Tuesday, November 9, 2010

Pengembangan Media Sederhana & Produksi Sablon A.3.1

Seorang ahli media kadang disebut juga perancang media, bahkan dalam proses pembuatan konsep harus dilandasi kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran. Aspek desain dan aspek komunikasi visual sering kali lebih dimaksimalkan , karena akan menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah karya. Mengapa anda perlu melakukan ini?

47 komentar:

nurhalimah: npm 0922 155. menurut saya merancang sebuah media harus dilandasi kajian teoritis bahkan aspek desain dan aspek komunikasi visual lebih di tonjolkan agar media tersebut sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, sesuai dengan metode pengajaran yang digunakan, sesuai dengan materi yang dikomunikasikan, sesuai dengan keadaan siswa, sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan kemudahan memperoleh media, sesuai keterampilan guru dalam menggunakannya, ketersediaan waktu dalam menggunakannya, sesuai dengan taraf berpikir siswa.

Nama: Milda Sari
NPM: 09 22 035
Kelas: A.3.1

Menurut saya, merancang sebuah media itu harus di landasi dengan kajian yang teoritis serta bisa menggunakan desain komunikasi visual agar media yang kita buat tersebut bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai serta berjalan secara efektif dan efisien.
serta adanya juga faktor-faktor yang mendukung seperti: keadaan atau situasi lingkungan sekitar, sarana dan prasarana, kondisi peserta didik baik, motivasi, dan seorang pendidik itu harus profesional dalam menyampaikan suatu materi sesuai dengan tahap berpikir pada peserta didiknya.

Nama: Ana Sutriana
NPM: 09 22 054
Kelas: A.3.1



Karena menurut saya, dalam merancang sebuah media harus memenuhi persyaratan tertentu terlebih dahulu, baik mengenai segi keamanan nasional, segi edukatif, segi teknis permediaan, segi isi materi, maupun persyaratan sebelum digunakan untuk kegiatan pembelajaran dikelas sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

dan seorang perancang media juga harus mampu berkomunikasi secara visual kepada peserta didik agar proses kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik. karena dengan kemampuan mendesain media pembelajaran dan kemampuan berkomunikasi secara visual dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sehingga proses belajar-mengajar yang terjadi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

nama : sari anita
npm : 09 22 006
Kelas: A.3.1

Menurut saya :
Karena seorang perancang media sebelum membuat / merancang sebuah konsep memang harus dilandasi dengan kajian-kajian teoritis, agar mencapai tujuan pembelajaran yang dikembangkan. Begitu juga dengan aspek desain dan aspek komunikasi visual yang lebih diutamakan dalam pembuatan sebuah konsep, karena dengan aspek desain perancang dapat membuat media sesuai dengan bentuk (selera), kriteria, dan kepraktisan yang mudah digunakna oleh si pembeljar. Aspek komunikasi visual sebagai pembantu / penjelas dari sebuah konsep media tersebut sehingga mudah dipahami dan akhirnya sebuah karya yang kita buat menjadi lebih efektif.

nama : david setyawan
npm : 0922044
kelas : A.3.1
Dalam strategi pembelajaran saya menerapakan metode ceramah, saya dengan kombinasi metode yang bervariasi sebagai tamabahanya juga metode diskusi Tanya jawab. Kenapa saya menggunakan metode ini karena setiap pesrta didik memiliki pola pikernya berbeda – beda sehingga harus ada metode yang beragam.Dengan beragamnya metode ini maka peserta didik tiddak akan terasa jenuh.
Dalam metode diskusi juga siswa dituntu untuk belajar memecahkan masalh bersama dengan cara bertukar pendapat mengenai permasalah yang rumit sehingga dapat menerima solusi dari keputusan bersama.
Kemudian saya juga akan menerapkan metode Tanya jawab, karna dalam metode ini peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan pendidik seperti bertanya tentang masalah dari hasil diskusi atau opini lainnya.dengan demikian maka pendidik dapat menjabarkan opini atua permasalhan yang dipertanyakan oleh peserta didik, sehingga dengan penjabaran tersebut maka peserta didik dapat mengetahui jawaban yang sesungguhnya dari interaksi yang dilakukan dalm metode Tanya jawab ini. Dengan demikian maka PBM dapat berjalan dengan maksimal.

Nama :Ari yanto
kelas:A.3.1
NPM :09 22 029
Dalam pembuatan media seorang ahli harus mempunyai landasan – landasan kajian teoritis untuk mencapai tujuan,kenapa dalam pembuatan sebuah media perlu hal seperti ini, karena dalam pembuatan media seorang ahli harus mempunyai tujuan yag nantinya akan dikembangkan oleh peserta didik,dan dalam penerapanya sebuah media tentunya mempunyai tujuan khusus untuk mencapai sebuah pebelajaran yang efektif.
Kemudian dalam sebuah media perlu adanya aspek deseain dan aspek komunikasi visual yang maksimal, karena desein aspek komunikasi visual ini merupakan sarana pendukung dalam sebuah penerapan media dan aspek – aspek tersebut dapat memppermudah pemahaman peserta didik dalam penerapan nantinya.

Nama :David setyawan
kelas:A.3.1
NPM :09 22 029
Karena dalam pembuatan media perlu adanya kajian-kajian untuk mengetahui tujuan pembelajaran yang akan diterapkan nantinya. Kemudian dalam PBM perlu adanya komunikasi visual yang maksimal, karna komunikasi visual merupakan sarana pendukung yang memepunyai daya tarik tersendiri sehingga peserta didik tidak bosan dengan media yang mungkin hanya berbasis dengan ceramah saja. Dan komunikasi visual ini dapat mempermudah pemahaman peserta didik untuk penerapan media yang akan dipelajari nantinya,

Nama : Pawit
NPM : 09 22 046
Kelas : A.3.1


Menurut saya, dalam merancang sebuah media pembelajaran memang harus dilandasi dengan kajian – kajian teoritis karena dengan demikian media yang dirancang akan dapat diterapkan dalam pembelajaran, serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Disamping itu Aspek desain dan aspek komunikasi visual juga sering dimaksimalkan karena apabila aspek desain dan aspek komunikasi suatu media pembelajaran tersebut menarik akan akan dapat menimbulkan minat dan motivasi dari peserta didik, selain itu juga dapat menghilangkan rasa kejenuhan dari peserta didik, serta dapat memaksimalkan kegiatan proses belajar mengajar.

Nama :Defita Angraini
NPM :09 22 041
Kelas:A.3.1

Menurut saya dalam merancang sebuah media terlebih dahulu harus dilandasi dengan kajian teoritis agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai maksimal.
Dengan menggunakan aspek desain dan komunikasi visual media yang dibuat dapat lebih menarik minat dan motivasi belajar siswa.
Sehingga media yang dibuat sedinamis mungkin dapat mendukung berjalannya proses belajar yang efektif sesuai dengan tujuan yang dimaksud.

Nama : Sri Yanto
Npm : 09.22.464
Kelas : A.3.1

Assalamualaikum, wr,wb

Menurut saya, kajian teoritis memang sangat berpengaruh dalam pembuatan suatu konsep dalam merancang media pembelajaran, karena dengan kajian- kajian teoritis inilah seorang perancang dapat secara tepat menciptakan media yang dirancang akan dapat di terapkan dalam pembelajaran, dan akan tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang di inginkan.

Aspek desain dan komunikasi visual yang lebih di utamakan dalam pembuatan konsep, karena dengan aspek desain yang menarik dan penyampaian komunikasi yang efektif, maka akan menimbulkan motivasi bagi peserta didik, adanya minat untuk mempelajarinya dan di harapkan dapat menimbulkan gagasan-gagasan untuk berinovasi bagi peserta didik kedepannya dan menghindari rasa bosan atau jenuh bagi peserta didik, sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan.

Nama : Siti maimunah
Npm : 09 22 003
Kelas: A 3.1

Menurut pendapat saya,dengan adanya sistem perancang kajian teoritis tersebut maka seseorang itu dapat lebih mudah dan tepat dalam menciptakan suatu media pembelajaran dengan sempurna.
Begitu juga dengan aspek desain dan aspek komunikasi visual yang lebih menonjol dan lebih diutamakan dalam sebuah pembuatan konsep,sehingga dalam dengan berkomunikasi secara visual dapat meningkatkan motivasi dan minat seseorang dalam belajar.sehingga dalam proses belajar mengajar tersebut dapat berjalan efektif dan efisien.

Nama : Ahmad Mardiyansyah
NPM : 09 22 043
Kelas: A.3.1


Menurut pendapat saya, dalam merancang sebuah media pembelajaran sangat penting sekali dilandasi dengan kajian yang teoritis. Karena dengan kajian- kajian teoritis inilah seorang perancang dapat secara tepat menciptakan media apa yang dapat di terapkan dalam suatu pembelajaran tersebut, dan pada akhirnya akan tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang di inginkan.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah media yaitu aspek Desain dan Aspek Komunikasi Visual. Karena dengan adanya Aspek Desain dan Komunikasi Visual, seorang perancang pembelajaran akan dapat membuat situasi dan proses belajar menjadi lebih menarik, dan secara tidak langsung hal tersebut akan memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk lebih termotivasi untuk belajar. Sehingga prosesatau kegiatan belajar-mengajar akan berjalan secara maksimal sesuai yang diharapkan.

Nama : Maya Melia Purba
NPM : 09 22 031
Kelas : A.3.1

Menurut Pendapat saya , karena kedua aspek tersebut ( aspek desain dan aspek komunikasi visual) ini tidak dapat dipisahkan. Jadi aspek- aspek ini sangat dibutuhkan dalam membantu? dapt dijadikan pedoman kita dalam proses perancangan media pembelajaran tersebut. Dan tujuan adalam proses pembelajaran tersebut dapat tercapai secara maksimal. Dan harus disesuaikan dengan keadaan / kondisi siswa

Nama : Satria Sasmita
NPM : 09 22 034
Kelas : A.3.1

Menurut pendapat saya,aspek-aspek tersebut saling berhubungan. Jadi dalam perancangan media tersebut harus dilandasi dengan kajian- kajian teoritis agar dalam penyampaiaan atau pengaplikasiannya dalam proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.
Dan apa yang menjadi tujuan dari pembuatan konsep dalam pembelajaran yang akan dibuat harus disesuaikan dengan kondisi dari siswa tersebut.

nama : deby suherman
npm : 09 22 048

Menurut pendapat saya, mengapa Aspek desain dan aspek komunikasi sekarang lebih maksimal mungkin itu adalah suatu rancangan media /metode baru pengembangan dalam proses pembelajaran suatu perserta didik agar tidak terlalu jenuh dalam belajar dan mendapatkan warna baru dalam belajar , dan dalam merancang sebuah media itu juga harus memenuhi suatu persyaratan dengan memiliki kajian-kajian yang teoritis agar proses kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik dan bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai serta berjalan secara efektif dan efisien.

NAMA : A.Fauzan
NPM : 09 22 007
Kelas :A.3.1

Menurut Pendapat saya, dalam merancang subuah media memang harus di landasi dengan kajian teoritis karena dalam pembuatan media seorang ahli harus mempunyai tujuan yag nantinya akan dikembangkan oleh peserta didik,dan dalam penerapanya sebuah media tentunya mempunyai tujuan khusus untuk mencapai sebuah pembelajaran yang efektif.
selain itu dalam penerapan materi sangat perlu di masukan beberapa aspek yaitu: Aspek desain dan aspek komunikasi Visual agar materi yang disampaikan akan menjadi lebih menarik sehingga perserta didik akan tertarik dan termotivasi untuk belajar sehingga PBM akan berjalan secara efektif dan maksimal.

nama : lukman hakim
npm : 09 22 144
kelas : A.3.3

menjadi seorang ahli media harus memahami konsep terlebih dahulu agar mempunyai pengetahuan dan panduan dalam membuat media tersebut. dimana setiap pembuat pembuat media harus mempunyai landasan untuk apa media itu diciptakan dan tujuan yang akan dicapai apabila tujuan dari pembuatan media tersebut sudah tersusun dan disesuaikan dengan karakteristrik dari tingkatan sekolah barulah media tersebut bisa diciptakan.

dalam menciptakan suatu media haruslah memperhatikan desain dan komunikasi, apakah mempunyai daya tarik bagi siswa dalam menggunakannya. media yang diciptakan merupakan alat bantu dalam penyampaian pesan. maka harus diciptakan sesuai dengan materi yang akan di bahas. apabila dalam suatu pembelajaran hanya diajarkan dengan teori saja, maka si pembelajar akan merasa kebingungan dan dengan diciptakannya media, gairah siswa akan belajar menjadi lebih tinggi apabila media yang digunakan mempunyai daya tarik dan rasa ingin tahu siswa akan materi tersebut.

untuk menjadi seorang perancang ahli media harus mempunyai keahlian dan pengetahuan dalam berbagai hal, karena seorang perancang media harus memahai dan mengerti tentang konsep yang akan di kembangkan dalam pembelajaran.
dalam pembuatan media itu harus di landasi dari kajian teori, karena dengan landasan teori tentunya kita dapat menjlaskan terlebih dahulu kepada siswa tentang konsep apa yang akan di buat dan akan di sampaikan kepada siswa itu .
dalam aspek desain seorang perancang media tentunya harus memperhatikan terlebih dahulu konsep apa yang akan di rancang, agar penyampaiannya dalam pembelajaran itu lebih menarik.
dan aspek komunikasi dalam pembuatan media sangat penting karena dengan komunikasi suatu tujuan dari media itu akan tercapai sesuai dengan apa yang di harapkan. karena itu juga kita harus memperhatikan konsep yang telah kita buat, apakah dalam penyampaian konsep itu mempunyai daya tarik atau rasa ingin tahu dari siswa.


Nama : Andri Lala Buana
Npm : 09 22 166
Kelas : A.3.3

NAMA : AYU ARLANI
NPM : 09 22 172

Menurut pendapat saya, sebagai sebagai seorang perancang media harus lah melakukan kajian -kajian teoritis terlebih dahulu sebelum merumuskan sebuah konsep media pembelajaran, karena sebuah konsep yang telah dirumuskan harus lah terbukti dan dapat mencapai tujuan yang ingin di capai. Sedangkan aspek desain dan komunikasi visual harus di tonjolkan karena untuk membantu penyampaian materi dengan baik dan efektif sebab dengan aspek desain, perancang dapat membuat media/mendesain media sesuai dengan kondisi peserta didik dan aspek komuikasi visual, sebagai penjelas media yang di rancang sehingga tujuan yang dirumuskan dapat tercapai.

Nama :Siti Ulhayanah
NPM :0922 157
Kelas:A.3.3

Karena,menurut saya seorang perancang media memang perlu dilandasi dengan kajian-kajian yang teoritis.seperti hal nya saja memperhatikan kondisi lingkungan,mengingat kemampuan peserta didik,saran dan prasarana serta melihat perkembangan yang ada.Dengan demikian media pembelajaran tersebut bisa mencapai tujuan yang diharapkan.
sehingga seorang perancang media tersebut pun perlu memperhatikan aspek desain dan aspek komunikasi yang diharapkan bisa menarik perhatian sehingga peserta didik termotivasi untuk mengembangkan media tersebut.

nama : dessy dwi antika
npm : 09 22 200

menurut saya dalam merancang sebuah media harus dilandasi kajian teoritis karena dengan adanya kajian teoritis tersebut dapat mempermudah kita dalam merancang sebuah konsep pembelajran. asfek desain dan aspek komunikasi visual lebih di tonjolkan agar tujuan yang telah dirumuskan dalam konsep tersebut dapat tercapai dengan baik dan efektif.selain itu juga dengan adanya komunikasi visual dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang di sampaikan.

nama:metalia
npm:09 22 198
klas:A.3.3

menurut saya, Karena dalam pembuatan media perlu adanya kajian-kajian untuk mengetahui tujuan pembelajaran yang akan diterapkan selanjutnya.
dan kita bisa menggunakan desain komunikasi visual supaya media
yang kita buat tersebut bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.dan dengan kita menggunakan komunikasi visual kita bisa memebuat daya tarik tersendiri sehingga peserta didik tidak merasa bosan dengan media yang mungkin hanya dengan ceramah saja. Dan komunikasi visual ini dapat mempermudah dan memeperjelas peserta didik dalam proses pembelajaran.

Nama : Rendika Agustian
kelas : A.3.3
NPM : 09 22 197

Menurut saya :
karena suatu pembelajaran sangat memerlukan media untuk seseorang mengerti dan memahami suatu pelajaran tersebut .suatu media tidak akan sampai dengan baik tanpa dilandasi dengan teori ,karena teori merupakan suatu penjelasan-penjelasan dari media tersebut agar ttercapainya tujuan pembelajaran.
seorang perancang media harus sangat memahami apa yang di rancang baik dari pembuatan,uji coba ,sampai evaluasi terhadap media yang dirancang.

Aspek desain sangat berperan dalam sebuah perancangan media karena dalam suatu penyusunan media maupun teori harus berlandaskan pada prinsip-prinsip dan teori yang tepat dan juga bentuk media yang menarik sehingga mempunyai banyak peminat dan tidak merasa jenuh saat mempresentasikan media, hal itu sangat berkaitan dengan aspek komunikasi visual karena didukung oleh suatu media gambar,agar suatu penyampaian lebih mudah dan jelas untuk di pahami .
kedua aspek tersebut sangat berkaitan dan berperan penting dalam pembuatan maupun penyampaian suatu media tertentu.

Nama: Risna Marlani
Npm: 0922165
Kelas: A.3.3

Aspek desain dan aspek komunikasi visuallebih dimaksimalkan dalam proses pembuatan konsep dalam merancang media pembelajaran.
karena sebuah media pembelajaran dengan menggunakan desain yang menarik serta mempunyai komunikasi visual yang mudah dimengerti setiap orang yang melihatnya, maka dapat mempermudah penyampaian informasi materi pelajaran yang akan disampaikan.
selain itu juga dapat membuat suasana lebih menarik dan tidak mudah bosan, sehingga pelajar lebih termotivasi untuk belajar lebih bersemangat.

nama:melly anggraini
npm:0922146

menurut pendapat saya,
untuk menjadi seorang ahli media harus mempunyai sebuah konsep yang baik terlebih dahulu agar seorang ahli tersebut mempuyai pengalaman dan pengetahuan dalam membuat sebuah konsep media tersebut.

dimana seseorang pembuat media haru mempunyai dasar dari apa media itu diciptakan serta tujuan dari dibuatnya media tersebut dan tersusun yang disesuaikan dengan tingatkatan sekolah supaya bisa digunakan disekolah.

dalam menciptakan suatu media harus bisa memperhatikan desain agar mempunyai sesuatu yang dan menjadi menarik perhatian siswa. media juga harus sesuai dengan materi yang akan dibahas dalam suatu proes pembelajaran tersebut. agar siswa juga menjadi lebih giat untuk belajar dari diciptakan media tersebut.

Nama : Relly Quryana Putri
Kelas : A.3.3
NPM : 09 22 196

Menurut saya :
dalam penyusunan media harus mempunyai pemahaman mengenai prinsip-prinsip dan teori yang tepat. dalam merancang sebuah media agar media yang di gunakan dapat mempercepat dan mempermudah penyampaian tujuan yang di tentukan. karena hal itu berkaitan dengan aspek komunikasi visual yang di dukung oleh suatu media gambar agar suatu penyampaian media lebih mudah dan jelas untuk di pahami.

Nama : Imroatun Khasanah
Npm : 0922148
Kelas: A.3.3

menurut saya seorang perancang media harus di landasi dengan kajian teoritis, agar dapat mencapai sebuah tujuan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. dan agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. begitu juga dengan aspek desain dan aspek komunukasi juga harus di maksimalkan sesuai dengan keadaan siswa agar sebuah media yang kita buat dapat menjadi daya tarik dan menjadi bahan motivasi siswa untuk belajar.

Nama : Filisah Nopa Sari
NPM : 09 22 151

Menurut pendapat saya, dalam merancang suatu media kita harus mengerti terlebih dahulu pengertian dan strategi media tersebut agar media itu dapat sesuai dengan metode pengajaran yang ingin digunakan serta sesuai dengan materi -materi yang ada pada pengembangan dalam merancang media

dalam merancang media tersebut harus dilandasi dengan kajian teori yang mencakup unsur-unsur media, selain itu hal yang harus digunakn dan diperhatikan dalam aspek Desain dan Aspek Komunikasi Visual Karena, dengan adanya aspek Desain beserta dengan Komunikasi Visual maka seorang itu akan dapat merancang suatu pembelajaran membuat keterampilan dan dapat memperoleh dalam kemudahan suatu media sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan memiliki suatu rangsangan kepada peserta didik untuk lebih termotivasi dalam belajar yang sesuai dengan taraf pikir siswa yang begitu meningkat.

Nama: Siti Syafitri
Kelas: A.3.3
Npm: 09 22 159

menurut saya Dalam merancang sebuah media itu harus ada landasan teori yang di kita ketahuai atau kita ambil agar media yang kita gunakan nantinya dapat digunakan sesauai dengan materi yang ingin di sampaikan.

Tetapi dalam pembuatan media itu harus mudah di mengerti oleh setiap orang agar oleh karena itu setiap konsep yang kita ambil harus kita ketahui terlebih dahulu sasaran dari media itu akan di sampaikan kepada siapa sehingga dapat dipahami dengan mudah. selain dari itu juga pada saat kita membuat sebuah media itu kita harus tahu pemikiran setiap individu agar media yang akan kiata ambil itu dapat berjalan secara maksimal.

Nama:Nopria anggriani
Npm :0922143
kelas:A. 3.3

menurut saya merancang sebuah media harus dilandasi kajian teoritis, aspek desain dan aspek visual lebih dimaksimalkan karna dengan desain yang bagus dan menarik serta aspek komunikasi visual yang mudah dimengerti maka dapat memudahkan proses belajar mengajar. dengan desain serta komunikasi visual yang menarik pelajar akan termotivasi untuk belajar. dengan adanya motivasi tentunya hasil yang dicapai akan lebih efektif dan efisien.

Menurut pendapat saya,
dalam merancang sebuah media harus di landasi kajian teoritis dan aspek desain dsb,agar suatu pembelajaran berjalan dengan baik dan bisa di mengerti oleh peserta didik sesuai dengan tujuan utama yang igin di capai oleh seorang tenaga pengajar.tetapi,semuanya harus sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat belajar siswa-siswa tersebut dan juga harus di sesuai kan dengan kemempuan siswa-siswa tsb dalam pembuatan metode nya,apakah bisa d serap oleh siswa tsb atau tidak.

Menurut pendapat saya,
dalam merancang sebuah media harus di landasi kajian teoritis dan aspek desain dsb,agar suatu pembelajaran berjalan dengan baik dan bisa di mengerti oleh peserta didik sesuai dengan tujuan utama yang igin di capai oleh seorang tenaga pengajar.tetapi,semuanya harus sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat belajar siswa-siswa tersebut dan juga harus di sesuai kan dengan kemempuan siswa-siswa tsb dalam pembuatan metode nya,apakah bisa d serap oleh siswa tsb atau tidak.

Nama : Sanarti Megawati
Npm : 09 22 137
Kelas : A.3.3

Karena dengan kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran seorang perancang media dapat menciptakan media yang dikehendaki dalam tujuan pembelajaran.
Dan mengapa aspek desain dan aspek komunikasi visual seringkali dimaksimalkan, karena dengan aspek yang menarik dan penyampaian komunikasi yang efektif akan membuat seseorang yang mempelajarinya jadi lebih berminat untuk mendengarkan dan ingin mempelajarinya. Dengan aspek dan komunikasi yang efektif tersebut akan membuat seseorang jadi lebih termotivasi dan bereaksi dalam memmunculkan ide-ide baru dalam tujuan pembelajaran.

Nama : Eka Rahayu Handayani
NPM : 09 22 149
Kelas : A.3.3

Nama: suprapti
Npm: 09 22 209
Kelas: A 3.3

Menurut saya memang dalam merancang sebuah media harus dilandasi kajian teoritis tujuan nya yaitu supaya menguatkan analisis pencapaian tujuan belajar. kemudian yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah media yaitu dengan memeperhatikan keadaan peserta didik & kondisi lingkunganya.Serta menerapkan metode/konsep yang ada dalam rancangan sebuah media supaya media tersebut dapat di terima oleh siswa dengan baik dan juga perlu diperhatikan bahwa seorang pendidik harus profesional dalam menyampaikan sebuah materi dengan tahap berpikir peserta didiknya.

Nama : Rita JIarti
Kls : A 3.3
NPM : 09 22 208

Karena, menurut saya seorang perancang menciptakan suatu media harus bisa memperhatikan desain & komunikasi agar mempunyai sesuatu yang menarik perhatian siswa, yaitu dengan memperhatikan konsep yang harus dilsndasi kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam pembuatan lebih menonjolkan aspek desain yaitu pembuatan media dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik & aspek komunikasi visual sebagai penegas ataupun penjelas dalam pembuatan media tersebut karena agar lebih menarik perhatian siswa.

Nama :Parima wati
Kls :A.3.3
NPM :09 22 206

menurut saya perancang media pembelajaran harus mampu mendesain media pembelajaran dengan baik dan di landasi kajian teoritis. agar tercapai hasil belajar-mengajar yang baik. dan sesuai dengan harapan.kemampuan yang harus dimiliki seorang perancang media adalah mampu berkomunikasi secara visual dengan baik dengan peserta didik agar proses berjalannya kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik. karena dengan kemampuan mendesain media belajar dan dengan kemampuan berkomunikasi secara visual dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

NAMA : DANIATI
KLS : A.3.1
NPM : 09 22 015

Karena dengan memperhatikan landasan teoritis, kita dapat menyesuaikan pembuatan media dengan keadaan yang ada saat ini. kemudian aspek desain & aspek komunikasi sosial, hal ini sangat penting karena tanpa adanya desain dari suatu media maka akan sulit menarik perhatian peserta didik dalam belajar, serta komunikasi visual seperti contohnya presentasi menggunakan proyektor. tapi hal ini juga perlu memperhatikan sarana dan prasarana yang ada.

NAMA : DARYANTI
KLS : A.3.1
NPM : 09 22 026

Karna media merupakan salah satu faktor penunjang yang penting dalam proses peningkatan kualitas pembelajaran. Jadi suatu media itu harus sesuai dengan keadaan, situasi, kondisi serta perkembangan zaman. Maka suatu media itu harus dilandasi kajian-kajian teoritis yang menguatkan analisis. Karna kalau tidak suatu analisi tidak akan kuat tanpa adanya kajian-kajian teoritis. Dan aspek-aspek desain dan aspek komunikasi visual sering kali lebih di maksimalkan. Karna akan mempermudah, memperindah, memperjelas serta menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah karya dan akan meningkatkan kreatifitas dan imajinasi peserta didik.

nama ; aprilia pajriani
npm : 09 22 147
kelas : A.3.3

menurut saya, seorang perancang media itu harus bisa semaksimal mungkin dapat merancang suatu media yang menarik. sehingga, suatu pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan atau yang diinginkan. berlandaskan kajian-kajian serta aspek yang dapat mendukung sebuah karya.

aspek desain ini sangat berperan di dalam sebuah perancang media. karena dalam penyusunan media maupun teori harus berlandaskan pada prinsip-prinsip dan teori yang tepat, serta bentuk medianya juga harus menarik. sehingga banyak peminat dan juga tidak merasa bosan saat presentasi media. semua ini sangat berkaitan dengan aspek komunikasi visual. karena didukung oleh suatu media gambar, sehingga lebih mudah dan jelas dalam memahaminya. keduanya sangat berkaitan dan berperan penting dalam pembuatan maupun penyampaian suatu media.

Nama : Muhammad Tamam
Npm : 09 22 434
Kelas : A.3.1


Menurut saya dalam merancang atau mendesain sebuah media sederhana agar memiliki daya tarik tersendiri maka aspek komunikasi visual harus lebih di maksimalkan agar anak didik dapat termotivasi untuk belajar.

dilihat dari pengertiannya desain komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengelola elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf warna serta tata letaknya sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.

Media berbasis visual (image atau perumpamaan) memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.

Bentuk-bentuk visual berupa :

1. Gambar representasi yang
menunjukkan tampak suatu benda.
Contoh gambar, lukisan atau foto
2. Diagram yang melukiskan
hubungan-hubungan konsep,
organisasi dan struktur
organisasi materi.
3. Peta yang menunjukkan hubungan-
hubungan ruang antara
unsur-unsur dalam isi materi.
4. Grafik, seperti tabel grafik
dan chart (bagan).

Menurut saya, dalam merancang sebuah media haruslah di landasi kajian teoritis, bahkan dengan aspek desain dan aspek komunikasi visual, agar media yang di hasilkan akan mencapai tujuan yang di inginkan. dan hendaknya sebelum kita mrancang sebuah media haruslah memperhatikan keadaan siswa itu sendiri, keadaan lingkungan, kelengkapan fasilitas yang ada, dan metode pengajaran yang akan di terapkan. dalam pembuatannya harus memperhatikan apakah media yang di buat dapat menarik paerhatian siswa dan dapat meningkatkan motivasi belajar.yang apling penting dalam pembutan media adalah pemahaman konsep dari pembuatnya sendiri, agar media yang di hasilkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Nama: Ena Maryati
kelas: A.3.3
Npm: 09 22 193

menurut saya merancang sebuah media harus dilandasi kajian teoritis serta menggunakan desain komunikasi visual yang menonjol agar tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dapat terealisasi dengan baik,selain itu juga kita sebagai pengembang pembelajaran perlu melihat keadaan lingkungan,keadaan siswa,motivasi maupun alat yang akan digunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri.contohnya dengan komunikasi visual yaitu melalui media gambar akan sedikit membantu peserta didik untuk mengerti dan memahami dari konsep pembelajaran yang akan kita sampaikan.sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam proses pembelajaran itu sendiri

NAMA ;ST. FITRI MERISYAH
KELAS;A.3.3
NPM ;0922141

Nama : Iga Ratnasari
NPM : 09 22 038
Kelas : A.3.1

Menurt pendapat saya : seorang perancang media sebelum membuat / merancang sebuah konsep harus dilandasi dengan kajian-kajian teoritis, supaya yang kita buat / rancang dapat mencapai tujuan dari pembuatan konsep dalam pembelajaran yang akan dibuat dan disesuaikan dengan kondisi dari peserta didik.
Aspek desain dan aspek komunikasi visual juga diperlukan dalam pembuatan sebuah konsep, karena aspek desain perancang dapat membuat sebuah media / desain sesuai dengan bentuk, kriteria yang mudah digunakna oleh peserta didik. Aspek komunikasi visual membantu menjelaskan dari sebuah konsep media yang kita buat, sehingga mudah dipahami peserta didik dan media yang kita buat akn lebih efektif dan efisien.

nama ;aris supana
kelas;a31
npm;0922047

menurut saya seorang perancang harus menggunakan atau harus melandasi rancangan tersebut agar menjadi tutunan sampai pada tujuan rancangan'
dan didukung dengan Aspek desain dan komunikasi visual yang lebih di utamakan dalam pembuatan konsep, karena dengan aspek desain yang menarik dapat merangsang semangat belajar siswa karena tidak merasa bosan dan dengan mudah mengingat pelajaran yang diberikan,

nama ;aris supana
kelas;a31
npm;0922047

menurut saya seorang perancang harus menggunakan atau harus melandasi rancangan tersebut agar menjadi tutunan sampai pada tujuan rancangan'
dan didukung dengan Aspek desain dan komunikasi visual yang lebih di utamakan dalam pembuatan konsep, karena dengan aspek desain yang menarik dapat merangsang semangat belajar siswa karena tidak merasa bosan dan dengan mudah mengingat pelajaran yang diberikan,

nama ;aris supana
kelas;a31
npm;0922047

menurut saya seorang perancang harus menggunakan atau harus melandasi rancangan tersebut agar menjadi tutunan sampai pada tujuan rancangan'
dan didukung dengan Aspek desain dan komunikasi visual yang lebih di utamakan dalam pembuatan konsep, karena dengan aspek desain yang menarik dapat merangsang semangat belajar siswa karena tidak merasa bosan dan dengan mudah mengingat pelajaran yang diberikan,

nama ;aris supana
kelas;a31
npm;0922047

menurut saya seorang perancang harus menggunakan atau harus melandasi rancangan tersebut agar menjadi tutunan sampai pada tujuan rancangan'
dan didukung dengan Aspek desain dan komunikasi visual yang lebih di utamakan dalam pembuatan konsep, karena dengan aspek desain yang menarik dapat merangsang semangat belajar siswa karena tidak merasa bosan dan dengan mudah mengingat pelajaran yang diberikan,

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites