Tuesday, November 9, 2010

Pengantar Teknologi Pendidikan D.1.20

Untuk Meningkatkan Produktivitas Pendidikan perlu dilakukan upaya-upaya yang konkrit, diantaranya melakukan penataan SDM dengan semangat efektivitas dan efisiensi lewat upaya pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan. Contoh penerapan aplikasi Teknologi Pendidikan dalam hal ini adalah penerapan teknoligi internet dalam pembelajaran melalui e-learning. Kompetensi seperti apa yang harus anda siapkan dalam menyelenggarakan hal ini?

29 komentar:

yang akan saya lakukan adalah mengadakan pelatihan-pelatihan atau seminar mengenai betapa penting nya pendidikan itu sendiri. sekian terima kasih.

Internet sebagai salah satu alternatif media tempat belajar yang sangat populer dewasa ini adalah yang paling banyak memberikan informasi, baik dibidang pendidikan maupun dibidang non pendidikan.

Untuk itu pemanfaatan internet perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan segala sumber daya yang berhubungan dengan internet. maka dari itu diperlukan sumberdaya pendidik untuk meyiapkan dirinya menghadapi kemajuan teknologi dan informasi agar mereka mampu menciptakan sumberdaya manusia yang unggul dan mampu memanfaatkan Internet secara baik.

Maka dari itu untuk mempersiapkan budaya belajar berbasis TIK adalah keterlibatan orang tua murid dan kultur masyarakat akan teknologi serta dukungan dari lingkungan merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan.

Pembentukan kominitas TIK sangat mendukung untuk membudayakan anak didik dengan teknologi. Model ini telah dikembangkan di Jepang tepatnya di Shuyukan High School dengan membentuk club yang dinamai (Information Science Club), yakni sebagai wadah siswa untuk bersinggungan dengan budaya teknologi.

Kompetensi guru dalam pembelajaran Ada tiga kompetensi dasar yang harus dimiliki guru untuk menyelenggarakan model pembelajaran e-learning.
1) Pertama kemampuan untuk membuat desain instruksional (instructional design) sesuai dengan kaedah-kaedah paedagogis yang dituangkan dalam rencana pembelelajaran.
2) Kedua, penguasaan TIK dalam pembelajaran yakni pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran dalam rangka mendapatkan materi ajar yang up to date dan berkualitas.
3) dan yang ketiga adalah penguasaan materi pembelajaran (subject metter) sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki.

Langkah-langkah kongkrit yang harus dilalui oleh guru dalam pengembangan bahan pembelajaran adalah mengidentifikasi bahan pelajaran yang akan disajikan setiap pertemuan, menyusun kerangka materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan instruksional dan pencapainnya sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.

Bahan tersebut selanjutnya dibuat tampilan yang menarik mungkin dalam bentuk power point dengan didukung oleh gambar, video dan bahan animasi lainnya agar siswa lebih tertarik dengan materi yang akan dipelajari serta diberikan latihan-latihan sesuai dengan kaedah-kaedah evaluasi pembelajaran sekaligus sebagai bahan evaluasi kemajuan siswa.

Bahan pengayaan (additional matter) hendaknya diberikan melalui link ke situs-situs sumber belajar yang ada di internet agar siswa mudah mendapatkannya.

Setelah bahan tersebut selesai maka secara teknis guru tinggal meng-upload ke situs e-learning yang telah dibuat.

Beberapa hal yang perlu dicermati dalam menyelenggarakan program e-learning / digital classroom adalah guru menggunakan internet dan email untuk berinteraksi dengan siswa untuk mengukur kemajuan belajar siswa, siswa mampu mengatur waktu belajar, dan pengaturan efektifitas pemanfaatan internet dalam ruang multi media.

Dengan mencermati perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan dan beberapa komponen penting yang perlu disiapkan serta pengalaman penulis dalam mengembangkan program e-learning maka program e-learning di sekolah bukanlah suatu hayalan belaka bahkan sesegera mungkin untuk diwujudkan.

Agus Susanto
NPM : 10 22 009 -P

This comment has been removed by the author.

aitu siswa di tuntut secara mandiri dalam belajar dalam berbagai pendekatan yang sesuai agar sisiwa mampu mengarah,memotivasi,mengatur dirinya sendiri dalam pembelajaran, siswa juga dapat mengatur waktu belajar dan pengaturan efektifitas pemanfaatan internet dalam ruang multimedia, serta adanya rencana dan leadarship yang terarah dengan mempertimbangkan efektifitas dalam pembiayaan serta kemampuan guru dalam perubahan model pembelajaranyang baru.
sekian

aan sudianto
npm :10 20.090

Kompotensi yang akan saya siapkan dalam menyelenggarakan hal ini adalah dengan cara melakukan pendekatan dengan menganalisis model kawasan teknologi pendidikan, meliputi :
1. Melakukan pengakajian karakteristik dan kondisi SDM.
2. Melakukan pengkajian kemampuan SDM yang diharapkan.
3. Melakukan pengkajian kebutuhan pendidikan/latihan internet.
4. Melakukan perencanaan program pendidikan/latihan internet.
5. Melakukan pengembangan materi pendidikan/latihan internet.
6. Melakukan pembuatan media instruksional internet.
7. Melakukan penyusunan strategi instruksional.
8. Melakukan pemilihan dan penerapan teknik pembelajaran.
9. Melakukan penyebaran/penyajian pelajaran.
10. Melakukan penilaian program, proses, dan hasil pendidikan/latihan.
11. Melakukan Sistem pembelajaran yang inovatif, sebagai bentuk penerapan konsep teknologi pendidikan, telah berhasil diciptakan dan bahkan dilembagakan dalam system pendidikan nasional. System itu antara lain adalah Sekolah Dasar PAMONG( Pendidikan Anak oleh Masyarakat, Orang tua, dan Guru), Sekolah Dasar Kecil, SMP Terbuka, serta system pembelajaran jarak jauh yang sekarang ini telah dilaksanakan/direncanakan oleh berbagai lembaga pendidikan dan latihan.

Menurut saya, pertama kali yang harus saya lakukan adalah membuat desain instruksional dengan kaedah-kaedah yang dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam penerapannya perlu disiapkan tiga langkah antara lain : (1)yakni menentukan strategi yang jelas tentang target yang akan dicapai peserta didik, pembelajaran yang akan diterapkan, tempat tinggal peserta didik, ketersediaan infrastruktur, (2)menentukan peralatan yang akan digunakan, (3)menyiapkan bahan-bahan yang akan dibutuhan yg bersifat spesifik.
Kemudian langkah-langkah kongkret yang harus dilakukan dalam pengembangan pembelajaran tersebut adalah mengidentifikasi bahan pelajaran yang akan disajikan setiap pertemuan, menyusun kerangka materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan instruksional dan pencapaiannya sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.
Terimakasih, , , , ,

Dedik Hercahyo Utomo
NPM.10.22.341

Menurut saya untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien di perlukan strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Jadi, dalam penerapannya dibutuhkan :

1. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu (harus mengacu ke domain. Menurut Bloom: kognitif, psikomotorik, afektif atau kombinasi semuanya);

2.Dengan kondisi yang memadai di segala bidang (baik karakteristik siswa, maupun kondisi lingkungan, sekolah, sosial, budaya dan lain-lain);

3.Mengkombinasikan metode dan media apa yang paling tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut secara efektif, efisien dan menyenangkan.

Dengan demikian tujuan pembelajaran yang kita harapkan dapat berjalan dengan baik dan diterima oleh siswa.
Terima kasih,,,,,,,,

Toni Irawan
NPM.10.22.512

Apalikasi teonologi pendidikan secara khusus dalam SDM terlalu luas maknanya jika disebut satu persatu dalam komentar ini tidak akan cukup.

Maka potensi yang akan saya siapkan dalam menyelenggarakan hal ini antara lain: (1). menganalisis bahan belajar, (2). mempersiapkan tempat kegiatan instruksional, (3). menentukan kredibilitas instruktur, (4). mengelola lingkungan belajar, (5).Mendemonstrasikan keterampilan komunikasi yang efektif, (6). mendemonstrasikan keterampilan prestasi yang efektif, (7). mendemonstrasikan keterampilan teknik bertanya yang efektif, (8). merespon kebutuhan belajar, (9). memberikan penguatan untuk belajar, (10). metode instruksial dengan semestinya, (11). menggunakan media instruksional secara efektif, (12). mengevaluasi kinerja pembelajaran, (13). mengevaluasi pembelajaran, (14). melaporkan hasil kegiatan.

teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan yang artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar yang lebih efektif, efisien lebih banyak luas dan sebagainya.

Terima kasih,,,,,,,,,

Toni Irawan
NPM.10.22.512

Aplikasi teknologi pendidikan secara khusus dalam SDM terlalu luas maknanya.

Maka potensi yang akan saya siapkan dalam menyelenggarakan hal ini antara lain :
1. menganalisis bahan belajar dan informasi pembelajaran
2. mempersiapkan tempat kinerja instruksional
3. menentukan pertahanan kredibilitas instruktur
4. mengelola lingkungan belajar
5. mendemonstrasikan keterampilan berkomunikasi yang efektif.
6. mendemonstrasikan keterampilan prestasi yang efektif
7. mendemonstrasikan keterampilan dan teknik belajar yang efektif
8. merespon kebutuhan belajar
9. memberikan penguatan untuk belajar
10. menggunakan metode instruksional
11. menggunakan media instruksional secara efektif
12. mengevaluasi kinerja pembelajaran
13. mengevaluasi pembelajaran
14. melaporkan hasil penilaian

Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan yang artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar yang lebih efektif, efisien lebih banyak luas dan sebagainya.
Terima kasih.........

ya benar dalam meningkatkan SDM harus di dasari dengan pendidikan,
karena melalui pendidikan SDM akan berkualitas

bila di tanya kompetensi apa yang harus anda siapkan dalam menyelenggarakan pendidikan melalui e-learning...
maka jawabanya simpel saja .??????
1.yaitu melakukan pendekatan kepada SDM
2.menguji kemampuan dari SDM tersebut
3.melakukan pendataan terhadap SDM
4.membuat perencanaan pembelajaran
5.melakukan pengkajian tentang perencanaan pembelajaran
6.melakukan pelatihan terhadap SDM agar bisa menggunakan internet sebagai media pembelajaran
7.malukan praktek langsung tentang bagai mana melakukan metode pembelajaran sesuai yang di rencanakan
8.mengumpulkan data dari semua proses pelatihan
9.melakukan penilaian tentang dari semua proses belejar selama latihan
10.menyimpulkan apakah proses e_learning ini bisa efektip dan juga efisien...
11.mungkin belajar melalui internet sedikit asing bagi orang-orang awam, akan tetapi di negara lain separti amerika telah menjalankan proses belajar seperti ini,,,,,,
contoh nya universitas harvad

mungkin ini saja kompetensi menurut saya ,,,,
atas perhatianya terima kasih

sofyan armada
.. ..
,, ,,
see yuo>>>>>1022515

ya benar dalam meningkatkan SDM harus di dasari dengan pendidikan,
karena melalui pendidikan SDM akan berkualitas

bila di tanya kompetensi apa yang harus anda siapkan dalam menyelenggarakan pendidikan melalui e-learning...
maka jawabanya simpel saja .??????
1.yaitu melakukan pendekatan kepada SDM
2.menguji kemampuan dari SDM tersebut
3.melakukan pendataan terhadap SDM
4.membuat perencanaan pembelajaran
5.melakukan pengkajian tentang perencanaan pembelajaran
6.melakukan pelatihan terhadap SDM agar bisa menggunakan internet sebagai media pembelajaran
7.malukan praktek langsung tentang bagai mana melakukan metode pembelajaran sesuai yang di rencanakan
8.mengumpulkan data dari semua proses pelatihan
9.melakukan penilaian tentang dari semua proses belejar selama latihan
10.menyimpulkan apakah proses e_learning ini bisa efektip dan juga efisien...
11.mungkin belajar melalui internet sedikit asing bagi orang-orang awam, akan tetapi di negara lain separti amerika telah menjalankan proses belajar seperti ini,,,,,,
contoh nya universitas harvad

mungkin ini saja kompetensi menurut saya ,,,,
atas perhatianya terima kasih

sofyan armada
.. ..
,, ,,
see yuo>>>>>1022515

Ary Agus Sugihartono
NPM.10.22.511

Apabila konsep atau pengertian teknologi pendidikan kita analisis, kita akan memperoleh pedoman umum aplikasi sebagai berikut :
1. Memadukan berbagaimacam pendekatan dari bidang psikologi, komunikasi, manajemen, rekayasa dan lain-lain secara bersistem.
2. memecahkan masalah belajar pada manusia secara menyeluruh dan serempak dengan memperhatikan dan menyajikan semua kondisi dan saling berkaitan diantaranya.
3. digunakan teknologi sebagai proses dan produk untuk membantu memecahkan masalah belajar.
4. timbulnya daya lipat atau efeksinergi, dimana penggabungan pendekatan atau unsur-unsur mempunyai nilai lebih dari sekedar penjumlahan.

demikian pula pemecahan secara menyeluruh dan serempak akan mempunyai nilai lebih dari pada memecahkan masalah secara terpisah.

Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan yang artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar yang lebih efektif, efisien lebih banyak luas dan sebagainya.
Terima kasih.........

Menurut saya yang saya lakukan adalah saya harus mencari dan menyiapkan dan memahami apa tugas yang akan di terapkan dalam aplikasi teknologi tersebut,agr saya dapat memahami tugas tersebut saya belajar memlalui internet itu sendiri agar semakin bnayak saya membuka internet,maka sedikit banyak proses saya belajar dalam memahami internet,setelah saya paham saya akan langsung menerapakan tugas tersebut ke aplikasi teknologi.

Terimakasih…….


Nama : Ardian Kurnia
Kelas : D.1.20
NPM : 10.22.128

Menurut saya yang saya lakukan adalah saya harus mencari dan menyiapkan dan memahami apa tugas yang akan di terapkan dalam aplikasi teknologi tersebut,agr saya dapat memahami tugas tersebut saya belajar memlalui internet itu sendiri agar semakin bnayak saya membuka internet,maka sedikit banyak proses saya belajar dalam memahami internet,setelah saya paham saya akan langsung menerapakan tugas tersebut ke aplikasi teknologi.

Terimakasih…….


Nama : Ardian Kurnia
Kelas : D.1.20
NPM : 10.22.128

Menurut saya yang saya lakukan adalah saya harus mencari dan menyiapkan dan memahami apa tugas yang akan di terapkan dalam aplikasi teknologi tersebut,agr saya dapat memahami tugas tersebut saya belajar memlalui internet itu sendiri agar semakin bnayak saya membuka internet,maka sedikit banyak proses saya belajar dalam memahami internet,setelah saya paham saya akan langsung menerapakan tugas tersebut ke aplikasi teknologi.

Terimakasih…….


Nama : Ardian Kurnia
Kelas : D.1.20
NPM : 10.22.128

menurut saya yang harus saya siapkan adalah pengenelan internet terlebih dahulu,karna meski kita sudah hiduf di era globalisasi tapi masih banyak masyarakat atau pelajar yang belum tau apa itu internet?
oleh karna itu kita harus memperkenalkan internet itu,slain itu kita juga bisa menerapkan dalam sistem pembelajaran,scara bertahap,contohnya,kita dapat memperkenalkan internet dengan pelajaran TIK karna tik scara langsung akan mempelajari tentang teknologi,
dengan teknologi kita akan dapat mengenal dunia lebih mudah dan cepat.

adapun langkah-langkah yang kongkrit yang bisa di lakukan oleh guru dalam pengembangan bahan pembelajaran adalah mengidentifikasi bahan pelajaran yang akan disajikan setiap pertemuan, menyusun kerangka materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan instruksional dan pencapainnya sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.

jadi pada intinya kita harus bisa mengartikan apa itu internet dan apa itu teknologi sebelum kita menerapkan pada sistem pembelajara.

NAMA:SUWANDI
KLS:D.1.20
NPM 1022438

internet adalah salahsatu alat pembelajaran yang sangat cangih,untuk mencari hal-hal yang kita inginkan,dan adanya internet kita lebih mudah untuk mencari sesuatu yang kita inginkan dan kita bisa mengetahui dunia luar sana,dan tampa kita ketahui sebagian orang telah bergantung pada internet,baik para pemula maupun yang sudah sering mengunakan jasa internet,adapun sebagian orang yang masih belum mengenal jaringan internet,mungkin belajar melalui internet sedikit asing bagi orang-orang awam, akan tetapi di negara lain separti amerika telah menjalankan proses belajar seperti ini,,,,,,
contoh nya universitas harvad.
Dengan melihat perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan dan beberapa komponen penting yang perlu disiapkan serta pengalaman penulis dalam mengembangkan program e-learning maka program e-learning di sekolah bukanlah suatu hayalan belaka bahkan sesegera mungkin untuk diwujudkan.
dan untuk mewujutkan kita harus mendalami dan mengkaji suatu perkembangan teknologi informasi.


nama : Imam Syarifudin
npm :10 22 474
kls :D.120

nama:suroto mustaqim
npm:10 22 080
kelas:D.1.20

menurut pandangan saya,
Pengalaman menunjukan dalam menyiapkan program e-learning tidaklah sesulit dalam bayangan kita, asalkan kita memiliki kemauan dan komitmen yang kuat untuk menuju ke arah itu. Tanpa komitmen dan dukungan secara teknis maka program e-learning di suatu perguruan tidak mungkin akan terealiasi. Ada tip tentang kunci sukses terealisasinya program e-learning, sejalan dengan pendapat saya, yakni adanya perencanaan dan leadership yang terarah dengan mempertimbangkan efektifitas dalam pembiayaan, integritas sistem teknologi serta kemampuan dosen dalam mengadopsi perubahan model pembelajaran yang baru yang sudah barang tentu didukung kemampuan mencari bahan pembelajaran melalui internet serta mempersiapkan budaya belajar bagi mahasiswa.


tankzz b4.(+_+)

Dinar Oktaria Ps.
NPM 10.22.340

Menurut saya
Prinsip dasar dari e-learning sebenarnya adalah materi pelajaran disampaikan kepada siswa secara tidak langsung dalam arti pada saat penyampaian materi tidak ada kegiatan tatap muka antara guru dengan siswa.
Karena itu, semua materi pelajaran dapat diterapkan dengan metode e-learning ini.
Terdapat 3 fungsi E-learning yang dapat membantu kegiatan pembelajaran di dalam kelas, yaitu :
1. Sebagai suplemen (tambahan)
Peserta didik mempunyai kebebasan memilih apakah akan memanfaatkan e-learning atau tidak. Tidak ada keharusan bagi siswa untuk mengakses materi yang ditampilkan dalam e-learning.
2. Sebagai komplemen (pelengkap)
Materi e-learning diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas. Fungsi ini lebih ditekankan untuk siswa yang cepat menangkap materi pelajaran yang disampaikan di kelas. fungsi e-learning ini bisa dikatakan sebagai sebuah program pengayaan untuk siswa.
3. Sebagai substitusi (pengganti)
Materi e-learning sepenuhnya digunakan sebagai pengganti materi di dalam kelas. Siswa diperkenankan tidak mengikuti pelajaran di kelas tetapi wajib membuka materi yang disampaikan lewat e-learning.
Untuk itu kita perlu mengadakan pelatihan - pelatihan agar dapat terealisanya pembelajaran tersebut,,
Terima Kasihh ...

ELma Sari
NPM 10.22.395

Menurut saya, e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang
berlandaskan tiga kriteria yaitu:
1. e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui,
menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,
2. pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan
Menggunakan teknologi internet yang standar,
3. memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di
Balik paradigma pembelajaran tradisional.

dalam penerapannya dapat dijabarkan sebagai berikut :

Teknik belajar dengan menggunakan alat bantu audio atau video
1. Siapkan terlebih dahulu DVD player dan cd materi yang akan digunakan
2. Peserta didik memperhatikan tayangan cd materi dan menarik kesimpulan
dari yang didapat
3. Kemudian peserta didik dapat mempresentasikan didepan guru atau didepan

Teknik belajar dengan menggunakan alat bantu computer
1. Siapkan terlebih dahulu komputer yang akan digunakan
2. Guru memberi materi atau topik yang akan diajarkan
3. Peserta didik membuka komputer dan mencari informasi mengenai materi
yang diberikan
4. Kemudian peserta didik menyimpulkan dan mendiskusikan kepada teman
satu kelompok
5. dan yang terakhir peserta didik mempresentasikan didepan guru mengenai
apa yang telah didapat.

Dengan sistem belajar tersebut diharapkan peserta didik dapat belajar dan
tertarik untuk mencari infomasi sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih terdorong untuk belajar dan berpikir.

Aplikasi E-Learning dapat disimpulkan bahwa :

1. Model Pembelajarn e-Learning bisa menggunakan jasa audio, video atau perangkat komputer atau kombinasi dari ketiganya.

2. Proses belajar mengajar menggunakan alat bantu video dan musik dapat mendorong peserta didik untuk belajar dengan diiringin musik dan gambargambar atau tampilan yang menarik lewat video sehingga peserta didik lebih senang yang tidak merasa bosan dengan bahan yang diajarkan dan proses belajar mengajar menggunakan alat bantu komputer dapat juga mendorong peserta didik selalu ingin tau mengenai informasi yang ingin didapat sehingga peserta didik lebih aktif untuk mencari informasi.

Dengan demikian tujuan pembelajaran yang kita harapkan dapat tercapai dan diterima dengan baik oleh peserta didik.

terima kasih......

Tiara Dian Lestari
NPM 1022395

menurut saya,Banyak upaya-upaya dalam meningkatkan produktivitas pendidikan.salah satu nya melalui penerapan pembelajaran internet,siswa akan lebih aktif dan mempunyai wawasan serta pengetahuan yang luas.
Salah satunya pembelajaran melalui e-learning.
E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain.
Dalam Proses Belajar aktif seharusnya ditunjang juga dengan memperhatikan E-learning(Pembelajaran dengan Elektronoik), karena dapat membantu jalannya pembelajaran aktif.

Kompetensi yang saya siapkan di dalam penerapan teknologi internet dalam pembelajaran melalui e-learning yaitu :

1.PEMBELAJARAN JARAK JAUH yaitu, Pembelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.

2.Pembelajaran dengan perangkat komputer yaitu,E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal. Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning. Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.

3.Pembelajaran formal vs informal yaitu,E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum. E-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas(biasanya tanpa memungut biaya).

Demikianlah komentar saya,tentang Contoh penerapan aplikasi Teknologi Pendidikan dalam hal ini adalah penerapan teknoligi internet dalam pembelajaran melalui e-learning. Semoga bermanfaat.Terima kasih.

Tiara Dian Lestari
NPM 1022395

menurut saya,Banyak upaya-upaya dalam meningkatkan produktivitas pendidikan.salah satu nya melalui penerapan pembelajaran internet,siswa akan lebih aktif dan mempunyai wawasan serta pengetahuan yang luas.
Salah satunya pembelajaran melalui e-learning.
E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain.
Dalam Proses Belajar aktif seharusnya ditunjang juga dengan memperhatikan E-learning(Pembelajaran dengan Elektronoik), karena dapat membantu jalannya pembelajaran aktif.

Kompetensi yang saya siapkan di dalam penerapan teknologi internet dalam pembelajaran melalui e-learning yaitu :

1.PEMBELAJARAN JARAK JAUH yaitu, Pembelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.

2.Pembelajaran dengan perangkat komputer yaitu,E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal. Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning. Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.

3.Pembelajaran formal vs informal yaitu,E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum. E-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas(biasanya tanpa memungut biaya).

Demikianlah komentar saya,tentang Contoh penerapan aplikasi Teknologi Pendidikan dalam hal ini adalah penerapan teknoligi internet dalam pembelajaran melalui e-learning. Semoga bermanfaat.Terima kasih.

Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :

1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Kehadiran guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning (belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan

NOVRI
Npm :10 22 485
D.1.20
Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :

1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Kehadiran guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning (belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan

preman kampus
Npm 10 22 XXX
mnurut ag teserah u aja deh....

Menurut saya yang harus di lakukan pertama kali adalah saya harus bisa memahami betul tentang apa itu internet.setelah itu,saya akan menyiapkan bahan-bahan yang akan di bahas di aplikasi teknologi tersebut kemudian akan saya kembangkan materi tersebut. Maka dari proses itu lah saya bisa menerapkan aplikasi tersebut. sekian dan terimakasih…..

Nama :Ana fitriyana
NPM : 10.22.196

Menurut saya yang harus di lakukan pertama kali adalah saya harus bisa memahami betul tentang apa itu internet.setelah itu,saya akan menyiapkan bahan-bahan yang akan di bahas di aplikasi teknologi tersebut kemudian akan saya kembangkan materi tersebut. Maka dari proses itu lah saya bisa menerapkan aplikasi tersebut. sekian dan terimakasih…..

Nama :Ana fitriyana
NPM : 10.22.196

yang akan saya persiapkan adalah mendukung secara penuh kgiatan tersbut dan mempersiap kan diri saya untuk menjadi tenaga pengajar,Melakukan pengembangan materi pendidikan di bidang internet dan TIK, Melakukan penilaian program, proses, dan hasil pendidikan/latihan,setelah semua nya telah dipersiakan maka aplikasi teknologi pendikan ini dapat segera di kembangkan.Terimakasih…….


miftakhul mabruri
npm:10-22-107

saya akan belajar memahami apa itu internet dan saya akan berusaha menerapakannya di sumberdaya manusia di dalam aplikasai teknologi pendidikan..

nama : abdul latif
kelas : d.120

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites