kebersihan tersebut saya akan memberitaukan manfaat dan tujuan serta tugas2 yg harus di lakukan
oleh kepal kebersihan serta pegawai2 kerja yg bersangkutan dgn cara melakukan pelatihan yg wajib di ikuti oleh kepala kebersihan dan pegawai2 rumah sakit karena dengan melakukan pelatihan tentang manfaat kebersihan serta tugas yg harus di lakukan oleh kepala kebersihan tersebut , mereka dapat mengetahui apa saja yg harus mereka lakukan serta dgn melakukan pelatihan tersebut orang2 bisa mengetahui perkerjaan dr kepala kesehatan rumah sakit tersebut dgn cara itu pula perkerjaan mereka dapat dihargai dan d akui oleh pegawai kerja lainnya.

nama : Henisusanti
npm : 0822254
Sebelum melakukan pelatihan saya sebagai direktur , saya akan terjun langsung untuk mencari permasalah dan keluhan para karyawan tersebut.Setelh itu baru merangkai bagaimana amembuat semua karyawan disusrtu rumah sakit itu menjadi karyawan yang bertanggung jawab, dan sikp profesional sebagai karyawan;.jadi setelah dilakukan pelatihan supaya tidak adalagi antara kesenjangan antar a kryawan dan atasanya yang ada dan sebagai seorang pemimpin hendaknya memiliki jalinan komunikasi atau silahturahmi yang baik kepada bawah agar tidak ada atasan tidak ada bawahan.
Kemudian saya akan melakukan penelitian tentang keluhan para petugas, terkadang para petugas melakukan tugasnya tidak sesuai dengan ketarmpilan dan kemanpuan maka hal tersebut sangat merugikan pihak perusahaan. dan saya akan memutuskan mencari para petugas yang sesuai dengan pekerjaan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites