Wednesday, November 10, 2010

Stategi Pembelajaran A.3.6

Situasi:
Anda coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, salah satu staff pengajar mengusulkan sebuah mata kuliah baru mengenai penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya. Ia menunjukkan kepada anda beberapa hasil penelitian yang dilakukan di beberapa perusahaan industry dalam masyarakat. Ternyata terdapat minat yang mengikutsertakan banyak karyawan dalam kuliah itu.
Anda bermaksud merancang mata kuliah tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah.

Pertanyaan:
Bagaimana anda memulai tugas a nda??

40 komentar:

NAMA : REREN ANDALIA
NPM : 09 22 348
Langkah pertama yang akan saya lakukan adalah mempelajari serta memahami materi – materi yang terdapat dalam mata kuliah baru tersebut serta menidentifikasi masalah – masalah yang akan muncul dalam pelaksanaan pembelajarannya karena apabila masalah – masalah yang akan terjadi sudah diketahui maka akan mudah mencari solusinya sehingga mata kuliah itu dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.
Langkah yang kedua adalah memilih media pembelajaran yang akan digunakan dalam pelaksanaan serta penyampaian materi – materi yang ada dalam mata kuliah tersebut karena mata kuliah ini dirancang dengan cara berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah jadi sangat memerlukan media sebagai sarana pembelajaran bagi peserta didik.
Media yang digunakan bisa komputer, proyektor, buku, dan gambar – gambar karena mata kuliah ini berhubungan dengan cara penulisan dan pembuatan laporan serta dokumen lainya. Komputer misalnya bias digunakan sebagai alat praktek bagi peserta didik dalam pembuatan laporan dan dokumen,sedangkan proyektor sebagai sarana bagi siswa untuk mempresentasikan hasil laporan serta dokumen yang dibuatnya dan gambar adalah sarana bagi siswa untuk melihat contoh-contoh laporan karena laporan serta dokumen itu bermacam-macam bentuknya.
Langkah selanjutnya adalah memilih metode penggajaran yang akan digunakan untuk melaksanakan mata kuliah tersebut. Metode yang dipilih harus sesuai dan mendukung media pembelajaran yamg telah dipilih serta sesuai dengan situasi dan kondisi kognitif peserta didik karena metode sangat menentukan keberhasilan proses belajar dan mengajar. Dalam hal ini metode yang digunakan bias metode resitasi atau penugasan karena mata kuliah ini materi-materinya lebih membutuhkan pemahan khususu dan tidak bias dinalarkan serta mengunakan rumus-rumus atau langkah-langkah tertentu sehingga materinya tidak akan cukup kalau hanya disampaikan dalam perkuliahan saja oleh karena itu supaya peserta didik lebih mengerti maka harus diberi tugas. Selain metode resitasi dan penugasan, metode problem solving juga bias diterapkan dalam mata kuliah ini karena metode ini menuntut peserta didik untuk berpikir secara kritis dalam memecahkan masalah atau materi yang dipelajari. Metode ini juga bisa membuat materi yang dipelajari disekolah lebih sesuai dengan kehidupan nyata.
Langkah yang terakhir adalah menyesuaikan media serta metode yang telah dipilih dengan strategi – strategi kognitif peserta didik karena kemampuan kognitif peserta didik itu berbeda antara satu dengan yang lain.
Itulah lamgkah – langkah yang akan saya lakukan sebagai coordinator pengembangan pengajaran.

NAMA : IKE YUNIARTI
NPM : 09 22 449

Untuk memulai tugas sebagai coordinator ialah dengan menentukan metode pengajaran, dalam hal ini saya menekankan metode proyek yang memiliki nilai strategis dan efektifitas penggunaan metode untuk diterapkan dalam mata kuliah penulisan teknik.Selain into metode proyek juga sesuai dengan dengan prinsip – prinsip didaktik modern.Tidak hanya itu saja saya juga harus memilih media pembelajaran yang sesuai dengan mata kuliah ini dan metode yang saya terapkan. Media itu meliputi bahan, alat yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.Serta factor yang mempengaruhi penggunaan media seperti tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, karakteristik siswa, jenis rangsanagn belajar, keadaan latar, kondisi lingkungan juga harus diperhatikan.Sehingga metode dan media pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Selain itu hal yang sangat berpengaruh dalam mata kuliah ini ialah strategi – strategi kognitif yang bisa digunakan individu untuk mendapatkan, menahan serta mengambil kembali pengetahuan sebagai motivasi diri merekja sendiri. Strategi – strategi kognitif ini dimaksudkan untuk meningkatkn jumlah kaitan antara informasi yang disajikan dengan pengetahuan yang sudah ada, melalui pemrosesan informasi secara sadar dengan tujuan meningkatkan pengetahuannya.
Itulah langkah – langkah yang saya ambil untuk menciptakan dan merancang mata kuliah yang berbeda dari biasanya serta menarik minat belajar siswa aktif.

NAMA:Desy Herlina
NPM :09 22443

Pertama Saya akan memulai tugas yaitu dengan cara menentukan metode apa yang akan saya gunakan dalam merancang mata kuliah tersebut,agar bahan ajar yang saya berikan dapat d pahami dan di mengerti lebih jelas oleh peserta didik,
Dan metode yg digunakan yaitu metode diskusi dan metode tanya jawab karna mungkin dengan ada metode tersebut maka peserta didik itu sendiri secara aktif menentu kan materi dan tujuan belajar dengan minat dan kebutuhannya,sekaligus memperoleh materi dengan mencapai tujuannya,itulah langkah yang saya ambil sebagai coordinator.

NAMA:Desy Herlina
NPM :09 22443

Pertama Saya akan memulai tugas yaitu dengan cara menentukan metode apa yang akan saya gunakan dalam merancang mata kuliah tersebut,agar bahan ajar yang saya berikan dapat d pahami dan di mengerti lebih jelas oleh peserta didik,
Dan metode yg digunakan yaitu metode diskusi dan metode tanya jawab karna mungkin dengan ada metode tersebut maka peserta didik itu sendiri secara aktif menentu kan materi dan tujuan belajar dengan minat dan kebutuhannya,sekaligus memperoleh materi dengan mencapai tujuannya,itulah langkah yang saya ambil sebagai coordinator.

Sebagai seorang coordinator yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah baru mengenai penulisan laporan teknik dengan cara yang berbeda yaitu :
Pertama, kita sebagai coordinator harus dapat melihat dan menentukan apakah mata kuliah tersebut penting atau tidak dipelajari di perguruan tinggi. Sehingga, nantinya mata kuliah tersebut dapat bermanfaat dan benar – benar tepat guna.
Kedua, kita dapat menentukan metode apa yang akan kita pergunakan dalam menyampaikan mata kuliah tersebut. Metode ceramah biasanya sering digunakan tetapi dalam mata kuliah ini kita menggunakan metode yang berbeda agar mata kuliah tersebut terlihat lebih menarik. Kita dapat menggunakan metode diskusi dan problem solving (pemecahan masalah). Dengan metode ini maka pendidik dapat memberikan suatu masalah yang akan mereka pecahkan bersama – sama dengan cara diskusi sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan berhasil.
Ketiga, kita dapat menentukan media yang dapat digunakan dalam memperlancar berjalan perkuliahan yaitu dengan memilih media yang yang benar – benar tepat guna dan berdaya guna serta dapat mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Misalkan dengan menggunakan komputer atau laptop yang disertai dengan adanya proyektor. Dengan komputer atau laptop dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan penulisan laporan juga dapat membantu peserta didik dalam mempresentasikan apa yang ia temukan dengan menggunakan komputer dan proyektor sehingga diskusi dapat berjalan dengan lancar.
Keempat, strategi – strategi kognitif juga perlu dilihat dalam menentukan media dan metode karena strategi kognitif sangat penting bagi siapapun untuk mencapai kompetensi yang baik. Karena kemampuan kognitif setiap individu itu berbeda – beda sehingga kita sebagai pendidik harus dapat menyeimbangkan.
Kelima atau terakhir, coordinator menyesuaikan dan menjalankan media dan metode yang sesuai dengan strategi kognitif setiap siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Itulah langkah – langkah yang akan saya lakukan jika saya menjadi seorang coordinator dalam merancang mata kuliah baru.

Sebagai seorang coordinator yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah baru mengenai penulisan laporan teknik dengan cara yang berbeda yaitu :
Pertama, kita sebagai coordinator harus dapat melihat dan menentukan apakah mata kuliah tersebut penting atau tidak dipelajari di perguruan tinggi. Sehingga, nantinya mata kuliah tersebut dapat bermanfaat dan benar – benar tepat guna.
Kedua, kita dapat menentukan metode apa yang akan kita pergunakan dalam menyampaikan mata kuliah tersebut. Metode ceramah biasanya sering digunakan tetapi dalam mata kuliah ini kita menggunakan metode yang berbeda agar mata kuliah tersebut terlihat lebih menarik. Kita dapat menggunakan metode diskusi dan problem solving (pemecahan masalah). Dengan metode ini maka pendidik dapat memberikan suatu masalah yang akan mereka pecahkan bersama – sama dengan cara diskusi sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan berhasil.
Ketiga, kita dapat menentukan media yang dapat digunakan dalam memperlancar berjalan perkuliahan yaitu dengan memilih media yang yang benar – benar tepat guna dan berdaya guna serta dapat mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Misalkan dengan menggunakan komputer atau laptop yang disertai dengan adanya proyektor. Dengan komputer atau laptop dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan penulisan laporan juga dapat membantu peserta didik dalam mempresentasikan apa yang ia temukan dengan menggunakan komputer dan proyektor sehingga diskusi dapat berjalan dengan lancar.
Keempat, strategi – strategi kognitif juga perlu dilihat dalam menentukan media dan metode karena strategi kognitif sangat penting bagi siapapun untuk mencapai kompetensi yang baik. Karena kemampuan kognitif setiap individu itu berbeda – beda sehingga kita sebagai pendidik harus dapat menyeimbangkan.
Kelima atau terakhir, coordinator menyesuaikan dan menjalankan media dan metode yang sesuai dengan strategi kognitif setiap siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Itulah langkah – langkah yang akan saya lakukan jika saya menjadi seorang coordinator dalam merancang mata kuliah baru.

Sebagai seorang coordinator yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah baru mengenai penulisan laporan teknik dengan cara yang berbeda yaitu :
Pertama, kita sebagai coordinator harus dapat melihat dan menentukan apakah mata kuliah tersebut penting atau tidak dipelajari di perguruan tinggi. Sehingga, nantinya mata kuliah tersebut dapat bermanfaat dan benar – benar tepat guna.
Kedua, kita dapat menentukan metode apa yang akan kita pergunakan dalam menyampaikan mata kuliah tersebut. Metode ceramah biasanya sering digunakan tetapi dalam mata kuliah ini kita menggunakan metode yang berbeda agar mata kuliah tersebut terlihat lebih menarik. Kita dapat menggunakan metode diskusi dan problem solving (pemecahan masalah). Dengan metode ini maka pendidik dapat memberikan suatu masalah yang akan mereka pecahkan bersama – sama dengan cara diskusi sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan berhasil.
Ketiga, kita dapat menentukan media yang dapat digunakan dalam memperlancar berjalan perkuliahan yaitu dengan memilih media yang yang benar – benar tepat guna dan berdaya guna serta dapat mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Misalkan dengan menggunakan komputer atau laptop yang disertai dengan adanya proyektor. Dengan komputer atau laptop dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan penulisan laporan juga dapat membantu peserta didik dalam mempresentasikan apa yang ia temukan dengan menggunakan komputer dan proyektor sehingga diskusi dapat berjalan dengan lancar.
Keempat, strategi – strategi kognitif juga perlu dilihat dalam menentukan media dan metode karena strategi kognitif sangat penting bagi siapapun untuk mencapai kompetensi yang baik. Karena kemampuan kognitif setiap individu itu berbeda – beda sehingga kita sebagai pendidik harus dapat menyeimbangkan.
Kelima atau terakhir, coordinator menyesuaikan dan menjalankan media dan metode yang sesuai dengan strategi kognitif setiap siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Itulah langkah – langkah yang akan saya lakukan jika saya menjadi seorang coordinator dalam merancang mata kuliah baru.
Nama : Anastasia Novitasari
NPM : 09 22 467

NAMA : AMEZIA
NPM : 09 22 402
Karena metode yang di gunakan beda dari sebelumnya yang hanya dengan metode ceramah saja, maka dari itu saya akan memulai tugas saya itu dengan memahami karakteristik siswa yang belajar artinya tingkat pengetahuan siswa, bahasa siswa dan jumlah siswa yang belajar. Juga memperhatikan keadaan latar atau lingkungan dan kondisi setempat, dengan adanya hal itu, agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya metode baru itu di harapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan bagi para siswa.
Untuk menjadi individu yang kompeten setiap orang harus memiliki strategi-strategi kognitif yang baik. Penggunaan strategi yang baik adalah seorang yang mempunyai suatu varitas stategi dan menggunakan prosedur tersebut yang mengatasi tantangan kognetif tersebut.

NAMA : SISWANTO ADI PURNOMO
NPM : 09 22 385
Apabila saya menjadi coordinator bagian pengembangan pengajaran,
Hal yang pertama saya lakukan, menerima usul dari staff pengajar, tapi sebelumnya untuk meyakinkan bagaimana mata kuliah baru yang ingin di terapkan di perguruan tinggi ini.
Kita akan terjun langsung, kita bersama-sama mencari informasi di perusahaan di lingkungan kita yang mungkin bisa di jadikan sebagai panduan yang mengacu pada dunia kerja saat ini. Dan setelah mendapatkan bukti konkrit, yang tentunya kita bisa langsung terjun kesana, selanjutnya kita bisa menetapkan apakah itu layak kita terapkan di perguruan tinggi ini.

NAMA : HENDRA HIDAYAT
NPM : 09 22 400
Langkah pertama yang akan saya kerjakan adalah kita harus bisa merubah metode ceramah itu dengan metode yang lain dari yang biasanya. karena metode ceramah sudah sering kali di gunakan dalam pembelajaran dan kita juga harus mengetahui karakteristik para siswa dan siswi tersebut, agar kita mudah menyampaikan materi yang akan kita berikan dengan metode yang akan kita sampaikan tersebut ( tingkat pengetahuan siswa, bahasa siswa, jumlah siswa yang belajar ).
Dengan kita memperhatikan karakteristik siswa tersebut kita dapat mudah mengunkan strategi-strategi kognitif dalam proses belajar mengajar berlangsung. karena strategi-strategi kognitif dapat merangsang atau menimbulkan minat siswa dalam proses belajar mengajar dan memudahkannya dalam memahani suatu materi.

NAMA : JEFRY JUAN CAHYADI
NPM : 09.22.457

Langkah-langkah yang akan saya lakukan yaitu mempelajari dan menganalisa kembali hasil laporan penelitian yang dilakukan dibeberapa perusahaan indutri dalam masyrakat tersebut. Lalu saya akan memilih bahan ajar yang tepat untuk Mata Kuliah ini, bahan ajar yang tepat dan relevan adalah bahan ajar berbentuk Power Point Interaktif, Media Pembelajaran yang akan saya pakai yaitu komputer & Proyektor ( Multimedia ), Karena , Bahan ajar yang dipakai yaitu Power Point Interaktif dan berhubung Mata Kuliah ini memerlukan banyak praktek, peserta didik dapat langsung mempraktekkan didepan kelas dengan memakai komputer dan proyektor. Metode yang akan diterapkan adalah metode diskusi, tanya jawab dan penugasan, langkah yang terakhir adalah merancang strategi pembelajaran dan mengoptimalkan Standar Kompetensi Sesuai dengan yang diinginkan.

NAMA : FENTY OKTAVIANA
NPM : 09 22 432

Saya akan memulai tugas ini dengan memilih metode yang tepat untuk disampaikan dan dapat diterima oleh peserta didik, yaitu memakai metode diskusi dan penugasan. Lalu saya akan memilih bahan ajar yang sesuai dengan Mata kuliah ini yaitu memakai bahan ajar Modul, Media pembelajaran yang akan saya terapkan adalah Media Visual yang tidak dipoyeksikan, karena bahan ajar yang dipakai yaitu Modul. Strategi Pembelajaran yang tepat yaitu Strategi Kognitif Utama ( Strategi Kognitif Aktif )dan langkah yang terakhir adalah memilih dan merancang Komptensi Dasar yang dapat mengoptimalkan Peserta didik dalam Mata Kuliah ini.

NAMA:YOSI PRASTIA
NPM :09 22 436

asalamualikum....
jika saya menjadi cordinator, saya akan mempelajari dan menganalisis kembali hasil penelitian tersebut, jika mata kuliah tersebut cukup penting dan memberikan manfaat yang di butuhkan oleh para peserta didik, saya akan menyatujui adanya mata kuliah tersebut, dan menentukan media dan metode apa yang sesuai, misal nya metode diskusi dan tanya jawab agar peserta didik lebih aktif dalam belajar, serta memberikan metode demonstrasi agar materi yang di sampaikan cepat di mengerti oleh peserta didik.
Selain itu hal yang sangat berpengaruh dalam mata kuliah ini ialah strategi – strategi kognitif yang bisa digunakan individu untuk mendapatkan, menahan serta mengambil kembali pengetahuan sebagai motivasi diri merekja sendiri. Strategi – strategi kognitif ini dimaksudkan untuk meningkatkn jumlah kaitan antara informasi yang disajikan dengan pengetahuan yang sudah ada, melalui pemrosesan informasi secara sadar dengan tujuan meningkatkan pengetahuannya.
Itulah langkah – langkah yang saya ambil untuk menciptakan dan merancang mata kuliah yang berbeda dari biasanya .

NAMA:YOSI PRASTIA
NPM :09 22 436

asalamualikum....
jika saya menjadi cordinator, saya akan mempelajari dan menganalisis kembali hasil penelitian tersebut, jika mata kuliah tersebut cukup penting dan memberikan manfaat yang di butuhkan oleh para peserta didik, saya akan menyatujui adanya mata kuliah tersebut, dan menentukan media dan metode apa yang sesuai, misal nya metode diskusi dan tanya jawab agar peserta didik lebih aktif dalam belajar, serta memberikan metode demonstrasi agar materi yang di sampaikan cepat di mengerti oleh peserta didik.
Selain itu hal yang sangat berpengaruh dalam mata kuliah ini ialah strategi – strategi kognitif yang bisa digunakan individu untuk mendapatkan, menahan serta mengambil kembali pengetahuan sebagai motivasi diri merekja sendiri. Strategi – strategi kognitif ini dimaksudkan untuk meningkatkn jumlah kaitan antara informasi yang disajikan dengan pengetahuan yang sudah ada, melalui pemrosesan informasi secara sadar dengan tujuan meningkatkan pengetahuannya.
Itulah langkah – langkah yang saya ambil untuk menciptakan dan merancang mata kuliah yang berbeda dari biasanya .

ASSALAMMUALAIKUM
Jika saya menjadi cordinator, langkah pertama yang saya ambil memahami dan mempelajari dulu seberapa penting mata kuliah ini untuk diterapkan,saya lakukan adalah memahami dan mempelajari tentang mata kuliah tersebut secara efektif dan efisien supaya dapat ditemukkan seberapa besarkah fungsi atau manfaat dari menerapkan mata kuliah penulisan tekhnik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran kusus tersebut bagi karyawan-karyawan itu.
kemudian saya akan menerapkan metode diskusi,teori dan praktek.
jika metode ini sudah berjalan sesuai dengan yang di harapkan insya allah mata kuliah ini berhasil sesuai yang dengan tujuan dan kita inginkan.

target saya : karyawan yang mengikut sertakan proses pembelajaran yang saya ajarkan dapat diterima dan di pahami dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi karyawan2 tersebut.
TERIMAKASIH
WASSALAMMUALAIKUM

NAMA : PUJI SETIAWAN
NPM : 09 22 362

Menurut Saya, jika saya coordinator bagian pengembangan pengajaran di salah satu perguruan tinggi, dan saya ingin merancang mata kuliah mengenai Penulisan teknik yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajaran khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainnya yaitu dengan cara yang berbeda dari biasanya yang hanya dengan metode ceramah yaitu saya ingin menggunakan media dan menggunakan strategi-strategi untuk pembelajaran. Karena di dalam media banyak sekali cara atau jalan untuk mempermudahkan kita jika kita sebagai seorang Guru tapi kita harus tahu bagaimana dalam proses belajar mengajar. Dan di dalam media pengajaran ini banyak manfaat yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar antara lain dalam media ini dapat menarik dan memperbesar perhatian anak didik terhadap materi pengajaran kita, media ini juga bisa mengatasi perbedaan pengalaman belajar anak didik berdasarkan latar belakang social ekonomi, dapat menumbuhkan kemamapuan anak untuk mampu mempelajari sendiri berdasarkan pengalaman dan kenyataan dan lain sebagainya. Dan selain kita menggunakan metode kita juga bisa menggunakan strategi kita dalam proses belajar dan pembelajaran seperti menggunakan strategi kognitif karena di dalam metode ini, mampu meningkatkatkan jumlah kaitan antara informasi yang disajikan dengan pengetahuan yang sudah ada melalui suatu pemrosesan informasi secara sadar dan sengaja yang bertujuan untuk meningkatkan retensinya. Itulah cara yang harus saya lakukan untuk memulai tugas saya.

NAMA : M.GUSTI RANDY
NPM : 09 22 346


saya akan menggunakan metode diskusi,karena dengan menggunakan metode diskusi kita dapat memecahkan suatu masalah dalam belajar.

Metode diskusi adalah suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas, dengan bertukar pendapat mengenai topik atau masalah tertentu untuk memperoleh suatu pengertian bersama yang lebih jelas dan teliti tentang topik/sesuatu, atau untuk mempersiapkan dan merampungkan keputusan bersama
Alasan penggunaan metode diskusi yaitu
diskusi banyak digunakan sebagai salah satu cara untuk memecahkan masalah dan telah menjadi bgian dari kehidupan manusia itu sendiri. Oleh karena itu metode ini dipandangn penting dikembangkan oleh guru di sekolah

Tujuan penggunaan metode diskusi adalah agar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara membahas dan memecahkan masalah tertentu
Manfaat penggunaan metode diskusi untuk: menumbuhkan dan membina sikap serta perbuatan
siswa yang demokratis, menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan cara
berpikir kritis, analitis, dan logis,memupuk rasa kerjasama, sikap toleransi.

nama:mu'tamar
npm ;09 22 428

Menurut saya :
Saya sebagai koordinator bagian pengembangan pengajaran di sebuah perguruan tinggi. Disaat itu juga saya bermaksud meracang mata kuliah yang diusulkan oleh staf pengajar mengenai penulisan teknik, serta penulisan laporan teknik dan dokumen.

Maka hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan pengajaran yang nantinya akan diajarkan kepada mahasiswa / peserta didik, selanjutnya memahami / mengidentifikasi masalah apa yang terdapat dalam pelaksaan pembelajaran tersebut. Kemudian barulah memilih metode apa yang efektif yang akan saya terapkan dalam mata kuliah tersebut, sesuai dengan kemampuan peserta didik, khususnya apabila peserta didik banyak didominasi oleh karyawan yang telah memiliki pengetahuan yang lebih.
Apabila selama ini sering kali memakai / menerapkan metode ceramah, maka saya akan menerapkan berbagai metode lainnya seperti :

~ Metode diskusi
Metode yang harus sering diterapkan untuk melatih peserta didik dalam membentuk sustu gagasan / ide dan terobosan pemecahan masalah.

~ Metode demontrasi
Mendemontrasikan suatu prosedur / proses berupa penjaelasan yang singkat, padat, dan tepat.

~ Metode eksperimen (percobaan)
Biasanya dialami sendiri oleh peserta didik untuk membuktikan suatu kebenaran dari suatu pembelajaran dan sesekali memakai media pengajaran (dengan OHP dan bahan presentasi yang menggunakan LCD).

Hal ini dilakukan agar meningkatkan motivasi PBM dan mempermudah pendididk untuk mennyampaikan materi kepada peserta didik, sehingga mencapai pembelajaran yang efektif.

Alasan saya untuk menerapkan metode ini sanagt jelas, karena apabila kita selalu menerapkan satu metode pengajaran saja di setiap kali pertemuan, maka peserta didik akan bosan karena sifatnya monoton. Namaun sebaliknya dengan adanya metode bervariasi yang disajikan di setiap pertemuannya. Maka peserta didik akan lebih mudah memahami PBM tersebut, dengan cacatan seorang pendidik memahami terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh peserta didiknya (dengan cara merancang / memperhatiakn langkah-langkah strategi pembelajran) yang biasanya dimulai dari persiapan, pelaksaan, dan penilain.

Akhirnya dengan diterapkannya cara / metode seperti yang saya jelaskan di atas mudah-mudahan proses PBM akan berjalan dengan efektif dan mencapai hasil yang diinginkan.

oku pranata



Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pengajaran pertama-tama yang harus saya siapkan adalah saya harus mengetahui terlebih dahulu aspek latar belakang dari mahasiswanya yang meliputi jenis kelamin dari siswa, tempat kelahiran, tempat tinggal, tingkat sosial ekonomi siswa, dll. sedangkan dilihat dari faktor sifat yang dimiliki siswa kemampuan dasar dari pengetahuan dan sikap. tidak dapat disangkal bahwa kemampuan setiap individu itu berbeda-beda yaitu tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
saya juga harus merencanakan faktor sarana dan prasarana, media apa yang baiknya saya gunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri, apakah sarana dan prasarana itu cocok atau tidak dengan strategi pembelajaran yang saya ambil dengan kata lain saya harus memilih media yang baik agar tujuan belajar yang ingin di sampaikan dapat terealisasi dengan efektif dan efisien. tujuan pemilihan media untuk mempermudah bagi guru dan peserta didik dalam menyampaikan informasi materi kepada peserta didik, serta mempermudah bagi anak didik dalam menyerap serta memahami materi.sebelum memilih media mana yang akan di gunakan terlebih dahulu kita harus memahami karateristik peserta didik. yaitu karateristik umum meliputi umur, jenis kelamin, jenjang/tingkat kelas,tingkat kecerdasan dll sedangkan karateristik khusus meliputi pengetahuan,kemampuan,serta sikap mengenai topik/materi yang di sajikan.
pada kasus ini media yang digunakan media yang berbasis mikroprosesor contohnya komputer karena didalam komputer itu terdapat banyak program yang dapat mendukung proses penyajian pembelajaran. guru dan peserta didik dapat secara langsung belajar dengan langsung memperaktekkannya bagaimana cara penulisan tekniuk yang benar karena peserta didik cenderung berlatar belakang pekerja yang bekerja diperusahaan industri.
strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi kognitif aktif,selain strategi utama sebaiknya juga menggunakan strategi pendukung dimaksudkan untuk pemprosesan informasi dengan membantu individu untuk memelihara orientasi belajar yang baik.strategi belajar ini meliputi stategi-strategi sistem belajar, seperti penetapan tujuan, manajemen waktu, manajemen konsentrasi dan teknik-teknik relaktasi, serta strategi-strategi metalearning (kesadaran akan pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman dan retensi materi belajar). tidak hanya strategi metalearning tetapi juga memiliki strategi pemprosesan informasi ini dikrenakan strategi-strategi tersebut dapat saling berketerkaitan, sehingga diharapakan dapat terjadi proses pembelajaran yang optimal.

Nama : Karnaldo Venalosyah
Npm : 09 22 364
Pertama Saya akan mempelajari atau mendalami Materi dari mata kuliah yang diusulkan kepada saya dan akan menganalisis permasalahan yang timbul dan menentukan cara Penyelesaikan permasalahan yang ada, metode yang digunakan Serta mempertimbangkan peserta didik/Mahasiswa yang akan saya hadapi dalam masa pendidikan persemester.

Kedua Dalam Mata kuliah ini saya akan memilih/menggunakan Metode pembelajaran Penyelesaian masalah (problem Solving), Netode Observasi metode Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Dimana Dalam Metode Problem solving Mahasiswa akandilatih untuk menyelesaikan masalah Pribadi dan masalah orang lain. Sehingga pada saat mahasiswa mendapatkan permasalahan dalam aktifitas proses belajar mengajar, metode problem solving mengajarkan mahasiswa lebih teliti dan kritis dalam penyelesaian masal;ah yang dihadapi. Dalam mengerjakan Tugas penulisan karya tulis saya menggunakan atau menerapkan metode observasi untuk mendapatkan data-data yang konkrit. Metode Pembelajaran TGT Membuat suasana belajar lebih rileks dan mahasiswa mempunyai tanggung jawab serta menimbulkan persaingan secara sehat Guna mendapatkan nilai yang maksimal antara mahasiswa yang lain.

Langkah Ketiga Saya Akan Memilih Media Pembelajaran Yaitu : Buku, Komputer, Audio Visual, Proyektor Serta Perangkat Pendukung Lainnya Guna Membantu Mahasiswa untuk mempresentasikan hasil Karya atau kerja mereka.

Strategi Kognitif Saya akan mempertimbangkan Latar Belakang Mahasiswa yang Berbagai macam Sehingga Tercipta Suasana belajar yang Harmonis dan Efektif

NAMA : EVA TRISUJIATI
NPM : 0922324

Dalam merancang Mata Kuliah tersebut yang akan saya lakukan yaitu:
Langkah pertama, saya akan menentukan atau memilih metode apa yang akan digunakan dalam pengajaran untuk mencapai sasaran dan tujuan instruksional.
Dalam hal ini saya akan menggunakan metode problem solving (pemecahan masalah). Dengan menggunakan metode ini, diharapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah serta mengambil keputusan secara objektif dan rasional.
Saya juga akan menggunakan metode Inkuiri untuk kemudian dicari jawaban dan kesimpulannya. Dengan metode ini dapat mengembangkan dan melatih daya pikir siswa atas nalai yang menjadi tujuan dalam pokok bahasan.

Langkah kedua, saya akan memilih media pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan beberapa prinsip, yaitu:
1. tujuan dari materi tersebut harus jelas
2. harus disesuaikan dengan metode mengajar
3. harus disesuaikan dengan kondisi fisik lingkungan

Langkah selanjutnya, menyesuaikan metode serta media yang telah saya pilih dengan strategi kognitif peserta didik. Karena untuk mencapai kempetensi yang optimal, individu harus memiliki strategi kognitif. Semakin baik strategi kognitif yang digunakan, semakin besar peluang seseorang untuk menjadi individu yang kompeten.

Itulah langkah-langkah yang akan saya lakukan sebagai coordinator bagian pengembangan pengajaran di perguruan tinggi tersebut.

Nama:Evi Bartima Sari
NPM :09 22 455

Jika saya menjadi coordinator pengembangan pengajaran,langkah pertama:memahami dulu materi yang akan saya ajarkan.
langkah kedua:Baru saya akan menentukan metode,dalam penggunaan metode harus menjadi motivasi ekstrinsik agar peserta didik semangat belajar,harus bisa mengatur pembelajaran dan dalam metode harus ada tujuan di karena kan ada pencapaian.
Metode yang akan saya pakai metode Diskusi karena guru sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar anak di kls dan saya akan mengajak para peserta didik untuk mencari teknik yang ada di dalam pikiran mereka,lalu mereka paparkan di depan teman-teman nya yang lain.selanjut nya,tinggal gyru menjelas kan dan meluruskan saja.penentuan metode ini di dasari ada nya metode tertentu.

NAMA:MERI ANDANI
NPM : 09 22 247

Assalamu'alaikum,wr wb
Pembelajaran pada dasarnya adalah proses penambahan informasi dan kamampuan berpikir strategi apa yang harus dilakukan agar semua itu dapat tercapai secara efektif dan efisien.
sebagai coordinator yang saya akan lakukan adalah mempertimbangkan dalam menetapkan strategi yang ingin diterapkan. Misalkan untuk mencapai tujuan yang berhubungan dengan aspek kognitif, akan memiliki strategi yang berbeda dengan upaya untuk mencapai tujuan afektif atau psikomotor. Demikian juga halnya, untuk mempelajari bahan pelajaran yang bersifat fakta akan berbeda dengan mempelajari bahan pembuktian suatu teori, dan lain sebagainya.
Prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran adalah bahwa tidak semua strategi pembelajaran cocok digunakan untuk mencapai semua tujuan dan semua keadaan, misalnya; Penggunaan metode diskusi, contohnya, guru harus dapat merancang strategi pelaksanaan diskusi tidak hanya terbatas pada pengembangan aspek intelektual saja, akan tetapi harus mendorong siswa agar mereka dapat berkembang secara keseluruhan, misalkan mendorong agar siswa dapat menghargai pendapat orang lain, mendorong siswa agar berani mengeluarkan gagasan atau ide-ide yang orisinil, mendorong siswa untuk bersikap jujur, tenggang rasa dan lain sebagainya.
pendekatan pembelajaran yang menggunakan multi metoda dan multi memungkinkan siswa untuk belajar dari berbagai sumber informasi secara mandiri, baik dari media grafis seperti buku, majalah, surat kabar, buletin dan lain sebagainya; atau dari media elektronik seperti radio, televisi, film slide, video, komputer, atau mungkin dari internet.atau Metode pemecahan masalah yaitu metode dalam kegiatan dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik individu maupun kelompok yang di pecah kan sendiri atau secara bersama-sama, orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.Dan Metode role palying yaitu suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa.
Hal itu lah yang akan saya lakukan.
TERIMA KASIH

nama:Sella Agustin
NPM :09 22 383

Langkah pertama yang akan saya lakukan ialah menentukan mata kuliah yang akan diajarkan dan mula-mula membentuk kelompok dalam suatu kelas menjadi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok di beri pertanyaan atau tugas dari mata kuliah yang diajarkan yang harus didiskusikan setelah itu dibahas dalam beberapa forum diskusi sehingga terjadi tanya jawab antara peserta dan setalah masing-masing kelompok telah mempersentasikan jawaban dan pendapat maka disini kita tegaskan kembali merangkum semuayang telah didiskusikan tadi menjadi suatu tugas yang disusun dalam laporan yangyang telah diketik yang akan dikumpulkan dipertemuan berikutnya.

nama: septa romantika
npm : 0922456

hal pertama yang saya lakukan untuk merancang mata kulia tersebut mempelajari/meneliti dokumen laporan yang telah digiunakan oleh beberapa perusahaan industri.
langkah selanjutnya adalah menentukan metode yang akan diterapkan dalam matakulia tersebut diskusi. itulah langakah saya apabila menjadi kordinator.

NAMA: DEVI STERIA
NPM: 09 22 435

Sebagai coordinator yang saya ingin lakukan yaitu terlebih dahulu saya akan memahai materi- materi yang terdapat dalam mata kuliyah baru tersebut.
langkah selanjutnya dalam penerapan materi tersebut saya akan menggunakan metode diskusi. diskusi yaitu sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.maka akan timbul
Metode diskusi yaitu suatu cara mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
Tujuan saya mengambil metode ini adalah Memotivasi atau memberi stimulasi kepada siswa agar berfikir kritis, mengeluarkan pendapatnya, serta menyumbangkan pikiran-pikirannya,dan Mengambil suatu jawaban actual atau satu rangkaian jawaban yang didasarkan atas pertimbangan yang seksama.
hal inilah yang saya lakukan sebagai coordinator dalam menerapkan metode baru.
TERIMA KASIH

Nama: Resi Yulia
Npm: 0922370

Saya akan mempelajari Materi Mata kuliah yang ditawarkan kepada saya,dan melakukan analisis terhadap masalah yang akan timbul pada materi Konsep dasar kompetensi

Saya akan memilih Metode observasi dan metode Drill (Latihan). Dengan adanya metode observasi kita akan mendapatkan data-data yang konkrit dalam mendapatkan data/informasi dalam penulisan laporan, Dan metode Drill (Latihan) Mahasiswa akan mudah saat mendapatkan tugas akhir karena mendapatkan Latihan selama ini.

Jika semua metode ini sudah berjalan sesuai yang diharapkan insyaallah mata kuliah ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
TERIMA KASIH

Nama:winda Lestari
NpM :09 22 446

menurut saya jika menjadi cordinator disebuah perguruan tinggi, mungkin saya akan menerapkan suatu metode pembelajaran secara diskusi, dimana didalam berdiskusi itu kita bisa memecahkan suatu masalah didalam bersama.

Selanjutnya Saya akan memilih Media pembelajaran Berupa Buku, Laptop/komputer Untuk Mengetik laporan dan mempresentasikan hasil Laporan tersebut.

Strategi kognitif akan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan sebelumnya serta Latar belakang skill peserta didik masing-masing..

Nama : Yitnawati
Npm : 09 22 399

Menurut pendapat saya terlebih dahulu saya lakukan sebelumnya saya ingin mengetahui atau memahami terlebih dahulu materi kuliah apa yang akan diterapkan kepada siswa. Untuk itu saya ingin menerapkan strategi praktek atau observasi lapangan dengan begiti siswa lebih mengerti dan memahami materi tersebut dibandingkan dengan metode ceramah saja.Dengan hasil praktek atau observasi lapangan kita dapat menerapkan berbagai teori seperti teori perkembangan alamiah, apersepsi dan Teori Disiplin Mental. Dengan Begitu kita bisa memahami materi lebih mudah dan bisa dimengerti oleh anak didik.

Saya akan melakukan atau menerapkan kepada siswa metode Kuliah Mimbar dengan Metode belajar ini siswa lebih mengerti dan memahami mata kuliah tersebut. Dengan cara siswa harus mencari bahan-bahab atau materi pelajaran sendiri dan membuat ringkasan, memberi kesimpulan sendiri. Jadi sebelum proses belajar mengajar dimulai siswa sudah bisa memahami materi atau isi pelajaran tersebut.

nama : Latif fotus shohibah
NPM 09 22 354

Sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah penulisan teknis yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainya adalah sebagai berikut:
Pertama: menentukan media pembelajaran yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan media sederhana secara kelompok kecil yang terdiri dari 2-8 orang.
Kedua : menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , maksudnya dalam merancang suatu mata kuliah kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari iadakannya mata kuliah tersebut dalan perguruan tinggi.
Ketiga : menentukan dan mencari materi atau isi mata kuliah tersebut sehingga kita mudah dalan menyampaikan matei, menentukan tujuan pembelajaran dan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut.
Keempat : menentukan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut sehingga mudah dalam menyampaikan materi.
Kelima : menentukan metode pembelajaran dalan mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan metode diskusi yang terdiri dari 2-8 orang.
Keenam : mengetahui karakteristik mahasiswa yang akan mengikuti proses belajar mengajar tersebut. Maksudnya kita harus mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap media yang akan digunakan , kita perlu memperhatikan bahasa dalam media pembelajaran, isi pesan yang disampaikan melalui media yang digunakan harus sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa atau kosa kata yang dimiliki mahasiswa sehingga memudahkan mahasiswa Dallam memahami materi yang disampaikan melalui media tersebut.

Nama : Latif fotus shohibah
NPM :09 22 354
Sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah penulisan teknis yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainya adalah sebagai berikut:
Pertama: menentukan media pembelajaran yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan media sederhana secara kelompok kecil yang terdiri dari 2-8 orang.
Kedua : menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , maksudnya dalam merancang suatu mata kuliah kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari iadakannya mata kuliah tersebut dalan perguruan tinggi.
Ketiga : menentukan dan mencari materi atau isi mata kuliah tersebut sehingga kita mudah dalan menyampaikan matei, menentukan tujuan pembelajaran dan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut.
Keempat : menentukan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut sehingga mudah dalam menyampaikan materi.
Kelima : menentukan metode pembelajaran dalan mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan metode diskusi yang terdiri dari 2-8 orang.
Keenam : mengetahui karakteristik mahasiswa yang akan mengikuti proses belajar mengajar tersebut. Maksudnya kita harus mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap media yang akan digunakan , kita perlu memperhatikan bahasa dalam media pembelajaran, isi pesan yang disampaikan melalui media yang digunakan harus sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa atau kosa kata yang dimiliki mahasiswa sehingga memudahkan mahasiswa Dallam memahami materi yang disampaikan melalui media tersebut.

Nama Latif fotus shohibah
NPM : 09 22 354
Sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah penulisan teknis yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainya adalah sebagai berikut:
Pertama: menentukan media pembelajaran yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan media sederhana secara kelompok kecil yang terdiri dari 2-8 orang.
Kedua : menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , maksudnya dalam merancang suatu mata kuliah kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari iadakannya mata kuliah tersebut dalan perguruan tinggi.
Ketiga : menentukan dan mencari materi atau isi mata kuliah tersebut sehingga kita mudah dalan menyampaikan matei, menentukan tujuan pembelajaran dan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut.
Keempat : menentukan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut sehingga mudah dalam menyampaikan materi.
Kelima : menentukan metode pembelajaran dalan mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan metode diskusi yang terdiri dari 2-8 orang.
Keenam : mengetahui karakteristik mahasiswa yang akan mengikuti proses belajar mengajar tersebut. Maksudnya kita harus mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap media yang akan digunakan , kita perlu memperhatikan bahasa dalam media pembelajaran, isi pesan yang disampaikan melalui media yang digunakan harus sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa atau kosa kata yang dimiliki mahasiswa sehingga memudahkan mahasiswa Dallam memahami materi yang disampaikan melalui media tersebut.

Nama Latif fotus shohibah
NPM : 09 22 354
Sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah penulisan teknis yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainya adalah sebagai berikut:
Pertama: menentukan media pembelajaran yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan media sederhana secara kelompok kecil yang terdiri dari 2-8 orang.
Kedua : menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , maksudnya dalam merancang suatu mata kuliah kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari iadakannya mata kuliah tersebut dalan perguruan tinggi.
Ketiga : menentukan dan mencari materi atau isi mata kuliah tersebut sehingga kita mudah dalan menyampaikan matei, menentukan tujuan pembelajaran dan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut.
Keempat : menentukan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut sehingga mudah dalam menyampaikan materi.
Kelima : menentukan metode pembelajaran dalan mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan metode diskusi yang terdiri dari 2-8 orang.
Keenam : mengetahui karakteristik mahasiswa yang akan mengikuti proses belajar mengajar tersebut. Maksudnya kita harus mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap media yang akan digunakan , kita perlu memperhatikan bahasa dalam media pembelajaran, isi pesan yang disampaikan melalui media yang digunakan harus sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa atau kosa kata yang dimiliki mahasiswa sehingga memudahkan mahasiswa Dallam memahami materi yang disampaikan melalui media tersebut.

Jika saya menjadi cordinator bagian pengembangan pertama-pertama yang harus saya siapkan adalah saya harus mengetahui terlebih dahulu aspek latar belakang dari mahasiswanya dan penulisan laporan tehnik dan dokumen lainnya karena apabila masalah-masalah yang akan terjadi sudah diketahui maka akan mudah mencari solusinya sehinggaga mata kulliah dalam pembelajaran dapat berjalan dg baik

Saya juga harus merencanakan faktor sarana dan prasarana,media apa yang sebaiknya saya gunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri,apakah sarana dan prasarana itu cocok atau tidak dengan strategi pembelajaran yang saya ambil dengan kata lain saya haru memilih media yang baik agar tujuan belajar yang saya ingin di sampaikan dapat terealisasi gengan efektif dan efisien


Nama:Tedi Aprias Eko Putra
Kls:A.3.6
Npm:09 22 451

NAMA :ONKKY INDRA EVENDI
NPM :09 22 343

asalamualikum....
jika saya menjadi cordinator, saya akan mempelajari dan menganalisis kembali hasil penelitian tersebut, jika mata kuliah tersebut cukup penting dan memberikan manfaat yang di butuhkan oleh para peserta didik, saya akan menyatujui adanya mata kuliah tersebut, dan menentukan media dan metode apa yang sesuai, misal nya metode diskusi dan tanya jawab agar peserta didik lebih aktif dalam belajar, serta memberikan metode demonstrasi agar materi yang di sampaikan cepat di mengerti oleh peserta didik.
Sehingga pada saat mahasiswa mendapatkan permasalahan dalam aktifitas proses belajar mengajar, metode problem solving mengajarkan mahasiswa lebih teliti dan kritis dalam penyelesaian masal;ah yang dihadapi. Dalam mengerjakan Tugas penulisan karya tulis saya menggunakan atau menerapkan metode observasi untuk mendapatkan data-data yang konkrit. Metode Pembelajaran TGT Membuat suasana belajar lebih rileks dan mahasiswa mempunyai tanggung jawab serta menimbulkan persaingan secara sehat Guna mendapatkan nilai yang maksimal antara mahasiswa yang lain

NAMA : LATIF FOTUS SHOHIBAH
NPM : 09 22 354

Sebagai coordinator langkah yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah penulisan teknis yang mengajarkan pengorganisasian bahan ajar khusus, serta penulisan laporan teknik dan dokumen lainya adalah sebagai berikut:
Pertama: menentukan media pembelajaran yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan media sederhana secara kelompok kecil yang terdiri dari 2-8 orang.
Kedua : menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , maksudnya dalam merancang suatu mata kuliah kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari iadakannya mata kuliah tersebut dalan perguruan tinggi.
Ketiga : menentukan dan mencari materi atau isi mata kuliah tersebut sehingga kita mudah dalan menyampaikan matei, menentukan tujuan pembelajaran dan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut.
Keempat : menentukan strategi yang akan digunakan dalam mata kuliah tersebut sehingga mudah dalam menyampaikan materi.
Kelima : menentukan metode pembelajaran dalan mata kuliah tersebut, yaitu dengan menggunakan metode diskusi yang terdiri dari 2-8 orang.
Keenam : mengetahui karakteristik mahasiswa yang akan mengikuti proses belajar mengajar tersebut. Maksudnya kita harus mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap media yang akan digunakan , kita perlu memperhatikan bahasa dalam media pembelajaran, isi pesan yang disampaikan melalui media yang digunakan harus sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa atau kosa kata yang dimiliki mahasiswa sehingga memudahkan mahasiswa Dallam memahami materi yang disampaikan melalui media tersebut.

Nama : Aria Perdana Nugraha
NPM : 09 22 390

Sebelumnya saya akan mempelajari dan memahami terlebih dahulu hasil penelitian yang diberikan dan merumuskan tujuan apa yang ingin disampaikan setelah itu menyusun materi yang ingin disampaikan kemudian memilih dan menentukan metode.

Metode yang akan saya terapkan yaitu membuat suatu model pembelajaran kelompok.

Membuat beberapa unsur penting dalam pembelajaran kelompok itu,seperti :

1. Adanya peserta dalam kelompok
2. Adanya aturan kelompok
3. Adanya tujuan di mana untuk memberikan arah perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.

Adapun tujuan membuat atau menciptakan pembelajaran kelompok yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa,agar dapat meningkatkan kemampuan hubungan sosial dll.

Prosedur pembelajaran kelompok yaitu :

-Berupa penjelasan materi yang di artikan sebagai proses penyampaian pokok pokok materi sebelum siswa dalam kelompok.
-Belajar dalam kelompok,suatu tim di dorong untuk melakukan tukar menukar informasi yang di dapat lalu mendiskusikan permasalahan secara bersama.
-Penilaian bisa dilakukan dengan tes atau kuis.
-Pengakuan tim,memberi penghargaan atau hadiah kepada tim yang paling menonjol dan berprestasi.

NAMA : JHONI TRI SAPUTRA
NPM : 09 22 356

Menurut pendapat saya, Dalam penyampaian pengajaran ini saya akan menggunakan tidak hanya satu metode pembelajaran saja.

Materi tersebut tidak akan maksimal apabila kita hanya menggunakan satu metode saja.
Jadi kita harus menggunakan beberapa metode yaitu metode diskusi, tanya jawab dan observasi karna dengan adanya metode diskusi mahasiswa diharapkan akan mempunyai gambaran tersendiri dengan cara mendiskusikannya dengan rekan-rekannya serta dapat mengeluarkan ide-ide atau gagasan-gagasanya. Setelah itu diadakanya metode tanya jawab yang bertujuan untuk mengutarakan pendapat dan mengetahui sampai dimana materi tersebut bisa di pahami, apakah materi sudah tepat atau melenceng dari materi yang diingginkan dan kemudian diadakan observasi yaitu untuk mengetahui hasilnya apakah sesuai dengan kenyataan dan pengalaman atau tidak.

Serta kita juga harus menggunakan beberapa alat bantu Elektronik misalnya Computer, LCD proyektor dan beberapa hasil penelitian yang di lakukan di beberapa Industry dan Masyarakat sebelumnya agar lebih mempermudah proses belajar atau penyampaiaan materi.

Jadi, dalam membuat rancangan mata kuliah tersebut harus disesuaikan dengan beberapa faktor diantaranya tujuan, sasaran, kondisi setempat, serta keadaan peserta didik. sehingga metode yang kita gunakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang kita buat dalam rancangan itu sendiri.

NAMA : JONI KUKUH PRAMONO
NPM : 09 22 406

Jika saya menjadi seorang coordinator yang akan saya lakukan dalam merancang mata kuliah baru yang mengenai penulisan laporan teknik, langkah yang pertama yang akan saya lakukan yaitu terlebih dahulu memahami karakteristik mahasiswa yang belajar artinya tingkat pengetahuan siswa tersebut, dan memahami keaktifan belajar mahasiswa tersebut dan memperhitungkan apakah mata kuliah tersebut penting bagi mahasiswa untuk dipahami atau dipelajari oleh mereka. Juga memperhatikan keadaan latar atau lingkungan, apakah mata kuliah tersebut berhubungan dengan lingkungan disekitar, dan apakah mata kuliah tersebut bermanfaat bagi para mahasiswa. Langkah yang kedua yang akan saya lakukan yaitu pemilihan metode yang cocok untuk mahasiswa tersebut. saya akan menerapkannya dengan menggunakan metode diskusi dan latihan, agar mahasiswa tersebut lebih paham atau mengerti tentang mata kuliah tersebut.

NAMA: ARIE SULISMAN
NPM: 0922350


Hal yang pertama yang akan saya lakukan apabila menjadi seorang coordinator adalah merancang mata kuliah baru mengenai penulisan laporan teknik dengan cara yang berbeda yaitu :
Pertama, memahami kemampuan siswa dalam menyerap materi baru dan dapat menentukan apakah berhubungan dengan lingkungan sekitar siswa dan bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri. Sehingga, nantinya mata kuliah tersebut dapat bermanfaat dan benar – benar tepat guna.
Kedua, kita dapat menentukan cara apa yang di pergunakan dalam menyampaikan mata kuliah tersebut. Metode diskusi dengan jumlah kelompok yangsedikit mungkin terlihat lebih menarik. Dengan metode ini maka pendidik dapat memberikan suatu masalah yang akan mereka pecahkan bersama – sama dengan teman satu kelompoknya sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan berhasil.
Ketiga, kita dapat menentukan media yang dapat digunakan dalam memperlancar berjalan perkuliahan yaitu dengan memilih media yang yang benar – benar tepat guna dan berdaya guna serta dapat mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Misalkan dengan menggunakan laptop yang disertai dengan adanya proyektor. Dengan laptop dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan penulisan laporan juga dapat membantu peserta didik dalam mempresentasikan apa yang ia temukan dengan menggunakan laptop dan proyektor sehingga diskusi dapat berjalan dengan baik dan efektif. Kemudian kita menggunakan strategi kognitif untuk menimbulkan minat/ kemauan siswa dalam memahami materi baru serta proses belajar mengajar itu sendiri.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites