Wednesday, November 10, 2010

Manajemen Sistem Kepelatihan B.5.3

Situasi:
Anda seorang direktur pelayanan pendidikan pada sebuah rumah sakit besar. Pimpinan rumah sakit menerima sejumlah keluhan baik dari dokter maupun perawat yang menyatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, meskipun masing- masing telah menyelesaikan prajabatan dengan baik ketika pertama kali bekerja. Anda diberi tugas untuk merancang sebuah program pelatihan lengkap untuk para petugas kebersihan tersebut dengan segera sehingga program itu dapat dipakai pada bulan yang akan datang. Pelatihan berlangsung selama 1 hari (8jam). Dan tidak ada kendala dana.
Dalam percakapan dengan kepala petugas kebersihan, anda diberi tahu bahwa ia juga telah mendengar keluhan itu. Namun, ia menyangkal tuduhan bahwa petugasnya tidak menyadari kewajibannya. Ia mengatakan bahwa gaji yang rendah dan kurangnya penghargaan dari karyawan lain menyebabkan semangat kerja mereka rendah serta banyak dari mereka yang masuk- keluar kerja.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas anda???

38 komentar:

yaitu merumuskan masalah. menyusun kegiatan, merencanakan pelaksanaan pelatihan, tahapan-tahapan pelaksanaan dengan jelas dan rinci, bentuk panitia pelaksana yang terdiri dari ketua pelaksana, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan dilengkapi dengan beberapa seksi dan anggota pelaksana, menyiapkan para instruktur,

Nama: Rita purnama sari. nadeak
Npm : 08 22 116

YAng pertama saya lakukan adalah terjun langsung kelapangan dan mengetahui situasi yang terjadi, keluhan-keluhan yang dialami para perawat.
saya akan merancang sebuah program pelatihan yang dimana isusun struktur kerja dan para petugas-petugas yang lainnya.DAn memberikan penjelasan dan arahan tentang pekerjaan yang harus mereka lakukan. dan memberikan dukungan moral dan semangat kepada petugas, agar merreka dapat menghargai pekerjaan mereka dan pekerjaan orang lain dan melakukan melaksanakan kewajiban mereka dengan baik

nama : MARETA ANGGRAINI
NPM : 0822141
yang pertama saya lakukan adalah saya akan terjun langsung kelapangan dan memberi sedikit arahan yang baik. agar para petugas kebersihan dapat memaksimalkan pekerjaannya. kalau untuk masalah gaji, mungkin saya akan mencoba memaksimalkan mungkin, pendapatan atau gaji yang sesuai dengan pekerjaan.atau usaha yang dilakukan oleh para pekerja dirumah sakit tersebut. dan pastinya saya akan lebih bersifat profesional dan dapat memberikan sistem kepelatihan yang sesuai dengan pekerjaan mereka. agar para pekerja dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik dan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

NAMA :NOVIE AZNIATI
NPM : 0822126
yang pertama kali saya lakukan adalah saya akan terjun langsung kelapangan agar langsung mengetahui kendala-kendala apa saja yang terjadi sehingga petugas tidak mengetahui kewajibannya. saya akan memberikan arahan kepada petugas-petugas tersebut agar bisa bekerja dengan baik dan saya akan memberikan pelatihan terhadap petugas-petugas tersebut.agar mereka dapat menghargai pekerjaan mereka dan dapat bertanggung jawab.

Nama : Rika sari
Npm : 09 22 014.P

yang pertama saya lakukan yaitu terjun langsung kelapangan, karena dengan terjun langsung kelapangan kita dapat melihat secara langsung kendala-kendala yang dialami oleh para petugas kebersihan rumah sakit. disamping itu juga kita dapat memberikan arahan atau pelatihan dalam bentuk struktur kerja yang sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing agar dapat dipertanggung jawabkan.

Nama: Mila Dasriati
NPM: 09 22 013.P

Saya akan memulainya dengan melakukan observasi. Dengan melakukan kegiatan observasi kita bisa melihat secara langsung kegiatan di lapangan. Sehingga kita dapat mengetahui masalah yang dialami oleh para petugas kebersihan rumah sakit selama kegiatan berlangsung, dan disini juga kita dapat mengarahkan para petugas agar dapat bekerja secara profesional dan dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Nama: Meina kusmayani
Npm : 0822 131

langkah pertama yang akan saya lakukan adalah,saya akan terjun langsung kelapangan dan melihat kondisi yang terjadi, setelah informasi telah saya dapat. barulah saya menyusun langkah apa yang tepat agar petugas kebersihan tersebut bisa melaksanakan tugas dan kewajibanya.dengan cara,menerima petugas kebersihan yang telah terseleksi dengan melalui tes, didalam pelatihan nanti saya akan langsung membuat jadwal kerja, dan gaji yang akan mereka terima serta organisasi tugas kebersihan rumah sakit tersebut.

Nama : FIKRI ARIANSYAH
NPM : 0822166
Saya akan melakukan observasi dengan cara pendekatan langsung dengan petugas kebersihan agar dapat mengetahui kendala-kendala apa saja yang terjadi di lapangan. Yaitu dengan memberikan sistem kepelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing agar dapat dipertanggung jawabkan, memberikan dukungan moral dan semangat kepada petugas agar dapat menghargai pekerjaan yang dilakukan dan melaksanakan kewajiban mereka dengan baik.

yang akan saya lakukan adalah saya akan menegur langsung untuk memeberikan suatu arahan kapada para peyugas agar dapat melakukan suatutugas itu dengan benar-benar,dan disitu saya akan menanyakan juga apa penyebabnya. kalau memang semua itu masalah gaji,maka saya akan mencoba untuk merubahnya namun pekerjaan ya harus tetap dilakukan dan harus bersifat profesional.

NAMA : JAROL ELMI
NPM : 08 22 133

Langkah yang saya akan ambil yaitu dengan melakukan observasi / pengamatan terhadap masalah yang dihadapi, melakukan pendekatan kepada para pegawai tersebut, baik pendekatan secara personal maupun interpersonal, untuk dapat memahami terhadap apa yang sedang dihadapi.
selanjutnya merencanakan kegiatan kepelatihan yang dapat mengangkat keterampilan dalam bekerja, dengan cara membuat pekerjaan itu menjadi menyenangkan bagi mereka.
memberikan pengarahan akan pentingnya menghargai pekerjaan.
membentuk suatu sistem kerja dalam mengawasi dari kegiatan kepelatihan dan saat praktik kerja lapangan nantinya. sehingga dapat bekerja secara maksimal dan profesional dari masing-masing pegawai tersebut.

Nama :RESI JANUARITA
Npm :08 22 158

Langkah yang akan saya ambil yang pertama adalah,saya akan merancang rencana kegiatan pelatihan petugas kebersihan yang akan saya ambil dan melihat terjun langsung ke lapangan dan mengadakan pendekatan terhadap petugas kebersihan dan saya memberikan pelatihan bagaimana tugas seorang peugas kebersihan dalam melaksanakan pekerjaan nya,dan selanjutnya saya akan membuat sruktur petugas kebersihan.Agar setiap petugas dapat bertanggung jawab dalam pekerjaan nya.

Nama : OKTA SARI
NPM: 0822129

Langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan observasi atau pengamatan langsung ke lapangan. serta memberikan arahan dan masukan agar para petugas kebersihan dapat melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya sesuai dengan profesinya. Karena orang yang profesional pastinya ia dapat menghargai bidang pekerjaannya dengan baik. Kemudian saya akan membuat struktur bidang pekerjaan sesuai dengan profesinya masing-masing sehingga mereka dapat bekerja dengan maksimal sesuai dengan bidang garapannya.

Nama: Mila Dasriati
NPM: 09 22 013.P

Saya akan memulainya dengan melakukan observasi. Dengan melakukan kegiatan observasi kita bisa melihat secara langsung kegiatan di lapangan. Sehingga kita dapat mengetahui masalah yang dialami oleh para petugas kebersihan rumah sakit selama kegiatan berlangsung, dan disini juga kita dapat mengarahkan para petugas agar dapat bekerja secara profesional dan dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Nama : Rika sari
Npm : 09 22 014.P

yang pertama saya lakukan yaitu terjun langsung kelapangan, karena dengan terjun langsung kelapangan kita dapat melihat secara langsung kendala-kendala yang dialami oleh para petugas kebersihan rumah sakit. disamping itu juga kita dapat memberikan arahan atau pelatihan dalam bentuk struktur kerja yang sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing agar dapat dipertanggung jawabkan.

Nama: Meina kusmayani
Npm : 0822 131

langkah pertama yang akan saya lakukan adalah,saya akan terjun langsung kelapangan dan melihat kondisi yang terjadi, setelah informasi telah saya dapat. barulah saya menyusun langkah apa yang tepat agar petugas kebersihan tersebut bisa melaksanakan tugas dan kewajibanya.dengan cara,menerima petugas kebersihan yang telah terseleksi dengan melalui tes, didalam pelatihan nanti saya akan langsung membuat jadwal kerja, dan gaji yang akan mereka terima serta organisasi tugas kebersihan rumah sakit tersebut.

test dulu buk,,, masuk apa ga...

NAMA: ISGIANTO
NPM: 0822 156

Tahap 2: Merencanakan pelatihan
1.Menentukan sasaran
- Menyatakan apa yang harus mampu dilakukan peserta
- Menyatakan standar yang harus dicapai
- Menyatakan batas waktu dimana hal tersebut harus dicapai
2.Mengurai instruksi menjadi beberapa tahapan kunci
- Melakukan pekerjaan atau memperdalam kembali subjek itu
- Membagi pekerjaan menjadi beberapa tahapan
- Memilih poin utama untuk setiap tahapan instruksi
3.Menyiapkan segala sesuatunya dan dan material serta peralatan disiapkan sebelum memulai memberikan instruksi
- Memperhatikan tata letak
- Memiliki material yang tepat
- Semua peralatan yang diperlukan berfungsi dengan baik
- Memutuskan bantuan pelatihan yang akan digunakan
- Memutuskan dimana pelatihan akan berlangsung
4.Membuat rencana pelatihan
- Bagaimana ketidakhadiran peserta dalam kerja bisa ditutupi?
- Bagaimana standar kinerja yang diinginkan?
- Apakah ada target yang harus dicapai?
- Pilih siapa yang harus dilatih
- Atur jadwal untuk penyelesaian pelatihan
- Gunakan kemampuan peserta untuk efek terbaik
- Tetap mengupdate rencana
Tahap 3: Melakukan pelatihan
1.Mempersiapkan peserta untuk melakukan instruksi
- Memberi kemudahan
- Menyatakan secara jelas pekerjaan atau subjek
- Memeriksa pengetahuan peserta pelatihan
- Membentuk ketertarikan dalam mempelajari keahlian
- Memastikan bahwa peserta pelatihan berada pada posisi yang tepat untuk melihat dan mendengar semua instruksi anda.
2.Mempresentasikan material pelatihan
- Menjelaskan, menunjukkan dan memperlihatkan tugas satu tahapan pada satu waktu.
- Menekankan poin-poin penting, khususnya poin-poin tentang keamanan atau kualitas.
- Memberikan instruksi secara jelas dan dengan sabar
- Mendorong peserta pelatihan untuk menyanyakan pertanyaan
3.Memungkinkan peserta pelatihan untuk mencoba menyelesaikan tugas sendiri
- Mengajak peserta pelatihan untuk menunjukkan dan menjelaskan masing-masing tahapan tugas kepada anda
- Memastikan bahwa anda mengoreksi kesalahan saat terjadi
- Memeriksa pemajhaman peserta tentang poin-poin penting saat mereka menunjukkannya
- Melanjutkan sampai semua peserta menguasai semua tahapan.
4.Membiarkan peserta pelatihan bekerja
- Memastikan bahwa mereka menyadari target-target dan prinsip keamanan.
- Jelaskan kepada mereka siapa yang akan membantu mereka jika mereka mengalami masalah.
- Mendorong pertanyaan
- Mencatat kemajuan.

Nama :reka marcalena
Npm :0822 155

Langkah yang akan saya lakukan yaitu melakukan observasi atau pengamatan secara langsung maka akan diketahui pokok permasalahanya .setelah itu saya akan mengadakan pelatihan yang baru,didalam pelatihan ini karyawan dan petugas kebersihan menjadi obyek pertama nya,sebab salah satu kendala kurang giatnya petugas kebersihan karena kurang penghargaan dari karyawanan atau atau pun petugas yng berwenang.dan dalam pelatihan ini saya juga memberikan arahan-arahan yang baik kepada petugas kebersihan agar bisa menghargai pekerjaannya dan bersikap yang prifesional dan tanggung jawab.
Untuk karyawan juga agar menaikkan gaji sesuai dengan apa yang mereka berikan dan karyawan juga menghargai akan keberadaan mereka sehingga mereka akan menganggap pekerjaan mereka sebagai prrioritas utama bukan hanya sekedar sampingan belaka,dan merekan akan bekerja lebih giat lagi.

Nama :reka marcalena
Npm :0822 155

Langkah yang akan saya lakukan yaitu melakukan observasi atau pengamatan secara langsung maka akan diketahui pokok permasalahanya .setelah itu saya akan mengadakan pelatihan yang baru,didalam pelatihan ini karyawan dan petugas kebersihan menjadi obyek pertama nya,sebab salah satu kendala kurang giatnya petugas kebersihan karena kurang penghargaan dari karyawanan atau atau pun petugas yng berwenang.dan dalam pelatihan ini saya juga memberikan arahan-arahan yang baik kepada petugas kebersihan agar bisa menghargai pekerjaannya dan bersikap yang prifesional dan tanggung jawab.
Untuk karyawan juga agar menaikkan gaji sesuai dengan apa yang mereka berikan dan karyawan juga menghargai akan keberadaan mereka sehingga mereka akan menganggap pekerjaan mereka sebagai prrioritas utama bukan hanya sekedar sampingan belaka,dan merekan akan bekerja lebih giat lagi.

apabila saya mendududki jabatan tersebut, langkah pertama yang akan saya lakukan yaitu: obesrvasi lapangan guna mencari tau kejadian yang sedang terjadi, merumuskan masalah,melakukan pendekatan pada para pegawai setelah itu memberikan arahan untuk para petugas serta karyawan yang ada...juga memberikan pelatihan sederha yang akan memotivasi para petugas untuk mempertanggung jawabkan profesi yang mereka emban sesuai dengan tingkatan jabatan dan bagi para karyawan biasa di upayakan untuk menambah gaji, sehingga adanya semangat dalam mengerjakan tugas. sikap profesional dari pemimpin akan akan mendukung keberhasilan dari tujuan yang di inginkan.

This comment has been removed by the author.

Nama : Eko Saputra
Nmp : (08 22 146)
Sebelum saya melakukan program pelatihan' yang saya lakukan terlebih dahulu adalah melakukan observasi langsung sehingga saya bisa mengetahui permasalahan atau kendala yang di hadapi.setelah itu saya menyusun program pelatihan untuk mencegah adanya permasalahan. yang timbul.
program pelatihan yang akan saya buat untuk petugas kebersiah yaitu
-Bagaimana cara menumbuhkan sikap untuk menyenangi pekerjaan yang kita lakukan.
-Bagaimana cara melakukan pekerjaan dengan tulus ikhlas
-Melatih kedisiplinan
-menumbuhkan raya tanggung jawab terhadap pekerjaan dan sopan santun serta ramah-tamah
-Mengembangkan kemampuan dengan memberikan beberapa tugas, bukan hanya satu tugas, disini dapat terlihat bagaimana kemampuannya menjalankan berbagai tugas tersebut
-dan menanam kan sikap profesional kepada setiap petugas kebersihan

NAMA : HENI ANGGRAINI
NPM : 0822 121

Sebagai seorang direktur pelayanan pendidikan yang ditugaskan untuk merancang sebuah program pelatihan untuk para petugas kebersihan, terlebih dahulu hal yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian terhadap keluhan-keluhan tentang para petugas kebersihan yang tidak atau kurang memiliki keterampilan dalam pekerjaannya sehingga kita dapat mengetahui keterampilan dasar apa yang akan kita jadikan sebagai program pelatihan tersebut nantinya (keterampilan yang akan kita berikan kepada para petugas kebersihan). setelah itu langkah selanjutnya kita membuat proposal untuk program kepelatihan, di dalam proposal tersebut telah terdapat rincian lengkap tentang program pelatihan yang akan diselenggarakan yaitu meliputi latar belakang mengapa program ini perlu diadakan, tujuan, manfaat, kerabat kerja atau panitia pelaksana program pelatihan, narasumber, rincian dana dan waktu pelaksanaan. Kemudian langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melaksanakan program pelatihan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dalam proposal tadi. Langkah terakhir adalah kita melakukan evaluasi terhadap program pelatihan yang kita laksanakan tersebut, evaluasi tersebut dapat kita lakukan pada saat program pelatihan berlangsung atau dapat juga dilakukan setelah program pelatihan tersebut telah dilaksanakan.

Nama: NISLA HARIANI
NPM:0822140

Jika saya seoraang direktor pelayanan pendidikan rumah sakit besar saya akan melakukan suatu rencana yang efektif dengan melalui rencana baru yaitu: sebuah program pelatihan lengkap untuk menganalisa para dokter, prawat, dan petugas kebersihan. Yang pertama saya akan melihat kemampuan dokter, prawat, petugas kebersihan, yang kedua saya akan menganalisa pekerjan dari dokter, perawat, dan petugas kebersihan, yang ketiga saya akan mengevaluasi pekerjan dari dokter, prawat, dan petuagas kebersihan. Dengan adanya ketiga program pelatihan di atas dapat saya simpulkan untuk mengetahui apakah dokter, prawat, ptugas kebersihan bekerja dengan baik apa tidak. Setelah dilakukan ketiga diatas saya bisa mengetahui apa benar keluhan yang disampaikan kepada direktor itu benar tentang keluhan-keluhan yang disampaikan oleh dokter, prawat, dan petugas kebersihan.

Nama : Erwan Kurniawan
Npm : 08 22 158

untuk sebelumnya, langkah - langkah yang saya lakukan adalah mengetahui atau menyelidiki dari setiap kesalahan - kesalahan dari setiap petugas kebersihan tersebut, yaitu dengan cara di beri pengarahan dan sistem kepelatihan yang khusus, seperti dengan cara membagi bermacam bidang tugas dari setiap petugas, agar petugas tersebut dapat menjalankan tugas yang sesuai dengan bidang atau ketentuan yang sudah di tetapkan oleh atasan, dengan cara sedemikian para petugas dapat aktif dan bertanggung jawab dalam bidangnya.

informasi yang di dapat dr dokter dan perawat harus di tindak lanjuti terlebih dahulu. dengan cara melakukan wawancara langsung dengan pihak yang bersangkutan. dalam hal ini adalah pihak ketua OB itu sendiri,, dari informasi ketua OB ini dapat di jadikan acuan bagaimana seharusnya permasalahn itu di pecahkan. solusi yang berupa ulasan materi dan kinerja pelatihan yang telah di prospekkan untuk OB di optimalisasikan lagi sesuai dengan dengan kebutuhan kongkrit dari rumah sakit. kepelatihan ulang atau training tersistem dan terprospek pada kebutuhan umum setiap sisi kegiatan rumah sakit. dan hal tersebut harus di di terapkan pada OB(office boy) lama maupun OB yang batu di rekrut. hal ini bertujuan meningkatkan kinerja keprofesionalan setiap karyawan rumah sakit khususnya pada karyawan bagian kebersihan (OB).

nama ; lina budiarti
nmp: 0822145

yang saya lakukan akan membuat sebuah rancangan kepelatihan yaitu sebuah kegiatan untuk merencanakan sebuah kepelatihan dengan jelas dan terprosedur. dan dilengkapi dengan seorang anggota atau badan kepengurusan.

Nama: tri ratna dewi
npm: 0822161

Jika saya seorang direktor pelayanan pendidikan rumah sakit besar saya akan melakukan suatu rencana yang sangat efektif dengan melakukan rencana baru seperti melakukan suatu program pelatihan yang lengkap untuk melakukan analisa para dokter perawat dan petugas kebersihan yang pertama saya lakukan adalah saya akan melihat cara kemampuan dokter perawat dan petugas kebersihan, kedua saya melakukan suatu penelitian pekerjaan para dokter perawat dan petugas kebersihan, yang ketiga saya akan mengajak para dokter perawat petugas kebersihan untuk menyelesaikan masalah yang dituduhkan oleh dokter perawat dan petugas kebersihan. pelatihan ini saya simpulkan bahwa saya dapat mengetahui dokter dan perawat dan petugas kebersihan bekerja dengan baik apa tidak, saya bisa mengetahui apaka keluhan yang disampaikan kepada rektor itu benar tentang keluhan para dokter dan petugas kebersihan.

Nama :reka marcalena
Npm :0822 155

Langkah yang akan saya lakukan yaitu melakukan observasi atau pengamatan secara langsung maka akan diketahui pokok permasalahanya .setelah itu saya akan mengadakan pelatihan yang baru,didalam pelatihan ini karyawan dan petugas kebersihan menjadi obyek pertama nya,sebab salah satu kendala kurang giatnya petugas kebersihan karena kurang penghargaan dari karyawanan atau atau pun petugas yng berwenang.dan dalam pelatihan ini saya juga memberikan arahan-arahan yang baik kepada petugas kebersihan agar bisa menghargai pekerjaannya dan bersikap yang prifesional dan tanggung jawab.
Untuk karyawan juga agar menaikkan gaji sesuai dengan apa yang mereka berikan dan karyawan juga menghargai akan keberadaan mereka sehingga mereka akan menganggap pekerjaan mereka sebagai prrioritas utama bukan hanya sekedar sampingan belaka,dan merekan akan bekerja lebih giat lagi.

NAMA : MIZA NIARTI
NPM : 0822142


Yang pertama saya lakukan adalah terjun langsung kelapangan dan mengetahui situasi yang terjadi, keluhan-keluhan yang dialami para perawat dan para klinik servis.


Dan langsung memberikan sistem kepelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing agar dapat dipertanggung jawabkan, memberikan dukungan moral dan semangat kepada petugas agar dapat menghargai pekerjaan yang dilakukan dan melaksanakan kewajiban mereka dengan baik.


Dan sebagai direktur kita harus memberi motivasi kepada perawat dan klinik servis agar dia bersemangat dalam bekerja……

Nama : ERVINA AFRILIA
Npm : 0822 128



Yang saya lakukan adalah melakukan pengamatan terlebih dahulu untuk mencari permasalahan yang ada, setelah permasalahan ditemukan saya akan mengadakan pelatihan ulang untuk memecahkan masalah tersebut.
Di dalam pelatihan tersebut saya akan memberikan arahan kepada petugas kebersihan agar mereka bertanggung jawab pada pekerjaannya, dan apabila penyebabnya adalah kurangnya penghargaan dan kecilnya gaji, maka hendaknya gaji mereka di naikkan. Agar mereka lebih meningkatkan kinerja mereka.

Sebelum saya memulai pelatihan saya, saya akan melihat terlebih dahulu permasalahan dan mengumpulkan informasi tentang apa yang menjadi permasalahannya. Pada kasus yang saya temui ini ialah banyak yang mengatakan bahwa para petugas kebersihan tidak mengetahui kewajibannya dan banyak yang tidak mempunyai keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik., padahal faktanya para petugas kebersihan telah menyelesaikan prajabatan dengan baik ketika pertama kali bekerja.
Dari data dan informasi yang saya dapatkan ini saya akan memulai langkah saya, yang pertama ialah analisis pemecahan masalah dan selanjutnya membuat sebuah pelatihan. Langkah yang pertama yaitu analisis masalah, dari data yang diperoleh dimana terdapat permasalahan pada para petugas yang tidak mengetahui kewajibannya, disini saya berusaha untuk membuat para petugas itu nantinya jadi mengetahui apa-apa saja kewajiban yang harus mereka lakukan. Kemudian pemecahan masalah selanjutnya ialah saya juga memberi tahu keterampilan apa saja yang harus mereka kuasai. Dari pemecahan masalah tersebut barulah saya akan membuat sebuah pelatihan untuk para petugas kebersihan.
Pelatihan ini berlangsung selama 1 hari (8 jam).
Sasaran : para petugas kebersihan
Judul : Meningkatkan Etos Kerja Yang Maksimal Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan
Tujuan : 1. Membuat para petugas kebersihan mengetahui kewajiban yang harus mereka lakukan
2. Membut para petugas terampil dalam pekerjaannya
3. Meningkatkan kesejahteraan dilingkungan kerja
Waktu : 09.00-17.00 WIB
Tempat : Aula rumah sakit Harapan Bunda
Pemateri : Pimpinan RS. Harapan Bunda, Kepala Bidang Kebersihan Lingkungan
Mengenai panitia dan dana tidak ada kendala.
Kemudian pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi yang pertama akan di isi oleh pimpinan RS. Harapan Bunda dan setelah istirahat siang dilanjutkan dengan penjelasan dari pemateri yang kedua yakni dari Kepala Bidang Kebersihan Lingkungan.
Lalu langkah terakhir ialah saya akan mengadakan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilaksanakn tadi, apakah program pelatihan yang telah saya laksanakan berhasil atau tidak.

seorang derektur pimpinan rumah sakit
saya akan mempelajari dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi petugas kebersihan adalah langkah awal yang harus saya lakukan yaitu mempemerencaanakan,mengorganisasikan menggerakan dan mengawasi agar orang -orang yang dipimpin mau bekerja secara epektif dan efisien.
langkah seterusnya saya akan membuat struktur para petugas kebersiahan agar mereka dapat bertanggug jawab atas tugasnya. didalam kepelatihan ini yang harus kita sajikan adalah pelaksana pelatihan,tahapan-tahapan pelaksana,tujuan plaksana,manfaat, para pgawai waktu dan tempat pelaksanaan dan yang terahir dana.setelah itu kita akan melaksanakan pelatihan sesuai dengan struktur yang ada,lalu saya akan melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang saya ajukan agar kepelatihan ini dapat berjalan dengan baik dan bias menguntungkan satu sama lainnya.

terima kasih.,...,

NAMA :PRIYONO
NPM :0822 164
Yang saya akan lakukan menyusun suatu konsep yang akan saya buat dalam pemecahan masalah, dalam suatu pekerjaan pada perusahaan tersebut, saya akan melakukan observasi atau terjun langsung untuk mengetahui permasalahan atau keluhan-keluhan yang dihadapi para pegawai tersebut. kemudian kluhan dari para pegawai kita terima dan kita juga memberi pemasukan atau motivasi agar mereka menykai pekerjaannya, dan gaji merekapun disetandarkan dengan pekerjaan mereka.dan tidak membandingkan pekerjaan nya.

Yang akan saya lakukan adalah melakukan observasi secara rahasia di lapangan agar tidak tejadi kepura-puraan. Setelah saya mendapatkan hasil dari observasi tersebut barulah saya melakukan pelatihan.
Dalam melakukan pelatihan ini saya menitik beratkan beberapa aspek penelitian, yaitu SDM, pendidikan, dan pelatihan.

*SDM merupakan istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan kebutuhan pelatihan dan pengembangan di dalam dan di luar organisasi.

*Pendidikan merupakan aktifitas yang bertujuan untuk mengembangkan keahlian-keahlian, pengetahuan nilai-nilai moral, dan pemahaman yang diperlukan dalam semua aspek kehidupan. Bukan hanya pengetahuan dan keahlian yang terkait dengan bidang aktifitas yang terbatas.

*Pelatihan merupakan sebuah proses terencana untuk mengubah sikap, pengetahuan, atau prilaku keahlian melalui pembelajaran untuk mencapai kinerja yang objektif dalam sebuah aktifitas.

Jadi SDM, pendidikan, dan pelatihan semuanya melibatkan penciptaan kondisi-kondisi dimana memungkinkan bagi orang-orang untuk belajar.

NAMA: IIN.S
NPM : 0822 136

Awalnya saya akan melakukan observasi langsung kerumah sakit tersebut untuk melihat langsung situasi yang sedang terjadi , setelah itu saya akan melakukan semacam rapat/kepelatihan yang digelar tebuka bagi semua gawai rumah sakit dan para dokternya. Kemudian saya akan menanyakan semua yang jadi kendala menurunnya kinerja petugas kebersihan di rumah sakit tersebut, setelah jelas permasalahan nya maka cari penyelesaian masalah nya sacara bersama-sama. Sebagai seorang pemimpin kita harus pemperhatikan kesejahteraan bawahan kita, gaji yang diberikan harus sesuai dengan kinerja, tanggung jawab, pendidikan dan jabatan nya. Dengan ada nya keseimbangan antara hak dan kewajiban maka akan bisa meningkatkan motivasi kerja, yang nanti nya akan berdampak baik pada kualitas rumah sakit tersebut. Karena apabila motivasi mereka telah kembali maka mereka akan bekerja lebih giat lagi dan ini sangat mendukung kelancaran proses interaksi dirumah sakit ini sehingga mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites