Wednesday, November 10, 2010

Manajemen Sistem Kepelatihan B.5.4

Situasi:
Anda seorang direktur pelayanan pendidikan pada sebuah rumah sakit besar. Pimpinan rumah sakit menerima sejumlah keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, meskipun masing- masing telah menyelesaikan prajabatan dengan baik ketika pertama kali bekerja. Anda diberi tugas untuk merancang sebuah program pelatihan lengkap untuk para petugas kebersihan tersebut dengan segera sehingga program itu dapat dipakai pada bulan yang akan datang. Pelatihan berlangsung selama 1 hari (8jam). Dan tidak ada kendala dana.
Dalam percakapan dengan kepala petugas kebersihan, anda diberi tahu bahwa ia juga telah mendengar keluhan itu. Namun, ia menyangkal tuduhan bahwa petugasnya tidak menyadari kewajibannya. Ia mengatakan bahwa gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan lain menyebabkan semangat kerja mereka rendah serta banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas anda???

29 komentar:

Nama : Erni Zahara
NMP : 0822 204
Kelas : B.5.4

Saya akan memulai tugas saya dengan meneliti permasalahan dengan terjun langsung kelapangan, saya akan menanyakan dan melihat langsung keadaan yang menjadi pokok permasalahan.
Setelah itu saya menyusun rencana pelaksanaan secara matang, yang menjadi objek saya adalah karyawan dan petugas kebersihan, sebab salah satu pokok kurang giatnya petugas kebersihan bekerja adalah kurangnya perhargaan dari karyawan.
kemudian saya menentukan tempat, waktu dan pelatih yang sesuai dengan angaran yang ada.
Untuk pemberitahuannya saya akan membuat surat yang ditujukan kepada kepala pimpinan suatu instansi untuk bersedia mengirimkan petugas kebersihan dan karyawannya untuk mengikuti kepelatihan.
Dalam pelatihan tersebut akan disampaikan bahaimana menjadi petugas yang baik dan berkualitas dan bagaimana menghargai seorang petugas.
Untuk karyawan agar lebih paham akan manfaat keberadaan mereka, sehingga tarap kehidupan mereka menjadi sebuah prioritas bukan sampingan belaka.

selain itu dalam pelatihan itu saya akan membuatkan sertifikasi untuk petugas yang mengikuti kepelatihan itu. bila petugas telah memiliki sertifikasi tersebut berarti mereka layak mendapatkan perlakuan yang baik dan limit gaji yang sesuai dengan apa yang mereka berikan.

Nama :Wita desriyanti
Npm :0822 187
Kelas:B.5.4

Sebelum saya melakukan kepelatihan' yang pertama saya lakukan meneliti langsung permasalahan yang ada dengan cara terjun langsung ke lapangan'dengan itu kita dapat mengetahui permasalahan atau kendala yang di hadapi dalam melakukan kepelatihan tersebut tampa adanya kendala dana atau kendala lainya,sehinngga kepelatihan tersebut dapat bejalan dengan baik.

langkah yang akan saya lakukan yaitu sebagai berikut :
pertama, menulusuri lebih dalam tentang maslah masalah yang ada. kedua, mengmukan pendapat kedua belah pihak sehingga dapat diambil jalan tengahnya atau penyelesaian dari masalah tersebut. ketiga, mengadakan pelatihan dengan tema "Profesionalisme dalam Bekerja" dengan melibatkan semua karyawan dan atasan yang bersangkutan, karena ciri dari Profesionalisme tersebut adalah :

Adapun ciri-ciri seorang profesional :
•Mempunyai pengetahuan yang tinggi di bidangnya
•Mempunyai ketrampilan yang tinggi di bidangnya
•Mempunyai pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi
•Cepat tanggap terhada masalah client, paham terhadap isyu-isyu etis serta tata nilai kilen-nya
•Mampu melakukan pendekatan multidispliner
•Mampu bekerja sama
•Bekerja dibawah disiplin etika
•Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat.

Nama : Desi Puspita Sari
NPM : 0822019
Kelas : B.5.4

Tahap awal dalam program pelatihan ini adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran baru dalam diri tiap-tiap petugas kebersihan itu bahwa tenaga mereka sangat dibutuhkan di rumah sakit. Dengan demikian rancangan materi pelatihan tidak selalu teknis, tapi juga psikis motivatif dan untuk masuk pada tahap ini perlu adanya pengakomodasian aspirasi antara pihak rumah sakit dan para petugas kebersihan tiap petugas kebersihan diberi kesempatan mengkomunikasikan unek-unek mereka (kesan, pendapat soal kerja).
Manajer pelatihan sendiri menjadi fasilitator atau menunjuk seseorang sebagai fasitator. Ia nantinya juga akan menanyakan ‘mengapa’ para petugas kebersihan itu tidak bekerja secara maksimal.
Dalam hal ini, saya melihat ada 2 masalah yang harus diselesaikan :
• Apakah benar mereka tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai keterampilan? Atau
• Mereka tahu kewajibannya dan punya keterampilan yang mampu, tapi karena kurangnya penghargaan atas mereka ditambah rendahnya gaji membuat mereka bermalas-malasan bekerja.
Disini selain pendekatan dengan fasilitator tetapi juga harus dilaksanakannya pendekatan dengan humas rumah sakit karena humas juga berperan penting dalam mengatur segala hal kegiatan.
Dalam kegiatan ini seorang fasilitator dibantu humas untuk mempertemukan pihak rumah sakit dan petugas kebersihan rumah sakit agar terjadinya komunikasi dan apabila masalahnya petugas kebersihan tidak tahu bagaimana cara membersihkan peralatan-peralatan rumah sakit dengan baik maka disinilah diajarkan segala sesuatunya. Sehingga disini pihak rumah sakit dan petugas kebersihan rumah sakit saling menguntungkan.

Nama:muhamad alpa robbi
npm:0822212
kls: b.5.4
saya akan memulai yang terutama melihat langsung keadaan yang ada dilapangan, apa yang terjadi?
setelah kita mendapat keluhan dari mereka baru kita membuat suatu pelatihan yang berkaitan dari pokok permasalhan yag ada, jadi bagimana menikapi antara karyawan dan atasanya , didalm suatu pelatihan bagaimana menyikapi atasan dengan bahwannya begitu pun sebaliknya. Setelah itu baru kita mengirimkan surat kepada karyawan , semua karywan harus mengikuti pelatihan tersebut.setelah selesai melakukan suatu pelatihan , peserta diberikan sertifikat bahwa mereka telah mengikuti pelatihan .dan kita akan menyeleksi karyawan yang benar benar bekerja lalu kita berikan penghargaan , selain itu kita akan melakukan pelatihan 1 tahun sekali . guna untuk pengembangan dan sikap profesional para karyawan.

Bismillahhirrohmaanirrohim
Dalam menyikapi permasalahan ini, menurut saya langkah awal yang harus saya lakukan adalah menanyakan dengan pasti perihal permasalahan kepada pimpinan rumah sakit apakah benar petugas kebersihan memang benar-benar tidak menyelesaikan tugasnya dengan baik dan jika memang benar saya akan bertanya kembali kepada pimpinan rumah sakit, apakah penyebab hal ini bisa terjadi?

Setelah mengetahui pokok permasalahannya. Langkah selanjutnya yaitu saya akan mengumpulkan para karyawan rumah sakit untuk dimintai keterangan perihal perilaku para petugas kebersihan yang tidak bekerja dengan baik dan Apakah penyebab hal ini bisa terjadi?

Selanjutnya saya akan menemui para petugas kebersihan terutama pimpinannya untuk dimintai keterangan dengan jelas mengapa para petugas kebersihan tidak bekerja dengan baik, Apakah penyebab hal ini bisa terjadi?

Setelah saya mendapatkan semua jawaban maka saya akan mengumpulkan para petugas kebersihan, para karyawan rumah sakit serta pimpinan rumah sakit dan saya akan memberikan pengarahan bahwa sanya antara pimpinan, karyawan dan petugas kebersihan, kalian semua tidak memiliki koordinasi yang baik, tidak memiliki rasa saling menghargai serta tidak memiliki rasa persaudaraan yang tinggi. Untuk itu semua karyawan, petugas kebersihan serta pimpinan rumah sakit harus introfeksi diri dan muhasabah diri atas apa yang sedang terjadi.

Untuk kepelatihan yang akan saya lakukan bagi para petugas kebersihan yaitu:
1. Bagaimana cara menumbuhkan sikap melatih diri untuk belajar menyenangi terlebih dahulu profesi pekerjaan yang kita lakukan.
2. Bagaimana cara melakukan pekerjaan tersebut dengan tulus ikhlas agar pekerjaan yang kita lakukan terasa ringan meskipun pekerjaan tersebut terasa berat untuk dilakukan.
3. Melatih kedisiplinan antar sesama petugas kebersihan
4. Melatih koordinasi yang baik dengan pimpinan serta para karyawan, dan jika ada suatu permasalahan maka silahkan laporkan kepada pimpinan/atasan, karena setiap ada permasalahan pasti ada jalan keluarnya.
5. kepelatihan untuk menjaga nama baik tempat kita bekerjaan, baik lisan maupun tulisan.

Untuk pimpinan dan karyawan saya akan memberikan kepelatihan yang harus ditanamkan dalam diri adalah sikap saling memahami, menghargai serta menjalin hubungan yang harmonis dan hubungan tali silahturahmi antar sesama.

Nama : yuhdi Hardiyanto
Npm : 0822 035
Kelas: B.5.4

Bismillahirrahmanirrahim
Dari masalah diatas, telah didapat permasalahan dari berbagai sudut pandang.
1.direktur: petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak memiliki keterampilan melakukan pekerjaannya
2.Kepala petugas kebersihan: permasalahan terletak pada gaji yang minim sehingga kinerja juga minim.
Desain pelatihan (8 jam) yang cocok sebagai berikut:
A.Materi yang disampaikan:
1.Kutamaan kebersihan dan peran petugas kebersihan (fokus target seluruh elemen)
2.Pemimpin yang adil dan bijaksana (fokus target direktur)
3.Arti kerja sama dalam sebuah lembaga (fokus target seluruh elemen agar saling menghargai)
B.Peserta:
Seluruh elemen rumah sakit dengan menyisakan elemen dokter dan perawat untuk menangani pasien
C.Setting pelatihan:
1.4 jam pertama Materi 2&3 disajikan oleh seorang pemateri dgn kemampuan motivasi yang tinggi)
2.4 jam kedua Materi 1 disajikan oleh seorang dari dinas kebersihan diringi video contoh tempat-tempat yang bersih dan kotor serta dampaknya.

Nama :Yeti Nudia Wati
NPM :0822 167
Kelas:B.5.4

Pertama-tama yang akan saya lakukan ialah mengadakan sebuah penelitian secara langsung terjun kelapangan serta melihat kejadian apa yang sedang dihadapi.dalam manajemen sistem penelitian ini saya akan mengangkat tema tentanng "profesionalisme bekerja" yang mana sasarannya akan saya tujukan kepada seluruh pihak yang bersangkutan.mengapa demikian, karna dari sekian banyak pekerja yang ada dirumah sakit tersebut kurangnya penghargaan serta menimnya gaji.oleh karna itu saya selaku peneliti akan memberi arahan yang sesuai agar pekerja bisa memahami arti sebuah profesional dalam melakukan pekerjaan.

Nama : Puji Haryani
NPM : 0822024
Kelas : B.5.5

Tindakan saya pertama-tama mengetahui terlebih dahulu titik permasalahan yang dilakukan oleh pegawai tersebut dengan cara menyelidiki secara langsung ke lapangan agar informasi yang diperoleh akurat dan di percaya kebenarannya.
Setelah tahu titik permasalahan yang kenyataannya memang benar yang disampaikan oleh Dokter dan Perawat tersebut, maka saya akan segera menindaklanjuti permasalahan yang dilakukan oleh petugas kebersihan rumah sakit tersebut dengan cara:
Pertama,memberi teguran kepada pegawai kebersihan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang sudah ada. Jika cara pertama tidak berhasil maka kita akan gunakan cara kedua yaitu memberikan pengarahan kepada pegawai kebersihan rumah sakit tersebut akan pentingnya suatu kebersihan di sekitar lingkungan, jika lingkungan kita tidak bersih maka akan mudahnya datangnya benih-benih penyakit seperti nyamuk dll. Kalau cara ketiga tidak berhasil juga, maka kita akan gunakan cara yang ketiga, yaitu memberikan kepelatihan kepada pegawai kebersihan tersebut bagaimana cara kita merawat dan menjaga lingkungan kita agar bersih dan nyaman. Karena jika lingkungan disekitar rumah sakit bersih maka pasien yang dirawat juga akan merasa nyaman dan itu juga merupakan salah satu faktor kita untuk hidup sehat.
Saran saya untuk petugas kebersihan di rumah sakit agar lebih paham mengenai manfaat kebersihan di sekitar kita sehingga dengan terciptanya suatu kebersihan di lingkungan sekitar maka taraf kehidupan mereka akan menjadi lebih baik.

Nama : Puji Haryani
NPM : 0822024
Kelas : B.5.4

Tindakan saya pertama-tama mengetahui terlebih dahulu titik permasalahan yang dilakukan oleh pegawai tersebut dengan cara menyelidiki secara langsung ke lapangan agar informasi yang diperoleh akurat dan di percaya kebenarannya.
Setelah tahu titik permasalahan yang kenyataannya memang benar yang disampaikan oleh Dokter dan Perawat tersebut, maka saya akan segera menindaklanjuti permasalahan yang dilakukan oleh petugas kebersihan rumah sakit tersebut dengan cara:
Pertama,memberi teguran kepada pegawai kebersihan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang sudah ada. Jika cara pertama tidak berhasil maka kita akan gunakan cara kedua yaitu memberikan pengarahan kepada pegawai kebersihan rumah sakit tersebut akan pentingnya suatu kebersihan di sekitar lingkungan, jika lingkungan kita tidak bersih maka akan mudahnya datangnya benih-benih penyakit seperti nyamuk dll. Kalau cara ketiga tidak berhasil juga, maka kita akan gunakan cara yang ketiga, yaitu memberikan kepelatihan kepada pegawai kebersihan tersebut bagaimana cara kita merawat dan menjaga lingkungan kita agar bersih dan nyaman. Karena jika lingkungan disekitar rumah sakit bersih maka pasien yang dirawat juga akan merasa nyaman dan itu juga merupakan salah satu faktor kita untuk hidup sehat.
Saran saya untuk petugas kebersihan di rumah sakit agar lebih paham mengenai manfaat kebersihan di sekitar kita sehingga dengan terciptanya suatu kebersihan di lingkungan sekitar maka taraf kehidupan mereka akan menjadi lebih baik.

Nama : Puji Haryani
NPM : 0822024
Kelas : B.5.4

Tindakan saya pertama-tama mengetahui terlebih dahulu titik permasalahan yang dilakukan oleh pegawai tersebut dengan cara menyelidiki secara langsung ke lapangan agar informasi yang diperoleh akurat dan di percaya kebenarannya.
Setelah tahu titik permasalahan yang kenyataannya memang benar yang disampaikan oleh Dokter dan Perawat tersebut, maka saya akan segera menindaklanjuti permasalahan yang dilakukan oleh petugas kebersihan rumah sakit tersebut dengan cara:
Pertama,memberi teguran kepada pegawai kebersihan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang sudah ada. Jika cara pertama tidak berhasil maka kita akan gunakan cara kedua yaitu memberikan pengarahan kepada pegawai kebersihan rumah sakit tersebut akan pentingnya suatu kebersihan di sekitar lingkungan, jika lingkungan kita tidak bersih maka akan mudahnya datangnya benih-benih penyakit seperti nyamuk dll. Kalau cara ketiga tidak berhasil juga, maka kita akan gunakan cara yang ketiga, yaitu memberikan kepelatihan kepada pegawai kebersihan tersebut bagaimana cara kita merawat dan menjaga lingkungan kita agar bersih dan nyaman. Karena jika lingkungan disekitar rumah sakit bersih maka pasien yang dirawat juga akan merasa nyaman dan itu juga merupakan salah satu faktor kita untuk hidup sehat.
Saran saya untuk petugas kebersihan di rumah sakit agar lebih paham mengenai manfaat kebersihan di sekitar kita sehingga dengan terciptanya suatu kebersihan di lingkungan sekitar maka taraf kehidupan mereka akan menjadi lebih baik.

Nama : Gita Arizona
NPM : 0822171
Kelas : B.5.4




Ketepatan penempatan pegawai pada satu pekerjaan merupakan suatu harapan bagi instansi untuk meningkatkan kinerja instansi. Pegawai yang bekerja pada bidang pekerjaan sesuai dengan kompetensinya memberikan dorongan secara internal pada dirinya untuk memacu kinerja.
Disini yang akan saya lakukan pertama kali adalah mengadakan survei secara langsung tehadap pegawai-pegawai yg akan diberi kepelatihan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan nya serta mendengarkan keluhan-keluhan dari mereka.setelah mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada saya akan menyiapkan jenis kepelatihan apa yang tepat untuk diberikan kepada mereka.

Kepelatihan yang akan saya berikan harus memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:
1.memastikan bahwa pelatihan memang merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja pegawai dan produktivitas Instansi/lembaga
2.memastikan bahwa para partisipan yang mengikuti pelatihan benar-benar orang-orang yang tepat
3.memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan selama pelatihan benar-benar sesuai dengan elemen-elemen kerja yang dituntut dalam suatu jabatan tertentu
4.mengidentifikasi bahwa jenis pelatihan dan metode yang dipilih sesuai dengan tema atau materi pelatihan
5.memastikan bahwa penurunan kinerja atau pun masalah yang ada adalah disebabkan karena kurangnya pengetahuan, ketrampilan dan sikap-sikap kerja; bukan oleh alasan-alasan lain yang tidak bisa diselesaikan melalui pelatihan

Terima kasih.
:)

Nama : Gita Arizona
NPM : 0822171
Kelas : B.5.4




Ketepatan penempatan pegawai pada satu pekerjaan merupakan suatu harapan bagi instansi untuk meningkatkan kinerja instansi. Pegawai yang bekerja pada bidang pekerjaan sesuai dengan kompetensinya memberikan dorongan secara internal pada dirinya untuk memacu kinerja.
Disini yang akan saya lakukan pertama kali adalah mengadakan survei secara langsung tehadap pegawai-pegawai yg akan diberi kepelatihan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan nya serta mendengarkan keluhan-keluhan dari mereka.setelah mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada saya akan menyiapkan jenis kepelatihan apa yang tepat untuk diberikan kepada mereka.

Kepelatihan yang akan saya berikan harus memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:
1.memastikan bahwa pelatihan memang merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja pegawai dan produktivitas Instansi/lembaga
2.memastikan bahwa para partisipan yang mengikuti pelatihan benar-benar orang-orang yang tepat
3.memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan selama pelatihan benar-benar sesuai dengan elemen-elemen kerja yang dituntut dalam suatu jabatan tertentu
4.mengidentifikasi bahwa jenis pelatihan dan metode yang dipilih sesuai dengan tema atau materi pelatihan
5.memastikan bahwa penurunan kinerja atau pun masalah yang ada adalah disebabkan karena kurangnya pengetahuan, ketrampilan dan sikap-sikap kerja; bukan oleh alasan-alasan lain yang tidak bisa diselesaikan melalui pelatihan

Terima kasih.
:)

nama:yopi afrika
kls:b.54
npm:0822050P



tidak sedikit sebenarya orang-orang yang mempunyai keahlian kuhsus.dalam sebuah rumah sakit perlulah melakukan kepelatihan untuk meningkatkan kopetensi.dalam perusahan kompetensi karyawan menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja. Betapa tidak, lingkungan di luarperusahaan yang begitu dinamis menuntut karyawan untuk selalu berjalan seiring dengan perubahan.
Bisa jadi karyawan yang selama ini memiliki kepandaian bagus belum memiliki kompetensi seperti yang diharapkan. Pasalnya, si karyawan tidak mampu bekerja sesuai dengan yang seharusnya.

Agar karyawan dapat bekerja sesuai dengan kompentensinya, perlu kitadiupayakan pelatihanpelatihan tambahan. Dengan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan lingkup pekerjaan, diharapkan kompetensinya meningkat.
Untuk pelatihan yang spesifik langsung diberikan secara terpisah kepada bagian operasional, misalnya saja mereka diberi beban finance, sirkulasi, beban HRD dan lainnya.

Sedangkan pelatihan secara umum dapat dilakukan secara bersamaan. Pelatihan secara bersama biasanya berupa pelatihan pengembangan kesadaran (awareness).

Pelatihan ini diberikan lebih santai karena sifatnya untuk memberikan motivasi. Bagaimana sebuah tim solid dan pintar melakukan pemecahan masalah, adalah fokus pelatihan ini.

Pelatihan kedua, dengan memberikan materi pengembangan hard skill atau proses penambahan pengetahuan. Pelatihan ini diberikan untuk membekali karyawan dengan pengetahuan baru.

menurut saya cukup sekian saja jadilah ye..dak usah panjang2 yang penting inti ye heheh

Nama :Puspasari
NPM :08 22 050
Kelas :B.5.4

Hal pertama yang harus saya lakukan sebagai seorang direktur rumah sakit yaitu saya meneliti objek permasalahan yang timbul dengan cara terjun langsung kelapangan. Setelah mengetahui objek permasalahan yang timbul, saya mulai menyusun rencana untuk memecahkan masalah tersebut. Ternyata objek permasalahan nya terletak pada karyawan dan petugas kebersihan. Dan yang menjadi inti dari permasalahan ini yaitu, kurangnya penghargaan dari para karyawan.
Setelah mengetahui semuanya saya akan mengadakan pelatihan yang ditujukan kepada karyawan dan petugas kebersihan untuk memperjelas semua permasalahan yang timbul. Saya mulai menentukan waktu dan tempat pelaksanaan dengan melihat dana yang ada. Agar semua karyawan dan petugas kebersihan mengetahui pelatihan tersebut akan diadakan saya memberi pengumuman kepada seluruh karyawan dan petugas kebersihan.
Dalam kepelatihan yang saya adakan, saya menyampaikan bahwa sebagai seorang karyawan kita harus menghargai kinerja petugas kebersihan. Dan untuk petugas kebersihan, mereka harus berusaha menjadi petugas kebersihan yang baik agar mereka lebih dihargai.

Terima kasih !!!

Nama : Tika Puspita Sari
Npm : 0822070
Kelas: B.5.4

Pertama saya akan melakukan tugas saya ini dengan mengadakan suatu penelitian yang berhubungan langsung dengan pokok dari permasalahan yang dihadapi,dengan cara melakukan penelitian secara langsung dengan terjun langsung kepermasalahan tersebut, setelah saya mengetahui apa dari permasalahan tersebut untuk selanjutnya saya akan melakukan suatu rencana kepelatihan untuk para petugas dan karyawan. dimana tempat dan waktunya telah di tw\entukan dengan baik agar hasil yang didapatn lebih baik dari sebelumnya.dimana dalam kepelatihan tersebut akan disampaikan kepada para petugas agar dapat menjadi seorang petugas yang baik dan berkualitas.
untuk para karyawan hendaknya mereka lebih bisa memahami apa manfaat dan maksud dari keadaan mereka,sehinggatidak akan ada lagi masalah yang akan timbul seperti ini.
selain dari itu dalam kepelatihan tersebut saya akan memberikan pengharggan berupa penghargaan yang berupa sertifikasi agar para petugas dan karyawan dapat disebut sebagai petugas yang baik dan berkualitas, sesuai yang diharapkan.
Terimakasih.

:)

Nama : Nelly Nova Lind
NPM : 0822 184
Kelas: B.5.4



Bismillahirrahmannirrohim....
Pertama-tama yang saya lakukan adalah mengadakan suatu penelitian dengan cara terjun langsung kelapangan,dengan tujuan supaya saya tahu langsung permasalahan apa yang terjadi sehingga mengakibatkan ketidak bersihan pada rumah sakit tersebut,,, Setelah itu saya akan melakukan suatu pelatihan sederhana dengan tema kedisiplinan pegawai.. dengan tujuan supaya seluru pegawai sadar akan propesi yang di gelutin nya ... Dengan adanya kesadaran pegawai otomatis permasalahan yang ada pada rumah sakit tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada lagi keluhan-keluhan dari pengunjung rumah sakit / pasien rumah sakit maupun pihak dari rumah sakit itu sendiri. :)

Nama :Merry Marthatilova
NPM :08 22 185
Kelas :B.V.4

Yang saya akan lakukan adalah dengan menyelidiki terlebih dahulu masalah yang sesungguhnya, maksudnya itu saya akan menanyakan kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Baik dari para karyawan maupun petugas kebersihan tersebut. Dengan demikian saya akan tahu permasalahannya scara detail, setelah itu barulah saya akan menyusun rencana pelaksanaan dengan baik.
Dalam pelatihan nanti saya akan menyampaikan bagaimana menjadi seorang pegawai atau petugas yang baik, profesional, dan berkualitas serta saya akan memberikan bimbingan tentang cara sikap saling menghargai antar sesama.
Karena sudah jelas dikatakan pada permasalahan ini bahwa kurang adanya penghargaan yang diberikan oleh para karyawan terhadap petugas kebersihan. Dengan demikian saya harap apa yang dapat saya lakukan dapat lebih meningkatkan kinerja mereka sehingga mereka bekerja lebih profesional lagi.

^terimakasiiiih...
:))

Nama : Harzawan Murdi
NPM : 0822211

saya akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan para staf dan karyawan untuk membahas masalah kinerja yang ada pada instansi yang saya pimpin untuk membahas masalah profeionalisme kerja yang beretika dan dilandasi kemauan yang tinggi, setelah itu saya akan melakukan pelatihan kembali terhadap karyawan khususnya yang menangani bidang kenersihan, yang dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat mengubah prilaku dan sikap yang dimiliki oleh karyawan sehingga mereka bisa bekerja secara profesional guna untuk mencapai tujuan bersama.

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Nama : Theodorus Vebrian
NPM : 0822 106
Kelas :B.5.4

dari masalah yang terlihat seperti itu, saya sebagi direktur pelayanan pendidikan pertama-tama akan melihat akar masalah yang terjadi di lingkungan kerja tersebut,
mengapa mereka bisa tidak saling menghargai ?
mengapa mereka mengeluhkan gaji yang relatif tidak sesuai ?
atau apa sebenarnya yang menyebabkan mereka keluar masuk kerja ?

hal tersebut dapat kita nilai tapi terlebih dahulu harus dilihat sejauh mana peran rumah sakit dalam memperhatikan kesejahteraan pegawainya dengan melakukan analisis kebutuhan pegawai, penilaian kerja pegawai atau bahkan pengadaan pegawai yang kurang.
jika dengan cara tersebut permasalahan-permasalahan dapat terjawab akar masalahnya, maka langkah berikutnya adalah menyiapkan bahan penyusunan program yang harus selalu sinkron dengan akar masalah,
kemudian merencanakan program kepelatihan, bila perlu harus dibuat juga job deksripsi yang sesuai..

untuk masalah non teknis lainnya mungkin dengan bekerjasama dengan yang lain, bisa membuat usulan gaji, kenaikan gaji berkala, dan semua hal yang dapat memberi motivasi kerja kepada pegawai, bisa juga dengan cara lain seperti acara silaturahmi untuk membuat keakraban antara sesama pegawai...

Terimakasih...

Menurut saya untuk memulai sesuatu perkerjaan membutuhkan program kepelatihan itu dan merancang sesuatu kepelatiahan dengan semaksimal mungkin agar dalam perkerjaan kita bisa berjalan dengan baik.meskipun sesorang derektur harus menerima keluhan-keluhan dari seseoarng dokter,karyawan,perawat,petugas sedangkan seseorang drektur tersebut harus menganggapi keluhan-keluhan yang di berikan oleh seorang dokter dan yang lain nya dan menyelesaikan permaslahan keluhan tersebut secara bersama-sama.Seharus nya sebagai seseorang drektur mencontohkan kepada seseorang petugas kebersihan sehingga menunjukan rumah sakit itu nyaman,teteram,tenang,bersih dan rapi.
Seseorang drektur harus membuat peraturan yang ada di rumah sakit agar pihak kebersihan lebih tau atau paham dengan adanya peraturan yang telah di tentukan oleh pihak rumah sakit.mungkin memang benar petugas kebersihan tidak menyadari kewajiban nya karena terjadi kesalahan sedikit saja petugas kebersihan selalu merasa di rendahkan derajat nya. Di samping itu gaji mereka rendah dan tidak ada penghargaan dari seseorang drektur,karyawan lain nya,padahal kalau tidak ada tugas kebersihan tidak akan tercemin nya suatu kebersihan. sehingga meraka malas untuk berkerja sebab tidak ada motivasi oleh seseorang derektur tersebut. Pada inti nya saling menghargai sesama karyawan ,petugas kebesihan dan yang lainnya dan tidak merendahkan satu sama lain karena kita belum tentu bisa melaksanakan kewajiban perkerjaan masing-masing.

Menurut saya untuk memulai sesuatu perkerjaan membutuhkan program kepelatihan itu dan merancang sesuatu kepelatiahan dengan semaksimal mungkin agar dalam perkerjaan kita bisa berjalan dengan baik.meskipun sesorang derektur harus menerima keluhan-keluhan dari seseoarng dokter,karyawan,perawat,petugas sedangkan seseorang drektur tersebut harus menganggapi keluhan-keluhan yang di berikan oleh seorang dokter dan yang lain nya dan menyelesaikan permaslahan keluhan tersebut secara bersama-sama.Seharus nya sebagai seseorang drektur mencontohkan kepada seseorang petugas kebersihan sehingga menunjukan rumah sakit itu nyaman,teteram,tenang,bersih dan rapi.
Seseorang drektur harus membuat peraturan yang ada di rumah sakit agar pihak kebersihan lebih tau atau paham dengan adanya peraturan yang telah di tentukan oleh pihak rumah sakit.mungkin memang benar petugas kebersihan tidak menyadari kewajiban nya karena terjadi kesalahan sedikit saja petugas kebersihan selalu merasa di rendahkan derajat nya. Di samping itu gaji mereka rendah dan tidak ada penghargaan dari seseorang drektur,karyawan lain nya,padahal kalau tidak ada tugas kebersihan tidak akan tercemin nya suatu kebersihan. sehingga meraka malas untuk berkerja sebab tidak ada motivasi oleh seseorang derektur tersebut. Pada inti nya saling menghargai sesama karyawan ,petugas kebesihan dan yang lainnya dan tidak merendahkan satu sama lain karena kita belum tentu bisa melaksanakan kewajiban perkerjaan masing-masing.

Nama : Ardan Boediman
Npm : 0822198
Kelas : b.5.4

saya akan mencari tau pokok permasalahannya. baik terjun langsungt kelapangan maupun mengajak mereka saling sharing. supaya saya dapat mengetahui pokok permasalahannya. kemudian kalo menurut saya semua masalah sudah jelas. saya akan membentuk tim untuk mengadakan pelatihan. nantinya saya akan mengundang seorang motivator yang bisa memberikan pendidikan baik pendidikan moral maupun pendidikan dalam lapangan (bidang kerja). dan bagi yang mengikuti pelatihan akan diberikan penghargaan atau sertifikat guna memotivasi mereka.dan dlm pelatihan itu juga nantinya saya akan menghadirkan segenap karyawan lainnya, ini berguna agar mereka merasa mendapat dukungan dan perhatian dari rekan kerja lainnya. sukses untuk anda.

Nama : yunepi Fitriyani
NPM : 0822169
Kelas : B.5.4

Mengadakan sebuah penelitian yang bertemakan “propesionalisme dalam bekerja” dan sasaran ditujukan pada seluruh perangkat atau petugas yang terlibat langsung dalam rumah sakit tersebut.
Pimpinan juga hendaknya memperhatikan prestasi kerja karyawan, seperti memberikan Piagam penghargaan bagi karyawan yang dapat menghargai jam kerja/disiplin kerja ataupun dalam hal pelayanan dan banyak hal yang berkaitan dengan Motivasi kerja dalam lingkungan instansi dengan tujuan untuk menambah semangat kerja karyawan.
Pimpinan hendaknya memperhatikan gajih bagi tiap-tiap karyawan.
Memberikan insentif/bonus berkemungkinan besar hal ini dapat mendorong semangat kerja dan kewajiban kerja pun dapat terlaksanakan..
Adanya saling menghargai terhadap bawahan agar semuanya bias berjalan dengan baik dan bias terjalin hubungan yang harmonis.

This comment has been removed by the author.

Nama : HERYZAL
NPM : 0822210
Kelas : B.5.4

saya akan memulai melihat langsung keadaan situasi yang ada dilapangan, apa yang terjadi dan apa penyebab permasalahannya?
Setelah mengetahui pokok permasalahannya. Langkah selanjutnya yaitu saya akan mengumpulkan para karyawan rumah sakit untuk dimintai keterangan perihal perilaku para petugas kebersihan yang tidak bekerja dengan baik dan melihat langsung cara kinerja petugas kebersihan tersebut.
Sesudah saya mendapatkan semua jawaban maka saya akan mengumpulkan para petugas kebersihan, para karyawan rumah sakit serta pimpinan rumah sakit dan saya akan memberikan pengarahan bahwa sanya antara pimpinan, karyawan dan petugas kebersihan, kalian semua tidak memiliki koordinasi yang baik, tidak memiliki rasa saling menghargai serta tidak memiliki rasa persaudaraan yang tinggi. Untuk itu semua karyawan, petugas kebersihan serta pimpinan rumah sakit harus introfeksi diri atas apa yang telah terjadi.
Untuk memberin efek jerah saya akan membuat surat yang ditujukan kepada kepala pimpinan suatu instansi untuk bersedia mengirimkan petugas kebersihan dan karyawannya untuk mengikuti kepelatihan.

Sekian dan terima kasih

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites